Friday, 18 May 2018

Kesuksesan Bonus Demografi pada tahun 2030 di Mulai Dari Keluarga

Pantun:
Ada ayah , Ada ibu
Ada pula sang anak.
Komunikasi tidak boleh buntu
Sehingga tidak ada lagi jarak.

Sebagai blogger, Mpo suka bertemu dengan pemuda pemudi Indonesia yang berprestasi. Rasanya bangga melihat kesuksesan yang mereka raih. Mpo sempat berpikir , kalau Mpo aja bangga , apalagi orangtua sang anak? Hem, jadi penasaran pola asuh yang mereka terapkan.

Dibalik kesuksesan seorang anak pastilah ada peran andil keluarga yang turut mengantarkan anak dalam pencapaian kesuksesan. BKKBN bersama anggota Bplus Community, pada tanggal 15 Mei 2016 diadakan talkshow dalam rangka menyambut hari keluarga nasional, yang berlokasi di TMII.

Seorang anak yang pintar, tidak hanya pintar secara emosional, intelektual dan networking yang harus memenuhi kreteria:
  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga sang anak bisa mencari bahan referensi baik melalui internet, membaca buku dan datang ke workshop.
  • Anak berpikiran kritis dalam merespon suatu masalah dan berupaya mencari solusinya.
  • Menghargai keberagaman dan menyelesaikan masalah dengan kolaborasi dengan kerja tim sehingga menghasilkan solusi komperhensif.
  • Memiliki semangat untuk berinovasi mengubah dunia.

Pola asuh yang baik adalah pola asuh dimana setiap ayah dan ibu menjadi team yang kompak, saling bekerjasama dalam hal mendidik sang anak.

Pola asuh inilah yang menghantarkan sang anak menjadi anak anak yang unggul, yang di patut di banggakan oleh negara.

Apalagi di tahun 2030 akan terjadinya bonus demografi, bisa memacu Indonesia untuk tampil terdepan dibandingkan negara negara yang lainnya. Salah satu kreteria bonus demografi adalah penduduk yang berkualitas melalui pembangunan keluarga yang dimulai dari rumah kita sendiri
Roslina Verauli selaku Psikolog,
Eka Sulistya Eduningsih selaku Direktur Bina Keluarga Remaja BKKBN, Mc , Resi selaku founder Bplus Community
Untuk menghasilkan anak anak yang unggul dimasa depan maka di perlukan kiat kiat yang dipaparkan langsung oleh Roslina Verauli, M.Psi selaku Psikolog:
pola asuh anak cerdas
A. Pasangan yang Siap Menikah?

Pertanyaan ini bisa jadi ukuran bagi para pasangan yang mau menikah. Menikah bukan sekedar menyatukan cinta akan tetapi menikah menyatukan dua individu yang berbeda karekter termasuk keluarga besarnya.

Saat ini banyak pasangan menikah karena tergoda hawa nafsu, sehingga di usia yang belum cukup matang secara financial dan emosional, hal ini dapat memicu timbul konflik dalam rumah tangga, yang akhirnya berujung pada ketukan palu di pengadilan agama.

Usia ideal menikah adalah waktu yang tepat untuk menikah, yaitu perempuan berusia 21 tahun keatas dan 25 tahun untuk pria. Dimana usia tersebut adalah usia yang paling baik dalam segi kesehatan reproduksi, keuangan financial yang sedang giat giatnya mencari rezeki dan emosional.

Pola asuh anak juga di perlukan untuk menghasilkan anak anak yang berkualitas unggul dimasa depan, yang dimulai dengan memperhatikan moment emas sang anak pada 1000HPK dan memberikan stimulasi bagi sang anak .

Perlu diperhatikan pula jarak kelahiran anak yang pertama dan kedua adalah tiga tahun, dengan pemberian jarak tersebut sehingga orangtua bisa fokus terhadap pola asuh kepada anak tanpa harus merasa di repotkan seperti punya bayi kembar dan tidak ada lagi kecemburuan antara sang kakak terhadap sang adik.

Pengasuhan pola asuh anak haruslah fleksibel yang bisa disesuaikan oleh usia anak dan pemberian pendidikan yang tidak hanya sekedar pendidikan formal akan tetapi juga di perlukan pendidikan agama dan kemampuan berbahasa asing.

Bagaikan team sepak bola, seorang ibu dan ayah haruslah menjadi team yang kompak bagi sang anak. Orangtua haruslah berperan sebagai orangtua, bukan anak yang mengantikan peran orangtua sebagai pencari nafkah.

Untuk menjadi team yang kompak maka diperlukan cinta terencana

  • Saling memberi semangat
Kehidupan rumah tangga tidaklah selalu berjalan mulus , pastinya ada batu kerikil yang harus dihadapi mulai dari permasalahan anak, keuangan hingga masalah pekerjaan. Biasanya cinta akan goyah dan teruji ketika keuangan berubah hal ini di sebabkan oleh tekena PHK .

Seperti yang kita ketahui bahwa susahnya mencari pekerjaan apalagi di saat usia tidak produktif, Keadaan ini akan menimbulkan stress dari pasangan kita sehingga pasangan berbicara agak keras dan emosional.

Disinilah peran istri berkerja sebagai penyemangat sang suami, pendengar segala keluhan suami dan membantu perekonomian keluarga. Perempuan bisa mengambil alih fungsi sebagai pencari nafkah dengan berjualan ataupun menjadi pekerja harian. Hal ini di alami keluarga Mpo.

Perempuan sebagai penyemangat suami untuk kembali bangkit, bersama sama menata kehidupan rumah tangga menjadi lebih baik lagi.

Suami dan istri bisa memulai merencanakan masa depan rumah tangga dengan melakukan usaha bersama, yang modalnya berasal dari uang PHK. Menjadi supir ojek online juga bisa di tekuni oleh para suami sebagai mata pencarian keluarga.

