Membangun Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Nestle 7 days Whole Grain Challenge

Sarapan pagi memang harus menjadi kebiasaan di setiap keluarga.

Sejak kecil Mpo di biasakan untuk sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Kebetulan alm Mama suka memasak menu sarapan pagi. 

Nasi goreng, Telor dadar, bakwan goreng, ketan urap dan nasi uduk merupakan menu sarapan pagi Mpo. 

sewaktu Mpo masih kecil tidak mengenal yang nama whole grain sebagai menu sarapan. 

Mengenal Whole Grain sebagai menu sarapan pagi yang kaya manfaat. 


Whole Grain adalah biji bijian utuh tanpa melalui proses penggilingan. beragam jenis yang bisa kita temui yaitu bekatul, ketan hitam yang tidak di sostro, beras merah, jagung, barley, sorgum, jagung, beras coklat, oat. Hal itulah yang dijelaskan oleh Prof Ali selaku ahli gizi dari ITB dalam rangka peluncuran Nestle 7 days Whole Grain Challenge di resto Three Buns pada tanggal 28 Maret yang lalu.

Selain whole grain kita juga harus mengenal refined Grain yaitu biji bijian yang telah mengalami proses penggilingan sehingga membuang kulit dan lembaganya sehingga yang tertinggal cuma karbohidrat dan sedikit protein.

Indonesia tingkat konsumsi whole grain masih tergolong kecil yaitu sekitar 10 gram perhari padahal kebutuhan serat 20 gram sehari. Angka tersebut sangatlah jauh bila dibandingkan negara Denmark yang tingkat konsumsi whole grain sekitar 50 grm sehari. 

Nampaknya kita harus belajar sama warga Gorontalo yang sudah membiasakan diri untuk makan sarapan whole grain sebagai menu sarapan. 

Whole grain mempunyai kaya manfaat yang sangat baik bagi tubuh diantara sebagai sumber serat yang paling banyak. sebagai contoh dalam 1/2 cup beras coklat mengandung 55 gram serat sedangkan beras putih yang mempunyai takaran yang sama hanya mengandung 2 gram saja.

Whole Grain yang kaya akan serat dan antioksidan akan membantu kita dalam melancarkan BAB, membuat badan jadi lebih slim, mencegah penyakit kronis seperti jantung dan kanker usus.


Nestle 7 days Whole Grain challenge itu menyenangkan. 


Nestle 7 days Whole Grain Challenge merupakan Komitmen Nestle sebagai produk yang menyediakan Nestle breakfast cereal dengan target 50 juta anak sehat dan bahagia, hal ini di ungkapkan oleh Ali Saaban selaku Business Executive Officer Cereal Partner World Wide Indonesia. 

Nestle telah memproduksi produk cereal diantara Coco Krunch, Milo Balls, Honey Star dan Corn Flakes.

Dengan produk tersebut diharapakan bisa membangun kebiasaan sarapan dengan mulai menyukai sarapan.

Mpo sebagi pekerja freelance yang terkadang harus menghadiri event keluar kota di pagi hari sehingga sehabis sholat subuh sudah berada di keluar dari rumah. 

Mpo selalu membuat menu sarapan, menu makan siang dan cemilan buat papa dan adik sebelum pergi ke event. Sebagai contoh Mpo membuat jagung rebus buat sarapan, sayur sop ditambah balado kentang dan cumi asin sebagai menu makan siang dan juga cemilan puding. 

Membuat menu sarapan memang tidaklah mudah sehingga memerlukan waktu dan proses persiapan yang panjang, hal inilah yang menjadi problem masih banyak orang malas untuk membuat sarapan.

untuk itulah chef chbey mengajarkan bahwa membuat sarapan itu mudah dan menggugah selera makan dengan membuat sweet kokoda bahan bahan sebagai berikut

untuk cara membuatnya sangat mudah cuma memasukan Koko krunch dengan alpukat dan madu lalu masukan santan dan bahan lainnya.

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 

Ada Whole grain,ada susu.
Sarapan pagi harus jadi tren,biar tidak lesu.     

26 comments

  1. Biar gak nahan lapar lagi ya mbk jarang aku tuh sarapan. Ternyata kalau tidak sarapan pagi bikin lambung sakit yah yuk ah rutin sarapan pagi

    ReplyDelete
  2. Sejak masa sekolah sampai sekarang, saya suka tuh sarapan dengan Honey Star atau koko crunch. Sarapan praktis dan bergizi. Bisa juga nih kayaknya buat sahur kalau pas malas masak

    ReplyDelete
  3. Koko Kruch sama milo ceralnya mah nggak cuma buat sarapan ya, buat cemilan juga kalau saya Mpooook.... Hihihi.... Ini mah doyan yak....

    ReplyDelete
  4. Tipe sarapan dengan isian whole grain gini emang tidak familier ya untuk orang jaman dulu :)) paling enak ya pecel dan bakwan hahahaa...

