Siskamling Menjelang Pemilu

 

Siskamling merupakan topik yang hangat dibicarakan sama kaum adam di wilayah rumah Mpok.  Siskamling singkatan sistem keamanan keliling.

Siskamling ini merupakan bagian cara dari mensukseskan pemilu yang berlangsung 14 februari nanti. diharapkan dengan adanya siskamling maka wilayah tempat Mpok aman dan kondusif menjelang pemilu. 

Seperti yang kita ketahui bahwa 14 februari 2024, kita akan pergi ke tempat pemungutan suara karena Pemilu di tahun ini sangat beda. 

Dalam satu hari kita memilih presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota.

Boleh dibilang siskamling adalah agenda rutin tiap 5 tahun sekali. Masih ingat jelas dalam ingatan Mpok, 5 tahun yang lalu saat mama bikin makanan rebusan buat papa saat jaga siskamling. 

Masih banyak orang yang beranggapan ngapain sih adain siskamling? emang gak capek pulang kerja, eh malamnya harus siskamling lagi. pertanyaan pertanyaan seperti ini memang perlu penjelasan agar warga mengerti dan mau melaksanakan siskamling. 

Petugas yang melaksanakan siskamling adalah kepala keluarga yang mendapatkan girian dua kali dalam kurun waktu dua minggu. Setiap minggunya satu kepala keluarga mendapat jatah bertugas cuma seminggu sekali mulai berlaku 1 februari hingga 13 februari 2024
Siskamling


Bagi warga yang kepala keluarganya perempuan seperti Mpok yang menjadi  kepala keluarga setelah papa dan mama meninggal dunia. karena Mpok perempuan maka jadwal siskamling dialihkan ke adik laki-laki. 

Bagi kepala keluarga yang tidak ikutan siskamling dengan alasan tertentu misalnya sakit maka bisa di gantikan dengan warga lain yang bersedia menggantikannya. 

Untuk menjaga kawasan rumah menjelang pemilu di harapkan para petugas hendaknya mempunyai stamina yang bagus agar bisa menjalani tugas siskamling ditambah lagi  kalau di pagi hari harus bekerja kantoran,  hem stamina meski extra double sehat. 

Untuk itulah di perlukan persiapan yang matang sebelum siskamling diantaranya 
A. Tidur sebelum ronda. 
Bagi sebagian orang menganggap remeh untuk tidak tidur sebelum ronda. Padahal disaat kita tidur dahulu sebelum ronda bisa membuat kita lebih fokus dalam menjalankan kegiatan siskamling. 

Oh ya jangan lup pasang alarm sebelum tidur agar tidak kebablasan tidurnya, wkkkk. 

B. Memakai jaket 
Udara di malam hari dingin ditambah lagi cuaca sekarang dimana air hujan sering membasahi bumi. untuk itulah kita memerlukan jaket tebal untuk melindungi badan kita di malam hari. 

C. Membawa peralatan siskamling.
Jangan lupa ya saat bertugas membawa peralatan siskamling seperti senter dan pentongan. 

D. Obat nyamuk lotion 
Saat siskamling nyamuk akan menghampiri kita sepanjang malam. hak ini akan menggangu kenyamanan kita dalam menjalani tugas. untuk itulah diperlukan obat nyamuk lotion yang kita oleskan di seluruh tubuh kecuali muka. 

D. Baterai HP full 
Hp sangat penting di jaman sekarang terutama saat siskamling. hp bisa digunakan untuk mendengarkan Spotify hingga kordinasi lapangan dengan petugas ronda lainnya. 

E. makanan dan minuman hangat 
Saat siskamling usahakan perut tidak kosong agar menghindari kita terkena penyakit masuk angin. Untuk itulah diperlukan makanan dan minuman hangat, hal ini bisa jadi solusi agar stamina selama menjaga keamanan bisa di laksanakan dengan baik . 

Kita bisa memilih menu seperti kopi jahe, ubi rebus, jagung rebus hingga kopi susu jahe.


di akhir cerita ini, Mpok mau berbalas pantun 
pemilu sebentar lagi, jaga keamanan lingkungan sekitar.    siskamling merupakan solusi, agar pemilu berjalan damai dan lancar.

No comments