  • Kadang ada marahnya
Tetangga Mpo bilang “enak ya, kalau punya suami pendiam, tidak pernah marah”. Hem , jangan salah bahwa seseorang yang pendiam, ketika marah maka emosinya meledak ledak, hal ini bisa disebabkan oleh terpendamnya rasa emosi tersebut. Marah itu boleh asalkan terkontrol emosinya, jadi saat marah janganlah piring terbang bermunculan di rumah kita dan kita sebagai istri janganlah ikut ikutan terpancing untuk marah juga sehingga konflik rumah tangga akan semakin memanas.
  • Menyelesaikan masalah bersama sama.
Masalah pasti akan terjadi di rumah tangga kita, akan tetapi setiap masalah akan terselesaikan dengan duduk bersama antara suami dan istri dan mencari solusi bersama-sama. Masukan dari pasangan kita bisa menjadi solusi.
  • Membantu pasangan hidup sehat
Pastinya kita tidak ingin pasangan kita meninggal dunia akibat serangan jantung ketika anak anak berusia masih kecil. Setiap pasangan pastinya menginginkan bisa melihat anak anak tumbuh dewasa dengan kesuksesan yang di raih sang anak.

Apalagi ketika rumah tangga mengalami ekonomi yang sedang meningkat, semua makanan dan minuman, bisa kita beli. Sehingga terkadang kita lupa akan pola hidup yang benar.

Sebagai team yang kompak, setiap pasangan haruslah saling mengingatkan untuk melakukan pola hidup sehat bersama sama. Manfaat lain aktivitas bersama pasangan selain kedua pasangan menjadi sehat juga bisa memperatkan hubungan cinta suami istri seperti melakukan yoga pasngan atau jogging bersama.

  • Merencanakan masa depan bersama

Setiap keluarga mempunyai rencana masa depan baik rencana masa depan karir, masa depan sang anak hingga rencana masa depan setelah pensiun. Rencana masa depan tersebut bisa di komunikasikan kedua pasangan. Jangan sungkan dan ragu untuk mengkonsultasikan masa depan rumah tangga dengan perencana keuangan yang akan membantu mengwujudkan impian


B. Orangtua yang Siap Digital

Diera gital,orangtua haruslah melek digital. Jangan sampai anak anak kita kecanduan gadget, sang anak mengalami tantrum di saar di ambil gadget dari tangan mereka.

Disinilah peran ibu untuk mengalihkan perhatian sang anak dengan sesuatu yang menyenangkan seperti bikin kue bersama anak.

Gadget bagaikan dua belah mata pisau dimana satu sisi menguntungkan, disisi lain sangatlah mengkhawatirkan. Di usia anak 2 tahun sang anak mulai di perkenalkan gadget dengan memberikan mainan edukasi seperti pengenalan huruf hijahiah lewat suara. Pada saat usia 12 tahun anak boleh memegang gadget.

Anak harus memahami bahwa gadget merupakan hak milik orangtua dan gadget tersebut berstatus guna pakai, yang artinya sewaktu waktu jika di rasa anak berlebihan memakainya masa orang tua dapat mengambil gadget tersebut.

Memberi pemahaman bahwa setiap orangtua mempunyai aturan tersendiri dan anak harus patuh untuk melaksanakannya. Pemahaman ini harus di sepakati bersama sehingga anak mematuhi tanpa paksaan, misalnya saat ujian menggurangi bermain gawai.

Selain itu pula orangtua bisa menjadikan contoh yang baik buat anaknya, tidak hanya sekedar melarang anak bermain gadget tapi orangtua juga mengurangi aktivitas bermain gawai dan meningkatkan bonding dengan sang anak.

C. Komunikasi aktif
Komunikasi antara orangtua dan anak haruslah berjalan lancar dengan menjadi pendengar yang baik dan meresponnya bukan sekedar basa basi.
Kalau kamu pola asuh apa yang di terapkan dalam pengasuhan anak? Boleh dong komentarnya, di blog ini kita saling cerite yuk.

Monday, 14 May 2018

Making Indonesia 4.0 Menciptakan Pemuda Pemudi Yang Siap Kerja,

Pantun:
Nonton videotron terbaru.
Making Indonesia 4.0 program dari pemerintahan.
Siapa yang tidak terharu.
Jika selesai sekolah mendapatkan pekerjaan.

Setelah lulus mau kemana ade lia? Itulah pertanyaan Mpo saat di whatapps. Lia perempuan imut dan manis sekarang sudah lulus SMP dan rencananya ingin melanjutkan pendidikannya di pesantren.

Banyak orang yang mengangap bahwa lulusan pesantren, masa depannya akan menjadi ustad/ ustadjah ataupun seorang qoriah. Hahay, itu dulu, sekarang para santri dan santriwati bisa mendapatkan pendidikan santripreunur .

Santripreuner adalah salah satu program dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan, yang mana setiap santri di dalam pesantren akan di didik dan di beri peralatan untuk berusaha di dalam pesantren, sehingga menghasilkan lulusan santri yang berjiwa enterpreuner.

Bantuan yang di berikan kepada pondok pesantren berupa pengelolahan usaha minimarket di dalam pesantren, peralatan roti untuk membuat roti yang nantinya kan di jual di linkungan pesantren dan pengelolahan air bersih.

Tidak hanya para santri yang mendapatkan bantuan akan tetapi juga para siswa SMK dengan program link and match . Di Indonesia terdapat 1700 lebih sekolah kejuruan dan 600 perusahan yang akan berpartisipasi.

Dengan pendidikan kejuruan sehingga menghasilkan karyawan yang siap kerja. Untuk memacu semangat para pengusaha untuk berpartisipasi dalam pendidikan maka akan di berikan tax law.

Selain itu politeknik setingkat D1 juga diberikan pendidikan berbasis teknologi dengan skill of competen, dengan menghadirkan 4 politeknik , 3 politeknik di bidang perhotelan dan 1 bidang manufaktur.

Semua itu pemerintah lakukan dalam rangka mendukung strategi Indonesia 4.0, yang mana Indonesia mempunyai kemampuan menciptakan manusia yang kreatif produktif, inovatif dan bertalenta. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini Indonesia memiliki jumlah penduduk 240 juta dengan ekonomi yang mulai membaik sehingga menduduki peringkat nomor 16 di dunia, sedangkan target yang ingin dicapai pada tahun 2030 Indonesia memasuki peringkat nomor 17.

Making Indonesia 4.0 adalah program pemerintah karena Indonesia sekarang ini memasuki dunia digital yang mau, tidak mau kita harus bisa menjadi unggul.

