Lindungi Keluarga dari Kematian Akibat Demam Berdarah, Ayo lakukan 3M plus Vaksin

Demam Berdarah merupakan salah satu penyebab kematian, demam berdarah itu sendiri sudah ada sejak 1968 yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. demam berdarah pertama kali terjadi di kota Surabaya dimana ada 58 pasien di saat itu dan 24 orang di nyatakan meninggal dunia yang terjadi pada tahun 1968   

Nyamuk Aedes aegypti tergolong nyamuk yang unik karena ia bisa berkembang biak dengan cepat dan suka sama tempat yang bersih seperti tempat penampungan dispenser, air genangan, bak kamar mandi.

Masih dalam ingatan Mpo ketika Mpo terkena demam berdarah dimana saat itu harus di rawat. 

Ada teman satu kamar yang harus pindah ke ruang ICU pada siang hari dan sore harinya dinyatakan meninggal dunia. Anak itu mengalami pendarahan yang membuatnya tidak sadarkan diri.

Sebagai sesama, pasien mendengar teman sekamar meninggal dunia, sungguh hal ini bikin Mpo jadi takut karena khawatir akan mengalami hal yang sama. 

Bahkan Mpo sempat bertanya ke mama yang kebetulan menjaga Mpo di rumah sakit .

"ma, apakah besok harus mengalami hal yang serupa?". Lalu mama menjawab "tidak asalkan rajin minum juice jambu merah". Jawaban tersebut sungguh sangat menguatkan hati dan semangat minuman herbal buat menambah cairan tubuh. 

Dalam menghadapi penyakit demam berdarah seorang pasien harus mengalami 3 fase yaitu : 

1. Fase awal 
Pada fase ini yang terjadi pada hari 1 sampai 3 hari dengan gejala pasien mengalami panas yang tinggi yang bisa mencapai 40 derajat, munculnya adanya bintik merah di badan. 

Di fase ini yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah mengantarkan anak untuk  berobat ke dokter, memakaikan anak baju yang nyaman yang menyerap keringat, minum obat penurun panas dan perbanyak minum air putih. 

2. Fase kritis 
Fase kritis dimana fase ini terjadi pada 4-7 hari. 

di masa fase ini perlu di waspadai karena fase ini adalah fase menentukan dimana pasien dihadapkan dua kejadian yaitu sembuh total atau kritis. 

Dokter sangat waspada dimasa fase ini dengan memperhatikan usia pasien, berat badan pasien hingga histori riwayat penyakit pasien sebelum ia terkena penyakit demam berdarah. 

Menurut Dr. dr. Anggraini Alam, Sp.A(K) Ketua UKK Infeksi dan Penyakit Tropis IDAI yang menyatakan "di fase kritis anak yang bertubuh gendut lebih rentan mengalami pendarahan akibat adanya bocor halus di saluran pembuluh darah.   

Di fase kritis, pasien akan mengalami salah satu peristiwa yang mungkin terjadi yaitu syok/pendarahan atau komplikasi organ tubuh yang terjadi pada organ hati, ginjal dll 

3. Fase penyembuhan 
Fase penyembuhan terjadi setelah pasien mendapatkan perawatan lebih dari tujuh hari dan berhasil melewati fase kritis dengan baik. 

Cara Pemprov DKI Menekan angka kematian akibat Demam Berdarah.   


Memberantas demam berdarah bukan hanya masalah yang biasa tapi perlu penangan yang lebih lanjut, sampai-sampai pemprov DKI menerjunkan kader jumantik buat edukasi ke masyarakat soal demam berdarah. 

di rumah Mpo setiap hari jumat para petugas juga terjun langsung memeriksa apakah ada jentik nyamuk yang akan berkembang menjadi dari larva menjadi nyamuk dewasa. 

Tidak lupa pemberian bubuk abate yang ditaburkan ke tempat bak mandi. Berkat pengawasan dari kader Jumantik di rumah Mpo minim terjangkit demam berdarah.   

Permasalahan demam berdarah menjadi pr bagi pemerintah agar bisa menekan kasus ini tiap tahun. 

Untuk menekan angka kematian anggota keluarga kita akibat penyakit demam berdarah hendaknya kita saling bekerjasama dengan pemerintah dengan menjaga kebersihan agar nyamuk tidak berkembang biak. 

Lindungi Anggota Keluarga dari Kematian Akibat Dari Demam Berdarah. Ayo Kita Lakukan 3M plus Vaksin . 


Memberantas demam berdarah bukan hanya memberantas vektor tapi juga kebiasaan untuk selalu menjaga lingkungan. 

