Wedding Batak Exhibition Pertama di Jakarta

Pernikahan adat memang perlu perhatian khusus. Bayangkan saja ada 13 acara adat yang harus dilalui sama pengantin sebelum mereka menikah. 

hem kebayang dong betapa reportnya datang satu persatu vendor yang akan membantu kita dalam melaksanakan pernikahan batak. 

Apalagi kalau ada 110 vendor pernikahan adat batak, coba pikir deh pakai logika, Berapa waktu yang terbuang?. Berapa bensin untuk.mendatangi setiap vendor, hem apalagi kalau terjebak macet. 

hem sudah terbayang capek, lelah dan stress siap melanda calon pengantin. 

Coba deh ingat, saat artis jesica milla menikah pada tanggal 5 mei 2023 yang menikah dengan anak seorang pengacara Otto Hasibuan bernama Yacub Hasibuan. 

Hari itu, 5 Mei merupakan hari patah hati sedunia karena wanita idaman secantik Jessica mila telah menentukan tambatan hatinya dengan seorang pengacara. 
Jessica Mila Menikah
Sumber: tiktok Jessica Mila


Sebelum acara pernikahan, ada prosesi adat batak yang harus dijalani Jesicca mila di antaranya mangain, Marsuhip, Marsipanganon, Martonggo Raja. 

Bagi teman-teman online prosesi perkawinan adat batak terasa asing ditelinga.

Untuk itulah Mpo akan jelaskan satu persatu. 

  • Mangaririt 
Sebuah tahapan memilih seorang anak gadis yang akan di jadikan istri sesuai kriteria laki-laki atau keluarganya. 

  • Mangalehon 
Tanda Mangalehon tanda ini mirip kaya tunangan dimana pihak laki-laki memberikan tanda keseriusan hubungan ke jenjang pernikahan dengan memberikan calon istrinya sebuah tanda yang bisa berupa cincin bagi perempuan sedangkan laki-laki diberikan sarung. 

  • Marsuhip 
Adat marsuhip sama dengan lamaran dimana keluarga besar laki-laki datang dengan membawa buah tangan dengan maksud tujuan kedatangan pihak laki-laki adalah melamar dan merencanakan proses pernikahan. 

  • Marhata sinamot 
Proses adat marhata sinamot merupakan proses membicarakan mas kawin yang akan diberikan oleh pihak laki-laki seperti berapa sinamot yang akan diberikan pihak laki-laki, berapa ulos yang akan diberikan, hewan apa yang disembelih, berapa undangan yang akan beredar? 

  • Martumpol 
Dimana kedua calon pengantin dihadapkan pengurus gereja yang di ikat dalam janji untuk melangsungkan pernikahan. 

  •  Martonggo Raja 
Keluarga besar kedua pengantin membahas tugas di hari perkawinan. 

  •  Manjalo pasu-pasu. 
Pemberkatan kedua pengantin di gereja yang dipimpin oleh pendeta. 

  •  Alaon unjuk 
Pemberkatan dilakukan di gereja, kedua calon pengantin juga harus melakukan pemberkatan semua anggota keluarga terutama orang tua. 

  • Dialap jual 
Dialap jual artinya pesta perkawinan yang dilakukan di tempat pengantin perempuan maka diadakan acara mengantarkan perempuan ke tempat laki-laki. 

  • Ditaruhon Jual 
Jika pesta di selenggarakan di tempat pengantin laki-laki maka pengantin perempuan akan pulang ke rumah orangtuanya dan nantinya akan diantarkan oleh namboru. 

  • Pualak une. 
Setelah menikah pengantin wanita berkunjung ke berkunjung ke rumah ke rumah keluarga besar pengantin pria lalu sebaiknya. 

  • Manjae 
Proses pisah rumah dan pendapatan setelah lama menjalani perkawinan. Jika laki-laki tersebut anak bungsu akan mewarisi rumah orangtuanya.

  • Maningkir Tangga
Prosesi acara balasan pihak perempuan dari pihak pengantin perempuan atas kunjungan pihak laki-laki. 

Melihat banyaknya prosesi adat batak maka kita boleh asal-asalan mempersiapkan acara yang boleh dibilang sakral. 

Ada lima budaya batak yaitu batak pak pak, batak toba, batak simalungun, batak Mandailing, batak karo. 

Mengenal Sejarah Suku Batak


kalau kita flash back tentang sejarah suku batak, ternyata  nenek moyang berasal dari kelompok proto melayu atau melayu tua yang berasal dari asia selatan.

lalu berimigrasi ke indonesia melalui pulau sumatra di semenanjung malaya. Mereka menginap di sekitar danau toba lalu membuat pemukiman di sinanjur mula mula. 