Selama ini Indonesia telah melalui dunia industrian pertama dan ke empat yaitu

  • Pada abad ke 18, dimana industri masih menggunakan alat alat tradisional sebagai alat produksinya yang di sebut dunia industrial pertama.
  • Pada dunia industrial ke dua yang mana kita bisa memperoleh mobil dengan satu merk mobil dengan warna dan tipe mobil yang sama.
  • Pada dunia industrial yang ke tiga maka pengunaan robotic dan komputer yang membantu dalam berproses produksi , yang terjadi pada tahun 90an.
  • Pada dunia industrial ke empat , dimana para konsumen bisa berdialog dan berinteraksi dengan produk yang di hasilkan oleh perusahan berupa mainan virtual.
ekonomi membaik ciptakan siap kerja
Bapak Enda Nasution, Airlangga Hartarto, Eno Bening
(Dari kiri ke kanan)
Target Making Indonesia 4.0 meliputi 5 bidang manufaktur yaitu makanan dan minuman, tekstil&fashion, otomotif , farmasi dan elektronik. Kelima bidang tersebut di nilai sangat penting dibandingkan 38 bidang lainnya, hal ini disebabkan di bidang tersebut menyerap tenaga kerja yang banyak, nilai ekspor yang tinggi dan produksi.
Selain itu Bapak Airlangga Hartarto selaku inspirator, Mentri Perindustrian Penyusun Roadmap Industri 4.0 dalam diskusi Obsat(11/5) yang berlokasi di Paradigma Kafe & Restaurant mengatakan "untuk pemuda dan pemudi Indonesia harus mempunyai kemampuan yaitu bahasa inggris, kemampuan coding, kemampuan membaca statistik".

Lalu kemanakah anda atau anak anda melanjutkan sekolah? Boleh dong, di ketik dan alasannya?

Sunday, 13 May 2018

Bawaberkah.org Salah Satu Cara Jadi Orang Bermanfaat


Pantun:
Manjadi orang yang bermanfaat tujuan hidup kita
Untuk bekal di hari akhir.
Bisa merasakan kebahagian bersama-sama.
Terhindar dari sifat kikir.

Menjadi orang bermanfaat, siapa sih yang tidak ingin? Mpo aja, yang bukan siapa siapa, mau banget jadi orang yang bermanfaat, apalagi sebuah lembaga yang bernama komunitas atau perusahan.

Sekarang ini komunitas bukan lagi sekedar ajang kumpul-kumpul beberapa orang yang memiliki minat yang sama, akan tetapi masuk komunitas merupakan bagian dari gaya hidup. Seperti yang kita ketahui bahwa komunitas suka mengadakan bakti sosial dengan melakukan penggalangan dana yang di peruntukan untuk membantu anggota komunitas yang terkena musibah ataupun melakukan donasi yang dikordinir team dari komunitas tersebut.

Acara bakti bakti sosial juga menjadi bagian dari program kerja sebuah perusahan, sehingga setiap perusahan memiliki program CSR, yang mengajak para pelanggan untuk berpartisipasi dalam berdonasi ataupun perusahan mengkordinir sendiri juga bisa melalui kerjasama dengan sebuah lembaga.

Dompet Dhuafa adalah salah satu lembaga nirlaba yang sudah berkecimpung selama 25 tahun , yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusian kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (zakat, infaq, sedekah, wakaf), serta dana dana lainnya yang halal dan legal. Oleh karena itu Dompet Dhuafa meresmikan situs yang membantu para komunitas dan perusahan dalam menjalankan misi sosialnya.
Bapak Urip Budiarto selaku GM Resources Mobilitation Dompet Dhuafa mengatakan “Bawaberkah ini merupakan wadah untuk membantu mitra dan sahabat untuk menggalang dana secara luas, transparan dan terpercaya. Sehingga kedepannya Dompet Dhuafa akan melakukan aktivasi-aktivasi untuk workshop di berbagai kota mengenai perencanaan proyek sosial dan pengelolan kelembagaan dan juga bagaimana melakukan penggalangan dana secara konservatif.”
program charity dompet dhuafa
Blogger & Media Gathering
Dengan bergabung ke dalam situs tersebut, maka kita bisa melihat
  • Transparan
Tidak hanya sekedar bisa melihat foto-foto komunitas ataupun perusahan yang akan menyelenggarakan bakti sosial , juga bisa melihat berapa donasi yang telah terkumpul, yang bisa di lihat secara transparan oleh semua masyarakat.
  • Profesional
Dengan transparansi dan di kelola secara baik maka hal ini bisa menunjukan bahwa komunitas atau perusahan bisa ikut berpartisipasi dalam bawaberkah.org adalah orang yang professional yang mempercayakan kepada sebuah lembaga nirlaba berpengalaman dan professional.
  • Terpercaya
Dengan transparansi dan professional maka akan timbul sikap terpecaya masyarakat kepada komunitas ataupun perusahan.
  • Jangkauan nasional.
Lebih banyak lagi donasi yang terkumpul dengan jangkauan nasional maka jangkauan berbagi juga lebih luas lagi.

Semua itu bisa dilakukan melalui gawai, kita bisa berbagi dalam program bantuan masjid, charity event, bantuan pengobatan, wakaf, zakat dan sedekah.

Pada tanggal 8 Mei 2018, yang berlokasi di Graha Bima Sakti, Awak media dan blogger di perlihatkan hasil dari pertanian dan budidaya ikan, produksi hasil binaan dari Dompet Dhuafa. Tidak hanya berasal dari pulau jawa saja, akan tetapi daerah seperti kopi Berlian SAE dari Sulawesi Selatan, kopi Kemloko dari Temanggung, Ikan Kerisi dari Riau.
charity hasil dari pengumpulan zakat
Tomat Ceri yang rasanya manis dan ikan asin kerisi
Salah satu produk Dompet Dhuafa yang Mpo buat kreasi masakan adalah Ikan asik Kerisi dan tomat ceri. Dengan perpaduan warna merah dari tomat ceri dan hijaunya paprika maka menu kreasi masakan Mpo menjadi lebih berwarna. Enaknya lagi tomat ceri tersebut tidak berasa asam.

Bahan bahan yang di gunakan:
Ikan asin kerisi, goreng.
1 buah tahu cina, potong dadu,goreng setengah matang.

Bahan-bahan untuk menumis
10 buah bawang merah, iris.
1 buah bawang Bombay.
5 buah bawang putih,iris.
10 buah tomat ceri, potong dua.
1 buah paprika hijau, iris.
5 cabe rawit merah,iris.
Gula, Garam secukupnya .

Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu tumis dengan menggunakan minyak sedikit masukan bawang Bombay hingga layu, lalu masukan bawang merah dan bawang putih hingga tercium aroma wangi. Lalu masukan cabe iris dan paprika hijau. Masukan ikan teri, tahu cina, tomat ceri, gula dan garam. Untuk video tutorial bisa di lihat di instagram dan Youtube

Ikan Kerisi bisa juga di goreng karena rasanya tidak terlalu asin sehingga cocok buat santapan sebagai lauk dalam nasi goreng ataupun nasi putih.

Oh ya , kalau kamu mau ikut berpartisipasi juga bisa kok,untuk berdonasi ataupun menggalang dana personal yang telah terverifikasi oleh Dompet Dhuafa. Salah satu partisipan yang ikut dalam donasi adalah artis ganteng yang memiliki suara ngebas, yaitu Ihsan Tarore.

Ihsan Tarore mengatakan “alasan ia memilih Dompet Dhuafa karena Dompet Dhuafa bukan hanya membantu dalam bentuk uang akan tetapi Dompet Dhuafa juga mengambangkan potensi yang ada di daerah tersebut”

Untuk berpartisipasi dalam bawaberkah.org , caranya sangatlah mudah.
1. Cukup masuk ke situs bawa berkah
2. Pilih menu masuk
3. Log in dengan menggunakan email, facebook ataupun mengisi form pada website.
cara berdonasi
Cara mendaftar
4. Cek email anda dan klik konfirmasi email.

Mpo mau tanya nih, kalau kamu melakukan penggalangan dana, biasanya melakukan secara mandiri ataupun percaya terhadap nirlaba? Boleh dong komentarnya di ketik.

Saturday, 12 May 2018

Menikmati Makan Bakso Bonanza Sepanjang Tahun Tanpa Khawatir Bakso Langka

A post shared by mporatne (@mporatne) on
Pantun:
Makan bakso, enak rasanya.
Mantan presiden Obama saja, menyukainya.
Bukan sekedar bulat, bentuknya.
Ada filosofi di dalamnya.

Bakso Langka, Pastinya pembaca blog Mpo, agak bingung saat Mpo menulis tentang bakso langka.

Kapan sih menjadi bakso langka?
Kalau Mpo pribadi pernah mengalaminya, pas ketemu bakso, harganya menjulang tinggi . Pada saat hari lebaran . Mpo sekeluarga kedatangan tamu yaitu sepupu Mpo.

Lagi Asiknya ngobrol sama sepupu Mpo, Tiba tiba sepupu Mpo berkata “ Bi, kita jalan jalan yuk, cari bakso. Aku lagi pusing bih, bosen makan bersantan melulu. Tadi di rumah uwa Rahman, aku juga muter muter cari bakso, akan tetapi tidak ketemu tukang bakso”.

Mendengar pertanyaan sepupu, Mpo agak kaget, mana mungkin, ada tukang bakso pas lebaran Idul fitri. Dengan berboncengan sepeda motor, Mpo dan sepupu mencari bakso. Seperti yang kita duga, bahwa mencari bakso sangatlah sulit, hal ini karena tukang bakso sedang mudik. Setelah muter-muter akhirnya kita menemukan bakso.

Menemukan bakso bagaikan mendapatkan harta karun, langsung saja kita pesan 15 bungkus. Pada saat tukang bakso meracik pesanan, ternyata eh tenyata banyak juga orang yang sedang mencari harta karun serupa yaitu bakso. Hal ini bisa terlihat dari antrian dan motor yang sedang di parkir.

Pas selesai meracik, kita tambah kaget karena harus membayar Rp300.000 . Aih mahal bener, Mpo kirain harga bakso mengalami harga naik sekitar 3.000 perbungkus, ini naiknya sampai 8000/bungkus. Ya gimana lagi, dengan berat hati harus membayarnya.

Itulah pengalaman Mpo saat membeli bakso, Nah, pada tahun berikutnya setiap pas mau lebaran di kulkas selalu ada bakso frozen dengan merk Monalisa. Bakso tersebut, tidak hanya tersedia pas lebaran , pokoknya bakso favorit deh. Sampai akhirnya, Mpo melihat telivisi bahwa bakso Monalisa di gerebek polisi karena memasukan bahan kimia di dalam bakso.

Aih, mendengar pemberitaan tersebut, bagaikan terkena petir di siang bolong. Rasanya tidak percaya bahwa bakso yang biasa Mpo makan yang rasanya enak, garing ternyata harus di tarik dari peredaran.

Sedih pastinya, kalau mendengar bakso formalin, boraks apalagi kalau sampai memakai pemutih. Sebenarnya bakso itu mempunyai peluang untuk berkembang, akan tetapi kenapa masih banyak oknum oknum yang merusak citra kuliner bakso hanya demi keuntungan sesaat.

Bakso di cintai masyarakat

Alasan bakso di sukai masyarakat adalah
  • Tidak di pungkiri bahwa bakso merupakan tempat ngumpul paling asik untuk merayakan sesuatu seperti ketemuan dengan teman. Enaknya lagi, sambil menguyah bakso, sambil bercerita.
  • Daging sangat baik buat pertumbuhan
Menurut dr Emilia Ahmadi “ kandungan terbesar zat besi dan B12 terdapat pada daging.

Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi bisa membuat kita semangat beraktivitas, mengatasi anemia, meningkatnya imunitas, metabolism tubuh.

  • Mudah diolah menjadi menu apapun.
Coba deh, sebutin menu apa yang biasanya menggunakan bakso? Pasti semua bisa mengunakan menu bakso baik yang di campur dengan sayuran , nasi hingga sebagai menu cemilan.
  • Mudah di buat
Sebenarnya membuat bakso sangatlah mudah, bahkan di pasar tradisional ada jasa pengilingan daging sapi untuk dijadikan bakso. Akan tetapi apakah bakso yang dihasilkan itu sehat?
  • Mudah didapatkan.
Setiap hari kita bisa melihat tukang bakso berseliwiran di depan rumah, bahkan bakso mulai merambah dengan jualan mangkal dan memasuki mall mall.
  • Serupa dengan bakso
Bakso sangat di gemari masyarakat, sehingga para pencinta vegetarian juga ingin mencicipi bakso dalam bentuk lain yaitu tanpa daging merah. bakso yang terbuat dari tepung berisi sayuran cincang.
  • Peranan bunda
Bunda sebagai koki dirumah, membiasakan bakso sebagai menu dalam masakan. Sehingga sedari kecil, sang anak terbiasa memakan bakso.
Ngomongin bakso, Mpo jadi pengen bikin cemilan bakso. Kali ini Mpo mau bikin bakso crispy with cream tongchai.