Sekedar informasi yang dimaksud vektor adalah binatang yang bikin kita sakit alias penyebab terjangkitnya suatu penyakit.   

Bahaya demam berdarah akan berdampak pada kematian hal ini dialami seorang psikologi Tika Bisono yang kehilangan putri tercinta akibat demam berdarah.


Dalam diskusi demam berdarah ada di sekitar kita #Ayo3MplusVaksin yang berlokasi Hotel Rafless, Kuningan Jakarta Selatan juga menghadirkan para selebriti yang pernah terkena demam berdarah seperti keluarga Ringgo Agus Rahman.   

Kejadian yang menimpa Tika Bisono pastinya tidak ingin kita alami terutama pada keluarga Ringgo Agustia Rahman dan istrinya Sabai Morscheck. 

Saat itu anaknya terkena demam berdarah sebelum usia 1 tahun. Ibu mana yang tega melihat tangan dan kaki dan anak harus biru-biru untuk cari nadi saat pengambilan darah. Hal ini dilakukan oleh dokter agar dokter bisa memberikan komposisi cairan yang tepat lewat infus agar anak tidak kekurangan cairan. 

Tidak hanya sang anak tapi juga Ringgo juga terkena deman berdarah ketika SMP dimana ia harus mengalami panas yang tinggi sampai mencapai 42 derajat. Pengalaman inilah yang membuat keluarga Ringgo memproteksi dari demam berdarah dengan memberikan vaksin demam berdarah

Vaksin deman berdarah sudah mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga merupakan salah satu ikhtiar kita agar bebas terkena penyakit deman berdarah .   


Gejala dan pembawa virus DBD

Pemberian vaksin juga harus di ikuti dengan melakukan 3M yaitu Menutup, Menguras dan Mendaur ulang agar jentik nyamuk tidak berkembang biak. 

Vaksin yang tersedia di Indonesia untuk usia 6-45 tahun. Yang membedakan hanya dosis dan jeda untuk di vaksin kembali. 

Diakhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 
Ada jambu merah.
Ada angkak
Ketika kena sakit demam berdarah.
Ingat 3M plus vaksin ya kakak. 

C-ANPROM/ID/QDE/0141 | Aug 2023

78 comments

  1. Duh jauh-jauh ya Mpok dari penyakit berbahaya itu, mending jaga kesehatan keluarga deh dari pada mengobati. Yuk vaksin aahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba Emma sungguh menakutkan kalau ada yang meninggal gara-gara DBD. Yok kita vaksin.

      Delete
  2. DB ini menakutkan sih buat saya, karena biasanya harus opname di rumah sakit. Tapi kadang beberapa orang telat mengetahui penyakitnya, jadinya makin parah.
    Makanya saya selalu musuhan banget sama nyamuk, dan selalu cerewet kalau anak-anak digigit nyamuk, parno dengan DB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar jangan sampai telat dibawa ke rumah sakit . Nyawa terancam.

      Delete
  3. DBD memang sangat "momok" untuk keluargaku. Untuk itu aku protektif untuk keluarga di rumah Feb. Selain pake lotion anti nyamuk juga 3M itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar pakai lotion lebih bagus sehingga anak kalau main di luar rumah aman.

      Delete
  4. Serem ya ... dengan gigitan nyamuk bisa demam berdarah, nyamuk memang bikin jengkel walaupun sudah dipasang obat nyak tetep aja mengiang ngiang di telinga, memang sebaiknya di fogging atau pengasapan rumah agar nyamuk hilang tuntas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sudah aman kalau semua cara dilakukan. Pasti nyamuk minggat. Bobo bisa tenang.

      Delete
  5. Nah, soal demam berdarah ini, ada juga teman yang heran, Mpo. Katanya anaknya main di rumah saja. Rumahya juga bersih, tapi kok anaknya kena DBD.
    Ternyata ini karena nyamuk aedes aegypti memang suka di genangan air bersih, ya. Dan di rumah itu justru banyak. Kayak bak mandi, kolam, aquarium, bahkan dispenser dan tataan pot. Jadi memang harus terus menerapkan 3M dan vaksin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya meski waspada terhadap penyakit ini. Nyawa bisa melayang.

      Delete
  6. harus lebih peduli lagi memang dengan lingkungan dan keluarga.
    cegah dari kuman, apalagi ini si nyamuk, maka bisa juga dengan vaksin ya mpo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vaksin deman berdarah memang ampuh buat mencegah sehingga memberikan efek kekebalan tubuh.

