Featured Slider

Jangan Jadi Orang Judes, ciptakan Kebahagian sedari kecil bersama lactogrow

Judes merupakan bahasa yang biasa di ungkapkan untuk orang-orang yang berprilaku suka marah, suka membentak, ketus.  

Aih jangan sampai deh kita jadi orang judes. Teman mpo pernah berkata "gue itu sudah judes dari sono nya". Inilah ungkapan yang ia lontarkan ketika ia berusia 18 tahun. 

Prilaku teman Mpo baik sih, tapi kalau adat judes keluar, ih menyebalkan sekali.

Live streaming lewat aplikasi zoom yang mengangkat tema peran kebahagian untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.
Tema yang sangat menarik apalagi menghadirkan para pembicara yang berkompeten yaitu
• Pramudita Sarastri, Brand Executive Nestlé LACTOGROW
• Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak
• Ayoe P. Sutomo, M.Psi, Psikolog, CGA, Psikolog Tiga Generasi 
• Sandra Dewi, Celebrity mom.
Cara menciptakan kebahagiaan sang anak
Novita anggie, Pramuria Saras Tri, Sandra Dewi, Ayoo P. Sutomo, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo
(Dari kanan ke kiri) 

Menciptakan kebahagian di mulai sedari kecil.


Teman-teman online masih ingatkan pernyataan teman mpo "Gue judes dari sono nya". Yang artinya ia sudah judes dari ia kecil.

Mungkin teman Mpo, bikin pernyataan sekena saja alias asal berbicara saja.

Akan tetapi menurut Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak menyatakan "Judes merupakan tanda orang yang tidak bahagia. Rasa bahagia bisa di mulai dari pencernaan sehat sejak kecil. 

hubungan antara otak dan sistem pencernaan tidak dapat dipisahkan dan kedua nya saling berkaitan karena zat-zat yang dihasilkan di saluran pencernaan dan otak memiliki kesamaan."    

Pencernaan sehat merupakan pondasi bagi si kecil untuk tumbuh kembang secara optimal dengan memiliki saluran cerna yang sehat maka si kecil mempunyai penyerapan nutrisi dengan baik. Sehingga si kecil tidak gampang sakit, memperngaruhi kognitif untuk mendukung pertumbuhan si kecil.

Salah satu cara mendukung kesehatan cerna adalah menjaga keseimbangan mikro biota di dalam saluran pencernaan probiotik terutama Lactobacillus reuteri.

Manfaat dari Lactobacillus reuteri bisa menghasilkan vitamin B12 yang mendukung perkembangan otak, menurunkan lamanya diare dan Lactobacillus reuteri terbukti aman.

Lactobacillus reuteri bisa didapatkan pada makanan seperti tempe, keju apel, cuka apel dan susu.   

Salah satu produk yang mengandung Lactobacillus reuteri adalah Lactogrow.
Fungsi Lactobacillus reuteri
Lactogrow
Lactogrow susu yang diproduksi oleh Nestle untuk anak usia 1-3 tahun dan 3 tahun keatas dengan komposisi padatan susu (Susu bubuk skim dan laktosa), Campuran minyak nabati (mengandung antioksidan tokoferol dan askorbil palmitat), Maltodekstrin, Sukrosa, 8 mineral dan permiks mineral, Pengemulsi lesitin kedelai, Bubuk madu 0.5%, Premiks vitamin, Minyak ikan (mengandung antioksidan tokoferol), Lactobacillus reuteri DSM 17938.


Jangan jadi anak judes karena orangtua menentukan kebahagiaan anak.

Jangan sampai deh sifat judes terus berlanjut di masa remaja dan dewasa. Hal ini akan memperngaruhi perkembangan dan prestasi di sekolah. Untuk itulah perlunya dukungan orangtua.

Menurut Ayoe P. Sutomo, M.Psi, Psikolog, CGA, Psikolog Tiga Generasi "orangtua mempunyai peranan penting agar anak bahagia oleh karena itu diperlukan kehadiran orangtua, dukungan orangtua dan kualitas hubungan dengan sang anak". 

Anak bukan patung yang hanya bisa diam ketika di berikan handphone akan tetapi juga di perlukan interaksi saat ngobrol, bermain bersama dan peluk. 

Sandra Dewi, celebrity Mom juga memberikan kesaksian bahwa " Ia dan anaknya suka bermain basket bersama, padahal usia Mikhael yang baru saja berusia dua tahun".   

Orangtua juga bisa memperoleh kebahagian ketika sang anak menyukai Lactogrow yaitu Bunda berkesempatan untuk menjadi member Grow Happy Club di website Lactogrow.
Hadiah gratis untuk bunda
Hadiah ok punya

Bunda bisa mendapatkan keuntungan yaitu mendapatkan beragam hadiah dengan mengumpulkan point dari setiap pembelian.
Hadiah gratis dari lactogrow
Tukar point

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun.

Jangan mempunyai sifat judes.  Banyak orang jadi kesal.
Ayo kumpulan point lactogrow, jangan males.
Ajak anak bahagia, biar anak tumbuh optimal.

Pendapat yang salah yang beredar di Masyarakat seputar Ginjal

Banyak pendapat yang salah yang terjadi di masyarakat. Hal ini di karenakan minimnya pengetahuan dan informasi seputar ginjal.
Untuk itulah di hari ginjal sedunia yang jatuh pada tanggal 12 Maret 2020, Kementrian Kesehatan mengadakan blogger gathering yang berlokasi di kawasan HR. Rasuna Said, Jakarta.   

di acara tersebut menghadirkan para pembicara: 
1. dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH. 
2. dr. Cut Putri Arianie, MHKes selalu direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM).
dr. Pringgodigdo Nugroho (kiri)
dr. Cut Putri Arini (Kanan) 


Banyak pendapat masyarakat kalau tidak bisa hidup dengan satu ginjal.  

Hidup dengan mempunyai satu ginjal tidak akan bertahan lama. Tetangga Mpo bernama Cang Rini terlahir dengan satu ginjal saja, sampai usia 57 tahun ia masih bisa beraktivitas normal seperti biasanya.

Lain halnya dengan Cang Rini, Teman-teman online pasti mengenal penyanyi hits Vidi Aldiano yang hanya mempunyai satu ginjal. Hal ini terjadi dikarenakan salah satu ginjal di angkat karena ia menderita penyakit kanker ginjal.

Vidi Aldiano dan Cang Rini merupakan salah satu contoh bahwa pasien dengan satu ginjal dapat bertahan hidup layaknya manusia biasa yang mempunyai dua ginjal.

Lalu apa sih cara yang harus di lakukan untuk menjaga kesehatan ginjalnya yang hanya tinggal satu buah. . 

Menurut dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGHSpPD-KGH "pasien dengan satu ginjal bisa hidup dengan satu ginjal seperti masyarakat biasanya dengan menerapkan pola hidup sehat". 


Pendapat masyarakat kalau minum obat hipertensi dan diabetes bikin merusak ginjal.  


Kerusakan ginjal bisa berpotensi untuk pasien penderita diabetes, hipertensi, kurang aktivitas fisik, pola makan tidak sehat dan obesitas.

Inilah yang akan membuat kita ada rasa khawatir ketika kita menderita hipertensi dan diabetes yang mana kita harus rutin mengkonsumsi minum obat tersebut.

Hal ini juga terjadi pada alm. Mama yang menderita penyakit hipertensi dan diabetes.

Sampai akhirnya Alm. Mama mengalami koma dan dokter menyarankan untuk cuci darah akan tetapi cuci darah tidak dapat dilakukan karena Allah lebih sayang dengan mengangkat penyakitnya selama-lama nya.