Alasan Mpo mau bikin cemilan ini karena gampang di buat, Mpo lagi pengen makan yang garing di luar dan lembut di dalam. Dalam mendapatkan tekstur garing, Mpo mengunakan tepung panir .

Oh ya, sekalian Mpo mau kasih sedikit tips nih, tepung panir yang Mpo gunakan haruslah tepung panir dengan tekstur halus agar bisa menempel rata di dalam bakso dengan sempurna.

Untuk cocolan, Mpo mengunakan cream keju yang terbuat dari susu dan keju.Mpo juga memakai sayuran, makanya dalam menu kali ini, Mpo mengunakan tongchai. Bagi yang belum mengetahui apa itu tongchai, Mpo kasih tahu ya.

Tongchai adalah lobak yang di asinkan, yang bisa di peroleh di pasar tradisional hingga supermarket. Harga tongchai murah kok, cuma Rp10.000 untuk ukuran 250 grm. Dengan perpaduan bakso yang luar garing dan lembut di dalam, dicocol dengan cream yang gurih dan dilengkapi dengan sayuran. Ok, kita mulai yuk membuat cemilan ala Mpo
Bahan bahan yang diperlukan
10 bakso Bonanza
50 grm tepung panir
2 sendok makan tepung bumbu instan dan sedikit air
Bahan untuk membuat cocolan:
100 ml susu cair
2 lembar keju slice
1 sendok maizena yang di larutkan mengunakan sedikit air
½ sdt lada halus
2 sendok makan tongchai

Cara membuatnya gampang banget, cukup memasukan bakso ke dalam tepung bumbu instan lalu di gulingkan ke tepung panir. Lakukan ini dua kali ya. Oh ya supaya tepung panir menempel dengan sempurna, diamkan bakso selama 30 menit di dalam kulkas.

Sambil menunggu waktu 30 menit, Mpo bikin cream tongchai. Pertama tama, Mpo memblender susu dengan keju slice. Setelah keju bercampur dengan rata. Dengan menggunakan api kecil, Mpo memasukan cairan susu, lada dan maizena. Jangan lupa ya, diaduk aduk terus sampai cairan menjadi kental. Setelah kental, lalu masukan tongchai.

Oh ya, bakso yang kita simpan dalam kulkas, kita goreng dengan mengunakan api sedang. Untuk tutorial masakan bisa di kepoin di instagram Mpo atau Youtube

Menu cemilan keluarga kali ini, Mpo mengunakan bakso Bonanza , hal ini di karenakan :
A. Peternakan sendiri
Kalian pasti pernah dong, makan pisang sunpride dan nanas honey. Kulit dari buahan buahan tersebut di olah kembali menjadi pakan sapi, yang berasal dari Australia. Sapi sapi tersebut dirawat dengan baik sehingga menghasilkan susu berkualitas merk home town, daging sapi yang sehat lalu di potong sesuai standar yang telah ditentukan oleh perusahan untuk di gunakan untuk membuat bakso, sedangkan kotoran sapi di gunakan energy dan pupuk kompos untuk pohon pisang.

Nah, dari situ kamu mengetahui, bahwa PT Great Giant Livestok, produsen bakso Bonanza mempunyai siklus perusahan yang berkesinambungan sehingga menghasilkan bakso yang berkualitas, hasil dari peternakan sendiri.

B. Mendapatkan izin BPOM dan MUI
Bakso Bonanza telah mendapatkan izin BPOM dengan nomor izin MD 239510062109 dan izin halal MUI. Dengan dua izin tersbut maka kita tidak perlu khwatir saat memakannya.



C. Warna coklat pada Bakso
Bonanza berwarna agak kecoklatan yang menandakan bakso ini ada tidak memakai pemutih.

D. Serat bakso
Saat Mpo makan bakso, terlihat ada serat halus dari bakso. Serat serat halus tersebut menandakan dalam bakso tersebut banyak menggunakan banyak daging sapi. Bakso Bonanza mengunakan 84% daging sapi, sisanya adalah campuran perekat seperti tepung, telur dan bumbu bumbu.

E. Nilai gizi
Dalam 100 gram bakso memiliki nilai gizi yang sama dengan 100 grm daging merah, hal ini karena bakso Bonanza terbuat dari 84 % daging sapi. 


F.Rasa
Rasa baksonya enak, terasa bumbu bumbu tradisional, asli Indonesia, yang bisa membuat lidah ini, terus bergoyang.  
G Ukuran dan Harga
Bakso Bonanza memiliki ukuran yang sangat besar , Perut Mpo terasa kenyang saat Mpo makan semangkuk bakso yang terdiri dai 5 buah bakso ditambah dengan toge,tahu dan bihun.

Dalam satu kemasan 500 grm terdapat 33 buah bakso, yang pastinya, bisa dimakan untuk satu keluarga. Dengan kualitas yang bagus dan isi yang banyak maka untuk mendapatkan bakso Bonanza cukup mengeluarkan kocek Rp 85.000.

H. Mudah diperoleh
Bakso Bonanza bisa di peroleh di Ranch Market,Lulu Mart, Market City, Papaya Market, Farmers Market


 

Dalam perbincangan dengan para blogger yang berlokasi di Kolega Co Working, pada tanggal 9 Mei 2018, Ibu Dayu Ariasintawati selaku Direktur PT Great Giant Livestok mengatakan “Masih ragukah memakan bakso?”


Monday, 7 May 2018

Tradisi Masyarakat Betawi dalam Menyambut Bulan Ramadhan

A post shared by mporatne (@mporatne) on

Pantun:
Bulan ramadhan.
bulan penuh ampunan.
Sebelum datang ramadhan, sambut dengan kegembiraan.
Agar kita semua mendapatkan keberkahan.


