Featured Slider

Kenalan yuk Tugas Wasor Kusta di Masa Pandemi

Selama pandemi ini semua aktivitas terbatas dan tidak bebas seperti dahulu. Apalagi sekarang ini mulai tanggal 1 -14 Juni 2021 diberlakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di 34 provinsi di Indonesia.


Jangankan ke rumah sakit, untuk datang ke acara event blogger saja kita harus mengikuti aturan protokoler kesehatan seperti cuci tangan, cek suhu, ikutan swab antigen baru deh masuk ke tempat acara.


lalu bagaimana dengan para penderita kusta ya? yang pasti mereka tidak boleh putus minum obat minimal selama 6 bulan . 


Para penderita kusta mempunyai ruang gerak terbatas apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. untuk itulah hadir wasor kusta yang membantu para penderita kusta.


Kenalan yuk dengan wasor Kusta


wasor  kusta merupakan singkatan wakil supervisor. Mereka adalah orang biasa yang dilatih secara khusus untuk penderita kusta. jadi wasor kusta itu bukan tenaga medis ya. 
Pendamping kusta
Wasor kusta

Tugas wasor kusta  menjadi pendamping di setiap kabupaten /kota dan mereka bekerja di lapangan bukan rumah sakit. 

karena wasor kusta adalah pendamping kusta maka ia mendapatkan pendidikan mulai dari ciri-ciri kusta penyebab kusta, cara penularan hingga menanggulangan pasien kusta hingga dinyatakan sembuh.  

Ada kebahagiaan tersendiri menjadi wasor kusta dimana ketika ia bisa melihat senyuman dan kecerian pasien kusta yang dinyatakan sembuh.

"Selama pandemi ini, tidak hanya kasus seperti kusta. kasus lain seperti HIV-AIDS, TB juga tidak terlalu diperhatikan karena seluruh pandangan pemerintah tertuju pada penanganan  permasalahan COVID-19" ujar DR Rohman Budijanto  selaku direktur ekslusif  The Jawa Post Institute of Pro Otonomi, pernyataan disiarkan dalam siaran langsung lewat channel youtube berita  KBR pada tanggal 31 Mei 2021.

Kusta bisa sembuh
DR. Rohman Budijanto

padahal jargon program pemerintah dalam menangani kasus kusta yaitu temukan, periksa dan obati dengan tuntas. Hal inilah diperlukan kerjasama  semua pihak elemen masyarakat untuk membantunya seperti yang dilakukan oleh wasor kusta. 

"agar tidak bertambahnya kasus baru maka para kader wasor kusta dan tokoh masyarakat mulai mendata warga yang mengalami bercak putik, mengalami baal pada kulit dan nyeri pada sendi. Gejala tersebut  mengindenfikasikan gejala penyakit kusta." hal itulah diungkapkan Komarudin selalu wasor kusta kabupaten Bone.   
Obat kusta ampuh
Wasor kusta

para kader atau tokoh masyarakat yang mau mendata warga teridentifikasi mempunyai gejala kusta juga harus menerapkan protokoler kesehatan. 

Menurut data Kementerian Kesehatan pada tahun 2020 ada 9.000 orang kasus kusta. angka tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebesar 17.439 orang. terjadinya penurunan kusta selama pandemi ini di sebabkan aktivitas puskesmas yang dibatasi maka penemuan kasus kusta baru juga berkurang . 

diakhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 
Jalan-jalan ke Bogor. 
Jangan lupa beli talas 
untung ada wasor. 
Jasamu tiada terbalas dengan uang kertas.

Pengelolaan Sampah Makanan itu Mudah Bisa di Mulai dari Rumah Kita

Sampah Makanan yang disisa di piring merupakan pemandangan yang biasa kita lihat pada saat menghadiri pesta pernikahan. 


Sedih banget melihat beberapa sendok nasi dan lauk masih ada di atas di piring. "duh kok makan tidak dihabiskan ya, coba kalau di kumpulin seluruh orang yang hadir dalam pesta bisa penuh nih  sekarung beras" Pikiran Mpo saat itu. 


Mpo dibiasakan sama mama untuk ambil makan secukupnya terutama di acara pesta. "kalau mau nambah ambil aja lagi tapi sisa dipiring kamu yang tadi harus bersih ya". 


selain kata-kata mama, ada sebuah nasehat yang di lontarkan sama temen blogger Melly yang bisa ambil pelajaran "kita ikut datang ke event buat cari makan. masa sih sudah dapat makanan (nasi box atau makan prasmanan) kita buang-buang. sebisa mungkin makanan ini harus di habiskan ". 

Habiskan makanan mu


Gaya hidup minim sampah merupakan kata yang kurang familiar di telinga kita. 


