Tips Liburan Sehat Selama Natal dan Tahun Baru Termasuk Tempat Wisata Yang Buka di saat Natal dan Tahun Baru

 

Liburan Natal dan tahun baru merupakan impian yang sudah lama dinantikan, apalagi sudah 2 tahun ini kita hanya diam di rumah saat natal dan tahun baru. 
Saatnya liburan

Bete sih sebenarnya saat liburan Natal dan Tahun Baru karena kita hanya menikmati nonton TV lalu kumpul keluarga sambil makan nyemil. 

Saat perayaan natal dan tahun baru beberapa tahun yang lalu, kita tidak bisa mendengar suara petasan dan indahnya warna-warni yang menghiasi angkasa di tengah heningnya malam.   

Mpo yang tinggal di Jakarta harus mematuhi peraturan pembatasan khusus selama Natal dan tahun baru yang berlaku mulai dari 24 Desember hingga 2 Januari 2022.

Aturan itu tertuang dalam keputusan Gubernur nomor 1473 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 1 covid-19. 

Aturan dari keputusan Gubernur memutuskan bahwa

1. Acara pergantian tahun ataupun natal di ruang terbuka dan tutup maka tidak diperbolehkan. Hal ini karena berpotensi menimbulkan kerumunan begitu juga saat perayaan natal dan tahun baru di pusat pembelanjaan juga tidak diperbolehkan kecuali pameran UMKM. 

2. Kegiatan seni budaya dan olahraga selama libur Natal dan Tahun Baru juga harus tanpa penonton. 

3. Untuk Kegiatan-kegiatan lain selain perayaan natal dan tahun baru Maka protokoler kesehatan diperketat yang hanya bisa dihadiri dari tidak lebih dari 50 orang. 

4. Pawai dan arak-arakan juga dilarang oleh Pemprov DKI karena bisa menimbulkan kerumunan 5. Jam operasional mall diperpanjang mulai dari jam 09.00 sampai 22.00 wib. 

Untuk tempat wisata terbuka diperlukan ketentuan sebagai berikut . 

1. Penerapan ganjil genap untuk mengatur kunjungan ke tempat-tempat wisata prioritas. 

2. Memastikan tidak ada kerumunan yang menyebabkan tidak bisa menjaga jarak. 

3. Melarang pesta perayaan dengan kerumunan di tempat terbuka ataupun tertutup 

4. Mengurangi penggunaan pengeras suara yang menyebabkan orang berkumpul secara masif. 

5. Membatasi kegiatan masyarakat termasuk seni budaya yang menimbulkan kerumunan yang berpotensi penularan covid 19 

6. Aktivitas pada lokasi taman umum dihentikan pada tanggal 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2002.

Itu adalah peraturan yang harus kita patuhi. Oh ya Mpo juga mau ngasih tahu tempat wisata yang buka pada saat Natal dan Tahun Baru. 

1. Taman Impian Jaya Ancol.    Taman Impian Jaya Ancol yang beroperasi mulai dari pukul 06.00 sampai 22.00wib.

Aturan ini masih mengikuti aturan senang selamat bareng-bareng (SSSB) SSB adalah peraturan new normal yang dihadirkan di Ancol untuk memastikan bahwa pengunjung, karyawan petugas dan mitra bisa kembali rekreasi rekreasi dan bersenang-senang dengan aman dan sehat. 

2. Kota Tua 
Kota tua yang beroperasi mulai dari jam 10.00 sampai jam 22.00 yang hanya bisa menampung dengan kapasitas kunjungan hanya 25%. 

Kawasan ini menyajikan suasana bangunan bersejarah tempo dulu yang dikelilingi oleh beberapa museum yang bisa dikunjungi. selain itupula kita menikmati bermain layangan, berselfie, naik sepeda ontel dan menikmati aneka kuliner yang di jajakan pedagang kaki lima di kawasan kota tua. 

3. Jakarta Akuarium Safari.    Jakarta aquarium safari dibuka mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00. sebelum datang ke tempatnya wisata ini pastikan kamu membeli tiketnya melalui www.jakartaaquariumsafari.com 
4. Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan dibuka mulai dari pukul 07.00 sampai 14.30 dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sebaiknya kamu harus mendaftarkan diri satu hari sebelum kunjungan di bit.ly/pesantiketTMR 5. Taman Mini Indonesia Indah Taman Mini Indonesia indah dibuka mulai pukul 6.00 sampai 18.00 disana kita bisa melihat bangunan tradisional di 33 provinsi selain itupula bisa mengunjungi aneka museum dan naik kereta gantung. 

Untuk tempat wisata yang berada di wilayah luar Jakarta kita bisa jalan-jalan ke berbagai tempat seperti berikut ini. 

1. Kebun Raya Bogor 
Jam operasional Kebun Raya Bogor di hari weekday mulai pukul 8.00 sampai 16.00 dan untuk hari weekend mulai dari jam 7.00 sampai jam 16.00. 