Puasa sebentar lagi loh, patut di syukuri jika tahun ini kita bisa berjumpa dengan bulan ramadhan, karena banyak saudar-saudara kita, yang tahun kemarin masih sholat tarawih berjamaah bersama, ditahun ini di panggil Tuhan yang maha esa.
Presiden Soekarno mengatakan “ Wadah yang bernama Negara Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai agama, suku, adat istiadat. ini supaya utuh dan tidak retak”

Tulisan kali ini, Mpo mau bercerita tentang tradisi orang betawi dalam menyambut bulan ramadhan,Bukan bermaksud menggurui, akan tetapi Mpo mau berbagi cerita, kesibukan Mpo dalam waktu dua minggu terakhir menyambut bulan ramadhan tahun ini.

1. Buka buku catatan
Mpo mempunyai kebiasaan mencatat, jadi semuanya harus di catat, hem, nampaknya Mpo cocok jadi panitera ya, wkkkk. Pada saat ramadhan tahun yang lalu, Mpo mempunyai buku catatan berisi utang. utang yang dimaksud disini adalah utang puasa ramadhan tahun lalu.

Nah, sebelum puasa Mpo buka kembali buku catatan , cek dan ricek berapa utang puasa yang belum di bayar dan berapa yang sudah di bayar. Sekalian deh, cek dan ricek mulai menghitung berapa zakat harta yang harus di bayarkan di akhir ramadhan. Plus, jangan hanya di cek dan ricek tapi juga di laksanan untuk mulai membayar utang.

2. Kekuatan Mental
Mpo membeli buku buku doa -doa sebelum bulan puasa, Hal ini berguna untuk menambah pengetahuan sebelum ramadhan datang. Membeli buku juga bisa di baca saat ngabuburit.

Oh ya, Mpo bukan bermaksud menggurai, cuma sekedar berbagi cerita nih, jika kamu saat ini sholatnya masih bolong bolong, sudah saatnya kamu sebelum puasa, latihan untuk sholat tepat waktu.

Jangan lupa mulai rajin membaca alquran ya, karena moment ramadhan, bulan penuh pahala, jadi sangat disayangkan kalau di lewatkan begitu saja.

3. Beberes rumah.
Kebiasaan orang betawi sebelum ramadhan adalah beberes rumah. Selain rumah terlihat lebih bersih , moment ini di jadikan untuk membuang semua barang barang yang sudah tidak terpakai.
Bahkan menurut orang-orang tua dahulu “kita harus membersihkan rumah karena sesepuh kita yang sudah meninggal akan datang ke rumah, oleh karena itu rumah harus kelihatan bersih dan rapi”.

4. Bukan hanya sekedar menjalin tali silahturahmi
Bagi masyarakat betawi, silahturahmi sebelum puasa adalah kewajiban, selain itu dimanfaatkan moment tersebut untuk saling meminta maaf ke sanak saudara.

Tidak afdol, menjalin silahturahmi tanpa membawa buah tangan. Biasanya buah tangan yang di bawa adalah makanan untuk buka puasa seperti kurma, sirup dll. Berhubung Mpo suka makan asinan betawi, maka saat silahturahmi, Mpo membawa asinan betawi sebagai buah tangan.

5.Ziarah
Melakukan ziarah ke sanak saudara ataupun orangtua yang sudah meninggal dunia.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
6. Kekuatan fisik.
Agar puasa tidak jatuh sakit, maka mulai dari sekarang, Mpo mulai rajin berolahraga 5-10 menit . Mpo, mulai menghidangkan makan berbuka puasa, agar tubuh beradaptasi seperti bubur ketan hitam, perbanyak makan buah, sayuran dan biji bijian. Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, goreng gorengan,gula.

7. Membuat daftar belanjaan.
Membuat daftar belanjaan sesuai kebutuhan saat puasa ataupun membeli barang tidak layak di pakai. Ingat ya, pembelanjaan barang adalah membeli sesuai dengan kebutuhan, bukan bermaksud untuk menimbun barang.

Jika kita berlebihan rezekinya, kita bisa membeli dalam jumlah yang banyak, agar bisa di bagikan ke orang lain yang membutuhkan,seperti membeli sajadah, kurma, makanan instan, bumbu masakan instan dan Azalea.

Azalea adalah produk dari Natur yang terkenal dengan konsisten mengunakan bahan bahan alami. Produk Azalea yang di produksi oleh PT Gondowangi Tradisional Kosmetika terdiri dari shampoo dan Hair hijab.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Produk Azalea adalah produk yang memakai bahan utama yaitu
  • Zaitun oil, yang berfungsi menyimbangkan kadar minyak sehingga rambut tidak kelebihan, yang bisa dapat mengakibatkan kotembe.
  • Mentol, yang berfungsi menyegarkan rambut selama ber aktivitas.
  • Gingseng ekstra yang berfungsi menguatkan akar rambut.

Review Azalea shampoo dan hair hijab & body mist.


Awal pengunaan Mpo agak bingung karena warna shampoo yang Mpo tuangkan ke tangan berwarna coklat sedangkan botol Azalea berwarna hijau. Soalnya Mpo terbiasa melihat warna melihat warna shampoo sama dengan botolnya. Warna shampoo tersebut disebabkan dari bahan alami yaitu gingseng dan zaitun oil.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Oh ya, kalau kamu sedang shampooan sebaiknya jari jemari kita, jangan melakukan mengaruk garuk ataupun kita melakukan mengaduk ngaduk ngaduk rambut, hal ini di sebabkan bisa membuat rambut patah.

Mpo melakukan pemijatan ringan di kulit kepala, hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan membuat relax. Setelah melakukan pemijatan, tiba tiba kulit kepala terasa dingin, hal ini disebabkan sensasi rasa mentol yang sedang berkerja. Moment merasakan sensasi dingin, Mpo melakukan aktivitas lain yaitu gosok gigi, biar lebih lama mendapatkan sensasi dingin.

Saat di bilas terlihat busanya sedikit yang terbawa oleh air sehingga kita bisa hemat mengunaan air pam , Lebih tepatnya sih, hemat pembayaran air pam di akhir bulan.

Azalea Hair Hijab & Body Mist bisa di semprotkan di rambut dan tubuh. Bukan karena takut memakai produk Azalea, akan tetapi untuk pemakain di rambut yang berwarna warni, Mpo tidak gunakan karena Mpo mengunakan produk dengan merk yang sama dengan pewarna rambut.

Untuk pertama kalinya, Mpo menyemprotkan Azalea di mukena dan seluruh tubuh, sebelum melaksanakan ngaji bersama saat nisfu syaban. Saat Mpo semprotkan, tidak meninggalkan bekas di mukena, serta wanginya tidak menganggu jamaah yang lainnya.

