Saraf Kejepit haruskah di Operasi? RS Premier Bintaro Membantu Blogger Mencari Jawaban Lewat Roomtour

 

Saraf kejepit merupakan penyakit yang sering dialami semua orang baik di desa maupun di kota. 

Masih ingat dalam ingatan Mpo ketika lagi nunggu antrian panggilan suster di rumah sakit pemerintah yang terbesar di Jakarta, di saat itu Mpo dan Almarhumah Mama ngobrol dengan seorang bapak dan istrinya yang sedang duduk di kursi roda. 


Bapak tersebut bercerita bahwa istrinya kena saraf kejepit saat ia melakukan smash bola voli yang terlalu keras sehingga ia langsung jatuh. 

Sang istri merupakan seorang aktivis di lingkungan rumahnya yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta timur. 

Ia aktif di kegiatan posyandu, mengaji, kegiatan sosial, pkk hingga bermain voli. 

Sejak saat itu sang istri merasakan sakit yang luar biasa sehingga semua kegiatan yang biasa ia lakukan terhenti 100 persen. 

Kenalan Yuk Dengan Saraf Kejepit. 


Saraf kejepit merupakan jaringan sekitar saraf seperti tulang, tendon, tulang rawan dan otot banyak memberikan tekanan pada area saraf. 

Biasanya saraf kejepit terjadi pada saraf kejepit di leher, saraf kejepit di pinggang, saraf kejepit di kaki. 

Nyeri akibat saraf kejepit sakitnya tak tertahankan hal ini terjadi akibat perubahan posisi tubuh ini saat berdiri atau berjalan. 

Selain itu pula ada rasa kebas, kesemutan pada tungkai kaki. 

"Kunci mengatasi saraf kejepit adalah diagnosa.. diagnosa dan diagnosa yang tepat" hal inilah yang di ungkapan oleh dr. Ajiantoro Sp.OT dalam acara blogger dan vlogger gathering pada hari selasa 19 Juli 2022. dengan diagnosa yang tepat maka seorang dokter dapat menentukan tindakan selanjutnya. 

Untuk diagnosa itu sendiri di lakukan laboratorium dan radiologi berupa USG, X-Ray, CT-Scan, MRI, BMD dan fisioterapi. 

Kita sebagai blogger juga berkesempatan buat roomtour RS Premier Bintaro untuk melihat langsung fasilitas dalam menangani saraf kejepit. 
Fasilitas RS Premier Bintaro

Ternyata RS. Premier Bintaro mempunyai layanan yang sangat lengkap menggunakan teknologi canggih sehingga pasien tidak perlu pindah ke rumah sakit lain hanya untuk melakukan tindakan medis yang berhubungan dengan penyakit saraf kejepit.

Kita juga akan mendapatkan layanan baik dan prima sejak kita datang ke IGD yang mana ada 17 team yang siap menangani setiap pasien yang datang dengan kondisi apapun. diruangan ini ada 12 kamar yang disediakan buat menangani kita. 

Saat kita melakukan registrasi, kita akan bertemu dengan darby robot pintar yang kita bisa mengenal lebih dekat dengan RS Premier Bintaro. 

selain itu pula darby juga bisa mengantarkan kita ke klinik yang dituju dan darby dilengkapi musik yang bisa di dengar selama kita antri
Darby Robot Rumah Sakit Premier Bintaro


Darby hanya bisa ditemui di lobby utama RS premier Bintaro yang mana loby sangat luas melebihi hotel bintang 5. 

Kebersihan di lingkungan RS premier Bintaro sangat terjaga. 

Saraf Kejepit bisa sembuh tanpa operasi


Kebanyakan orang mengangap bahwa kalau kita sakit saraf kejepit maka harus operasi padahal operasi merupakan tindakan terakhir. 

Penyakit saraf kejepit bisa dilakukan tanpa operasi dengan cara 
Saraf kejepit tanpa operasi


Selain itupula dokter juga melakukan tindakan intervertional pain management berupa injeksi, radio frequency ablation, precutaneuis laser disc decompression. 

