Featured Slider

Suka Duka Jumat Berkah


Jumat berkah merupakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh secara bersama-sama melalui penggalangan dana secara kolektif yang dilakukan setiap hari jumat.

Layaknya suatu penyelenggaran acara pasti ada suka dan duka termasuk penyelenggaraan jumat berkah.  


Jumat berkah minggu ini penuh drama yang bikin ketar ketir. 

Berawal dari pemesanan ketoprak yang lumayan banyak pada hari kamis pagi, eh pas sore hari adik Mpo sebagai ketua kordinator jumat berkah mendapatkan whatsapp dari pedagang tersebut. 

"bang, buat besok bagaimana kalau di bungkus ketoprak dari rumah saya nanti kalau sudah jadi semuanya saya anterin ke rumah abang. biar saya dapat dua job. pagi saya terima pesanan yaitu dari abang dan jam 11 saya bisa dagang". 

Langsung saja adik Mpo menjawab "sesuai perjanjian awal, ketoprak tidak ada yang di bungkus, semua makan di tempat. jika tidak mau sesuai rencana yang saya buat maka dengan berat hati saya harus cancel pemesanan". 

Adik Mpo mengambil keputusan seperti itu karena berdasarkan pengalaman terdahulu jika memesan ketoprak dibungkus dalam jumlah yang cukup banyak maka kertas pembungkusnya jadi basah. Apalagi ketoprak enaknya dimakan selagi hangat.

Menjelang malam, adik Mpo mulai mencari tukang ketoprak lainnya dan ia juga sudah menyanggupi untuk bisa memenuhi pesanan buat besok. 

Karena masalah sudah dianggap selesai maka girian Mpo membuat kupon makan buat di bagikan kaum dhuafa. 

Jam 10 pagi pas bangun tidur, Adik Mpo mendapat whatsapp tukang ketoprak yang semalam di pesan 

"Bang, maaf saya cancel karena bapak saya semalam sakit dan harus ke rumah sakit".   

Kaget dong, Ya mau gimana lagi, langsung saja mencari tukang dagangan yang bisa kita beli buat jumat berkah. 

Gado - gado

Jam-jam segini biasanya para pedagang sudah habis menjual makanan, muter-muter di jalan cari tukang dagangan akhirnya ada tukang gado-gado yang bersedia. 

Ah napas ini menghela panjang, akhirnya masalah ini selesai. langsung saja Mpo bagikan kupon makanan jumat berkah . Penerima kupon bertanya "kok di kupon tertulis ketoprak tapi disuruh ambil gado-gado". 

 "Banyak drama hari ini dan maafkan ya, Mpo tidak sempat bikin kupon baru". jawabku.   

diakhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun. 

Jumat berkah saatnya berbagi. 
Hari ini istimewa, tetap tersenyum apapun yang terjadi.

JakHumFest #3 Tingkatkan Kepedulian Sosial Dengan Cara Menyenangkan

JakHumFest merupakan ajang untuk mengajak kita untuk lebih peduli terhadap kegiatan sosial, acara ini di selenggarakan oleh Dompet Dhuafa selama dua hari yaitu 28-29 Januari 2023. 

Kali ini JakHumFest sudah diselenggarakan sebanyak 3 kali dan tahun ini yang di selenggarakan di PosBloc Jakarta Pusat. 

Uniknya kegiatan ini bukan hanya kegiatan mengajak sosial bagi kaum milenial tapi juga anak-anak hingga orangtua. 

Acara Jakhumfest kali ini bikin betah seharian karena acaranya menarik sehingga kita lupa waktu. 

Mpo aja sibuk melukis bersama-sama pengunjung yang datang saat itu. untungnya panitia sudah menyediakan beragam cat warna-warni dan berbagai macam ukuran kuas jadi kita tinggal bermain warna untuk melukis. 

Saking menikmati melukis sampai-sampai Mpo ditegur sama teman blogger "Mpo mau masih disini terus, tidak mau ke tempat lain lihat acara yang lain". 


itu salah satu keseruan yang Mpo nikmati saat menghadiri JakHumfest yang mengangkat tema Tentang kita, lalu keseruan apa lagi ya? 