Kita lebih familiar dengan  kata  mubazir. Padahal gaya hidup minim sampah dan mubazir mempunyai satu kesamaan yaitu tidak akan membiarkan satu butir nasi masih tersisa. 


Gaya hidup minim sampah juga di ajaran agama yang Mpo anut yaitu islam. 


Kita dilarangan melakukan pemborosan hal ini tercantum pada surat al Isro ayat 26-27 yang artinya "Janganlah kamu menghambur-hamburkan secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan". 


Fakta Kemiskinan di Indonesia dan Sampah Makanan


Menurut data badan pangan dunia (FAO) bahwa Indonesia sudah menghasilkan sampah makanan yaitu sebesar 13 juta ton setiap harinya. Sampah makanan ini berasal dari retail, katering dan restoran . 


Apabila sampah makanan sebesar 13 juta ton sampah dikelola dengan baik maka bisa diberikan kepada 28 juta orang.   

Ironisnya menurut badan pusat Statistik 28 juta orang tersebut adalah jumlah orang miskin di Indonesia. makanya tidaklah heran kalau Indonesia menduduki peringkat nomor dua setelah Arab Saudi sebagai penghasil sampah makanan terbanyak di dunia. 

Fakta sampah
Makanan


Tanpa kita sadari dari sepiring makanan yang kita buang berdampak pada ketidaksejahteraan penduduk miskin. 


Pengelolaan sampah makanan dimulai dari rumah.   


Sebenarnya penanggulangan sampah makanan bisa dimulai dari rumah kita sendiri dengan cara mengajarkan  anak kita untuk mengambil makanan secukupnya. hal ini  juga di ajarkan mama sejak kecil. 


Seorang ibu juga mempunyai peranan penting dalam mengatasi sampah makanan dengan memasak secukupnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah. 


lalu kalau sudah ada sampah makanan di rumah, apa yang harus kita lakukan? 


Mpo mendapatkan pelajaran yang bagus saat mendengarkan live streaming tausiah Aa Gym dengan menghadirkan pembicara Gun Gun Saptari hidayat selalu Direktur PD Kebersihan kota Bandung.


Ia mengatakan bahwa sampah rumah tangga harus di bagi tiga yaitu 

1. sampah organik 

2. sampah yang bisa di daur ulang. 

3. selain kedua sampah tersebut.  

Jenis sampah


nah setelah kita memisahkan ketiga jenis sampah maka kita bisa mengelola sendiri sampah dengan cara. 


A. dimulai dari rumah kita bisa mengelola sampah organik. 

Sampah organik merupakan sampah sisa hasil masakan di rumah. 


Sampah organik inilah bisa kita kelola di halaman rumah kita dengan cara mensedekahkan ke alam dengan membuat lubang biopori dengan ukuran 10 cm dengan kedalaman 100 cm.   


Nantinya sampah organik tersebut akan membusuk bisa bermanfaat bagi tanah yaitu bisa memberikan menutrisi  sehingga tanah tersebut menjadi lebih subur dan tidak terjadi banjir ketika hujan. 

Lubang biopori
(Pict by dinas PU) 


Selain itu pula sampah organik juga bisa di berikan pada binatang seperti Ayam. Mpo biasa memberikan nasi sisa atau lauk yang sisa semalam dengan mencampur  bersama dedak.  

Sisa nasi campur dedek


selain ayam, Teman-teman juga bisa membudidayakan lalat hitam atau biasa disebut manggot. 


Lalat hitam ini biasa yang mengkonsumsi sampah organik dan kalau sudah panen maka lalat hitam bisa di jual sebagai pakan ternak dan kepompong bisa digunakan sebagai pupuk.  Harga manggot dipasaran juga tergolong mahal yaitu Rp300.000/kg

Manggot
(Pict by tempo) 


Kita sebagai ibu rumah tangga harus pintar mengelola sampah makanan yang masih layak dimakan sehingga makanan tersebut menjadi makanan yang baru. 


Saat mau puasa syawal, di dapur tersisa sambal balado ikan asin  dan sepiring nasi. akhirnya Mpo bikin nasi goreng dengan mencampurkan kedua bahan tersebut ditambah telur goreng .   

Recycle sampah makanan

B. Sampah daur ulang 

untuk sampah daur ulang sudah dikelola dengan  baik disekitar rumah Mpo. 


C. Sampah selain kedua sampah tersebut 

Selain kedua sampah tersebut kita bisa serahkan ke dinas Kebersihan sampah untuk diolah kembali menjadi energi baru.   


Dampak pengelolaan sampah makanan dari rumah bukan hanya berdampak pada minim sampah di rumah kita akan tetapi juga berdampak pada sebuah kota dengan penurunan angka sampah perton setiap hari sehingga menciptakan kota yang indah dengan  minim sampah. 


jadi masih mikir bahwa pengelolaan sampah itu sulit dan tidak bisa menghasilkan duit? Ayo deh kita mulai mengelola sampah dari rumah.   

