Aman Bermain Dengan Lato-lato

 

Permainan lato-lato lagi digemari anak indonesia. Bagi anak generasi milenial seperti Mpo permainan ini memang tidak asing karena permainan sudah Mpo mainkan sejak kecil.



Lato-lato adalah permainan kembali  viral berkat para pemain yang menunjukan aksinya lewat sebuah video yang di unggah di tiktok. Inti dari permainan ini  dengan mempertemukan dua buah bandul yang terbuat dari plastik polymer dengan suara khas yaitu tek tek tek.

Jika dahulu lato-lato hanya dimainkan hanya mempertemukan dua bandul saja akan tetapi jaman sekarang sudah memakai kreasi berbagai versi gaya seperti 
  • Tepuk Pramuka 
  • Helikopter 
  • Tornado 
  •  Gaya di tembok 
  • Ada kodok
  • Gaya di lantai


Style permainan akan terus bertambah banyak  karena adanya kreativitas dari pemain lato-lato. 


 Kenalan dengan Lato-Lato 


Permainan ini berasal dari bahasa bugis yaitu kajao-kajao artinya nenek-nenek. Permainan ini akan mengajarkan anak untuk konsentrasi dan fokus, akan tetapi kalau meleng sedikit langsung deh bikin jidat jadi benjol bahkan bisa terlilit tali. 

Lato-lato merupakan permainan tradisional yang harganya cukup murah dikantong emak-emak yaitu 7500 hingga 10.000 yang bisa di beli pasar tradisional ,  tukang mainan keliling hingga online 

Enaknya main permainan ini dimana kita bisa saling berkompetisi lewat pertandingan.  Adapun aturan dalam kompetisi adalah bertanding memainkan lato-lato, pemenang di tentukan berdasarkan waktu yang terlama bertahan dengan gaya permainan yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Bermain aman dengan Lato-lato 


Asiknya bermain lato-lato bisa berakibat fatal terutama pada kesehatan mata. 

Lato-lato telah memakan korban anak-anak diberbagai daerah di indonesia. salah satu korban adalah seorang anak yang berusia 8 tahun dengan inisial AN yang tinggal di Kalimantan Barat yang harus mengalami mata merah akibat pecahnya bandul lato-lato. 

Serpihan bandul lato-lato mengenai mata tersebut sehingga membuat mata AN harus mengalami kemerahan dan harus mendapatkan penangan khusus dengan  melakukan dioperasi. 

Sebagai orang tua hendaknya bijaksana dalam memilih mainan anak agar hal ini tidak terjadi. 

Sebaiknya anak-anak memilih mainan lato-lato  yang terdapat pegangan bukan seutas tali. Walaupun tergolong aman jika anak-anak menggunakan lato-lato yang ada pegangannya akan tetapi  terdapat kekurangan yaitu terbatasnya membuat style permainan
Jenis lato-lato


Anak juga harus diperingati agar menjaga jarak antara lato-lato harus jauh dari wajah kita.

Saat mengetok lato-lato janganlah terlalu keras  dengan kekuatan tenaga full

Bagi yang memilih permainan lato-lato dengan menggunakan seutas tali maka ada yang perlu diperhatikan bahwa posisi bandul lato-lato haruslah seimbang dan juga jepit tali di tengah dengan menggunakan jari telunjuk lalu goyangkan dua bandul lato lato untuk saling beradu . lakukan dengan konsisten sehingga bunyi tek tek tek 

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun. 

lato-lato dua bandul berbentuk bulat. 
dimainkan dengan menggunakan seutas tali.  
saatnya orang tua memilih mainan yang sehat.    
yang tidak hanya aman tapi juga bisa bikin anak hepi.

27 comments

  1. Tuh bener kan, latto-latto emang bikin ketagihan sih... Tapi dibalik keasyikan bermain latto-latto, ternyata mengandung bahaya yang bisa dicegah. Yuk lebih bijak dan waspada yuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget tuh dokter perlu waspada dan pengawasan orang tua

      Delete
  2. Terlepas dari suara bisingnya lato-lato yang ngeselin itu, ngeliat anak-anak generasi Z sekarang pada main permainan tradisional rasanya seneng ya mpo! mereka nggak main hapeee terus. Moga permainan tradisional lainnya kayak gundu, yoyo, dll gitu bisa rame lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa mengalihkan kebiasaan main hp nih. Thanks bang sudah main-main ke blog Mpo.

