Sembako Murah dari Pemprov DKI

 

Beras merupakan sembako yang lagi banyak di bicarakan semua orang terutama warganet. 

Salah satu teman Mpo di facebook membuat status langkanya beras di minimarket hal inilah yang membuat ia pergi ke Superindo namun stok barang nihil. 

Lalu ia pergi ke Tiptop namun hasilnya stok kosong. heboh di dunia maya ternyata juga berlaku heboh harganya di e-commerce.  

Biasanya Mpok beli beras di e-commerce dengan memanfaatkan ada voucer diskon yang diberikan oleh e-commerce dan ongkos kirim gratis . 

Sekarang ini kalau mau beli beras pasti mikir harga beras terus naik dari harga 65.000/5kg naik jadi 80.000/5kg dan sekarang harga beras mencapai 100.000/5kg. 

Untungnya ada pemerintahan Jokowi yang mempunyai solusi tentang masalah kelangkaan beras dengan mengadakan beberapa program : 

 A.Tebus Murah Sembako dari Pemprov DKI. 

Program tebus sembako murah senilai 100.000 dari pemprov DKI. 

Berawal dari kiriman what app tante di malam hari yang mengirim flyer tebus sembako murah dari Pemprov DKI yang bisa diambil di kelurahan.

Awalnya berniat tidak ingin membeli sembako karena kebayang betapa reportnya esok hari karena hari itu bertepatan dengan 100 hari meninggalnya papa dan rencananya keluarga akan mengadakan tahlilan. 

Pas hari H saat mau jalan untuk mengambil pesanan pastel di pasar johar baru ada tetangga dari RT sebelah memberikan kupon tebus murah sembako di kelurahan Johar baru. 

Langsung aja otw ke lokasi dan kebetulan lokasi pasar johar dan kelurahan johar baru jaraknya tidak begitu jauh. 

Sampai di lokasi kelurahan johar baru kita dilayani dengan baik tanpa adanya antrian panjang dan tertib. 


Tidak lama kok buat mengambil sembako. Caranya dengan menukarkan kupon dan sejumlah uang 100.000 nantinya kita akan mendapatkan 5kg beras, 2 liter minyak kita, 1kg tepung terigu, 1kg gula pasir.

B. Bantuan sosial beras gratis dari Bulog.

Pemerintahan jokowi juga memberikan bantuan sosial berupa beras 10kg beras secara gratis kepada masyarakat . 

untuk mendapatkan beras ini kita hanya perlu menukarkan surat undangan yang kita terima dari Pak RT sedangkan lokasi penukaran berada di kantor kelurahan.

Dalam undangan tersebut sayangnya tidak di cantumkan jam pengambilan akan tetapi untungnya ada pak RT memberikan informasi lewat what app tentang jam pengambilan dan syarat pengambilan dengan membawa fotokopi ktp.

di hari H sudah banyak orang yang berkumpul di kelurahan Johar Baru untuk mengambil beras gratis akan tetapi sayang acara tersebut di tunda.

Satu hari berlalu. Sehabis mengantarkan jenazah  tetangga yang baru meninggal semalam, Mpo iseng iseng buka what app . Ternyata pak RT menginfokan bahwa beras gratis bisa di ambil di kelurahan sesuai jam yang telah di tentukan  .

Mpok berada di wilayah RW 011 harus mengambil beras jam 15.00 hingga 17.00wib dengan menukarkan undangan maka kita bisa mendapatkan beras bulog gratis.

Beras Bulog Gratis


Tidak ada antrian panjang, pelayanan juga cepat dan kita hanya di foto dengan menunjukan ktp dan beras saat menerima bantuan sebagai bukti pengambilan beras . 

C. Bazar Sembako Murah.

Beragam cara pemerintahan jokowi dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan beras .diantaranya program bazar sembako murah yang di adakan di 42 kecamatan di Pemprov DKI Jakarta . 