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 
Ada lalapan, saat makan nasi goreng. 
Ciptakan kesejahteraan, bantu orang miskin dengan cara ikut pengelolaan sampah makanan mulai dari sekarang

Misi Menyelamatkan Bumi Lewat Daur Ulang Sampah Plastik

Ingat ya, Misi kita menyelamatkan bumi, yap itulah pesan Mpo katakan kepada adik dan adik sepupu. 


Pernyataan itu terujar ketika itu kedua saudara Mpo berkata "kita itu kaya pemulung ya? "


dengan berkata lemah lembut Mpo penjelasan " penggunaan kata pemulung harus diganti dengan misi menyelamatkan bumi karena kita mempunyai tujuan berbeda dengan pemulung". 

lalu kedua saudara Mpo berkata "tujuannya tetap sama khan yaitu dapat duit". Mpo menjawab " tanpa bermaksud menghina saudara kita yang berprofesi sebagai pemulung. sesungguhnya kita dan mereka mempunyai tujuan yang berbeda. pemulung mencari botol plastik setiap hari dengan tujuan agar bisa mendapatkan sesuap nasi sedangkan kita bertujuan ingin menyelamatkan bumi. 

dalam menjalankan  misi menyelamatkan bumi ditempat Mpo agak berbeda dari tempat lain. Hal ini karena di lingkungan rumah Mpo tidak mempunyai bank sampah yang bisa menampung sampah dari warga. Biarpun begitu kita dibantu dari dinas Kebersihan pemprov DKI. 
Sampah warga

jadi dinas Kebersihan pemprov DKI akan datang ke wilayah kita sebulan sekali yaitu setiap tanggal 22. ditanggal tersebut hanya warga RT 1,2 dan 3 kelurahan johar baru yang boleh menyetorkan sampah plastik. 

Fakta sampah plastik dan misi menyelamatkan bumi  


Permasalahan sampah masih jadi PR bagi Indonesia. kebayang dong 175 ton sampah tiap hari sampah yang dihasilkan oleh Indonesia atau setiap warga negara di Indonesia menghasilkan 700 gram. 

nah itu data kalau hitungnya dalam jumlah satu hari, tapi kalau kita bisa hitung pertahun maka angka yang dihasilkan sungguh dasyat yaitu 64 juta ton. makanya tidak heran kalau Indonesia penghasil sampah terbesar ke dua di dunia. 

Masih ingat dalam ingatan Mpo saat mendengarkan live streaming tausiah Aa Gym seorang pembicara Gun Gun Saptari Hidayat direktur PD Kebersihan kota bandung yang berkata "Membuang sampah pada tempatnya adalah ahlak yang buruk jika di campur"  

Menurut Gun Gun Saptari kita bisa memisahkan sampah menjadi tiga jenis yaitu 
1. sampah organik dari sisa makanan. 
2. sampah yang bisa di daur ulang seperti botol dan kardus 
3. sampah residu merupakan sampah lainnya dari kedua sampah yang Mpo sebutkan diatas. 
Jenis sampah


dengan memilih ketiga jenis sampah tersebut maka kita bisa melaksanan misi menyelamatkan bumi dengan mudahnya

Kisah pertama kali menyetorkan sampah plastik.   


Pada tanggal 22 bulan tepatnya di bukan yang lalu. warga mulai gelisah, datang tidak ya petugas dari dinas Kebersihan ke lingkungan rumah kita. 

Akhirnya pukul 10.30 wib datang juga team dari dinas Kebersihan. sambil menunggu antrian sampah yang akan di timbangan para warga saling bersandau gurau.   

karena masih baru pertama kali mengumpulkan sampah plastik, jadi warga hanya mengumpulkan sampah botol plastik kotor. 
Harga sampah

yang dimaksud sampah plastik kotor adalah botol plastik utuh (ada label dan tutup botol). 

Oh ya harga sampah plastik kotor mempunyai harga perkilo lebih murah dibandingkan sampah plastik bersih. 

Bagi teman-teman yang belum mengetahui sampah plastik bersih adalah dimana label kemasan di buang lalu di keremek. sedangkan tutup botol plastik dipisahkan karena bisa dijual secara terpisah. 

Di rumah Mpo terkumpul 2 kg sampah plastik, alhamdulillah. oh ya uang penjualan sampah plastik dibayar langsung ataupun bisa juga di tabung. 

minta doa teman-teman online ya semoga warga terus semangat mengumpulkan sampah plastik. 

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 
naik-naik ke puncak gunung 
kok banyak sampah di gunung. kamu tidak usah bingung. 
perlu ada misi menyelamatkan bumi untuk mengatasi sampah yang mengunung