A. Belajar Bahasa isyarat 
Selama terselenggaranya JakHumFest tidak hanya diperuntukan untuk kita yang dikasih anugrah sempurna akan tetapi juga bagi kaum tuna runggu. 

Semua rangkaian acara menghadirkan penterjemah bahasa isyarat baik saat talk show hingga konser musik. 

Selain itu pula kita yang dikasih anugrah sempurna juga diberikan kesempatan belajar bahasa isyarat bersama silang id 

B. Belajar Menyulam
Kegiatan seru lainnya adalah belajar menyulam, sebenarnya Mpo mau ikutan tapi kuota kursinya terbatas jadi hanya bisa lihatin doang. 

Menyulam bunga di pouch hp merupakan kegiatan yang memadukan antara kesabaran, teknik menyulam dan permainan warna benang sulam sehingga bisa menghadirkan sulaman yang indah. 

C. Ruang hening 
di ruangan ini para penyandang tuna runggu bisa menikmati konser musik. 
Tuna runggu

 D. pojok kenangan. 
dipojok kenangan bukan berarti pojok buat mengingat sang mantan akan tetapi penjualan barang preloved para influencer yang hasil penjualan akan di donasikan.  

Barang dipojok kenangan berupa barang fashion yang kalau dilihat dari kualitasnya masih bagus dan layak pakai. 

E. Ular tangga kemanusian 
Ikutan permainan tradisional sungguh menyenangkan apalagi kalau main ular tangga dengan ukuran super jumbo. 
Ular tangga kemanusian


Kita bisa bermain bersama teman atau anak kita. Yang bikin beda dalam.permainan kali ini adalah ular tangga .

F. VR Stimulasi bencana 
Alhamdullilah Jakarta jauh dari bencana yang dasyat, ya paling cuma goncangan gempa sedikit. 

lewat VR stimulasi bencana terasa banget benar-benar nyata menghadapi bencana dan kita juga harus relax plus melakukan gerakan pelan-pelan dalam mengikuti permainan ini. 

  

G. Konvoi Vespa 
Kebayang dong bagaimana serunya kalau kita pergi ke suatu acara bareng sama teman? Nah itulah yang terjadi jika kita pergi ke JakHumFest #3 humanesia bersama pecinta motor antik vespa. 

H. Talk Show 
Bagi teman online yang suka dengan acara yang mendidik maka JakHumFest adalah tempat yang tepat. 

Apalagi saat Mpo datang pada hari Sabtu ada 3 talk show dengan tema yang lagi hangat di perbincangkan banyak orang yaitu

A. Ngomongin budget 2023 No Over Thing King yang menghadirkan pembicara Anisa Steviani   

"kita harus cari alasan yang kuat kenapa kita harus mengelola keuangan". yang di maksud financial freedom dimana terpenuhi penghasilan bisa memenuhi kebutuhan kamu, harus punya dana darurat, asuransi baru deh investasi. 
Financial freedom


B. Alasan untuk tetap hidup oleh pembicara Raden Prisya dan Raka Ganisatria. 

C. Talk Show relawan 
Talk show mengenai dunia relawan menghadirkan pembicara Arif Rahmadi Haryono yang menjadi relawan dompet dhuafa di daerah konflik seperti suriah. 

Selain itupula.menghadirkan Ilyas yang menjadi relawan anak-anak di daerah cilincing untuk diperkenalkan dunia fotografi dan jurnalistik. 
Jurnalis cilik


I. Konser musik 
Makin malam maka makin seru dengan penampilan band marjinal, the rain, chiki Fauzi, Mocca. 
Chiki fauzi


Setelah seharian menikmati rangkaian acara JakHumFest dari Dompet Dhuafa nampaknya misi terselenggara acara ini berhasil dimana Mpo merasakan bisa menambah pengetahuan, bisa bermain game hingga seru-seruan akan tetapi di semua kegiatan acara juga disisipkan untuk lebih peduli terdapat sosial.