Tindakan operasi saraf kejepit merupakan tindakan yang dilakukan oleh dokter dengan metode minimally invasive spine surgery.

Minimally invasive spine surgery adalah teknologi dengan melakukan tindakan pada tulang belakang sehingga  dapat mengurangi kerusakan jaringan dan stress pada tubuh dan akhirnya pasien bisa beraktivitas kembali. 

Tindakan operasi ini dilakukan dengan minimnya sayatan luka operasi, mencegah terjadinya infeksi dan pasien tidak merasakan sakit lagi dan bisa berjalan dalam kurun waktu 6 jam pasca operasi. 


diakhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 

Sapa bukan sekedar basa basi. 
Sapa merupakan tanda perhatian.  
RS Premier Bintaro bisa melakukan operasi. 
Penyakit saraf kejepit bisa setelah 6 jam pasca operasi pasien bisa sembuh dan dapat berjalan.

34 comments

  1. Kayaknya banyak yg anggap angin lalu aja ya masalah saraf kejepit ini, klo kasus kayak adik saya mpok, tyata luar biasa ya ini. Kudu tepat juga diagnosanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan salah diaknosa agar penanganan tepat

      Delete
  2. Temen sy juga pernah saraf kejepit sampai ngga bisa bangun.. katanya suruh operasi tp kynya ga mau apa gimana.. parahnya pas dia tinggal di luar kumat karena di sana kan sering jalan kaki jadi terpaksa balik indo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sudah operasi aja biar sakitnya hilang

      Delete
  3. Baca ini jadi tambah waspada, karena syaraf kejepit itu ancaman cukup serius bagi orang seusia saya yang banyak gerak tapi sangat sedikit tidur. Karena paman saya ada yang dioperasi gara-gara terlalu semangat saat menangkap anak ayam di belakang badannya. Sesepele itu penyebab syaraf kejepitnya. Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih hal inilah yang bikin kita sedih. Kalau sudah kena pasti akan merasakan sakit yang luar biasa.

      Delete
  4. Pulang dari acara ini aku jadi paham kalo saraf kejepit gak melulu harus operasi tapi bisa dengan metode konservatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diagnosis dokter yang menentukan apa harus di operasi atau tidak

      Delete
  5. Mpok dulu aku pikir sarafkejeit tu bukan sesuatu yang bahaya dan bisa sembuh sendiri ternyata bisa sampek bahaya dan terancam dioperasi yaa.
    Kalau di RS Premier Bintaro tindakannya minimal invasif jadi proses penyembuhannya lebuh cepat ya mpok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kondisi penyakitnya ada yang di urut, suntik hingga operasi

      Delete
  6. mantap sekali teknologinya ini ya. Biasanya kalau sudah terkena saraf kejepit beberapa orang mengaggap dunia berakhir. Sekarang sudah ada teknologi yang membantu dan menyelesaikan masalah saraf kejepit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nih sayatan lebih kecil dan bekasnya juga. Terima kasih sudah main-main ke tempat Mpo

      Delete
  7. Buat yg takut dengan operasi Alhamdulillah ada solusi ternyata di rumah sakit premier ini ya. Berobat bisa tetap lanjut jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap benar selalu ada hikmah dibalik kejadian. Terima kasih teh Okti sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  8. ow saraf kejepit ini karena gerakan tiba-tiba? jadi enggak bisa lewat obat saja atau pijat gitu mpo? btw, fasilitas di RS Premier Bintaro lengkap yaa untuk penanganan saraf kejepit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok obat penghilang rasa nyeri. Terima kasih mba helenamantra sudah main-main ke web mpo

      Delete
  9. Kalau bisa tanpa operasi kenapa harus operasi??
    Banyak yg takut akan meja operasinkan, pasti bakal.memilih opsi tanpa operasi kalau bisa menyembuhkan juga.
    Saraf kejepit kalau salah penanganan bisa fatal ga bisa jalan lagi alias lumpuh itu menimpa sodaraku hbs operasi malah lumpuh total.sampai skrg.
    RS premier bintaro kereen yaa

    ReplyDelete
  10. Keren ya RS Premier Bintaro ini. Fasilitasnya lengkap banget. Dan modern pula. Jadinya untuk merawat dan berobat Saraf Kejepit, pasien bisa tuntas. Aku salfok dengan robotnya. Kebayang nih anak-anakku bakalan seneng kalo diajak ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berasa ada yang nemenin. Terima kasih mba Nia sudah main-main ke web blog Mpo.

