Kenali Diabetes Tipe Satu dan Diabetes Tipe Dua.

Diabetes adalah obrolan hangat di saat kumpul arisan keluarga besar dari kakak nenek ku, di saat itu mereka suka cerita tentang diabetes tipe satu, diabetes tipe dua, diabetes kering dan diabetes basah. 

Ah, apakah istilah itu semua? Saat itu Mpo hanya mendengar perbincangan. Waktu terus bergulir sampai akhirnya penyakit ini harus ku derita.
Cara cegah terkena diabetes pada anak cucu
 
Pertama kali terkena penyakit ini pada saat bulan puasa, puluhan tahun yang lalu. gejala diabetes yang ku rasakan adalah sering ngantuk. 

Diabetes disebut juga mother disease, Hal ini di karenakan penderita diabetes bisa terkena komplikasi ke anggota tubuh yang lain. 

Mpo penderita diabetes tipe 2, keluarga besar dari pihak mama menderita diabetes sampai ada yang terkena komplikasi dan mengalami amputasi sebagai contoh kakak dari nenek dan om yang harus mengalami amputasi pada jari jempol. 

Kita sering mendengar banyak orang berkata "kamu terkena diabetes basah atau kering". Sebenarnya dalam istilah kedokteran tidak ada istilah seperti itu. yang hanya ada tipe satu dan dua. 

Diabetes basah atau kering merupakan bahasa yang di pakai masyarakat mengenai luka yang di akibatkan kadar gula naik.

Ketika luka susah sembuh maka banyak orang menganggap sebagai diabetes basah, sedangkan diabetes kering itu ketika kita mengalami luka akan tetapi luka tersebut cepat kering dan sembuh. 


Kenali Diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua.


Diabetes sungguh menakutkan bagi setiap manusia. oleh karena itu kita harus mengetahui ciri-ciri diabetes yaitu penyakit yang di sertai kadar gula darah yang meningkat, hal ini akibat pangkreas tidak dapat lagi memperproduksi insulin. 

Pangkreas bagaikan sebuah perusahan yang menghasilkan sebuah produk yang bisa di gunakan oleh masyarakat    

Pangkreas ini bekerja menghasilkan insulin yang nantinya dapat di gunakan untuk bekerja. 

Kita bisa mengetahui kadar gula darah melalui alat pengukur gula darah. Teman-teman bisa membeli alat nya di apotik atau teman-teman bisa mengecek gratis di puskesmas atau POSPINDU PTM (pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular). 

Seseorang yang dikatakan memiliki kadar gula darah tinggi, di saat tidak puasa, teman-teman melakukan cek gula darah dan diperoleh hasil tes gula darah melebihi 200 mg/dl. Teman-teman yang sedang puasa di perbolehkan untuk mengcek gula darah dan apabila diperoleh hasil lebih dari 125mg/dl, berarti gula darah sedang meningkat.  

Mpo mempunyai sendiri alat pengecekan gula darah dan atas saran dokter Mpo hanya perlu melakukan pengecekan sebulan sekali. 

Bertepatan dengan hari diabetes sedunia yang berlokasi di gedung Prof Sujudi di adakan blogger gathering (15/11), Dr. Cut Putri Arianie selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI memberikan contoh bahwa "dirinya melakukan cek gula darah di tanggal hari ia berulang tahun di setiap bulan nya". Contoh yang baik yang bisa teman-teman lakukan supaya kita tidak lupa mengecek kadar gula darah kita.
Dokter ahli menangani diabetes
dr. Fatimah Eliana, dr. Jose Rl Batubara,
Dr. Cut Putri Arianie dan MC
(dari kiri ke kanan)
Mengenai diabetes ternyata ada dua tipe yaitu diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua. 

Diabetes tipe satu adalah penderita diabetes yang sudah tidak bisa lagi memproduksi insulin, sehingga para penderita ini harus mendapatkan pasokan insulin melalui suntikan insulin. Sedangkan diabetes tipe dua adalah para penderita diabetes yang masih bisa memproduksi akan tetapi tidak mencukupi pasokan insulin.  

