Bikin Bangga, Produk UMKM NTT Buatan Indonesia Naik Kelas Menembus Pangsa Pasar Mancanegara Lewat Website Kilau Digital Flobamora

Produk UMKM NTT naik kelas, itulah yang tergambarkan ketika kita melihat pameran virtual di website kilau digital FLOBAMORA. 

UMKM NTT yang berada di website kilau digital FLOBAMORA merupakan UMKM pilihan yang telah mengikuti standard yang ditetapkan oleh pemerintah, jadi tidak ada deh produk yang kualitas rejected .   

ada 100 UMKM NTT yang berhasil masuk dalam website kilau digital FLOBAMORA dengan 1000 produk. wow banyak banget Khan pilihan produk nya mulai dari fashion, kerajinan tangan dan produk makanan dan minuman. 

Pelaku usaha UMKM mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari para ahli sehingga pelaku usaha makin melek secara digital. 

website kilau digital permata flobamora merupakan suatu bentuk kerjasama yang baik dan bersinergi antara kemenkominfo, telkom, Bank Indonesia, pemda terkait, Kementrian koperasi, Tokopedia, Shopee, Bukalapak,Blibli.   
kain tenun NTT


walaupun kita melihat produk UMKM NTT secara virtual akan tetapi saat kita memasuki gerbang kilau digital FLOBAMORA seperti terasa datang langsung ke tempat acara. 

kita akan di ajak memasuki gedung yang megah dengan pajangan etalase ornaments kain tenun ikat yang siap menyambut kita dengan karya terbaik para pengrajin NTT.   

Walaupun pameran ini secara virtual akan tetapi kita bisa merasakan secara langsung seperti datang langsung ke mall maka ada mba resepsionis yang cantik yang siap menjawab pertanyaan kita melalui kolom chat yang disediakan. ayo deh jangan malu bertanya nanti sesat dijalan. 

selain itu kita bisa memasuki auditorium untuk mengikuti webinar yang di selenggarakan dan pelaku UMKM juga konsultasi bisnis dengan para ahli. 
Hasil karya pengrajin Flobamora

walaupun kita tidak bisa menyentuh secara langsung akan tetapi foto produk UMKM NTT sangat real tanpa edit sana sini. 

sambil lihat-lihat produk UMKM NTT kita bisa mendengarkan lagu instrumen khas dari NTT yang seakan-akan membawa kita terbang langsung menyaksikan pameran di wilayah NTT diiringi musik tradisional sasando. 

untuk detail produk UMKM NTT kita bisa klik ikon keranjang yang nantinya kita akan dibawa menuju website UMKM walaupun e-commerace. 
Kain tenun ikat ntt masuk e-commerace

oh ya untuk pembayaran bisa melalui e-wallet seperti gopay, ovo, Qris, linkaja, Dana. Produk UMKM NTT naik kelas merupakan  Gerakan Bangga Buatan Indonesia  yang tahun lalu saja 3,7 juta UMKM yang bergabung dalam industri digital. 
Kain tenun pewarna alam

Tahun ini Kemenkominfo meluncurkan literasi digital dengan tema Makin cakap digital 2021. 

Salah satu manfaat literasi digital yaitu UMKM bisa menjual produk lewat e-commerace dengan pangsa pasar lebih besar lagi bukan hanya regional akan tetapi mancanegara.   

seperti yang kita ketahui bahwa UMKM mempunyai keterbatasan yang akan mendorong mereka untuk berpikir kreatif, inovasi dengan mengali potensi diri untuk menciptakan peluang baru.  

"selain itupula hal ini sebagai dukungan pemerintah agar economy dan pariwisata bangkit di masa pandemi". hal itu diungkapkan oleh wakil presiden Republik Indonesia pada saat pembukaan acara kilau permata Flobamora. 


Bagi teman-teman yang belum mengetahui apa sih flobamora? ternyata flobamora merupakan singkatan Flores, Sumba, Timor dan Alor . 

seperti yang kita ketahui bahwa UMKM di NTT mempunyai potensi baik dari segi pariwisata, wastra, budaya, dan kriya yang indah. sayang sekali kalau potensi tersebut tidak di manfaatkan dengan baik.   

sebelum cerita ini berakhir, Mpo mau berpantun 

Selama pandemi ekonomi jadi susah. 
saatnya bangkit dengan berpikir cerdas.   
Produk UMKM NTT Flobamora bisa diperoleh dengan mudah.  
lewat e-commerce bisa menjangkau pasar lebih luas.

