Gotong Royong Pentahelix adalah Kunci Pemberatasan Kusta di Indonesia

 

Gotong Royong Pentahelix merupakan kunci pemberatasan kusta di Indonesia, benarkah? 

Siapa sih yang tidak kenal dengan kata gotong royong? kata ini sudah biasa kita biasa kita dengar sejak kita masuk duduk di sekolah dasar. 

Terdengar jadul ya, kalau kata gotong royong terus di pakai sampai sekarang, eits jangan salah ya teman-teman online. sebuah kata yang biasa kita ucapkan yaitu kata gotong royong merupakan kata sakti yang bisa jadi menimbul rasa semangat, motivasi di dalam diri. 

Kita pasti ingat kalau dengan gotong royong, sebuah pekerjaan berat akan terasa ringan. 

Kita juga tahu dengan gotong royong juga membuat kita bisa menjalankan tugas agar lebih fokus dan tercapai target jadi mudah di capai. 

Nah, sekarang permasalahannya apakah kata gotong royong masih merupakan kata yang sakti dalam memecahkan permasalahan yang di hadapi bangsa ini? 

Masih bisakah kata gotong royong menjadi kata yang sakti di tengah gencaran perubahan teknologi yang begitu cepat? 

Gotong Royong Pentahelix Dalam Memberatas Kusta. 


Siapa sangka kalau gotong royong bisa mengatasi kusta. Yap penyakit yang selama ini dianggap sebagai penyakit mempunyai stigma buruk sehingga masyarakat boleh mengucilkan penderita kusta. 

Perlu teman-teman online ketahui bahwa penyakit kusta merupakan penyakit menular yang tidak menular. Hal ini diungkapkan oleh ibu Dr.dr Flora Ramona Sigit Prakoeswa dalam live streaming YouTube Berita KBR  pada tanggal 12 AprilApril 2022 
Obat kusta gratis

Yang dimaksud dengan penyakit menular yang paling tidak menular karena kita harus ada kontak erat lama mulai dari 40 hari sampai 40 tahun. 

Kita juga bisa tertular kusta dengan melakukan kontak erat dengan Penderita kusta yang bisa terjadi rata-rata kurang dari 10 tahun dan penderita belum pernah diobati sama sekali. Jadi dapat disimpulkan bahwa 5-10 tahun kita melakukan kontak erat sentuhan kulit ataupun bersin dimana kita bisa terkena percikkan secara terus-menerus dan intensif maka kemungkinan besar kita akan terkena kusta. 

Layaknya permasalahan terbesar penderita kusta di Indonesia bahwa ada 6 provinsi yang masih menderita kusta yaitu sulawesi Utara Gorontalo Maluku, maluku Utara,Papua dan Papua Barat.   

Berdasarkan kementerian Kesehatan per tanggal 24 Januari 2002 bahwa masih ada penderita kasus kusta sebanyak 13487 kasus dan terjadinya penemuan kasus kusta terbaru sebanyak 7.146. 

disinilah perannya pentahelix dalam memerangi kasus kusta agar Indonesia bebas dari kusta. 

Oh ya teman-teman yang belum mengetahui apa itu pentahelix, Mpo akan kasih tahu apa yang dimaksud dengan pentahelix Menurut kkbi bahwa pentahelix adalah kolaborasi. 

Kata pentahelix merupakan gabungan dari kata Panca yang artinya 5 sedangkan Helix yang artinya komponen. 

Jadi dalam menanggulangi masalah kusta pemerintah tidak bisa berjalan sendiri perlu ada kolaborasi atau pentahelix dari berbagai pihak diantaranya 

1. Keluarga 
keluarga dan penderita kusta diberikan pendidikan mengenai penyakit ini. 

Keluarga mempunyai peran yang sangat penting di mana membantu penderita kusta untuk tetap semangat minum obat, berobat dan tetap berusaha dalam menjalani kehidupan ini. 

Keluarga juga berperan sebagai support system dengan tidak mengecilkan para penderita kusta dan tidak memberikan stigma buruk. 

2. Akademisi 
Kalangan akademisi yang merupakan generasi gen Z diberikan pengetahuan seputar kusta dengan cara yang lebih proaktif lewat sosial media seperti Live Instagram 

3. Pelaku usaha 
Para entrepreneur diharapkan bisa memberikan kesempatan para mantan penderita kusta untuk bisa bekerja dan berkarya di perusahaan mereka. 

