Tips Memilih Pakan Burung Yang Baik

 

Adakah disini yang pernah memelihara burung? Kalau saya sendiri itu dulu waktu kecil papa memelihara burung kutilang yang dinamakan si Bejo. Inget banget, dulu Bejo dipelihara sejak kecil dan hingga besar. Bejo burung yang nurut banget meski dia jenis burung kutilang. Dulu setiap pagi dan sore gak pernah absen di mandikan dan di jemur. 
Kutilang Burung berkicau


Dulu juga papa memelihara beberapa burung juda dengan jenis lain. Selain sebagai hewan peliharaan, burung di rumah itu bisa pereda stress, setiap pagi kicauannya yang merdu membuat kami lebih semangat. Tak jarang selagi memandikan mereka kita sering ajak ngobrol burung-burung tersebut. 

Agar burung-burung peliharaan tetap sehat ada beberapa tips nih yang perlu diperhatikan yaitu kebersihan kandang dimana setiap 2 hari sekali itu harus dibersihkan kandang burung nya, mengganti air minum burung dimana harus setiap hari diganti air minumnya jangan lupa juga kebersihan tempat air minumnya diperhatikan, letak kandang burung nah untuk kandang burung jangan di taro langsung terkena sinar matahari langsung, pemilihan pakan burung yang baik, pada poin ini sangat penting dimana pemiilihan pakan itu harus sesuai jenis burung dan berikut tips memilih pakan burung yang baik.

Tips memilih pakan burung yang baik 
1. Pakan yang bebas dari bahan kimia. 
Untuk pakan burung sebaiknya pilih pakan yang alami ya dan bebas dari bahan kimia karena akan berpengaruh dengan kesehatan dan kualitas suaranya. 

2. Beli makanan khusus untuk burung tertentu.
Perlu diketahui kalau pakan burung itu sangat beragam jadi beli pakan sesuai jenis burung yang dimiliki. 

3. Beli pakan yang banyak mengandung serat.
Bagi pemilik burung harus perhatikan juga kesehatan burungnya terutama pencernaan, agar pencernaan burung sehat pilih pakan yang mengandung serta. 

4. Pilih pakan yang aman.
Sebagai pemilik hewan peliharaan apapun termasuk burung, kita haru pilih pakan peliharaan yang aman dan baik untuk peliharaan kita. Aman disini yaitu bisa dilihat dari bahan pakannya dan lainnya. 

Untuk pakan burung yang baik bisa pilih Makanan Burung Kicau Classic Anti-Stress dari CPPETINDO. 

Pakan burung



Berikut deskripsi Classic Anti Stress Bird Food adalah pakan yang tepat dengan nutrisi yang seimbang dan mampu untuk meningkatkan stamina serta kualitas kicauan burung Untuk burung jenis murai batu, kacer, cucak jenggot, cucak hijau, cucak rawa, anis merah, anis kembang, cender, jalak, jalak suren, dan beo. 

Komposisi: Jagung kuning, dedak beras, tepung kedelai, tepung ikan, tepung gluten jagung, vitamin dan mineral. 

Nilai gizi: Protein min.18%, lemak min.3%, serat max.4%, abu max.5%, kadar air max.11%, kalsium 0.80%-2.00%, fosfor min.0.50% Keunggulan produk: Mengandung asam amino, vitamin dan mineral untuk mencegah stress 

Berat bersih : 400gr 
Ukuran pellet : 3mm 
Warna : Kuning 
Kemasan : Pack 

Yups, buat kamu yang memelihara burung jenis murai batu, kacer, cucak jenggot, cucak hijau, cucak rawa, anis merah, anis kembang, cender, jalak, jalak suren, dan beo bisa coba Classic Anti Stress Bird ini ya. Dan sekian dulu Tips memilih pakan burung yang baik, buat kamu yang memelihara burung atau hewan apapun please banget perhatikan dalam memilih pakannya ya karena mempengaruhi keberlangsungan hidup mereka juga.

22 comments

  1. Dulu waktu masih SD kami piara burung perkutut banyak banget, 2 kandang gede gitu. Seneng liat mereka walaupun kesel kalau disuruh bersihin kandangnya haha. Dulu dikasih makan pelet aja dan sesekali serangga. Nah baru tahu ada Classic Anti-Stress dari CPPETINDO dengan nilai gizinya yang banyak banget.

    Sepupuku yang masih miara burung (kebanyakan murai) kayaknya harus dikasih tahu soal pakan classic ini. Eh apa jangan-jangan malah mereka udah pakai sejak lama ya? :)

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat sepupu yang hobi banget piara burung... Sering menang kontes lagi... Rumahnya tuh dah mirip kebun binatang lho... Bisa nih aku share ke dia... Semoga tertarik ya...

    ReplyDelete
  3. wah kalo soal pelihara burung, papaku nih mpo mesti kukasih tau tips ini, memang harus kasih pakan yang terbaik lah biar peliharaan kita sehat dan gacor

    ReplyDelete
  4. Waaa, aku baca tulisannya mpo jadi inget bapak-bapak di cluster yang hobi pelihara burung sampai punya grup sendiri namanya "kawan kicau". aku kira merawat burung itu mudah, tapi ternyata untuk ngasih pakan juga mesti pilih-pilih yang oke ya.

    ReplyDelete
  5. Nama burung si Bejo mengingatkan sama mas Karyo di sinetron Doel anak sekolahan Mpok, apapun burungnya yang penting suaranya gacor ya mpok

    ReplyDelete
  6. Wuih ada konten tentang pakan burung. Bagus banget nih Mpok Ratne karena bisa jadi rujukan buat yang hobi kicau mania tapi masih cari-cari referensi pakan yang bagus.