      Delete
  7. Pernah nih 2 anak saya langsung terkena DB, anak nomor 3 dan 4
    Panik banget, sekaligus bingung
    Karena udah berusaha menjaga lingkungan dengan 3 M

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mpo juga pernah lihat kasus kaya begini. Jadi satu kamar pasien DBD agar ibunya gampang merawat keduanya

      Delete
  8. Saya loh sempat kritis karena DBD. Trombosit terjun bebas. Badan rasanya remuk luar biasa. Lama opname di RS sampe rasanya gak yakin bisa sembuh dan otomatis mental jadi jeblok. DBD memang gak boleh dianggap enteng loh Mpok. Efeknya luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau kaya gini meski semangat . Jambu merah dan istirahat yang banyak.

      Delete
  9. Penyakit demam berdarah dengue adalah salah satu penyakit berbahaya yang angka morbiditas dan mortalitas nya tinggi. Padahal penyakit menular yang satu ini bisa dicegah, caranya dengan gerakan 3M. Sekarang malah ada cara pencegahan demam berdarah yang sifatnya personal, yaitu vaksinasi. Yuk buruan ke dokter anak untuk imunisasi demam berdarah...

    ReplyDelete
  10. Intinya kita harus jaga kebersihan y mpo .. laksanakan 3M secara bersamaan untuk mencegah demam berdarah ditambah juga vaksin yg mudah2an nanti harganya bisa terjangkau

    ReplyDelete
  11. Kemarin sempet degdegan, Mpo..
    Karena kalau uda demam kudunya jadi alarm untuk penyakit berikutnya. Ini kok ga ada?
    Kaya uda feeling DBD nih...
    Alhamdulillah setelah diberi paracetammol, mulai keringetan dan demam turun.

    DBD memang kudu diwaspadai banget..
    Sukseskan program 3M plus Vaksin agar kita semua bisa sehat dan terhindar dari DBD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera ke dokter daripada terjadinya pendarahan.

      Delete
    2. Terima kasih, Mpo.
      Memang fase kritis saat DB tuh justru di saat keliatannya uda sembuh yaa.. Demam uda turun. Hanya saja, orangtua seringkali jadi menyalahartikan. Sebaiknya memang segera cek darah dan periksa ke dokter untuk penanganan medis lebih teliti.

      Delete
  12. Demam berdarah beneran jadi momok mengerikan, inget beberapa waktu lalu ponakan meninggal gegara DBD ini padahal awalnya sehat2 aja, jadi memang harus lakukan 3M yah plus Vaksin untuk cegah demam berdarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut berduka cita. Peristiwa ini bisa jadi pelajaran kita bersama.

      Delete
  13. Gak enak banget kena DBD itu, aku pernah merasakan, dan emang gak mau lagi ya alloh, naudzubillah, mudah-mudahan kita semua terlindung dari penyakit ini ya Mpok dengan ikhtiar yang maksimal tentunya

    ReplyDelete
  14. sedih... jadi inget dulu ponakan meninggal di hari ulang tahunnya yg kelima karena demam berdarah. keluarga kakak terpukul bahkan sampai parno sama nyamuk, semoga tidak banyak korban dbd berjatuhan dan membuat duka untuk keluarga yang ditinggalkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umur segitu lagi lucu lucunya tapi takdir berkata lain.

      Delete
  15. Ternyata dbd udah ada dari 1968 ya mpo. Lebih tuwir dari kita2 😁 alhamdulillah sekarang udah ada vaksinnya ya. Pencegahannya menjadi lebih mudah, aku pengin vaksin sama anak2. Kudu cek ke rs akuuu. Makasih mpo infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahayanya bikin merinding, nyawa bisa melayang.

      Delete
  16. Ga boleh anggap remen demam berdarah dengue ya, Mpo. Soalnya sudah banyak memakan korban nyawa.

    ReplyDelete
  17. Nah iya, bener sekali, DBD ini bukan masalah biasa. DBD harus segera ditangani dengan baik karena sudah banyak yang tidak tertolong karena penyakit ini.
    Mari kita bersama sukseskan program 3M plus Vaksin agar kita semua bisa sehat dan terhindar dari DBD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak tertolong bikin hati nyes baik di pihak keluarga ataupun tetangga jadi parno

      Delete
  18. Penyakit demam berdarah memang tidak boleh dianggap sepele. Sebab kalau terlambat penanganannya, nyawa lah taruhannya. Menjelang musim hujan ini kita semua harus bersiap, membersihkan area di sekitar rumah, jangan sampai ada genangan yang memungkinkan nyamuk Aedes Aigypt berkembang biak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar jangan sampai berkembang itu nyamuk, bahaya.