38 comments

  1. Aku terkesan dengan situs virtual expo ini Mpo, keren gitu tampilannya. Setiap pengunjung seolah diajak masuk ke dalam ruang pameran dengan daftar toko yang banyak dan melihat sendiri produk yang mau dibeli dengan tampilan 3D.

    Produk NTT memang unik dan khas, seru ya bisa belanja tanpa harus terbang je NTT. Jempol 2 untuk penyelenggara semoga dengan mengangkat produk UMKM ekonomi Indonesia makin lebih baik

    ReplyDelete
  2. Waaah kain2 tenun produk UMKM NTT Flobamora makin melebarkan sayapnya yaa, bisa dikenal dan dijangkau oleh siapapun meski melalui belanja online. Salut banget sama Kilau Digital Flobamora ini, memasarkan produk2 menjadi mendunia.

    Ahh, akutu suka kalap, laper mata kalo lihat kain2 tenuun yang kecee.

    ReplyDelete
  3. Menarik banget event ini ya Mba
    sungguh membangkitkan semangat para pegiat UMKM untuk makin tangguh dan berdaya
    Teknologi digital bisa memudahkan siapa saja utk berjuang di era yg makin challenging ini.

    ReplyDelete
  4. Bagusnya jika banyak UMKM yang mendapat perhatian untuk dikembangkan kemampuan dan karyanya mpo

    ReplyDelete
  5. jadi mudah bagi kita untuk dapat produk berkualitas internasional dan menariknya ini semua produk dalam negeri

    ReplyDelete
  6. Senangnya para pelaku usaha UMKM makin melek digital ya. Dengan pemasaran produk lewat e-commerace, tentunya bisa menjangkau masyarakat lebih luas. Semoga makin maju dan sukses ke depannya.
    Btw pantunnya mantul! Mpo pinter juga bikin pantun :D

    ReplyDelete
  7. Setuju, lewat e-commerce bisa menjangkau pasar lebih luas ya..Apalagi hasil karya UMKM NTT Flobamora ini kan cakep-cakep..bisa deh siapa saja baik di Indonesia maupun Mancanegara membeli tanpa harus langsung mengunjungi tempatnya

    ReplyDelete
  8. Karya UMKM NTT bagus-bagus ya... semoga dengan adanya aplikasi ini, para pelaku UMKM makin semangat berkarya dan usahanya sukses.

    ReplyDelete
  9. Dapat info menarik ini dari Mpo bahwa Produk UMKM NTT Flobamora bisa diperoleh dengan mudah di berbagai e-commerce. Promosi yang bagus sekali dan semoag bisa meningkatkan pendapatan UMKM NTT Flobamora yaa.. Karena pembeli bisa dari mana saja, termasuk luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, siapa saja bisa menemukan produk buatan masyarakat NTT melalui web ataupun aplikasi yang khusus diluncurkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat ya.

      Delete
  10. Aku kemarin juga sempat ikutan webinar puncak digital festival Flobamora ini mpo
    Kagum dengan beragam prpduk produk NTT
    mulai dari kuliner, fesyen hingga kerajinan

    ReplyDelete
  11. Aplikasinya keren banget ya mam. Bisnis pariwisata memang butuh yang seperti ini agar tetap hidup walau di masa pandemi. Produk NTT bakal makin mendunia nih.

    ReplyDelete
  12. mantap ini ya mpok, event Flobamora ini mengangkat UMKM NTT menjadi berdaya. InsyaAllah semoga NTT akan lebih maju setelah ini dan sejahtera rakyatnya.

    ReplyDelete
  13. Salut dengan digital festival Flobamora yang diluncurkan oleh Kemenkominfo ini. Melalui pameran virtual ini UMKM di NTT pastinya akan bisa naik kelas dan dikenal oleh dunia luas, ya...

    ReplyDelete
  14. Wow ada 1000 produk yang sudah di-upload di website kilau digital FLOBAMORA? Bakalan bingung dah mau beli yang mana. Dan iya beneran kalau lihat di website gambarnya cakep-cakep banget ya, Mpok. Kalau kata anak zaman now "real pict". Asyiknya lagi pembayarannya sudah bisa pakai e-wallet. Cuss ngisi Gopay dulu.