    ReplyDelete
  7. Saya mendadak ingat dulu tetangga sebelah rumah pernah punya burung beo. Pintar dan ceriwis banget. Bahkan cenderung berisik karena ngocehnya kenceng dan gak kira2. Gak mengenal waktu. Pagi, siang, sore, dan malam, terus ngoceh macem-macem. Mulai dari kata2 gak jelas sampe bisa memanggil nama2 semua anggota keluarga. Kata temen sih suka dikasih makan kroto. Yang katanya bisa bikin burung lancar diajarin ngomong. Gegara itu akhirnya saya dijuluki kroto karena sedari kecil bawelnya nauzubillah hahahaha.

    ReplyDelete
  8. Setuju, bener banget Mpok! dulu burung tetangga ada yang mati gara-gara isterinya salah kasih pakan.

    ReplyDelete
  9. memelihara burung tuh addict ya?
    Ada rasa happy yang menular ketika mendengar cericit burung kesayangan
    Saya tahu karena tetangga seberang rumah punya 2 ekor
    dan suaranya rame banget

    ReplyDelete
  10. Sama kaya kucing...
    saya sekedar suka tapi ngga hobi melihara
    Repot ngurusnya, hehee
    tapi selalu gemesss kalau lihat kucing, burung dan ikan.
    Abang ipar aku nih hobi banget miara burung. Boleh direkomendasiin pakan-nya

    ReplyDelete
  11. Adikku yang pernah memelihara burung. Aduh aku lupa nama burungnya apa. Tapi, dia bawa burung itu dari Papua. Duh, harusnya dia baca tips memilih pakan burung dulu ya. Karena kan beda lokasi jadinya tuh burung. Dan nggak lama katanya burung peliharaan dia mati.

    ReplyDelete
  12. Saya hanya sering melihat burung-burung dalam sangkar di penjualnya. Belum pernah pelihara burung karena takut gak telaten menyediakan pakan yang sesuai. Ternyata benar ya, memberikan pakan burung itu harus sesuai dengan jenis burung peliharaan.

    ReplyDelete
  13. Bapakku suka memelihara burung, mbak. Tapi bukan burung-burung yang disebut di atas. Jenis burungnya tuh kayak perkutut, puter, dsb. Jadi rumah khas dengan suara-suara burung seperti itu dan selalu terbawa saat aku meeting online haha.

    Aku nggak suka memelihara burung (dan binatang apapun karena takes so much effort). Paling ikan hias di akuarium.

    ReplyDelete
  14. Ga nyangka banget ternyata pelihara burung untuk memilih makanannya ada tipsnya juga. Saya ga begitu banyak tahu soal burung, tapi dengan membaca artikel ini setidaknya jadi tahu.

    ReplyDelete
  15. Suara burung bikin meredakan stres itu saya setuju banget. Mertua saya rela melepaskan sebagian lahannya untuk ditanami pohon salam, biar burung bebas memakan buahnya. Bener aja. Sekarang setiap hari kami bisa mendengarkan suara burung. Rasanya relax banget... supaya burung sehat dan suara bagus, emang harus terpilih pakan nya ya... Seperti classic singing bird ini

    ReplyDelete
  16. Di rumahku, bapak (alm) yang suka miara burung, Mpo. Sejauh yang bisa kuingat, sejak aku kecil selalu ada burung di rumah. Paling banyak waktu kami tinggal di Aceh. Bapak miara burung merpati, banyaaak banget. Ketika pindah ke kota lain, bapak juga miara burung lagi, cuma ganti jadi burung nuri, beo, dan parkit. Kalau soal milih pakannya, naaah itu bapak yang ngerti.

    ReplyDelete
  17. Jaman saya kecil dulu juga sering bantuin Bapak ngasih makan burung dan bersihin sangkarnya.
    Hihi... jaman sekarang pun burung bisa stress ya, dan kalau stress kicauannya jadi nggak merdu, atau malah nggak mau berkicau. Jadi untuk burung berkicau pun makanannya mesti khusus

    ReplyDelete
  18. Bersyukur aku walau gak pernah piara burung, tapi selalu punya tetangga yang piara burung, rajin mandiin pagi-pagi, pakannya juga terpilih, suaranya jadi kenikmatan tersendiri untuk didengar

    ReplyDelete
  19. Ternyata harus teliti dan cermat ya memilih pakan burung yang baik, terimakasih informasinya.

    ReplyDelete
  20. dari kecil sampai sekarang , di tengah keluarga saya gak ada yang suka miara burung. Pilihan hewan lainnya adalah ayam. Pakan ternak tentunya menentukan kesehatan ternak dan yang dihasilkannya. Kalo ada burung, suaranya yang dinanti-nanti saat pagi. Malah terkadang kicauan burung saat pagi hari bisa bedain hari ini apakah akan hujan atau tidak, imho :)

    ReplyDelete
  21. Di rumah banyak burung, ada kenari sama pleci. Kenari anakan juga ada karena emang suamiku ternak burung yang bunyinya nyaring ini.. Kayanya familiar deh sama gambar bungkus pakannya..

    ReplyDelete
  22. Tetanggaku juga piara burung banyak banget nih di rumahnya. Kalau pagi-pagi suaranya merdu sekali sahut-sahutan. Nanti kukasih tahu dia deh kalau ada pakan burung merk ini

    ReplyDelete