Satu cerita berjuta cinta

Cuaca Jakarta Panas, ini yang harus kamu lakukan untuk melindungi tubuh mu

Panas, ya allah, itulah teriakan suara netcitizen di status facebook. Cuaca panas ini juga di rasakan di berbagai daerah di indonesia, termasuk warga Jakarta. 

Cuaca panas juga menjadi perbincangan beberapa group WhatApp, mereka membicarakan peristiwa yang mereka alami yang membuat baju mereka menjadi basah keringat. 

Khususnya cuaca di Jakarta yang panas di sekitar suhu 32 derajat selsius. Suhu ekstrim seperti ini pastinya akan berpengaruh kesehatan sehingga kita harus melakukan perubahan diri kita agar tidak jatuh sakit. 


Dampak cuaca panas bagi tubuh. 

Cuaca panas di Jakarta berdampak pada kesehatan kita. Pastinya kita akan merasakan baju yang cepat basah karena keringat terus membanjiri tubuh ini. 

Selain itupula kita juga mengalami dehidrasi. Oh ya bagi teman-teman yang mengalami tenggorakan kering.  diharapkan teman-teman mewaspadai hal ini karena teman-teman sudah mengalami dehridarasi ringan. 

Dehidrasi bukan hanya sekedar kekurangan air akan tetapi dampak dehidrasi juga berpengaruh pada konsentrasi yang berkurang. 

Dampak lain dari cuaca panas adalah heat stroke yang merupakan kegagalan tubuh untuk melakukan pendinginan baik dengan cara berkeringat. Heat stroke bisa mengakibatkan kematian.  


Solusi agar tubuh mu terlindungi cuaca panas.

Mpo mau berbagi pengalaman dalam menghadapi cuaca panas seperti ini yaitu. 

1. Buah-buahan. 
Mpo memperbanyak makan buah-buahan yang mengandung air. Sebut saja semangka, melon, nanas, jeruk.
Banyak makan buah saat cuaca panas

Biasanya mpo makan buah tersebut dalam kondisi dingin atau teman-teman bisa minum buah yang sudah di blender. 

2. Memakai pakaian yang ringan dan berbahan katun. 
Pemilihan pakaian yang akan kita kenakan juga harus di perhatikan. Mpo biasanya menggunakan kaos ataupun baju berbahan katun. 

Pakaian tersebut menyerap keringat sehingga kita tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. 

3. Payung dan topi. 
Payung dan topi merupakan dua benda yang wajib di bawa ketika udara sedang panas. Oh ya untuk pemilihan topi, Mpo menyarankan untuk pilih topi yang tertutup di semua bagian topi. 

4. Minum air putih.  
Jangan sampai kita mengalami dehidrasi oleh karena itu harus memperbanyak minum air putih sebanyak 2 liter perhari. 

Kita juga jangan lupa membawa tumbler yang berisikan air minum di saat kita sedang melakukan perjalan jauh. 

5. Sering mandi.
Mandi lebih sering saat cuaca panas
Mandi
 
Salah satu menjaga kondisi tubuh tetap normal adalah mandi. Mpo jadi sering mandi akibat cuaca panas. 

Bayangkan Mpo mandi sampai 4 kali sehari mulai mandi pagi lalu Mpo mandi sebelum berangkat ke event. Setelah pulang dari acara, mpo mandi lagi dan terakhir mandi di sore hari. 

6. Memakai pelembab kulit.
Cuaca panas bikin kadar air dalam kulit berkurang oleh karena itu kita memerlukan mostrurizer .
Manfaat Mousturizer di pakai saat cuaca panas
Pelembab
7. Hindari keluar ruangan pada jam 10 pagi hingga 4 sore.  
Jika memang kita harus keluar rumah maka kita harus melindungi diri kita dengan memakai topi atau payung. 

Nah itu salah satu cara Mpo melindungi tubuh ini dari cuaca panas yang melanda Jakarta.
Lindungi tubuh dari cuaca panas
Cuaca panas
di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun. 

Ada air kelapa, ada es goyoobod. 
Jaga tubuh supaya tidak apa apa, cuaca panas lindungi tubuh biar kembali mood.
Share:

3 comments:

  1. Bener banget mpo, akhir2 ini jakarta & sekitarnya panasnya edan ya, aku kalau cari makan siang keluar kantor aja pake payung trs, bener2 bikin pusing panasnya

    ReplyDelete
  2. Nambahin satu mba, jangan lupa sunblock. Mataharinya ngengat bgt

    ReplyDelete
  3. Cuaca panas juga terjadi di kotaku Surabaya, Mpok.... Bener banget ini artikel. Aku minum air putih sampai bergelas-gelas demi enggak dehidrasi. Terus jadi ngidam es buaaaah! Buat seger-seger. Ide sering mandi ini boleh juga. Soalnya jam 11 an udah keringatan banyak. Padahal aktivitas di dalam rumah. Gimana yang di luar rumah ya?

    ReplyDelete

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *