Tips Mudah Membuat Resolusi agar Mudah di Laksanakan.

 

Resolusi merupakan sebuah acuan, apa yang harus dilakukan tahun mendatang, akan tetapi seperti yang kita ketahui dan kita alami bersama bahwa yang namanya resolusi hanyalah tinggal sebuah kata-kata tanpa action sehingga setiap akhir tahun alias kita tidak mendapatkan apa-apa alias zonk. 
Resolusi

Resolusi bukan hanya dibuat untuk kaum muda tapi semua orang wajib mempunyai resolusi. 

Tujuan kita bisa membuat resolusi agar kita lebih baik di tahun yang mendatang, lebih semangat mencapai target dan lebih bahagia menjalankan hidup.

Permasalahan selama ini ketika kita bikin resolusi adalah saat membuat resolusi dan melaksanakan tidaklah mudah seperti membalikan sebuah telapak tangan. 
Tips membuat resolusi
 
Hal dirasa sangat sulit dan merupakan realita yang harus terima kenyataaan setiap tahun  karena selalu tidak sesuai dengan ekspetasi maka di dalam diri kita ada rasa bosan membuat resolusi Sampai-sampai kita berucap "ah ngapain kita bikin resolusi segala, tidak akan tercapai mendingan jalani hidup aja bagaikan air mengalir". 

Sebuah resolusi bukan sekedar menulis keinginan di dalam sebuah kertas akan tetapi diperlukan sebuah trik agar resolusi itu bisa kita capai dan tidak hanya sekedar angan-angan belaka 

1. Simple 
Membuat resolusi itu yang mudah lakukan. Oleh karena itu, kita jangan menuliskan resolusi secara terlalu muluk-muluk untuk kita capai. 

contohnya kalau kita kepengen menguruskan berat badan maka kita harus mempunyai resolusi rajin olahraga. 

2 Measureable 
Measureable yang artinya terukur kita tidak hanya asal-asalan atau terlalu jos untuk mencapai hasil sehingga bisa berakibat yang kurang baik pada diri kita   

Contohnya seperti resolusinya Pengen kurus maka target olahraganya tiga kali seminggu. Kita jangan berolahraga terlalu kelebihan yang berakibat kepada kesehatan 

3. Achieveable 
Sebuah resolusi harus achievable atau dapat dicapai. Jangan membuat resolusi yang mengada-ngada sehingga sulit untuk kita capai. 

Sebagai contohnya saja untuk kurus kita mempunyai target dalam sebulan harus turun berat badan 2 kg. bukan membuat resolusi berat badan turun lebih dari 8 kg. 

4. Relevan 
Membuat resolusi harus relevan dengan keadaan sekarang misalnya kita sudah mempunyai penyakit jantung maka untuk menurunkan berat badan jangan memilih olahraga lari akan tetapi bisa berolahraga dengan jalan di treadmill 

5. Timebon 
Membuat resolusi harus ada timbal atau jangka waktu untuk mencapainya. 

Pemilihan jangka waktu ini sangat menentukan agar kita bisa bekerja keras untuk mencapai resolusi Membuat jangka waktu yang terlalu dekat ataupun terlalu jauh kita bisa mengambil di tengah-tengah yaitu 6 bulan kedepan dalam membuat resolusi. 

Misalnya ingin menguruskan badan 6 kilo dalam waktu 6 bulan.

Yang terpenting dalam membuat sebuah resolusi adalah lakukanlah hal-hal yang gampang bisa kita lakukan. dengan mepalukan hal-hal yang mudah tersebut maka kita akan terbiasa untuk melakukannya dan menjadi kebiasaan positive. 

Dalam membuat resolusi jangan terlalu banyak keinginan yang ingin kita capai cukup 5 resolusi saja yang ingin kita capai proiritas dalam  tahun Ini. 

Ini nih ResolusiKu di tahun 2022


Salah satu resolusi yang ingin Mpo dicapai tahun ini adalah lebih rajin lagi membuat tulisan di blog. Ada dalam sebulan harus bisa nulis 8 artikel. Untuk mempermudah menulis maka menulis lakukan hal yang Mpo sukai dan rajin browsing.   


Alhamdullilah baru tanggal 6 Januari sudah menulis 4 tulisan yang di tulis di blog ini dan platform media menulis. mudah-mudahan resolusi ini bisa tercapai.


di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 
Jangan menulis hal yang basi.
tulisan harus yang tren. 
Saatnya menulis resolusi. 
agar  tercapai kehidupan cerah di masa depan. 

33 comments

  1. Dulu aku malah hampir seminggu nulis 4 postingan mpok.. sekarang semenjak tau drakor aku lebih banyak malesnya ahaha. Jangan ditiru ya..

    ReplyDelete
  2. kalau aku sih tiap bikin resolusi selalu di pikirkan kira2 bakal terwujud nggak ya hahaaa jadi bikinnya yang realistis :)

    ReplyDelete
  3. untuk blog, saya udah malu buat resolusi karena banyakan gak tercapai. Kalo dalam kehidupan sehari-hari, saya ingin tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya

    ReplyDelete
  4. lebih sehat, jadi resolusi saya tahun 2022

    tapi kalo bisa sehatnya berbonus langsing, hehehe

    ReplyDelete
  5. Tips yang sangat membantu mbak. Memang resolusi antusias diawal nih ehhh setelahnya suka malas ngelakuin. Kuncinya harus action ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Wah selamat atas resolusi untuk menulis 8 tulisan dalam sebulan. Saya juga ngga pake resolusi yang muluk,kontribusi saja untuk2 buku yang akan terbit bln Maret 2022.

    ReplyDelete
  7. Resolusi utamaku tahun ini adalah rajin olahraga biar badan lebih bugar dan sehat. Duh, cuma kadang kebentur sama magernya itu loh hiks. Semogaaaaa konsisten deh, harus semangat nih!

    ReplyDelete
  8. intinya ada konsistensi sih yaaa, jadi memang fokus sama goals yang sudah kita buat ya mpok, semoga resolusi kita terwujud yaa tahun ini

    ReplyDelete
  9. mantap nih mpo, saya juga sepemikiran dengan mpo. Bikin resolusi gak yang terlalu ngayal sampai sulit dijangkau saking ketinggian. Akhirnya tahun ini saya gak bikin resolusi, cuman lebih ke wishlist aja. Seperti berkebun lagi dan konsisten publish artikel. ini lebih simple sih dan terukur. kalau rajin nulis dan bw juga tanamtanam bl, target DA pengen naik sejak tahun lalu bisa terrealisasi tahun ini

    ReplyDelete
  10. Setuju banget sama poin-poin yang Mpo sampaikan. Aku lagi menerapkan dengan memecah goal ke waktu yang lebih pendek Mpo. Misal kalau dalam 10 tahun mau apa, maka dalam 5 tahun harus apa, dan seterusnya sampai ke goal harian. Jadi lebih enak dan nggak kejauhan mikirnya, hehe

    ReplyDelete
  11. Baca ini jadi ingat belum nulis resolusi thn skrg, tapi gak mau muluk2 juga mudah2an resolusinya bisa dijalani semua

    ReplyDelete
  12. betul banget nih tipsnya Mpo, biar resolusi bisa segera tercapai ya memang harus dibuat simple dan terukur sih ya jangan buat yang targetnya selangit kitanya masih ngos-ngosan tuk ngejarnya :D

    kereenn, baru tanggal berapa aja udah setengah goalsnya tercapai, keep rocking Mpo! :)

    ReplyDelete
  13. Paragraf pertama itu aku banget mpo... hehehehe
    Btw aku malah salfok sama ilustrasinya, lucu-lucu banget sih...

    ReplyDelete
  14. kuncinya memang harus realistis yaaa mba. Aku seringkali lewat aja ngga ada resolusi tapi punya banyak rencana di tahun baru

    ReplyDelete
  15. Mpo, aku pernahnya dapat tips SMART seperti di atas tapi S-nya itu spesific. Kenapa resolusi biasanya ga tercapai karena kurang detail menuliskannya.