    Tapi kalau sarapan terlalu berat gitu emang kesian pencernaanya. Lebih bagus sarapan menggunakan whole grain yang tinggi serat. Jadi saluran pencernaan kita tidak bekerja berat saat mengolahnya di pagi hari.

    ReplyDelete
  5. kalau aku sarapan buah..selang agak lama baru mulai piker mau makan apa. Kalau anak-anak aku Sukanya sereal atau roti

    ReplyDelete
  6. Waah sarapan sehat. Anak saya juga suka Coco Crunch. 😋 Itu ditambah alpukat pasti uenak banget. Mauuu

    ReplyDelete
  7. Mantap tuh mpok sarapan memang sangat penting untuk energi kita yaa

    ReplyDelete
  8. ah iya ini! penting banget sarapan.. harus dijadikan habit. kadang buru-buru jadi males makan xD aku juga stok di rumah koko cruch, corn flakes dan milo. lumayan kan, sarapan bisa lebih praktis dan singkat, hihi..

    ReplyDelete
  9. Resepnya enak banget tuh paduan bahan2nya. Ntar abis makan trus kelapanya bisa dicuci buat diolah lagi ya hehhehe...

    ReplyDelete
  10. Kalau dulu aku sangat dipaksan untuk sarapan, Mbak. Jadi, pas kecilkalau nggak mau sarapan ya nggak dapat uang saku. Tapi, kalau zaman now, anakku digituin, yang ada malah nggak makan beneran. Hahahahahaha.

    Sebagai orangtua memang kudu pinter-pinter mutar otak ya. Cari alternatif sarapan yang mudah, enak, dan kandungannya top banget.

    ReplyDelete
  11. Aku juga di rumah sarapan tuh sesuatu yg wajib, bagus nih ada challenge kayak gini suka bingung jg menu sarapan sehat yg kreatif apalahi praktis bs jd inspirasi

    ReplyDelete
  12. Si mpok rajin banget bikin varian makanan sarapan. Keluarga pasti happy banget ini. Aku jadi pengen nyobain sarapan kreatif :)

    ReplyDelete
  13. Saya dari kecil udah dibiasakan sarapan sama Ibu, terbawa sampai sekarang. Kalau dulu paling sering lauknya telur ceplok atau dadar ya hehe. Untunglah sekarang semakin banyak varian buat sarapan.

    ReplyDelete
  14. Wah ngiler lihat sweat cocodanya, kalau aku bisa dimakan kapan aja tuh gak cuma sarapan hihihi.
    Memang kebiasaan sarapan yang baik harus diajarkan ke anak-anak sedini mungkin supaya terbiasa

    ReplyDelete
  15. Kami terbiasa sarapan di rumah. Pagi2 udah penuh meja makan buat sarapan. Maklum anaknya banyak mpok

    ReplyDelete
  16. Sarapan pagi tuh penting banget emang ya. Buatku terutama sih biar nggak lemes beraktifitas

    ReplyDelete
  17. Sarapan pagi tuh penting banget emang ya. Buatku terutama sih biar nggak lemes beraktifitas

    ReplyDelete
  18. waah ini challenge yg asyik banget, anakku pasti happy kalau dikasih challenge begini, mereka tu ngga pernah bosan dikasih sarapan produk2nya nestle kaya kokokurnch dan milo

    ReplyDelete
  19. Milo + coco krunch itu menurutku pas banget untuk sarapan, praktis, enak dan tentunya bergizi :)

    ReplyDelete
  20. Liat menu sarapan Mpo aku jadi seketika pengen beli juga ini
    belum sarapan nih mpo, menjelang puasa senin kudu strong

    ReplyDelete
  21. Mpo...
    Alpukatnya cakep bangeett..
    Aku jadi pingin ikutan sarapan sehat bareng Nestle dan Mpo.

    ReplyDelete
  22. Huhuhu, ngomongin soal sarapan, aku nih sarapan gak sehat mulu. Gorengan dan kopi. Kepengen sih bisa sarapan sehat, demi tubuh sehat, kok susah ya :(

    ReplyDelete
  23. ANak2ku kyknya hampir tiap pagi tu makan koko krunch terutama kalau masakan pagi ibuknya belum siap hehe.
    Emang enak dan kami sellau setock di rumah. Begitu juga dengan minuman Milo :D

    ReplyDelete
  24. Sereal sarapan Nestle menjadi kesukaan kami, Mpo. Apalagi SID tuh yaa sampai malam pun suka banget sama Koko Krunch.

    ReplyDelete
  25. Dulu saya nggak percaya kalau sarapan whole grain bisa kenyang lama, eh pas dicoba ternyata kenyangnya lama dan lebih sehat juga ya

    ReplyDelete
  26. Akuu donk dan keluarga wajib sarapan, kalo ga nasi emang nyetok nestle kesukaan si kaka.

    ReplyDelete