      Delete
  3. Bener banget kalau ga hati hati bisa kecelakaan. Anak saya ini tangannya sampai lebam lebam
    Hahah... Tapi kuat saja dia. Saking semangatnya main lato lato. Kalau di kampung saya lato lato ini disebut Nok Nok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa di kompres teh biar lebam berkurang .

      Delete
  4. Ini perlu disosialisasikan kepada anak, orang tua dan guru agar kejadian yang tidak diinginkan dapat dicegah. Termasuk etika agar jangan main malam-malam biar ga ganggu orang tidur.

    ReplyDelete
  5. Lato-lato ini sebenarnya bagus ya. Anak bisa lepas dr gadget.

    Tapi jadi polusi suara. Dan bahaya kalau nggak hati-hati.

    Cuma memang mengasah kreativitas dan fokus juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mba Yuni ada sisi positif dan negatif bermain lato-lato

      Delete
  6. Saya belum pernah main latto latto, anak-anak saya tawarin buat dibelikan juga nggak mau. Ternyata ada triknya ya supaya permainan ini aman dimainkan oleh anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah enak kalau anak tidak merengek minta mainan.

      Delete
  7. saya suka sekarang banyak anak yang main latto-latto karena itu artinya anak-anak gak ketergantungan gadget lagi tapi suara latto-latto yang selalu terdengar setiap waktu juga sangat mengganggu waktu istirahat, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya jangan main lato-lato malam hari

      Delete
  8. Lato-lato... ohhh...lato-latooo....
    Kemanapunn kupergi lupingku sampe terngiang-ngiang bunyi lato2,hahaaa
    Mirip demam om telolet om beberapa waktu lalu ini

    ReplyDelete
  9. duh semoga banyak yang banyak tulisan ini
    karena di mana pun berada selalu ada suara lato-lato
    cukup mengganggu sih

    ReplyDelete
  10. Duh, lihat foto-foto korbannya, hati jadi ngilu. Main jika tidak terkontrol memang berakibat fatal ya Mpok. Apalagi jika anak yang main gak bisa konsentrasi dengan baik atau tidak paham akan bahayanya. Padahal permainan ini tuh banyak sekali manfaatnya, semisal bisa meningkatkan motorik halus dan kasar serta kemampuan konsentrasi anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung orangtuanya yang memberitahu nih kapan waktu yang tepat memberitahu bahaya dan cara pencegahan agar terhindar dari kecelakan

      Delete
  11. Bener sih pilih permainan yang aman aja...
    Aman untuk indera pendengar, sekitar, dan diri sendiri.

    ReplyDelete
  12. Mbaaaak ini lato-lato aslinya nyebelin ih aku bolak-balik latihan nggak bisa-bisa. Yang ada malah diketawai keponakan hehehe

    ReplyDelete
  13. Ya Allah..
    Sampai benjol atau bahaya kena mata gitu ya..
    Semoga bermain tetap dilindungi Allah karena anak-anak mah kalo uda main ya..main aja gitu ya.. Kurang aware masalah keamanan. Justru orang dewasa begini yang memberi contoh dan pengarahan cara main lato-lato yang aman.

    ReplyDelete
  14. Keponakanku kemarin main Latto-latto ini kena sudut matanya, sakit katanya dan jadi ga mau main latto-latto lagi. Harus diawasi memang kalau anak bermain ini.

    ReplyDelete
  15. Udh seminggu lebih main, aku blm bisa juga nih Mpok 🤣🤣. Susah ternyata yaaa. Tapi tertantang mau bisaaa hahahaha. Aku juga selalu nasehatin anak2 supaya hati2 sih main ini. Ga usah semangat kali sampe bisa pecah gitu 😅

    ReplyDelete