    Aku udah nulis resolusi buat 2022 ini tapi masih umum banget. Perlu diperjelas nih. Makasih yaaa

    ReplyDelete
  16. Tahun sebelumnya saya udah banyak ketinggalan banget ngejar target dan rencana yang udah saya buat sayangnya gagal :)
    Semoga di tahun ini target dan resolusi saya semakin terpenuhi, kalau konsisten ngejar target gitu susah-susah gampang fokusnya :)

    ReplyDelete
  17. Tipsnya sangat bermanfaat untuk aq yg sering bikin resolusi tp susah banget realisasikan

    ReplyDelete
  18. Mba benar sekali. Sebaiknya memang resolusi tak terlalu banyak tapi pas dan tepat dan kita juga berusaha untuk memenuhi resolusi yang kita buat

    ReplyDelete
  19. Bener banget dengan kita punya resolusi kita jadi semangat yes kejar targetnya. Oh ya sekarang sendiri resolusi aku sih ga muluk-muluk dan banyak kaya tahun-tahun sebelumnya sih tapi semoga aja resolusinya lekas terwujud yes.

    ReplyDelete
  20. Setuju banget mpookk, aku sekarang kalau bikin resolusi gak mau ndakik2 lagiii, aku maunya yang realistis dan bisa diukur pencapaiannya.
    Aku biasnaya catetin dan kyk kasi tenggat waktu gtu mpok supaya juga terpacu semangat utk meraih impian2 yang kutulis TFS

    ReplyDelete
  21. Resolusi kudu memenuhi kaidah SMART itu yaa, Mpo.
    Agar mudah mengukur dari awal hingga akhir perjalanan.
    Memang ada kecenderungan untuk melakukan hal lain, tapi kalau diingat-ingat kembali goalsnya, jadi kembali ke right track.

    ReplyDelete
  22. Makasih tipsnya Mpok... Bisa nih segera dipraktekkan, mumpung masih awal tahun. Dengan adanya resolusi jadi lebih tertantang, dan harapannya bisa jadi lebih baik.

    ReplyDelete
  23. Nah iya, bener juga ya, Mbak, kadang saya juga suka bikin resolusi yang terlalu banyak sehingga gak fokus. Eh tapi, tahun ini saya juga belum buat resolusi, sepertinya mau dibuat sama dengan tahun lalu saja, hihihi

    ReplyDelete
  24. Setuju banget, salah satu resolusi adalah yang sederhana dan terukur. Karena kita dapat mengukur apakah kita mampu menjalankannya atau tidak sehingga goals di akhir tahun.

    ReplyDelete
  25. Hai Mpo, tahun ini aku nggak bikin resolusi. Atau belum, ya. Sejauh ini mau fokus dengan kerjaan di sekolah. Nulis di blog juga mulai jarang banget. Hiks. Ah, jadi ingin buat resolusi mumpung baru bulan kedua ya ini.

    ReplyDelete
  26. Baca ini bikin saya malu. Saya tuh kalau bikin resolusi, seringnya nggak mikir poin 3 dan 4 seperti yang ada di tulisan Mpok ini. Endingnya, resolusi susah dicapai, jadinya kesel sendiri deh.

    ReplyDelete
  27. Perlu konsistensi untuk bisa merealisasikan resolusi yang sudah kita buat. Dan ini gak mudah :(

    ReplyDelete
  28. Sepakat sekali mpok untuk buat resolusi itu yang simple dan juga harus relevan. Ini penting menurutku karena bagaimanapun kuatir juga tak terenuhi, ya ga terllau kecewa banget. Itu kalau aku :)

    ReplyDelete
  29. Wah, saya merasa tertampar nih Mpok kalau ngmgn resolusi. Terlalu riweuh sama suatu urusan jd ga menyempatkan biat bebikinan gitu.. Emang tips SMART itu perlu bgt dipwgang ya Mpok. Bikin resolusi mnrt Mpok baiknya di awal tahun atau kapan pun bisa?

    ReplyDelete
  30. Ah iya mpo
    Yang namanya resolusi nggak hanya ditulis ya
    Tapi harus dilaksanakan

    ReplyDelete
  31. Kalau saya sih resolusi itu bukan hal yang ga mungkin dilakukan
    Misal mau ke bulan haha
    Resolusinya ketinggian
    Jadi coba yang sederhana saja dulu dijadikan habit

    ReplyDelete
  32. Nah iya mpo, jangka waktu itu penting, supaya resolusi bisa tercapai juga ya. Aku belum buat resolusi tahun ini.

    ReplyDelete
  33. Tapi bener Ka, bikin resolusi itu penting banget. Jadi kita tau target kita harian, mingguan, bulanan apa. Resolusi juga lebih mengarahkan kita gimana memaksimalkan hari hari sih menurutku

    ReplyDelete