Masyarakat bisa membeli 
1. Tepung terigu stupa Rp12.000 
2. Beras premium Rp69.500 
3. Beras SPHP Rp53.000 minimal pembelian satu karung dengan berat 5kg. 
4. Minyak goreng kita Rp17.000 
5. Minyak goreng rizki Rp14.000 

Program ini berlangsung mulai dari tanggal 26 februari hingga 7 maret. 
Beras murah


Untuk membeli sembako murah tidak perlu kupon apalagi membawa foto copy KTP . Cukup membawa uang saja dan datang langsung ke lokasi yang telah di tentukan .

untuk lokasinya teman teman bisa kepoin instagram @dinasppkukm .

Oh ya datang tepat waktu ke lokasi ya biar tidak kehabisan 😭

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun.

Jalan-jalan ke pasar 
Lihat harga sembako sedang naik. 
Awalnya hati ini tambah gusar. 
Mendapatkan bantuan beras memang asik.

Siskamling Menjelang Pemilu

 

Siskamling merupakan topik yang hangat dibicarakan sama kaum adam di wilayah rumah Mpok.  Siskamling singkatan sistem keamanan keliling.

Siskamling ini merupakan bagian cara dari mensukseskan pemilu yang berlangsung 14 februari nanti. diharapkan dengan adanya siskamling maka wilayah tempat Mpok aman dan kondusif menjelang pemilu. 

Seperti yang kita ketahui bahwa 14 februari 2024, kita akan pergi ke tempat pemungutan suara karena Pemilu di tahun ini sangat beda. 

Dalam satu hari kita memilih presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota.

Boleh dibilang siskamling adalah agenda rutin tiap 5 tahun sekali. Masih ingat jelas dalam ingatan Mpok, 5 tahun yang lalu saat mama bikin makanan rebusan buat papa saat jaga siskamling. 

Masih banyak orang yang beranggapan ngapain sih adain siskamling? emang gak capek pulang kerja, eh malamnya harus siskamling lagi. pertanyaan pertanyaan seperti ini memang perlu penjelasan agar warga mengerti dan mau melaksanakan siskamling. 

Petugas yang melaksanakan siskamling adalah kepala keluarga yang mendapatkan girian dua kali dalam kurun waktu dua minggu. Setiap minggunya satu kepala keluarga mendapat jatah bertugas cuma seminggu sekali mulai berlaku 1 februari hingga 13 februari 2024
Siskamling


Bagi warga yang kepala keluarganya perempuan seperti Mpok yang menjadi  kepala keluarga setelah papa dan mama meninggal dunia. karena Mpok perempuan maka jadwal siskamling dialihkan ke adik laki-laki. 

Bagi kepala keluarga yang tidak ikutan siskamling dengan alasan tertentu misalnya sakit maka bisa di gantikan dengan warga lain yang bersedia menggantikannya. 

Untuk menjaga kawasan rumah menjelang pemilu di harapkan para petugas hendaknya mempunyai stamina yang bagus agar bisa menjalani tugas siskamling ditambah lagi  kalau di pagi hari harus bekerja kantoran,  hem stamina meski extra double sehat. 

Untuk itulah di perlukan persiapan yang matang sebelum siskamling diantaranya 
A. Tidur sebelum ronda. 
Bagi sebagian orang menganggap remeh untuk tidak tidur sebelum ronda. Padahal disaat kita tidur dahulu sebelum ronda bisa membuat kita lebih fokus dalam menjalankan kegiatan siskamling. 

Oh ya jangan lup pasang alarm sebelum tidur agar tidak kebablasan tidurnya, wkkkk. 

B. Memakai jaket 
Udara di malam hari dingin ditambah lagi cuaca sekarang dimana air hujan sering membasahi bumi. untuk itulah kita memerlukan jaket tebal untuk melindungi badan kita di malam hari. 

C. Membawa peralatan siskamling.
Jangan lupa ya saat bertugas membawa peralatan siskamling seperti senter dan pentongan. 

D. Obat nyamuk lotion 
Saat siskamling nyamuk akan menghampiri kita sepanjang malam. hak ini akan menggangu kenyamanan kita dalam menjalani tugas. untuk itulah diperlukan obat nyamuk lotion yang kita oleskan di seluruh tubuh kecuali muka. 

D. Baterai HP full 
Hp sangat penting di jaman sekarang terutama saat siskamling. hp bisa digunakan untuk mendengarkan Spotify hingga kordinasi lapangan dengan petugas ronda lainnya. 