      Delete
  19. ok bnget klo ada vaksin DBD ini.
    karena sekarang banyak penyakit dan kudu kita antisipasi yak

    ReplyDelete
  20. kalau dulu pencegahan demam berdarah ini pakai 3M dan fogging sekarang juga sudah ada vaksinnya ya, mbak. semoga dengan adanya vaksin ini bisa mengurangi kasus dbd setiap tahunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kalau 3m plus vaksin bisa zero kasus.

      Delete
  21. aku udah pernah merasakan DBD sewaktu kecil saat SMP kalau gak salah, wah itu rasanya gak enak banget deh mpo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillahnya sekarang ada cara antisipasinya 3M plus vaksin

      Delete
  22. Ga nyaman banget kena demam DBD ini semua persendian ngilu, sakit, gemetaran panas naik turun, memang obat yang paling mudah itu banyak minum air putih dan perawatan intensif untuk mengontrol trombosit yang terus menurun. Semoga kita terhindar dari demam dangue ini

    ReplyDelete
  23. Iya, ngeri banget ya DBD ini bisa menyebabkan kematian
    Makanya senang sekarang sudah ada vaksinasi DBD

    ReplyDelete
  24. Selain menjaga kebersihan di rumah dan selalu menjalankan 3M untuk mencegah adanya demam berdarah, ternyata sekarang juga ada vaksinnya ya mpo? Wah aku baru tau loh, nanti coba ah pas jadwal rutin anakku sekalian tanya-tanya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba chichie bertanya sama dokternya biar segera di vaksinasi

      Delete
  25. Wajib banget nih memang kita ya mpok melindungi keluarga dari DBD dengan cara mencegah 3M +vaksin. Aku yang belum vaksinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera dilaksanakan vaksin dan melakukan 3M .

      Delete
  26. Dulu anak saya kalau demam sering sampai 40 dercel. Suka parno jadinya, takut kalau DBD. Dulu saya berpatokan kalau dbd bakalan ada bercak merah, tapi ternyata ga mesti ada bercak merah kan ya. Semoga terhindar dr penyakit ini, tentunya dg rajin 3M. Mudah2an vaksinnya juga mudah diakses dan harga terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin harga terjangkau kalau perlu gratis dari pemerintah.

      Delete
  27. Proteksi diri dengan vaksin DBD , penyakit ini pernah menyerangku ketika SD mak sampai di rawat di RS.

    Memang DBD itu kasus kematiannya juga tinggi yaa

    ReplyDelete
  28. Panas badan sudah turun, ini justru harus waspada ya. Biasanya kalau panas sudah turun, udah beranggapan bakal sembuh, padahal bisa jadi malah akan masuk fase kritis.
    Saya baru tahu kini ada vaksin DB. Makasih infonya Mpok

    ReplyDelete
  29. jus jambu biji terkenal banget yaa disarankan untuk mengatasi demam berdarah. Itu karena kandungan vitamin C untuk antibodi, bukan sih? karena yang dilawan kan virus, yah. Harus punya imun tubuh yang kuat.
    Dengan 3M plus vaksinasi insya Allah tubuh makin terlindungi dari DBD.

    ReplyDelete
  30. Iya ya selain menjaga lingkungan tetap bersih juga sebaiknya vaksin DBD agar sekeluarga lebih aman dari penyakit demam berdarah yang bisa jadi berbahaya ini

    ReplyDelete
  31. Ngerii demam berdarah sampai bisa mengakibatkan kematian, perlu disebarluaskan nih. Mengingat vaksin DBD banyak kurang jadi prioritas keluarga.

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah sekarang sudah ada vaksinnya ya. Soalnya demam berdarah mungkin banget berulang sih ya. Virusnya ada 4 jenis, jadi bisa kena DB sampai 4x deh, huhuhu. Makanya, semoga dengan vaksin, akhirnya bisa menurunkan angka penderita demam berdarah ya

    ReplyDelete
  33. Ternyata ada perbedaan antara DBD biasa dan DBD Dengue yang efeknya bisa jauh ke mana2. Untung di lingkungan rumahku rutin diadakan fogging Alhamdulillaah tidak ada genangan air di ember, pot maupun bak. Anakku pernah terjangkit DBD duluuuu, sempat diopname di rumah sakit hiks :( Ternyata selain 5M harus dilakukan juga vaksin DBD. TFS mpo :D

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah ada vaksin DBD semoga penyebaran penyakit yg berbahaya ini bisa dicegah. udah pernah ngerasain deg2an saat tiga anak kena DBD, moga ga terulang lagi. aamiin

    ReplyDelete
  35. Demam berdarah tuh memang tidak boleh disepelekan, karena gak enak banget kalau sudah kena. Jadi kita memang harus mencegah juga loh, supaya tidak kena ya. Sekarang sudah bisa juga dengan melakukan vaksin ya mpo.

