Perempuan Melek Literasi Keuangan dan Kesehatan Bersama KITA Perempuan Bermakna

 

di hari perempuan internasional yang jatuh tanggal 8 Maret 2023 merupakan kesempatan buat kita maju bersama lewat literasi. 

"ada yang bilang jadi orang tua itu tidak ada sekolahnya". eits jangan salah di jaman modern sekarang ini. tempat belajar bukan cuma duduk di bangku sekolahan dengan belajar di kelas setiap hari  yang kelasnya harus memakai ac dan dibimbing dengan guru pengajar. akan tetapi di jaman modern seperti sekarang ini bisa di dapat lewat seminar hingga talkshow interaktif seperti acara kita perempuan bermakna.   

Acara kita perempuan bermakna di selenggarakan di tamarind and lime yang berada dikawasan kebayoran lama Jakarta selatan yang dihadiri oleh perempuan hebat dari berbagai komunitas perempuan salah satunya adalah Kumpulan Emak Blogger. 


Walaupun hari diguyur hujan deras akan tetapi karena niat yang kuat maka halangan apapun di depan, tidaklah jadi halangan berarti. 

Kita perempuan bermakna merupakan acara yang membahas mengenai literasi keuangan dan juga kesehatan. Kita merupakan singkatan dari Kesehatan dan Keuangan Literasi Keluarga.

Terdapat dua talk show, di talk show pertama mengangkat tema keuangan menghadirkan para ahli yaitu Nucha Bachri selaku ketua parent talk id dan Angela Ria Andita sedangkan talk show ke dua menghadirkan para ahli chef Andrya, Mona ratuliu dan dr. Raisa Juanda. 

di talk show pertama mengenai keuangan Mpo mendapatkan banyak pelajaran yang bisa di ambil yaitu 
Angela Ria Andita, Nucha Bachri, MC


1. Pengelolan keuangan bagi pasangan suami istri bekerja. 
Sebagai pasangan suami istri maka kita harus saling terbuka mengenai gaji kita masing masing.   

karena kewajiban suami adalah membiayai urusan rumah tangga maka gaji pengeluaran terbesar ditanggung suami sedangkan gaji istri bisa buat investasi keluarga ataupun dana darurat. 

2. Wanita hoby belanja. 
Godaan sale terutama angka cantik tiap bulan memang sangat menggoda mata dan berakhir dengan menggoda kantong. 

disaat seperti ini Moms Angela Ria memberikan tips agar kita membuat anggaran belanja di aplikasi misalnya 250.000/bulan untuk mengisi satu saldo di satu aplikasi. jika saldo tersebut sudah habis maka stop jangan menambah saldo lagi. 

3. Mengatasi kesulitan keuangan saat anggota keluarga sakit atau mengalami kecelakaan. 
Musibah yang tidak bisa di hindari dari sini kita harus memikirkan dari sekarang siapa yang bisa bantuin keluarga kita buat handle urusan keuangan saat kita sakit atau mengalami kecelakan. 

Salah satu cara mengatasi bocor besar akibat sakit ataupun kecelakaan kita bisa menggunakan tabungan atau dana darurat hingga asuransi. 

4. Asuransi 
Pentingnya asuransi untuk melindungi keluarga kita. Untuk membeli produk asuransi kita harus tahu kebutuhan keluarga kita karena tiap keluarga beda-beda kebutuhannya misalnya ada yang hanya perlu asuransi kesehatan, ada pula yang perlu asuransi rumah. 

Untuk asuransi kesehatan hendaknya kita memilih asuransi kesehatan meliputi rawat jalan dan rawat inap.

Selain itupula kita harus memperkirakan kita hanya perlu dokter umum ataupun dokter spesialis. 

Astra Life berkerjasama dengan hallodoc mempunyai asuransi kesehatan dengan premi 300.000/bulan. 

Asuransi ini merupakan asuransi rawat jalan dimana kita bisa konsultasi medis dengan dokter hallodoc dimanapun dan kapanpun.   

Selain itu pula kita bisa membeli obat-obatan baik online maupun offline. ada 20.000 dokter yang siap siaga 24 jam penuh menjawab keresahan para moms dalam urusan kesehatan. 

5. Membantu keuangan keluarga. 
Sebagai perempuan juga bisa membantu keuangan keluarga tanpa harus meninggalkan tugas utama seperti penulis lepas, reseller, jualan hijab, konten creator dll. 


di sesi talk show kedua tidak kalah serunya karena kita diajak belajar literasi kesehatan sambil memasak tumis ayam kecap masako dan sup bakso ala masako bersama dr. Raisa Juanda, Mona Ratuliu dan chef Andrya.   
dr. Raisa, Mona Ratuliu, chef andrya
(Dari kiri ke kanan)


Apalagi ketiga pembicara juga memberikan tips seputar kesehatan seperti 

1. Bumbu di blender 
Kita bisa memblender bumbu dengan air. saat kita mau masak biarkan kadar air tersebut menyusut hingga kering baru kita beri minyak goreng untuk menumis. 

2. Bakso amankah
Semua bakso aman selama kita pintar memilih bakso berkualitas dengan mendapatkan serifikat halal MUI, Proses pembuatan standar GMT, kandungan terigu lebih sedikit dan banyak kandungan daging.   