      Delete
  11. Jadi tahu kalau saraf kecepit ternyata enggak harus operasi, ya. Wah...inovasi Darby unik juga ya, Mbak. Pasien pasti enggak bosan dan bisa jadi membantu rileks pasien.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau relax maka hidup kita akan lebih anggap enteng penyakit dan jadi cepat sembuh.

      Delete
  12. Iya bener banget,di tangsel RS Premier Bintaro salah satu yang terbaik lho,dari dokter,pelayanan,peralatan,dan lainnya. Bagus banget.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah mengalami saraf kejepit, rasanya ga enak banget, sering bulak balik ke spesialis saraf juga. Alhamdulillah sekarang udah sehat.

    ReplyDelete
  14. orang yang terkena syaraf kejepit kegiatan sehari-harinya akan terganggu, itu sebab harus segera ditangani secara tepat. Ketika blm dlm tahap yg fatal masih bisa juga ya dgn terapi tanpa operasi
    Btw galfok sama darby, unik ya..

    ReplyDelete
  15. RS Premier Bintaro ini peralatan medisnya lengkap banget ya Mpok. Temen saya ada yang menderita syarat kejepit, sampai akhirnya menghembuskan nyawa terakhir. Mungkin kalau penanganannya tepat tidak sampai meregang nyawa ya Mpok.

    ReplyDelete
  16. Masalah saraf ini emang kudu ati-ati ngga bisa sembarangan.
    Berarti yang kasus saraf kejepit yang harus dioperasi itu yang udah parah seperti kasusnya Laura Anna.
    Kalau saraf kejepitnya ringan masih bisa direhab medis

    ReplyDelete
  17. Inget pengalaman Kaka ipar yang kena saraf kejepit juga, akhirnya sih dioperasi. Pas tau kalo RS Premier Bintaro punya metode bagus buat saraf kejepit, jadi semangat buat ngasih info ke kakak. Bagus banget deh inovasinya RS Premier Bintaro ini

    ReplyDelete
  18. Udah canggih banget ya metode yang diterapkan oleh RS Premier Bintaro untuk mengobati saraf kejepit ini. Bisa operasi, bisa juga tanpa operasi.

    ReplyDelete
  19. Gak melulu harus operasi ya, yg penting penanganan nya tepat dan cepat. Btw ini fasilitas RS nya bagus dan lengkap, semoga pasien cepat sembuh berobat disini.

    ReplyDelete
  20. Menjadi pengetahuan baru, Mpo..
    Karena zaman Papa mertuaku juga mengalami syaraf kejepit dan harus ambil tindakan operasi. Sedih banget.. karena sampai sekarang tetap kudu kontrol dan jaga aktivitas.

    ReplyDelete
  21. Duh ngilu bacanya biaya operasinya puluhan juta pula ya memang harus berhati-hati bergerak ya jangan sembrono kayak zaman masih muda belia hihi

    ReplyDelete
  22. Dengar2 cerita teman yang pernah kecepit syarafnya, sakiiit dan mengganggu bangeeet pastinya. Semoga terhindar deh dari kejadian semacam ini. Dan bersyukur, penanganan syaraf kecepit juga makin maju yaaa... Seperti yang bisa didapatkan di RS Bintaro ini (salfok sama darby dong). Seemoga orang2 yang menderita syaraf kecepit dilancarkan dalam proses pengobatannya.

    ReplyDelete
  23. oh ternyata syaraf kejepit itu tidak harus dioperasi ya ... dengan bantuan darby pasien bisa rilex

    ReplyDelete