Mengenal Wedding Batak Exhibition


Masih ingat dalam kenangan ketika pagi hari, dimana keluarga pengantin wanita bersiap siap menerima kedatangan keluarga besar pengantin pria. 

Tiba-tiba datang seorang pemuda yang membisikan di telinga "Bu, buku tamu taruh di mana? tanya seorang pria muda. "ya ampun, aku lupa membelinya, tolong beli di toko buku, nih uangnya ujar wanita setengah tua yang tampak anggun saat memakai kebaya.

Peristiwa tersebut jadi pelajaran kita semua bahwa disaat perkawinan tidak boleh ada yang tertinggal untuk di beli  maka solusinya adalah datang ke batak wedding exhibition yang menghadirkan lebih dari 110 vendor . 
Talkshow

Mpo beruntung bisa mengenal adat Batak khususnya pernikahan adat Batak  di live Instagram . Tema podcast ke 5 wedding batak exhibition 2024 helaparumaen x chathaulos adalah calon haruparumaen no ditodo damang dainang pada tanggal 24 April yang menghadirkan narasumber Hongkia Doni silalahi dan Martha sebagai MC

Hongkia doni silalahi merupakan pemilik akun instagram helaparumaen yang followernya sampai 65k. 

Besarnya follower bukan hanya karena hasil usaha kami akan tetapi banyak calon pengantin yang suka dengan konten yang kami buat mengenai pernikahan adat batak. 

"Banyak orang yang menyangka bahwa helaparumean berasal dari medan, anggapan itu salah. akun tersebut di kelola di jakarta . berawal dari sering bikin konten pernikahan batak akhirnya banyak calon pengantin yang mencari souvernir ke kami,  akhirnya saya dan istri berpikir inilah peluang dan saya mulai usaha dengan souvernir pernikahan dengan menjadi reseller souvernir, tempat kami membelinya buat pernikahan kami dahulu. lalu usaha kami terus berkembang menjadi penjualan ulos, studio foto, rumah makan, kami juga membuka toko offline di medan hingga kami menjadi penyelenggara wedding batak exhibition "ujar Doni 
Wedding Batak exhibition

Wedding batak exhibition merupakan wadah para vendor pernikahan batak yang pertama di jakarta dengan jumlah 110 vendor yang siap meramaikan acara tersebut. vendor meliputi
  • Tempat pernikahan 
  • Wedding organizer 
  • Make up artist 
  • Kebaya, bridal, suit. 
  • Dekorasi Fotografer, videografer. 
  • Music dan entertainment. 
  • Pengrajin souvernir 
  • Percetakan undangan 
  • Wedding car 
  • Perhiasan Perbankan 
  • Travel agency 
  • Produk make up 
  • Sepatu 
  • Property 
  • Songket dan ulos

Wedding Batak Exhibition tidak hanya menghadirkan vendor dalam persiapan pernikahan akan tetapi juga setelah pernikahan seperti memilih tempat tinggal setelah menikah dan investasi yang cocok setelah menikah  nanti.

Untuk datang ke acara wedding batak exhibition kita hanya membayar 25.000 sebagai harga tiket masuk. Wedding batak exhibition akan di selenggarakan di SMESCO pada tanggal 7-8 September 2024. 

di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun 
Menari tor tor pakai kain ulos. 
Persiapan nikah jangan sampai molor, datang ke wedding batak exhibition lebih jos

26 comments

  1. jadi paham.serba serbi adat Batak ya.
    bu Martha memang luar biasaaa

    beliau juga membesut usaha kain ulos batak. buka di Surabaya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar ibu Marta buka outlet di Surabaya biar makin banyak orang cinta sama kain ulos

      Delete
  2. Saya belum pernah datang ke pernikahan batak. Pengen juga sesekali melihat langsung. Karena katanya acara adatnya panjang. Tapi, pasti menarik banget, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapkan waktu buat lihat pernikahan adat Batak .terima kasih Keke sudah main main kesini.

      Delete
  3. Ngomongin wedding Batak kok aku keingetan sama seriesnya Marshanda sama Tika Panggabean ya? Hehe

    Keren ya kalau ada expo gini menjembatani vendor dengan customer. Dan pastinya bisa nambah ilmu baru dan koneksi juga bagi peserta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar tempat kumpul mengenal buat budaya Batak.

      Delete
  4. Saya tu punya banyak teman batak, tapi beum pernah sekalipun menghadiri pernikahan mereka karena tinggalnya jauh-jauh. Padahal penasaran pengen ikut tradisinya. Seorang temen cewek sampai ngeluh karena lelaaaah sekali dengan semua prosesi hehehe. Btw saya juga penasaran dengan prosesi nikah adat batak mandailing yang banyakan muslim, kira-kira acara adatnya akan seperti apa, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa lihat pernikahan adat batak

      Delete
  5. Cocok banget nih untuk teman - teman yang mau nikah terutama menggunakan adat batak. Jadi, bisa punya referensi untuk persiapan pernikahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar biar persiapan pernikahan jadi matang.