    ReplyDelete
  15. IKutan bangga jika produk dari NTT bisa menenbus pasar internasional. Aku paling suka dengan kain tenunnya yang kaya akan motif dan kaulitasnya pun tak diragukan lagi. Dukung selalu produk dalam negeri go internasional.. :)

    ReplyDelete
  16. Eventnya menarik banget, Mak. Saya udah buka situs virtual event kilau digital permata Flobamora. Keren banget, kek mengunjungi event pameran beneran. Ternyata nggak cuma produk seni ya, bahkan bisa lihat dan beli produk makanan khas Flobamora. Jadi naksir sama produk kopi Kelimutu nih.

    ReplyDelete
  17. Mpo, jadi ini kita bs virtual tour sambil sekalian beli gitu ya? Kok asyik banget sih. Selalu kagum aku sama produk wastra dari NTT tuh. Unik dan etnik. Kalau beli di e-commerce gitu ongkirnya ada subsidi nggak? lan pengiriman dari sana lumayan mahal ya

    ReplyDelete
  18. Keren banget ternyata produk tenun NTT . Semoga semakin banyak dikenal masyarakat dan dunia

    ReplyDelete
  19. Sudah ada fasilitas untuk memasarkan produk UKM gini khususnya dr NTT menurutku ini solusi sih, krn selama ini kan org belinya dr pameran gitu ya.

    ReplyDelete
  20. Aku senang nonton ini karena aku jadi banyak tahu budaya NTT yang dari dulu kuketahui hanya dari buku
    Lihat Ti'i Langga jadi pengen punya juga dengan niat majukan UMKMnya

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya pemanfaatan teknologi yang tepat bisa meningkatkan UMKM NTT. Karena NTT tuh punya potensi besar yang bisa dijadikan sumber pendapatan warganya.

    ReplyDelete
  22. Sudah saatnya naik kelas nih UMKM yang ada di NTT ya. Sekarang transaksi bisa dilakukan secara online, jadi orang makin mudah mendapatkan produk-produk kece buatan masyarakat NTT.

    ReplyDelete
  23. Keren nih, dengan adanya program kilau digital ini roduk UMKM dari Nusa Tenggara bisa semakin dilirik oleh konsumen seluruh Indonesia ya Mpooo

    ReplyDelete
  24. Suka dengan tenun khas NTT. Motif dan warnanya juga bagus-bagus. Moga pengrajin Indonesia bisa naik kelas juga perekonomiannya

    ReplyDelete
  25. Moga pandemi ini cepat berlalu ya. Bicara soal kerajinan tangan, biasanya ibu yang buatin. Saya suka produknya NTT terutama kainnya

    ReplyDelete
  26. Ikut banggaaa.... Tapi memang keren sih kain tenunnya. Semoga UMKM lain juga segera naik kelas begini ya. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin kalau naik kelas biar ekonomi masyarakat setempat makin sejahtera

      Delete
  27. Wah kilau Digital Flobamora ini bener-bener menjawab tantangan zaman ya. UMKM go internasional menjadi nyata. Ternyata kalau berkualitas, produk Indonesia itu bisa eksis di mancanegara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kualitas menentukan harga dan pasar yang lebih luas lagi

      Delete
  28. Menarik sekali acaranya. Kebayang seru banget lihat pameran UMKM khas NTT. Selalu terpesona sama produk produk NTT, apalagi untuk kain tenun ya.. Motifnya khas banget, cantik cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mba Mira apalagi kain tenun pakai pewarna alami

      Delete
  29. Wiwin | pratiwanggini.net27 June 2021 at 18:10

    Nahhh gitu dong, kalo UMKM disupport untuk go digital, tentu produk-produknya akan banyak dikenal dan makin laku. Sesimpel sekarang bisa beli produk NTT lewat website saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar tanpa harus jauh-jauh pergi kesana

      Delete
  30. Bersyukur banget bisa ikutan acara ini juga.. Bisa lihat produk NTT yang keren..Semoga aja bisa kesana buat liat langsung istimewanya NTT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba Diane bisa membeli langsung produk umkm flobamora

      Delete
  31. Masyaallah sampai pasar luar negeri juga ya mba. Memang kalau sudah go digital dipastikan bisa ke mancanegara segala. Semoga makin sukses umkm flobamora

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya mba Dian

      Delete