Azalea bukan berbentuk gel akan tetapi dalam bentuk cairan dan kemas dalam bentuk botol plastic ukuran 80 ml sehingga Mpo tidak perlu khawatir produk ini akan pecah karena tersenggol. Mpo juga menyemprotkan di pergelangan tangan yang tidak merasakan sensasi dingin. Wanginya lembut sehingga cocok buat dipakai sama wanita modern dan dinamis.

Setelah sholat isya, Mpo membaca tulisan yang ada di botol, sayangnya tulisan tersebut terlalu kecil sehingga Mpo harus mengambil senter untuk membacanya. Azalea hair hijab & body dibuat dari zaitun oil dan aloe vera extract yang membantu mengurangi lembab di area sekitar kepala.

Dengan pemakaian Azalea maka rambut kita akan merawatm dilindungi tiap helainya sehingga rambut tetap segar, harum, sehingga mudah di atur. Cara pemakain sangat mudah yaitu Mpo cukup menyemprotkan dengan jarak 10-15 cm dari rambut atau hijab.

Lalu apa persiapan kamu dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini? Boleh dong ketak ketik di kolom komentarnya, Jangan malu dan ragu buat nulis ya. Oh ya sebelum mengakhiri tulisan ini, Mpo mau minta maaf kepada pembaca blog cerite si Mpo, mengingat akan datangnya bulan suci ramadhan.

Saturday, 5 May 2018

Jangan Takut Sinar Matahari, Rejuv Skin Nutraceutrical Perlindungan Diri dari Dalam

A post shared by mporatne (@mporatne) on
Pantun:
Matahari hangatnya dinanti.
Saat terbenam, sinarnya dinikmati.
Jalan kehidupan terus berganti.
Perawatan harus terus di jalani

Matahari, betapa bahagia, jika di pagi hari, kita bisa melihat mentari, Rasa syukur atas anugrah Tuhan yang memberikan kita umur yang panjang dan berjuta anugrah lainnya.

Sedari kita bayi, orangtua kita sudah membiasakan diri untuk dekat dengan matahari, dengan dijemur tubuh ini, ketika belum memiliki perlindungan diri.

Kebiasaan menjemur terus dilakukan oleh wanita dan pria bermata biru, hingga usia menginjak dewasa, akan tetapi kita jarang melakukan. Hal ini bisa di sebabkan banyak orang yang mengatakan “kulit sudah hitam, kalau di jemur nanti tambah keling, selain itu pula, takut akan bahayanya sinar matahari”.
“Kekuatan terbesar yang dimiliki dunia adalah generasi muda dan kecantikan wanita “ Kata kata bijak dari seorang penasehat maharaja Maurya, bernama Chanakya.

Dua kekuatan ini, begitu dasyatnya karena sebuah negara akan maju jika ada generasi muda yang terus berkarya dan wanita yang memelihara kecantikan, tidak hanya terlihat cantik dari sisi penampilan akan tetapi dari sisi kepribadian, kecerdasan dan kecantikan dari dalam.

Matahari dan wanita haruslah saling bersahabat, sebagai wanita Mpo tidak pernah takut terkena sinar matahari, sesungguhnya matahari memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia seperti bisa menjemur makanan ataupun pakaian, teknologi tata surya, pembentukan vitamin D , mengatur system kekebalan tubuh, mengurangi peradangan di tubuh, memperbaiki mood dll.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Sinar matahari ultraviolet B bisa menyebabkan flek hitam dan kanker, sehingga matahari untuk di takuti sehingga menjadi alasan kita untuk malas keluar rumah. Di dalam ruangan, bukan berarti kita aman dari sinar ultraviolet, tuntutan pekerjaan dengan sinar lampu yang watt besar, membuat kulit kita juga harus mendapatkan perlindungan ekstra, hal ini di sampaikan oleh Sylvia Genpati, seorang artis sinetron Centhini pada tanggal 3 Mei 2018, yang berlokasi di Gastromaquia .
Hanya Rejuv Skin Nutraceutrical , yang bisa membuat artis cantik ini jatuh hati untuk mengunakannya.Karena awalnya, ia tidak terlalu memikirkan masalah kulit, akan tetapi karena tuntutan profesi dan bahaya radikal bebas membuat ia berkonsultasi dengan dokter. Dokter menyarankan Rejuv sebagai supplement pencegah flek hitam mencerahkan kulit dan kanker kulit, ujar Sylvia Genpati

Perawatan untuk melindungi kulit, bisa dilakukan dari luar seperti memakai topi/ kacamata, memakai sabun yang sesuai dengan jenis kulit, memakai cream pagi dan malam, memakai pakaian yang nyaman, sunblok.

Rejuv Skin Nutraceutrical merupakan food supplement yang terbuat dari bahan alami yaitu phytofloral, beta carotene, vitamin C , vitamin A, Natural astaxanthin, grape seed extract, zinc dan selenium, horsetail & green tea polyphenols. Semua bahan tersebut di jadikan satu agar para wanita bisa merasakan khasiat, dengan meminum bersama air putih dan satu tablet Rejuv sehari. Rejuv bisa digunakan oleh wanita 18 pada keatas.Rejuv Skin Nutraceutrical sudah memiliki sertifikat BPOM, bisa di peroleh di supermaket obat, toko online

Manfaat dan kandungan Rejuv Skin Nutraceutrical adalah
  • Memelihara kesehatan dan elastisitas kulit.
    Kulit yang kenyal bisa di miliki wanita ketika berusia remaja, dengan bertambahnya usia maka elastisitas kulit akan berkurang yang bisa mengakibatkan kulit mejadi kendur.
  • Membantu mengurangi flek hitam mempunyai flek hitam.
    sangatlah bikin kesal karena susah di hilangkan. Dengan Rejuv kita bisa mengurangi flek hitam dengan meminum secara teratur.
  • Antioksidan dan menunda timbulnya kerutan.
    Tua itu pasti, kerutan adalah tidak bisa di hindari akan tetapi kerutan bisa ditunda dengan menjaga dan merawat kulit.
  • Mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih muda.
  • Menghaluskan dan memelihara kelembaban kulit.
    Kulit halus adalah dambaan setiap wanita, apalagi kalau kulit tersebut terjaga kelembaban sehingga kulit terhindar dari kulit kering.
  • Perlindungan terhadap UVA & UVB untuk mencegah kerusakan DNA yang bisa menimbulkan penyakit kanker kulit.
    Audrey Hepburn, seorang legenda di panggung boadway mengatakan “Kecantikan seorang wanita tidak dilihat dari pakaian yang ia kenakan, melainkan dari kepribadiannya atau dari cara dia merawat dirinya. “

    Lalu bagaimana dengan kamu? boleh dong ketak ketik di kolom komentar, cara kamu merawat diri?