Teman-teman yang sudah terkena diabetes tipe satu bisa memperoleh insulin secara gratis dengan menggunakan BPJS di rumah sakit tipe c. 

Sedangkan obat untuk mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes tipe dua bisa di peroleh secara gratis dengan menggunakan BPJS di puskesmas. 

Prof. dr. Jose RL Batubara, PhD, SpA (K) Divisi Endokrinologi Anak, FKUI - RSCM mengatakan para penderita diabetes tipe satu adalah anak-anak dan remaja dengan pemberian insulin sebanyak 3-4 kali sehari".
Periksa tanda diabetes ada pada diri mu
Tanda terkena diabetes
Pada umumnya ciri-ciri penderita diabetes tipe satu dan dua memiliki persamaan gejala penyakit, akan tetapi ada yang membedakan penderita diabetes tipe satu dan dua adalah berat badan. 

Bagi penderita diabetes tipe satu maka berat badan akan menjadi kurus sedangkan pada penderita diabetes tipe dua, mereka mempunyai berat badan gemuk. 

Di kesempatan itu pula, Mpo duduk bersebelahan dengan dokter Ghaisani, rekan kerja dokter Jose di RSCM. 

Dalam kesempatan yang tidak biasa akhirnya Mpo banyak ngobrol bareng dan bertanya "apakah penderita diabetes tipe dua bisa berpindah ke tipe satu?". Dokter cantik nan jelita ini menjawab "bisa jikalau kadar gula darahnya tidak terkontrol dan hasil labotarium hba1c diperoleh hasil 8.". Teman-teman bisa melakukan tes labotarium hba1c di klinik labotarium atau rumah sakit. 


Pencegahan Diabetes sebelum Komplikasi   

Alm Mama merupakan salah contoh di saat itu diabetes mama meningkat yang mengakibatkan hilangnya tingkat kesadaran yang berujung pada kehilangan nyawa. 

Selain itupula para penderita diabetes bisa terkena penyakit stroke, gagal ginjal, alzaimer, kerusakan mata, gangguan pendengaran, hingga kesukanan pendengaran. 


Mencegah lebih baik daripada kita terkena diabetes yang berakhir pada kematian.


 
Bagi teman-teman online yang belum terkena diabetes hendaknya memperhatikan pola makan dengan isi piring ku. 

Isi piringku adalah pola makan dengan komposisi setengah bagian piring di isi dengan sayuran dan buah-buahan. setengah bagian diperuntukan nasi dan lauk. 

"Kita juga harus memperhatikan pemakaian gula, garam dan lemak dalam setiap masakan kita, hal ini di utarakan Suharyati", SKM, MKM. 

"Selain asupan gizi, teman-teman online harus melakukan kegiatan olahraga di tengah aktivitas seperti berjalan di kolam renang, sepeda atau memodifikasi meja kerja yang di lengkapi sadel pada bagian bawah meja". Hal ini di ungkapkan oleh Michael Triangto, SpKO selaku dokter olahraga.  

di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun.

Berolahraga setiap hari.
Perhatikan pola makan. 
Diabetes perlu kita waspadai. 
Cegah diabetes agar tidak jadi korban.

20 comments

  1. Di garis ayah saya juga ada nih riwayat diabetes, Mpo.

    Ah, semoga kita semua sehat-sehat ya, Mpo setelah mengetahui banyak hal tentang diabetes. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  2. Om ku juga ada yang terkena diabetes sampai harus diamputasi juga hiks.
    Harus secara rutin ya mengecek gula darah kita dan harus jaga pola makan sehat dan juga olahraga teratur. Noted!

