Satu cerita berjuta cinta

Pendidikan dan Kesehatan bisa di nikmati Kaum Dhuafa di Zona Madina

Zona Madina merupakan wilayah pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa. di wilayah ini terdapat pemberdayaan ekonomi, dakwah, wisata&budaya, pendidikan dan kesehatan. 

Zona madinah di bangun atas bantuan para pewakaf yang memberikan sebagian kekayaan untuk dijadikan wakaf produktif

Beberapa hari yang lalu Mpo sempat terenyuh saat menaiki Transjakarta. Seorang ibu rumah tangga naik dari RSCM bersama sang bayi dengan menggunakan kereta dorong. 

petugas transjakarta dan penumpang membantu sang ibu menaikan kereta dorong hingga masuk ke dalam busway. Terlihat kondisi sang bayi yang sedang minum susu dengan menggunakan selang dan terdengar tarikan napas yang berbunyi satu persatu. 

Karena alasan kemanusian, Mpo tidak bertanya sakit apa sang bayi. Melihat kejadian tersebut sempat berpikir apakah karena alasan ketidakmampuan ekonomi sehingga ia tidak mampu naik ojek online ataukah tidak adakah ambulance yang bisa di pinjamkan secara gratis. 

Ah, kalau berbicara tentang kesehatan dan pelayanan kesehatan memang perlu ekstra sabar perawatan. 

RS. Rumah Sehat Terpadu, Rumah Sakit kaum Dhuafa.  


Bangunan yang kuat dan kokoh yang berada di Parung, Bogor.
Rumah sakit kaum miskin
RS. Rumah Sehat Terpadu merupakan rumah sakit pertama dan gratis bagi kaum dhuafa dengan luas wilayah 2,7 Ha yang terdiri dari RS. 

Rumah Sehat Terpadu, musola dan wisata d'jampang. RS. Rumah Sehat Terpadu yang di bangun tahun 2012 ini merupakan rumah sakit yang tidak hanya melayani kaum dhuafa akan tetapi juga layanan peserta BPJS, layanan umum, layanan asuransi, layanan non BPJS. 

Kelas kamar yang tersedia di sini yaitu kelas 1,2,3 dan VIP. RS. Rumah sehat terpadu merupakan rumah sakit kaum dhuafa yang melayani rawat inap dan rawat jalan. 

Setiap hari ada 700 pasien setiap hari yang berobat di sini. Hampir semua spesialis tersedia disini kecuali jantung dan bedah saraf.  

Ketertiban, kerapihan dan teratur membuat pasien tidak usah menunggu lama apalagi pohon-pohon yang rindang membuat suasana rumah sakit ini terasa adem.  

Saat keliling mengunjungi RS. Rumah Sehat Terpadu, para blogger di temani oleh bapak Afdal yang menjelaskan "pembangunan RS. Rumah Sehat Terpadu di bangun berkat donasi berbagai element mulai dari masyarakat umum, instansi pihak swasta dan bantuan dari pemerintah qatar". 

Layanan RS. Rumah Sehat Terpadu bisa di nikmati oleh mamber, BPJS dan umum. Selama jadi mamber para pasien bisa menikmati fasilitas RS. Rumah Sehat Terpadu selama dua tahun. Untuk menjadi mamber sangatlah mudah cukup fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.   

di kawasan RS. Rumah Sehat Terpadu terdapat wilayah wisata d'jampang. 

Wilayah ini merupakan arena permainan outbound dengan saung saung yang bisa di tinggali dengan harga sewa Rp250.000. 

Ada latihan panahan yang wajib kita coba disini. Olahraga kegemaran Rasullah merupakan olahraga yang terlihat sangat gampang dan mudah akan tetapi setelah di coba ternyata sulit juga. 

Gagal meluncurkan busur panah, ah rasanya kecewa. Terus mencoba dengan teknik yang di ajarkan oleh pelatih, akhirnya busur panah bisa melesat akan tetapi keluar dari jangkuan.  

ya, pengalaman memanah merupakan pengalaman yang berbeda karena kita harus menarik busur yang dengan tenaga penuh dan sekencang-kencang tali busur. 