"Saya mengajak kepada sahabat-sahabat Dompet Dhuafa untuk mari bersama memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat yang kurang mampu sehingga menjadi masyarakat yang lebih berkualitas. Mudah-mudahan Dompet Dhuafa mampu terus memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat," Yayat Supriatna selaku Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa 



di Akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun. 

Makan kenari sama kue bantal 
Seharian hepi, JakHumfest acara seru sambil peduli terhadap lingkungan sosial.

Review Kerupuk Kemplang Ellen Oleh-oleh Khas Palembang

 

Kerupuk kemplang merupakan oleh-oleh khas palembang yang terbuat dari ikan tenggiri. hem, kalau sudah ada kerupuk kemplang terasa nikmat walaupun lauknya hanya pepes tahu dan nasi yang diberi kecap. Apalagi kalau makanan berkuah, nyelup nyelup kerupuk kemplang di makanan berkuah terasa mantap. 


Kerupuk kemplang yang Mpo pilih kali ini adalah kerupuk kemplang Ellen. 

Kenalan dengan Kerupuk Kemplang Ellen.  


Kerupuk kemplang Ellen merupakan kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri jadi saat di makan terasa banget ikan tenggirinya dan memakai minyak berkualitas saat menggorengnya hal ini terbukti tidak menimbulkan rasa seret dan gatal di tenggorokan setelah memakan kerupuk kemplang ikan tenggiri. 
Oleh-oleh khas Palembang

Walaupun jarak jakarta dan palembang jauh akan tetapi kualitas kerupuk terjaga dengan di terimanya di tangan konsumen  dalam keadaan utuh. 

Selain kerupuk kemplang tenggiri, Ellen juga tersedia 13 macam variasi kemplang yaitu
  • kerupuk kemplang goreng jengkol (musiman). 
  • kerupuk kemplang goreng kulit ikan. 
  • kerupuk kemplang goreng udang 
  • kemplang panggang bojor ikan tenggiri.
  •  kerupuk kemplang mini ikan tenggiri. 
  • kerupuk kemplang goreng kancing ikan tenggiri. 
  • kerupuk kemplang keriting cetak ikan tenggiri.
  • kerupuk kemplang pistel ikan tenggiri.
  • kerupuk kemplang retak seribu mangkok.
  • kerupuk kemplang goreng usus ikan tenggiri.
  • kerupuk kemplang goreng buncis ikan tenggiri. 
  • kerupuk kemplang panggang badak ikan tenggiri. 
  • kerupuk kemplang goreng cumi.
Kerupuk kemplang ikan tenggiri

Dari 13 varian bisa di bedakan dari bahan pembuatan seperti udang, cumi, kulit ikan, jengkol dll Selain itu pula kerupuk kemplang bisa juga dibedakan berdasarkan potongan misalnya kerupuk kemplang buncis tenggiri adalah kerupuk kemplang dengan potongan menyerong kaya sayur buncis. 
Makan pakai Kerupuk kemplang 


Mpo juga sudah mencoba kerupuk kemplang jengkol dan kerupuk kemplang kulit ikan. 

Sedikit cerita nih, di saat selesai makan kerupuk jengkol dan mau menjalankan perintah sholat lima waktu bagi yang beragama muslim hendaknya menggosok gigi setelah makan kerupuk kemplang jengkol. 

Setelah selesai Mpo makan kerupuk kemplang jengkol merk Ellen  terasa banget napas bau jengkol wkkk. 

oh ya untuk rasa kerupuk kemplang jengkol merk Ellen  terasa pahit seperti rasa jengkol. 

Untuk kerupuk kemplang kulit ikan juga terasa ikannya dan ukuran lebih besar daripada kerupuk kemplang tenggiri. warna kerupuk kemplang kulit berwarna gelap karena memakai kulit ikan asli.  

Jangan lupa kepoin Instagram @OlehOlehKhasPalembang

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun. 
kerupuk kemplang tenggiri
asalnya dari Palembang. 
Saat makan terasa hepi. 
Rasanya enak banget bikin melayang.