E. makanan dan minuman hangat 
Saat siskamling usahakan perut tidak kosong agar menghindari kita terkena penyakit masuk angin. Untuk itulah diperlukan makanan dan minuman hangat, hal ini bisa jadi solusi agar stamina selama menjaga keamanan bisa di laksanakan dengan baik . 

Kita bisa memilih menu seperti kopi jahe, ubi rebus, jagung rebus hingga kopi susu jahe.


di akhir cerita ini, Mpok mau berbalas pantun 
pemilu sebentar lagi, jaga keamanan lingkungan sekitar.    siskamling merupakan solusi, agar pemilu berjalan damai dan lancar.

Ambulance Gratis Bagi Warga DKI Jakarta dari Dinas Kesehatan

 

Ambulance gratis merupakan fasilitas yang diberikan untuk warga yang memiliki dki jakarta. sedangakan untuk warga di luar ktp DKI jakarta dikenakan biaya cas.   

Berawal dari kisah di tengah malam dimana orangtuaku mengalami demam panas dan sesak napas. 

Pertama yang bisa di lakukan adalah mencari pertolongan tetangga. Mpo berinisiatif WA om aku. setelah om datang ke rumah dan melihat papaku maka di putuskan buat membawa ke rumah sakit akan tetapi kami sekeluarga bingung karena tidak ada yang bantu gotong papa sampai ke mobil ambulance milik salah satu tempat pengajian yang terparkir di depan masjid rumahku.
Ambulance gratis

Karena adanya kesulitan ini akhirnya, om berinsiatif pergi cari bantuan ke puskesmas kecamatan di Mardani Raya.   

Sembari menunggu om datang ke rumah, iseng iseng nyari di google . ada ambulance gratis milik dinas kesehatan yang memberikan pelayanan gawat darurat juga melayani dengan non emergency. 

Tidak lama setelah googling, Mpo dapat kabar dari Om bahwa tidak bisa pinjam ambulance puskesmas kecamatan karena alur birokasi ribet. 

Akhirnya Mpo menghubungi no WhatsApp 081112119119. Tidak lama kemudian ada miss call dari dinas kesehatan yang mengkonfirmasi bahwa kita benar-benar butuh bantuan. 

Tidak lama kemudian ada telp masuk untuk yang kedua kalinya dari dinas kesehatan. telepon kali ini berbeda dengan yang pertama karena terdengar suara petugas yang menyapa dengan ramah. 

Petugas juga menanyakan kondisi pasien, mau diantar ke rumah sakit mana dan alamat rumah. Setelah itu petugas datang ke rumah dan menggotong papa masuk dalam ambulance untuk pertolongan pertama di dalam mobil. 

Mpo lihat petugas sibuk memasang alat alat medis di dalam mobil dan berkordinasi dengan berbagai rumah sakit buat mencari tempat kosong untuk papa.

Selama papa ditangani di dalam ambulance, petugas juga meminta Mpok untuk mempersiapkan kebutuhan pasien selama di rumah sakit seperti 
1. pakaian papa termasuk underwear 
2. popok dewasa. 
3. sarung. 
4. Surat-surat seperti fotokopi ktp, fotokopi KK untuk dinas kesehatan. sedangkan untuk rumah sakit di persiapkan kartu bpjs, 
5. Pakaian Mpok termasuk underwear
6. peralatan mandi 
7. Jaket. 

Setelah petugas memberikan pertolongan pertama dan sudah menemukan tempat di rumah sakit maka meluncurlah Mpok bersama petugas ke Rumah sakit Tarakan. 
Tindakan di dalam Ambulance


Sumpah naik ambulance ini sungguh bikin deg degan seperti naik roller coster, ngebut banget apalagi saat itu berada di jam 3 pagi dimana arus lalu lintas sepi.   

Tidak lama sampai di Rumah Sakit Tarakan. Sesampai di Rumah sakit, Mpok dan petugas melapor dan tidak lama kemudian papa masuk IGD untuk tindakan medis. 

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun, 
Ada Manggis, Ada burung unta.
Ada Ambulance gratis bagi penduduk DKI Jakarta