Banyak anggapan yang salah di masyarakat bahwa minum obat hipertensi dan gula darah dapat merusak ginjal. Padahal menurut dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH "bukan terlalu sering minum obat hipertensi dan diabetes yang menyebabkan pasien mengalami gagal ginjal akan tetapi akibat tekanan darah yang tidak terkontrol yang mengakibatkan pasien mengalami gagal ginjal"  

Padahal dokter mempunyai target yang harus di penuhi oleh pasien mengenai target tekanan darah yang harus di capai agar tidak terjadi komplikasi.


Banyak pendapat di masyarakat bahwa minum jamu bisa mengakibatkan ginjal menjadi rusak.


Covid-19 merupakan penyakit yang sedang melanda dunia  

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa minum jamu tradisional merupakan salah satu cara agar agar tidak menderita penyakit corona.  

Menurut dr. Cut Putri Arianie, MHKes "Jamu tradisional diminum untuk menjaga kebugaran dan stamina sehingga imunitas menjadi kuat".

Sebaiknya meminum jamu yang di racik sendiri tanpa bahan kimia, pemanis buatan, pewarna dan pengawet.

Sedangkan menurut Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH "Jamu tidak disarankan untuk pemakaian jangka panjang dan pasien sudah terkena penyakit. Hal inilah yang dapat menganggu fungsi ginjal".


Banyak pendapat masyarakat kalau sudah cuci darah maka dekat dengan ajal.


Ginjal merupakan organ yang penting di dalam tubuh. Jika diibaratkan fungsi ginjal seperti saringan teh.

menyaring ampas teh yang tidak berguna oleh tubuh yaitu berupa racun maka akan di keluarkan melalui urine.

Sedangkan cairan yang berguna oleh tubuh akan disalurkan ke seluruh tubuh.

Inilah fungsi ginjal adalah

Pertama, mengeluarkan produksi di dalam tubuh.
Kedua, Menyeimbangkan cairan tubuh.
Ketiga, Memperbaiki sel darah merah. 
Keempat, Mengatur tekanan darah. 
Kelima, Menyaring 120-150 liter darah setiap hari. 
Keenam, Mengaktifkan vitamin D.
Cara mudah agar tidak cuci darah dengan optimalkan fungsi ginjal
Fungsi Ginjal

Banyak sekali manfaat ginjal Jikalau pasien fungsi ginjal terganggu maka ada beberapa cara pengobatan yang harus ia lakukan

1. Mengubah pola hidup sehat dengan CERDIK. 

CERDIK adalah singkatan dari Cek kesehatan rutin. 
Enyahkan asap rokok. 
Rajin olahraga. 
Diet seimbang. 
Istirahat yang cukup. 
Kelola stress. 

Pola prilaku ini di lakukan secara konsisten dan kontinyu.
Agar tidak cuci darah
Lakukan CERDIK untuk pencegahan
penyakit ginjal

2. Terapi obat-obatan yang di berikan oleh dokter.
3. Cuci darah. 
4. Cangkok ginjal.
Cara mengobati gagal ginjal murah
Pengobatan penyakit ginjal
Salah satu cara pengobatan ginjal adalah cuci darah. Uwa Mamat, tetangga Mpo, melakukan rutin cuci darah seminggu dua kali. Tidak sampai satu tahun Uwa Mamat meninggal dunia akibat gagal ginjal.

Lalu apakah kalau kita sudah cuci darah maka dekat dengan kematian. 

Hal itu di bantah oleh dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH. Menurut beliau "ada pasien RSCM yang bisa bertahan hidup selama 25 tahun setelah ia terkena vonis gagal ginjal. Hal ini di karenakan ia bisa displin mengikuti anjuran dokter".

di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun

Bang mamat, anak bulak kapal  Banyak pendapat, harus di luruskan seputar kesehatan ginjal

Note : Cang adalah tante dalam bahasa betawi. Uwa adalah Kakak dari orangtua kita dalam bahasa betawi.