Selain itu juga para entrepreneur bisa menjalin kerjasama lewat pendidikan berwirausaha sehingga para penderita kusta menjadi produktif dan mandiri. 

4. Masyarakat ataupun komunitas  
Masyarakat ataupun komunitas mempunyai peran penting untuk menyebarluaskan mengenai kusta dan diharapkan masyarakat juga tidak mengucilkan para penderita kusta 

5. Media massa 
Media massa baik online maupun cetak bisa jadi jembatan antara pemerintah, masyarakat dan penderita kusta dalam menyebarkan informasi seputar permasalahan kusta. 

"Bagi seorang wartawan permasalahan kusta bukan hanya mengangkat isu soal kesehatan tapi juga isu tentang kemanusian". ujar Wisnu Saputra seorang wartawan sekaligus ketua bidang organisasi PWI, Bandung. 
Wisnu

Dengan adanya kerjasama pentahelix ini antara pemerintah, keluarga, masyarakat ataupun komunitas dan media massa maka kita bisa meminimalisir penderita kusta dan juga cepat ditemukannya para penderita kusta yang baru. 

Salah satu contoh keberhasilan pentahelix yang terjadi di daerah Pasuruan tepatnya di Kediri Jawa Timur 

Adanya program memberantasan Kusta dengan nama suryamas jelata di Pasuruan. Program suryamas jelata merupakan singkatan dari sehat untuk berkarya Mandiri bersama kelompok jelang eliminasi kusta. 

diakhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun. 

Jalan-jalan ke pasar minggu.    Jangan lupa beli kiwi. 
eh jangan sampai menunggu.    Penderita kusta harus segera di obati

46 comments

  1. Semangat gotong royong harus diterapkan utk berantas kusta d negeri ini ya mbaaa
    termasuk stigma yg terus menjalar tentang kusta ini, kudu dberlakukan literasi dgn lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar belajar literasi agar dapat ilmu baru. Terima kasih mba Nurul sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  2. Ah dapat istilah baru nih Pentahelix itu kolaborasi ya.Ini khusus untuk istilah kesehatan/ umum ya mpok? Memang dibutuhkan kolaborasi untuk kesembuhan penderita kusta terutama dukungan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu istilah umum mba Denis. Terima kasih mba Denis sudah bersilahturahmi ke tempat Mpo

      Delete
  3. Wah setuju nih asas gotong royong harus dilakukan spya bisa memberantas kusta ya keren nih kerjasamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa gotong royong pasti tidak berhasil. Terima kasih mba Bayu sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  4. berkat kemajuan digital, pentahelix atau kolaborasi menjadi lebih mudah ya?

    karena berkat kolaborasi , banyak masalah bisa diatasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang benar semua jadi mudah dengan gotong royong. Terima kasih mba Maria sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  5. Kusta memang penyakit yang harus diberantas ya, senang banget dengan adanya kerjasama pentahelix dalam memberantas penyakit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kompak perlu banget nih dalam mengatasi persoalan bangsa. Terima kasih mba Rey sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  6. Memang butuh kerjasama banyak pihak sih ya untuk meningkatkan kesadaran menyikapi kusta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesadaran inilah yang menjadi orang jadi tahu penyakit kusta dan tidak mendeskriminasi penderitanya

      Delete
  7. lima komponen yg sangat dibutuhkan utk penanggulangan stigma terkait kusta ya mba
    termasuk edukasi dan literasi yg terus ditingkatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari literasi ditingkatkan biar hidup makin bermanfaat dengan memberikan edukasi fakta seputar kusta. Terima kasih mba Nurul sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  8. Semoga dengan semangat Gotong Royong ini penderita kusta yang ada segera sembuh dan mandiri, sementara yg kontak erat, dengan bekal informasi yg diberikan akan terlindungi dr penularan, sehingga Indonesia bebas kusta terwujud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak yang tahu tentang kusta maka makin banyak orang yang tidak mendeskriminasi penderita kusta. Terima kasih mba Salma main-main ke web blog Mpo