Pendidikan Gratis bagi kaum Dhuafa. 


Uang memang sangat berperan untuk mendapatkan pendidikan terbaik dan berkualitas. mendapatkan pendidikan di bangku sekolah swasta merupakan pilihan bagi kaum orang-orang yang berduit, yang penting bagi orangtua, sang anak sekolah dengan standar internasional. 

Lalu di sisi lain, banyak orangtua yang mendaftarkan anak nya di sekolah negri juga mengalami masa harap-harap cemas nasib anak, di terima atau tidak. 

Permasalahan tersebut biasa terjadi di kota besar lalu bagaimana untuk anak indonesia yang tidak beruntung seberuntung anak di perkotaan.

Anak Indonesia yang mempunyai keterbatasan ekonomi dalam membiayai pendidikan bisa sekolah di Smart Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa yang berlokasi di parung, bogor.  

Smart School Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa merupakan sekolah siswa terbaik yang mengikuti pendidikan mulai SMPN hingga SMU.  

Sekolah ini di khususkan bagi anak-anak indonesia yang kurang mampu akan tetapi memiliki prestasi yang bagus. 

Untuk memasuki Smart Ekselensia Indonesia tidaklah mudah dan perlu proses yang panjang. dimana para siswa harus lulus seleksi akademik dan home visit calon siswa. 

Siswa disini merupakan siswa terbaik dari seluruh indonesia bahkan ada pula dari malaysia.  


Muter-Muter ke Smart Ekselensia Indonesia


Perjalanan saat memasuki sekolah kita sudah di sunguhi dengan mading yang mengisahkan perjalanan panjang penerima manfaat sebanyak 192 orang.
Piala prestasi siswa Smart Ekselensia

Makin langkah kaki ini masuk ke dalam maka kita akan di sajikan seni mural yang menghiasi dinding dengan corak warna warni yang indah.

Keindahan mural sebanding dengan indahnya piala yang di raih oleh siswa Smart Ekselensia Indonesia. 

Kaum dhuafa yang bisa meraih prestasi yang cukup membanggakan sungguhlah tidak pernah di sangka. Akan tetapi ini semua berhasil berkat peran guru pengajar dan kedislipan yang mereka terapkan. 

Prinsip 5R yang merupakan singkatan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Prinsip inilah yang terus siswa terapkan. 

Terlihat tidak ada sampah-sampah berserakan, baju tertata rapi, kamar tidur yang bersih.  

Oh ya dalam satu area kamar tidur terdapat 8 orang siswa dimana mereka melakukan pekerjaan secara mandiri seperti menseterika ataupun mencuci pakaian sendiri. 

Saat muter-muter ke Smart Ekselensia di temani oleh mba Zul.
Smart Ekselensia Indonesia yang di dengan labotarium, kantin, gedung perpustakaan digital, apotik hidup.  

Ketika Mpo memasuki ruangan perpustakaan tidaklah seperti ruangan perpustakaan semestinya. 

Ruangan ini mirip coworking space yang tidak bersifat formal akan tetapi nyaman dan adem. Buku-buku tertata rapi di lengkapi ruangan ac membuat kita makin betah mendalami ilmu.  

Ruang kelas juga ditata senyaman mungkin dengan pengajar lulusan pasca sarjana. 

Para siswa yang bersekolah di Smart Ekselensia Indonesia di bebaskan biaya menginap, biaya makan, biaya sekolah, pokoknya free.
Sekolah gratis
Siswa Smart Ekselensia indonesia 
Yang lebih menyenangkan lagi, para siswa bisa berkenalan dengan siswa lain dari penjuru nusantara yang akan membangun rasa toleransi. 

Uniknya dalam pemilihan ketua osis para siswa membuat yel yel dukungan dengan menuliskan dalam sebuah kertas yang kata-kata nya cukup unik dan kreatif.   

di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun. 

Jalan-jalan ke ciamis.
Bawa pulang buah manggis. 
Ayo jangan menangis.
Kaum dhuafa bisa memperoleh pengobatan secara gratis.
Share:

20 comments:

  1. Alhamdulillah...semoga semakin banyak bentuk kepedulian kepada kaum dhuafa, terutama untuk pendidikan dan kesehatan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah banyak orang yang tertolong dan saling membantu.

      Terima kasih mba Ria telah bersilahturahmi dan komentar di webblog Mpo

      Delete
  2. Masya Allah... terharu dengernya. Semakin banyak yang peduli, semakin makmur negeri ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin

      Terima kasih Ciani telah bersilahturahmi dan komentar di webblog Mpo

      Delete
  3. Semoga makin banyak yang memikirkan kaum dhuafa, untuk menikmati pendidikan sesuai dengan hak dasar manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar semoga makin banyak orang yang bisa bermanfaat.

      Delete
  4. dompet dhuafa makin bikin saya berdecak kagum, bisa menjangkau seluruh daerah dan sekarang sasarannya dana pendidikan dan kesehatan ya, luar biasa, semoga makin jaya dan inovatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin

      Terima kasih mba Zilqiah telah bersilahturahmi dan komentar di webblog Mpo

      Delete
  5. Dompet Dhuafa mah juaraaaaakk keren buanget!
    Yang namanya wakaf, sedekah, zakat kalo dikelola secara profesional, hasilnya sungguh luar biasa yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Program keren buat kamu yang keren juga.

      Terima kasih mba Nurul telah silahturahmi dan komentar di website blog Mpo

      Delete
  6. Luar biasa yang penggunaan wakaf yang ditujukan untuk wakaf produktif demi membantu para dhuafa di sektor kesehatan maupun pendidikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat buatbikutan berwakaf.

      Terima kasih mba Uniek telah silahturahmi dan komentar di website blog Mpo

      Delete
  7. Selalu senang kalau ada rumah sakit baru. Nggak mau sakit, sih, tapi rumah sakit memang penting keberadaannya. Untuk sekadar cek-cek kesehatan juga penting. Apa lagi, kalau rumah sakit bisa menjangkau semua kalangan.

    ReplyDelete
  8. Wah, sudah ada tes akademiknya, kemudian juga ada home visirnya, ya. Insyaallah mereka benar-benar membutuhkan biaya sekolah gratis ini ya, Mbak.

    ReplyDelete
  9. masyaAlloh keren yah Dompet Ehuafa, alahmaudlilah banget nih kaum dhuafa bisa menikmati pengobatan dan pendidikan gratis :) Mpo mantap infonya

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah bersyukur ya Mpo kaum dhuafa kini mendapat kesempatan bisa disejajarkan dg masyarakat biasa. Sudah selayaknya mereka mendapatkan perhatian khusus dari berbagai hal, baik kesejahteraan, pendidikan maupun kesehatannya. TFS

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ada sekolah gratis seperti Smart Ekselansia, itu membawa harapan bagi generasi muda berprestasi yang secara ekonomi tidak mampu. Kaum dhuafa pun berhak beroleh layanan klesehatan, pendidikan, dan keterampilan untuk kesenambungan hidupnya.
    Semoga program wakaf Dompet Dhuafa selalu beroleh dukungan dari masyarakat. Bahwa infak, sedekah, zakat, dan kebaikan itu senantiasa membawa keberkahan bagi kita semua. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. aku sukaaa deh dengan program pemberdayaan seperti ini yang banyak membawa manfaat untuk mereka yang membutuhkan

    ReplyDelete
  13. MashaAllah, program ini sangat baik dan bermanfaat banget ya.. semoga semakin banyak orang yang tergerak hatinya untuk bersama ikut menyisihkan hartanya untuk wakaf apalagi wakafnya produktif ya mbak

    ReplyDelete
  14. Barokallah rasanya terharu dan luar biasa bangga ketika ada yang memberikan pendidikan gratis buat orang yang nggak mampu. Semoga terus digalakan dan diberikan keberkahan bagi para donatur

    ReplyDelete

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tags