Jangan Sembarangan Curhat saat Depresi. Konsultasi murah dan rahasia terjamin

"Aku ingin curhat, adakah yang mau mendengarkan aku". Itulah sepenggal kata untuk memulai tulisan kali ini   
Banyak tanda orang mengalami depresi diantara hilangnya minat dalam beraktivitas, Menangis tanpa sebab hingga yang paling ekstrim ia lakukan seperti melukai dirinya sendiri.

Memang perlu di akui bahwa kehidupan tidaklah selalu berjalan sesuai rencana kita. Apa yang kita harapkan ternyata melenceng jauh. 

Faktor kenapa orang jadi depresi bukan hanya karena takdir yang tidak sesuai dengan keinginan akan tetapi bisa karena faktor ekonomi. 

Ekonomi morat marit mempunyai hutang dimana-mana, di tambah dengan banyaknya kebutuhan akan membuat kita tambah pusing tujuh keliling untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Penyebab orang depresi
Beban ekonomi
Dok. Pixabay

Selain faktor tersebut ada pula faktor penampilan, yap seorang bisa depresi karena dicemoh oleh orang lain. Hal ini bisa di sebabkan karena ia memiliki bentuk tubuh tambun ataupun berbadan kurus.

Julukan gembrot ataupun papan pengilesan membuat si penderita semakin tertekan.  


jangan sembarangan curhat, bukan menyelesaikan masalah malahan mendapat masalah baru.


Mulut ember hal itulah yang di takutkan ketika kita curhat. 

Masalah bukan terselesaikan akan tetapi makin bertambah banyak masalah.

Oh ya bagi teman-teman online yang tidak mengetahui apa arti mulut ember, ini nih Mpo kasih tahu.

Mulut ember merupakan julukan yang biasa di berikan oleh orang betawi untuk orang yang tidak bisa pegang rahasia atau janji.

Si mulut ember ini akan menceritakan masalah kita ke oranglain, duh makin banyak orang yang mengetahui permasalahan yang sedang kita hadapi.

Makin banyak telinga orang yang mengetahui maka makin banyak si mulut ember. Ya kalau begini bukan selesai nambah masalah tapi nambah permasalahan. 

Lalu kepada siapa kita curhat yang tepat.

Pertama, Curhat ke Allah. 
Tempat curhat paling aman dan tidak terbatas waktu adalah curhat dalam sholat. 

Kamu boleh kok curhat panjang lebar dan boleh juga kamu nangis bombay.

Percaya deh kalau kita curhat sama Allah beban kita akan berkurang karena Allah maha mendengar.

Kedua, Curhat ke orang yang bisa di percaya. 
Curhat kepada orang yang bisa dipercaya adalah curhat dengan orang yang meminjamkan telinganya untuk mendengarkan segala keluhan kita.

Curhat kepada orang yang terpercaya bisa ke orangtua, mertua ataupun sahabat. 

Ketiga, curhat ke psikolog.  Teman-teman online bisa mendatangi psikolog untuk menceritakan masalah teman-teman.

Para psikolog bukan hanya mendengarkan cerita teman-teman akan tetapi juga membantu memberikan solusi dari setiap permasalahan yang teman-teman online alami.

Nah, kalau teman-teman online terbentur biaya untuk konsultasi ke psikolog maka teman-teman bisa memanfaatkan BPJS.

Teman-teman online cukup membawa kartu BPJS maka teman-teman bisa mendapatkan pelayanan psikologi secara gratis di puskesmas kecamatan yang buka setiap hari kerja dari jam 07.30-15.00wib. 

Untuk teman-teman online yang tidak mempunyai kartu BPJS maka teman-teman online di kenakan biaya Rp30.000. Harga tersebut pastinya terjangkau di kantong.
Tempat curhat yang tepat
Curcol

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun

Bang mamat ke puskesmas. Punya persoalan harus curhat, ayo konsultasi agar bisa beraktivitas.