      Delete
  9. Jadi dapat kata dan ilmu baru. PENTAHELIX. Maknanya berisi ternyata ya. 5 poin atau unsur sebagai support system. Saya yakin bukan hanya untuk penyakit kusta, tapi juga untuk kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebatnya nih kalau kita bisa kompakan terutama dalam mendukung kehidupan sehari-hari. Terima kasih mba Annie sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  10. Kusta ini harus banget bisa segera diberantas ya, tentu kolaborasi dari berbagai pihak ini bisa semakin mempercepat pemberantasan, mba. Pemahaman ke masyarakat juga penting sih karena kadang masih ada stigma negatif terutama dari lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stigma itulah yang perlu pemahaman literasi. Terima kasih mba Ririn sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  11. Untuk memberantas kusta sinergi semua pihak memang di butuhkan semoga dengan ini kusta di tanah air habis ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga saja Allah berkehendak. Terima kasih mba Emma sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  12. Sebelumnya aku bertanya2 apa sih arti pentahelix. Ternyata artinya kolaborasi ya. Salut ada upaya pentahelix buat melawan kusta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kompak semua jadi mudah benar gak mba Palupi dan terima kasih mba Palupi sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  13. Iya Mpo kita berharap dengan kerjasama dari berbagai pihak, masalah kusta ini segera teratasi ya. Ga ada lagi stigma negatif yang beredar dan menyudutkan penderita dan keluarganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin biar bisa diatasi permasalahan kusta. Terima kasih teh sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  14. Mudah dengan kolaborasi untuk atasi berbagai hal, termasuk permasalahan kusta. Yuk bisa bekerjasama semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolaborasi inilah cara ampuh agar hidup kita bahagia fan kasus tuntas dengan segera. Terima kasih mba Fenni sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  15. pentahelix ini salah satu yang aku dengar di pariwisata, kuncinya bisa jadi dari komunitas yang harusnya bisa menerima orang-orang penyitas kusta ya agar ga ada lagi stigma negatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerjasama inilah bisa menuntaskan kasus kusta. Terima kasih bang dedy huang main-main ke tempat Mpo

      Delete
  16. Wajib banget nih buat penderita kusta untuk berobat, apalagi kusta bisa menular

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar bisa menular jika penderitanya intensif dekat dengan penderita selama 5-10 tahun dimana pasien itu tidak di obati

      Delete
  17. Jauhi stigma buat klien dengan kusta penting karena mereka memiliki hak sama seperti lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mereka berhak hidup di indonesia. Terima kasih kaka sudah meluangkan waktu dan main-main ke web blog Mpo

      Delete
  18. Selama ini stigma yang udah terlanjur beredar di masyarakat menganggap penyakit kusta itu penyakit kutukan, padahal sebenernya kusta itu bisa disembuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat terus buat berobat dan minum obat. Terima kasih mba Fiona sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  19. Gotong royong pentahelix dapat mengatasi apapun, memang, Termasuk kusta. Tapi memang tak mudah menyatukan kelimanya dalam 1 visi misi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap berusaha pasti ada jalan. Terima kasih mba Susi sudah main-main ke tempat Mpo

      Delete
  20. kusta adalah penyakit menular yang tidak menular, ini kalau nggak dibaca keterangannya sampai selesai bisa membingungkan ya Mpok. jadi butuh waktu lama dan harus ada kontak fisik erat, baru kusta ini bisa menular ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nanik memang harus ada kontak erat bertahun-tahun dengan penderita kusta yang belum di obati.

      Terima kasih mba Nanik sudah main-main ke tempat Mpo

      Delete
  21. Gimana tuh maksudnya penyakit kusta adalah penyakit menular yang tidak menular kak? Apakah artinya aman untuk orang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman asalkan penderita kusta sudah di obati. Terima kasih Heizi sudah menyempatkan waktu buat main-main ke web blog Mpo

      Delete
  22. Ada istilah baru untuk saya ketahui nih mba. Pentahelix. Bagus juga programnya ya mbak. Intinya kita harus saling support kepada para penderita kusta ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kucilkan mereka sudah cukup tuh. Terima kasih mba Maria Tanjung sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  23. Kita harus support para penderita kusta ini ya mbak, agar mereka siap kembali ke masyarakat apabila sudah sembuh. Gotong Royong pentahelix ini merupakan sistem yangtepat menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dukungan doa dan semangat itu penting. Terima kasih mba Maria sudah main-main ke tempat Mpo

      Delete