    ReplyDelete
  36. Lebih baik mencegah daripada mengobati, jangan sampai berurusan dengan demam berdarah. Ternyata 3M saja ngak cukup ya buat mencegah dbd, vaksin dbd bisa jadi solusi untuk melindungi tubuh dari vektor demam berdarah apalagi penyakit ini punya 4 type virus.

    ReplyDelete
  37. Sedari kecil dulu saya sudah kenal 3M untuk mencegah dan menanggulangi demam berdarah. Kini, jaman makin maju, nyamuknya juga pasti berevolusi, jadi nggak cukup cuma 3M lagi ya, harus ditambah dengan vaksin

    ReplyDelete
  38. Sedih ya mpok denger ceriita Ringgo yang anaknya umur 1 th udah kena DBD, takut kenapa kenapa. Alhamdulillah bisa sembuh dan sehat kembali.

    Memang urusan penyakit yang satu ini gak bisa dianggap remeh karena sudah banyak juga korban jiwa. Semoga program 3M plus vaksin ini bisa makin tersebar dan akhirnya banyak juga yang melakukan vaksin DBD ya

    ReplyDelete
  39. Selalu suka sama pantunnya Mpo...
    Senang sekali aku karena sudah ada ikhtiar kita agar bebas terkena penyakit deman berdarah melalui vaksin deman berdarah yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia

    ReplyDelete
  40. Benar nih perlu jaga lingkungan sekitar dan kebersihan diri juga sebab dbd nih juga sukses ditempat yang jorok, selain RM perlu juga ya vaksin, moga harga merakyat deh

    ReplyDelete
  41. Bener bnget nih mpo untuk cegah DBD M3 plus vaksin ini harus banget diperhatikan.. semoga nanti harga vaksinnya terjangkau ya

    ReplyDelete
  42. pengalaman kena DBD pas awal-awal kerja di bandung, ga enak bgt, BB sampe turun beberapa kilo dan di ranap 5harian di RS

    ReplyDelete
  43. Wah masih rajin ya ada petugas jalan ngecekin jentik nyamuk?
    Kalau di komplekku yang sekarang tanggung jawab pribadi sih mpok. Paling ya pas musim2 pancaroba diingatin RT buat jaga kebersihan, trus kadang ada semprotan juga.
    DBD masih jadi salah satu masalah besar di Indonesia makanya kudu melakukan apapun buat mencegahnya ya, salah satunya dengan vaksin DBD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa ada petugas jumantik yang keliling. Tapi kayaknya karena pandemi deh jadi mereka ga keliling ke rumah-rumah lagi. Palingan tiap Jumat cek fasum mana yang berpotensi air menggenang.

      Delete
  44. Inget tetangga juga, anaknya seumur anak saya, meninggal karena dbd... Keren ih di sana ada ada kader jumantik, di sini engga ada...

    ReplyDelete
  45. Karena masih di pedesaan, harus mewaspadai sendiri DB ini, dan semoga bisa segera ikutan vaksin untuk jaga-jaga karena nyamuk nggak bisa dihndari, ada dimana mana hehe

    ReplyDelete
  46. Ngeri ya DBD itu. Kalo gak waspada dan hidup bersih dengan 3 M, berisiko bener kena gigitan nyamuknya. Seneng denger kabar kalo sekarang udah ada vaksin DBD.

    ReplyDelete
  47. Demam berdarah itu berbahaya banget ya, karena bisa menyebabkan kematian. Jadi harus jaga linkungan dengan 3M dan vaksinasi juga. Walau aku baru tahu ada vaksinasi DBD.

    ReplyDelete
  48. Wah baru tahu ternyata vaksin demam berdarah bisa diberikan mulai usia 6 tahun. Menarik dicoba nih sebagai upaya pencegahan demam berdarah ~

    ReplyDelete
  49. asli demam berdarah jahat banget ini sih, anakku pas habis turun tanah bulan kena, sedih banget rasanya. Allhamdulillah sekarang ya sudah lega ada banyak penyuluhan begini

    ReplyDelete
  50. Ini vaksin jenis baru ya mba. Negara tropis spt kita memang rentan DBD karena nyamuk senang di daerah tropis

    ReplyDelete