    ReplyDelete
  3. Memang penting banget ya jaga pola makan agar selalu sehat dan terhindar dari penyakit, salah satunya diabetes ini

    ReplyDelete
  4. Oh baru tau kalau mpok diabetes. Sehat selalu ya mpok dengan menjaga kesehatan dan pola makan. Terima kasih sudah diingatkan ya mpok

    ReplyDelete
  5. Duh, Mpo.... aku pun ngeri kalo kena diabetes, karena ciri2nya ada semua nih. Gampang ngantuk, gampang haus, doyan pipis
    Aku kudu baca berkali2 dan meresapi artikel ini nihh. semangaattt semoga kita bisa bebas diabetes yaaa
    -- Nurul bukanbocahbiasa-

    ReplyDelete
  6. Mertua saya juga diabetes, Mpo. Asupan makannya memang wajibdijaga dan disiplin banget. Supaya tetap bisa selalu dikendalikan kadar gula darahnya, ya

    ReplyDelete
  7. Saya pernah kena gejala diabetes tipe 2 sewaktu hamil mpo, baru gejalanya aja bikin kesehatan saya terganggu jadinya harus jaga banget pola makan sampe sekarang biar ga kena lagi

    ReplyDelete
  8. Saya juga lebih familiar dengan istilah diabetes kering atau basah. Sekarang jadi lebih tau jika pembedanya disebut tipe satu dan dua.

    Memang penting sekali ya, untuk menjaga pola makan yang sehat dan jangan lupa untuk olahraga.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih infonya, Mpok.. sepertinya aku juga harus mulai cek gula secara rutin nih..dan tentunya menjaga pola makan sehat ya..

    ReplyDelete
  10. Well noted.. apalagi aku ngantukan dan mudah lelah, jadi worry, terkahir periksa gula darah sih normal. Semoga beneran normal. PRnya sekarang buatku adalah jaga pola makan termausk ngurangi yg manis2. Makasih sharingnya Mpo..

    ReplyDelete
  11. Di keluarga alhamdulillah gak ada riwayat diabetes, tapi tetap kudu waspada. Kalau hobi makan gula, gak mau olahraga, bisa2 numpuk lemak dan gulanya. Kudu pintar2 jaga kesehatan

    ReplyDelete
  12. Dengerin itu mpo diabetes. Harus menjaga pola hidup sehat. Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  13. Bicara tentang diabetes jadi terkenang sama almarhum om saya yang meninggal karena penyakit yang dideritanya ini, dari diabetes sampai komplikasi dan mengganggu organ tubuhnya yang lain. Btw bari tahu juga nih mpok adanya diabetes satu, diabetes dua ya, bukan diabetes kering dan basah seperti yang orang-orang sering sebutkan

    ReplyDelete
  14. Diabetes ternyata bisa mengarah ke komplikasi ya Mpo bila tidak segera ditangani. Kadang kita suka asal jajan makanan tak bergizi.....mungkin ini salah satu pemicu diabetes...pola hidup kurang sehat, kurang olahraga dan kurang makan makanan bergizi. Terimakasih pencerahannya ya Mpo...

    ReplyDelete
  15. Memang harus benar2 menjaga kesehatan ya, apalagi diabetes sbg mother disease...bisa menjalar kemana2...ttp sehat2 ya Mpo

    ReplyDelete
  16. Beberapa rekan keluargaku juga ada yang kena diabetes sampai diamputasi Mpo.. ternyata gitu ya, gak ada diabetes basah atau kering.
    Ah mpo, cepet sembuh yaaa :'

    ReplyDelete
  17. Saya benar baru tahu soal tipe Diabetes
    Selama ini tahunya Diabet basah dan kering saja soalnya ada tetangga ya g satu diabet kering, satu diabet basah

    ReplyDelete
  18. Wah jujur mpok saya baru tahu jenis diabetes ini ada satu dan dua. Kalau gejala diabetes saya pernah lihat di sepupu yang terkena diabetes. Lebih baik mencegah ya. Takut kalau kena penyakit ini.

    ReplyDelete
  19. Moga sehat selalu ya Mpo, dan tetap semangat. Makasih udah berbagi. DM ini memang secara tidak langsung mengintai kita ya, apalagi bagi yg senang makan makanan manis, duuhh, hati-hati pakai banget dah ya.

    ReplyDelete
  20. terimakasih atas sharingnya mba, ini mama saya yang diabetes. jadi lebih mudah ngontrolnya ya

    ReplyDelete