Di sana kita bisa melihat lingkungan yang hijau dan asri ribuan koleksi tanaman dan bunga juga bisa melihat museum zoologi yang menyimpan jenis fosil hewan. 

2. Trans Studio Bandung 
Trans Studio Bandung merupakan Wahana indoor Theme Park yang ada di Indonesia. Jadi teman-teman sebelum memasuki arena wisata teman-teman harus memindai kode QR code di aplikasi pedulilindungi. oh ya juga tiketnya secara online.

3. Candi Prambanan 
Candi prambanan di Yogyakarta . Candi ini sudah dibangun sejak 9 masehi. untuk pembelian loket Candi Prambanan dibuka mulai pukul 8.00 hingga 17.15 Itulah beberapa tempat wisata yang buka hari pada saat liburan Natal dan Tahun Baru. 

disaat liburan Natal dan Tahun Baru bagaikan sisi dua sisi mata pisau yang sangat tajam. Di satu sisi kita butuh piknik dan tapi di sisi lain ada kasus virus covid-19 dengan varian omicron yang terus menghantui diri kita.   

Bahkan baru saja Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan menemukan bahwa salah satu pekerja di Wisma Atlet berinisial N telah terindikasi terkena virus covid-19 jenis omicron. 
Ahmad Arif

Hal ini membuat bikin kita tambah khawatir. apakah lanjut piknik atau kembali diam di rumah. 

Apalagi Who melaporkan bahwa virus covid-19 dengan varian omicron telah ditemukan di 77 negara. 

Jenis varian omicron lebih mudah menular dari pada varian-varian sebelumnya dan vaksin covid-19 belum mampu melawan virus ini. 

Karena tingkat penularannya sangat tinggi maka kita harus waspada agar anggota keluarga kita tidak tertular pasca liburan Natal dan Tahun Baru. 

Tips aman saat liburan Natal dan Tahun Baru. 


Tips aman saat liburan Natal dan Tahun Baru berguna agar kita bisa sehat selalu pasca liburan 

 "Semua orang dan tempat wisata mempunyai peran tersendiri agar sama-sama menanggulangi lonjakan angka covid-19" ujar Ahmad Arif selaku co founder lapor covid-19 di dalam acara live streaming YouTube Berita KBR 


selain itupula para konsumen harus memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum berwisata saat liburan Natal dan Tahun Baru. 

1. konsumen juga harus tahu apakah tempat wisata menerapkan prokes, berapa total kapasitas hotel. 

jangan malu bertanya karena ini hak kita sebagai konsumen untuk dapat tempat yang aman dan nyaman. 

2. Tetap patuhi 5M 

3. Pastikan kita tahu siapa yang duduk barengan sama kita. 

4. Sudah di vaksin lengkap. 

5. Tempat wisata harus menerapkan prokes. 

6. Kalau memungkinkan bawa peralatan makan sendiri. 
Tips liburan


"Bagi Hotel ataupun tempat wisata selama liburan Natal dan Tahun Baru mempunyai tujuan bukan lagi profit tapi bagaimana kita bisa survive dan bersama-sama keluar dari pandemi ini dengan baik dan berupaya tidak ada karyawan di rumahkan" ujar Devi Roza K Kausar, PhD, CHE selaku Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila.
Devi Roza

di akhir cerita ini Mpo membalas pantun. 

ada boneka salju di jalanan   
sebentar lagi datang Tahun Baru saatnya kita liburan.

12 comments

  1. wah iya nih, udh bertambah kasus varian omicron jadi 3 orang, kita harus tetap waspada dan patuh prokes dimanapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan mematuhi maka kita bisa terhindar dari virus omicron.

      Terima kasih mba wulan sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  2. Benar banget nih tapi asal mengikuti peraturan dari pemerintah dan prokes serta cermat dalam memilih hotel /tempat wisata..InsyaAllah liburan aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan aman, pulang liburan tetap sehat.

      Terima kasih sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  3. Walaupun sudah vaksin, aku dan keluarga ga asal jalan-jalan. Milih tempat yang ga rame pengunjung dan peralatan bawa sendiri. Rempong sii.. kalo ga mau rempong ya ga kemana-mana ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diam di rumah aja, bikin BBQ aman deh kita liburan di halaman belakang rumah aja.

      Delete
  4. Dari tempat wisata diatas aku pengen banget bisa ajak keluarga ke Jakarta Aquarium, semoga libur nataru ga penuh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo deh liburan sehat dan terima kasih sudah main-main ke tempat Mpo

      Delete
  5. Bener bgt mpo. Mending diem dan santuy di rmh aja ya. Ada bnyk hal yg bisa dilakuin kok di rmh. Bisa tambah seru bareng keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar yang penting bersama-sama.

      Terima kasih mba Reyna sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  6. Sepakat Mpok, meskipun bisa jalan-jalan atau mudik tetap harus jaga protokol kesehatan. Ngeri soalnya sama omicron deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omicron virus berbahaya nih. Hal inilah yang perlu kita antisipasi.

      Terima kasih mba jagat sudah main-main ke web blog Mpo.

      Delete