      Delete
  6. Uniq dan menarik yaa Weding Batak Exhibition, ternya vendornya pun banyak ya sampai 110. Jadi lebih paham nih, ternyata sangat mendetail dan lebih spesifik banget. Pastinya seru dan menambah wawasan terkait adat pernikahan Batak.
    Keren nih mpo jago bikin pantun.

    ReplyDelete
  7. orang batak itu kental banget budaya nikahannya. pernah baca bukunya, jadi banyak banget aturan dan ritualnya. pas nih pasangan batak yang pingin nikah bisa ikutan wedding exponya.

    ReplyDelete
  8. Jadi nambah pengetahuan ya kalau ke Wedding Batak Exhibition. Aku lihat pernikahan Batak di drama tuh kayanya ribet banget bahkan dari calonnya. Kudu ini, harus itu. Kebanyakan kaya lagi

    ReplyDelete
  9. Jadi penasaran sama Mpo, apakah Mpo ini ada keturunan Batak juga? Aku pikir Mpo ini asli Betawi lho..

    ReplyDelete
  10. Sepertinya suku Batak adalah suku di Indonesia yang paling kompleks, yaa.. Adat budayanya masih kental dijaga, ini luar biasa.

    Aku kebetulan suka nonton podcast Agak Laen. Di situ Boris Bokir, Oki, Bene, sama Indra Jegel aja kadang masih suka bingung dengan cara memanggil saudaranya. Apalagi ketika menjalani pernikahan yang beraneka ragam adatnya. Aduh, aku kalo jadi orang Batak, mending dipasrahkan ke vendor dan WO aja lah .. wkwkw..

    ReplyDelete
  11. Wah menarik banget nih main2 ke Wedding batak Exhibition, jadi lebih tau prosesi adat batak klo melangsungkan pernikahan ya Mpok. Btw aku pernah datang langsung ke acara nikahan temen yang emang orang batak, huhuu seruuu banget, jadi oh..oh..oh banyak ohnya. Spechless dengan budaya yang ada di Indo.

    ReplyDelete
  12. Bagi calon penganten yang akan melaksanakan pernikahan adat Batak, menurutku wajib banget datang ke wedding expo ini. Bulan September kan jadinya masih ada waktu untuk mempersiapkan

    ReplyDelete
  13. Acara resepsi orang Batak tuh seru loh, karena kebetulan sepupuku ada yang menikah dengan orang Batak. Akhirnya aku juga bisa tau prosesi acara adat Batak.

    ReplyDelete
  14. Keren banget Mpo bisa ikut acara ini
    Jadi nambah wawasan dan saya ikut nyerap ilmunya
    Ternyata banyak juga ya tahapan prosesi budaya Batak saat mau menikah itu

    ReplyDelete
  15. Iya mpo aku pas jessica mila aja itu ngikutin adat Batak ternyata banyak banget yaa lebih dari adat Sunda dan Jawa......kalau sering2 nih live instagram jadi lebih tau budaya dan adat batas pas wedding

    ReplyDelete
  16. Saya baru tau ternyata prosesi adat pernikahan Batak itu banyak juga tahapannya ya. Menarik untuk dinikmati proses adatnya. Kirain pernikahan Jawa aja yang banyak adatnya, ternyata adat pernikahan Batak lebih banyak.

    ReplyDelete
  17. Selalu penasaran dengan adat pernikahan. Untuk Batak sendiri saya sudah pernah menghadri hanya saja tidak sampai mengikuti seluruh rangkaian acara. Itu pun sudah cukup panjang dan makan waktu. Next pengin nyoba lihat di exhibition aja, biar tahu lengkapnya kayak gimana

    ReplyDelete
  18. Semakin berkembangnya orang batak memang makin banyak yg membutuhkan bantuan utk pernikahannya. Dengan bikin exhibisi ini malah enak jadi ngumpul semua dalam satu acara

    ReplyDelete
  19. Dulu pas mamah masih suka ngerias pengantin, pernah dapet pengantin batak, banyak sekali adatnya, keren ya.

    ReplyDelete
  20. Wah jadi tahu prosesi pernikahan adat batak, pernikahan ini memang sakral dan jika mampu, menurut saya srbuah kebahagiaan tersendiri berbagi kebahagiaan dengan mengadakan pesta pernikahan

    ReplyDelete
  21. Banyak juga ya vendor batak wedding di jakarta... Dengan adanya exhibition ini jadi memudahkan banget untuk para calon pemgantin batak...

    ReplyDelete