Wednesday, 2 May 2018

Kenangan Masa Lalu dalam Es potong Skippy

A post shared by mporatne (@mporatne) on
Pantun:
Ada cerita di dalam setiap makanan.
Asiknya makan bersama keluarga.
Es potong, Tidak hanya menjadi kenangan
Ada canda, tawa ,bahagia,sedih karena semua moment berharga.


Setiap potongan es potong selalu ada ceritanya, cerita di masa lalu dimana kuliner sangat di gemari oleh masyarakat.

Menurut cerita Mamanya Mpo “ini es, kesukaan mama sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar”. Sewaktu Mpo masih kecil, Mama suka buat ini di rumah sebagai cemilan. Karena Mpo dan adik adik adalah anak zaman now, maka kuliner ini tidak selalu habis kita makan, yang doyan makan es potong adalah Papa.

Ketika paketan Skippy datang, Mpo mulai bingung harus membuat apa?. Krek..krek suara dari mulut Papa yang sedang mengigit es batu. Suara tersebut menimbulkan ide untuk membuat es potong versi kekinian agar semua keluarga suka.

“Untuk membuat es potong, memakai bahan hunkwe” itulah yang diungkapkan Mama, ketika Mpo bertanya mengenai es potong. Bingung dan susah mencari tepung Hunkwe karena Mama sudah lama tidak membuat es potong dan tidak tahu apakah tepung hunkwe masih ada yang jual.

Berbekal nekad dan tekad, akhirnya Mpo pergi ke pasar tradisional. Ternyata eh ternyata, lebih mudah mendapatkan susu UHT dibandingan tepung hunkwe. Setelah muter muter, tanya satu pedagang ke pedagang lainnya, yang berjualan di pasar johar baru.

Akhirnya ada juga pedagang yang masih menjual tepung tersebut. Walaupun harga tepung hunkwe lebih mahal daripada tepung terigu yaitu Rp7000 untuk ukuran 150grm. Ya sudahlah,pikir ku saat itu demi bikin cemilan sehat buat keluarga.

Sekilas info mengenai tepung hunkwe

Pulang dari pasar tradisional, Mpo mulai browsing, mencari tahu kenapa harga tepung hunkwe terlalu mahal. Ternyata tepung hunkwe terbuat dari batang pohon aren. Batang pohon aren untuk diolah menjadi tepung hunkwe, haruslah berusia 15 tahun Selain sebagai pengental, tepung hunkwe juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik yaitu protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin C.

Pembaca blog mpo, pastinya bertanya tanya seperti apakah pohon aren?
Mungkin kalian tidak mengenal pohon aren akan tetapi kalau mpo menyebutkan kolang kalling atau gula merah, pastinya tahu dong.

Lalu apa sih hubunganya kolang kaling, gula merah dan tepung hunkwe?
Semua yang Mpo sebutkan di atas adalah hasil pengelolahan dari pohon yang sama yaitu pohon aren. air niranya di sadap untuk dimanfaatkan sebagai gula jawa, buah pohon aren diambil untuk mendapatkan kolang kaling sedangkan batang pohon aren di jadikan tepung hunkwe.

Es potong Skippy

Untuk membuat es potong skippy, bahan bahan yang di gunakan cuma mengunakan
1 liter susu UHT.
100 grm tepung hunkwe
2 sendok Skippy
250 grm gula
1 bungkus nata de coco.

Cara membuatnya juga mudah, oh ya Mpo membuat dua versi yaitu dengan mengunakan Loyang dan cetakan es loli. Mpo sengaja mengunakan cetakan es loli karena agar es tempo dulu terlihat lebih trendy dan di sukai sama anak anak zaman milenial.

Proses membuat es potong sebenarnya tidak perlu memakan waktu yang lama karena kita hanya perlu mengentalkan semua bahan menjadi adonan kental. Oh ya, jangan lupa saat mengaduk adonan, harus menggunakan api kecil. Setelah adonan meletup letup masukan adonan kedalam Loyang yang telah di beri nata de coco.

Diamkan adonan menjadi keras dan potong potong adonan sesuai selera dan masukan ke dalam plastic kecil dan jangan lupa masukan ke frezer untuk proses pembekuan menjadi es. Oh ya, pembaca blog Mpo bisa lihat di Instagram dan juga bisa lihat tutorial

Saat adonan menjadi es , yang paling tidak sabar mencicipi adalah Papa dan adik adik Mpo. Apalagi setelah Mpo sebarkan status whatsapp mengenai es potong Skippy. Perpaduan rasa manis, gurih dan kenangan indah akan masa lalu, membuat suasana di rumah menjadi ceria, saat menikmati es potong Skippy.

Oh ya dalam pembuatan es potong Skippy, Mpo mengunakan Skippy chocolate stripe peanut butter yang terbuat dari kacang pilihan yang di panggang sehingga menghasilkan rasa yang enak, gurih.

Saat membuka tutup Skippy maka ada seal yang terbuat dari almunium foil yang menjaga kualitas. Selama ini kita mengenal selai hanya di gunakan sebagai olesan roti, padahal Selai kacang Skippy bisa digunakan dalam berbagai jenis makanan mulai dari sambal, kue kering, minuman smoothies hingga makanan.
Skippy mempunyai berragam rasa pilihan yang bisa di sesuaikan dengan varian makanan yang akan kita olah yaitu Skippy strawberry, Skippy Chocolate Stripe, Skippy Chunky, Skippy creamy, Skippy Grape. Yang paling penting adalah Skippy telah mendapatkan izin BPOM dan mudah di dapat dimana mana.

Jangan lupa ya follow facebook Skippy untuk mendapatkan informasi seputar dunia kuliner . Disclamer, Artikel ini di ikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan, dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY Peanut Butter Indonesia.