3. Cara memasak sayuran hijau. 
untuk memasak sayuran hijau hanya memerlukan waktu sebentar pastikan airnya mendidih lalu masukan sayuran dan matikan kompor. Nantinya proses pematangan berlanjut ketika kompor dimatikan.

Akan tetapi perlu di ingat bahwa ada beberapa jenis sayuran yang butuh proses masak yang lebih lama seperti wortel, kangkung, nangka, daun singkong dll 

4. MSG amankah? 
MSG aman di komsumsi asalkan kita memakai MSG berlebihan. standar kesehatan untuk pemakaian MSG 1sdt setiap makanan.   
Salah satu produk MSG yang pernah Mpo pakai adalah masako 40grm atau setara 4,5 sendok makan. 
Masako


Masako ini terdapat dua rasa yaitu rasa ayam dan sapi dengan kemasan ekonomis Rp2000 dan kemasan ramah lingkungan yang bisa mengurangi sampah plastik hingga 30%. Kandungan natrium dalam Masako lebih rendah 1/3  bila dibandingkan garam dapur. 

di acara ini juga diadakan sesi tanya jawab dimana para peserta bisa bertanya mengenai kesulitan yang mereka hadapi dalam soal keuangan dan juga kesehatan. 
Kuis online 

Acara makin meriah dimana peserta diajak mengikuti kuis online lewat kahoot dan pemenang the best dresscode dengan tema colourfull. 
Listria pemenang the best dresscode


Selamat buat mom Listria dan moms Kristin sebagai pemenang dreescode terbaik. 

Video keseruan acara



di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun.  

Kita bisa jadi perempuan hebat. 
Perempuan harus melek literasi. 
Financial freedom bisa di dapat. 
harus proteksi masa depan dengan memiliki asuransi

14 comments

  1. Cakeep mpooo, wah perempuan hebat semua ini ya. Selalu mau belajar.
    Wah ada masak memasaknya juga ya seru sekali. Tipsnya bisa dicoba nih, aku jarang blender, ntar mau deh diblender dengan air terus nunggu susut dulu ya. Noted, makasih mpo infonya^^

    ReplyDelete
  2. Dua talkshow dalam sehari, acara yang penuh manfaat ini Mpok.
    Duh godaan diskon di tanggal cantik tuh emang sangat mengganggu stabilitas dana belanja

    ReplyDelete
  3. Talk show KITA ini sangat menarik dan bermanfaat ya mpo
    Memang sangat penting bagi perempuan untuk melek keuangan dan kesehatan

    ReplyDelete
  4. Perempuan jaman sekarang harus banget melek sama yang namanya literasi keuangan. Update tentang perkembangan keuangan sekarang itu wajib, jangan lupa selalu memberikan proteksi bagi keluarga juga ya

    ReplyDelete
  5. Wah, acaranya mantep banget ya.. Selain dapet edukasi keuangan, dikasih resep dan info2 baru. Msg terkadang udah dicap gak baik, padahal yang gak baik tuh kalah berlebihan. Sama kayak semua hal, berlebihan itu memang gak baik yaa.

    Anw maaf sebelumnya ya mpok, mau ngingetin aje nih. Penulisan awal paragraf bisa diperbaiki untuk menggunakan huruf kapital supaya lebih enak dibacanya nih 😘

    ReplyDelete
  6. Ada banyak hal yang bisa kita amati dan lakukan untuk memenuhi kebutuhan keuangan keluarga dengan mengelolanya secara bijak.
    Rasanya seneng banget bisa menghadiri acara penuh energi untuk perempuan Indonesia, KITA Perempuan Bermakna.

    ReplyDelete
  7. Penting banget ya perempuan berdaya dan memiliki konsep dalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  8. Keren karena edukasi ini buat semua perempuan Indonesia di mana pun berada. Apalagi soal keuangan pastinya butuh melek literasi agar selalu bisa menjalankan kehidupan dengan baik

    ReplyDelete
  9. Aih iya .... godaan belanja pas diskon itu, bisa bikin nambah saldo, nambah saldo lagi padahal harusnya disetop ya Mpo.

    ReplyDelete
  10. Materinya komplit banget nih. Dari perencanaan keuangan sampai masak memasak untuk kesehatan. Bermanfaat ya acaranya.

    ReplyDelete
  11. Aku suka nih ikutan literasi keuangan, kayak ngingetin agar kita sebagai perempuan terutama ibu rumah tangga harus pintar mengelola keuangan rumah tangga. Termasuk godaan belanja di aplikasi yang banyak macamnya, tahan diri aja kalo aku nggak butuh ya ngga jajan online, hihiii.. tapi kalo jajan online nya asuransi tentunya wajib nih yaa

    ReplyDelete
  12. Outfitnya cetar banget cantik
    Emang setuju banget, kita perempuan bisa juga kok tetap melek terhadap literasi sekalipun di luar kelas, seperti ikutan talkshow

    Acaranya seru banget sih, bahas seputar keuangan keluarga dan masakan,wah mantap ini temanya

    ReplyDelete
  13. Sering nih perempuan menomorduakan kesehatannya sendiri dibandingkan anggota keluarga yang lain
    Padahal kalau ibu di keluarga sehat keluarga bahagia insya Allah

    ReplyDelete
  14. Semangat untuk para perempuan. Perempuan yang sehat adalah kunci dari negera yang sehat. Semangat belajar literasi keuangan agar bisa mengelola keuangan dengan baik

    ReplyDelete