Green Hajj Membantu Persiapan Haji dan Umroh Pasca Pandemi

 

Senangnya saat mendapat kabar kalau Aa Gym berangkat haji tahun ini dan insya Allah Habib Hasan juga ikutan haji lewat jalur Haji Furodo. 

oh ya bagi yang belum tahu, kedua orang tersebut diatas merupakan tokoh agama. 

Mpo selalu ikuti tausiah kedua tokoh agama tersebut yang di siaran langsung baik di chanel youtube hingga sosial media. 
Bloggers

Ada yang bertanya nih, Kalau guru sudah berangkat haji, lalu kapan Mpo berangkat? 

Mpo hanya bisa menjawab bismillah, semoga Allah memberikan rezeki, panjang usia dan kesehatan sehingga bisa menjejakan kaki ini bisa sampai ke Mekah untuk berhaji. 

Mpo jadi ingat salah satu tausiah Habib yang memberikan tips agar kita bisa berangkat haji adalah dawam puasa senin Kamis. hal inilah juga di ajarkan oleh pengajian hadramaut di Tarim, Yaman. 

Sanksi Buang Sampah Sembarangan di Arab Saudi pada Musim Haji. 


Tahun ini memang tahun pertama pasca pandemi. untuk itulah hendaknya para jamaah haji mempersiapkan diri dalam menghadapi musim haji tahun ini.   
Cuaca merupakan tantangan  haji ini di tahun ini karena cuaca di Arab Saudi sedang terjadi musim panas dengan prakiran cuaca di Mekkah mulai 28 sampai 42 sedangkan cuaca di Madiah 29 hingga maksimal 46 derajat celcius pada saat kondisi di siang hari. 

"Mengingat cuaca di Arab Saudi yang cukup panas diharapkan para jamaah harus terus minum, jangan menunggu haus baru minum" ujar Kiki salah satu relawan Greenpeace Indonesia yang sedang melaksanakan haji tahun ini. 

Musim haji tahun 2022 memang berbeda dari musim haji tahun sebelumnya, dimana kita di tuntut agar kita bisa harus terus menjaga kesehatan. 

Selain tantangan cuaca panas diharapkan para jamaah haji Indonesia juga memiliki adab yang baik dengan membawa botol minuman saat keluar dari hotel. prilaku ini bisa menimalisir penumpukan sampah plastik di Mekkah. 

oh ya di Mekah ada petugas yang akan memberikan sangsi kepada jamaah apabila kita buang sampah sembarangan. duh jangan sampai masalah ini menganggu aktivitas ibadah kita. 
Petugas kebersihan

Bagi jamaah haji tahun 2022 pasti akan sering melihat petugas dengan seragam hijau dan kuning berseliweran di tanah suci. mereka adalah petugas sampah. 

Setiap musim haji ada 4000 ton sampah setiap hari pasca musim haji. duh kebayang doang betapa beratnya kerjaan mereka. 

Green Hajj Aplikasi Panduan Haji dan umroh yang Ramah lingkungan. 


Tidak ada salahnya juga nih kalau sebelum berangkat haji dan umroh kita mendownload aplikasi Green Hajj. 

Launching aplikasi Green hajj dilaksanakan di Co Hive jalan Riau Jakarta Pusat dan disiarkan langsung oleh radio KBR (30/6). 
Green hajj

Karena aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan jadi untuk sementara hanya di pergunakan untuk pengguna iPhone sedangkan untuk android belum bisa ya. 

"fitur di aplikasi Green Hajj lumayan komplit yang membantu para jamaah menjalankan ibadah haji dan umroh plus berprilaku ramah lingkungan" ujar Enji Anugrah Ramadan selaku Project Manager Leader UmmahEarth Green peace Indonesia 
Enji 

Salah satu jamaah haji Indonesia yang berangkat tahun ini telah memberikan testimoni bahwa "panduan haji dan umroh yang ramah lingkungan di aplikasi green hajj bisa membantu kita untuk menerapkan zero waste dan bersikap tidak boros" ujar Kiki relawan Green peace. 
Nasaruddin umar


Ingat ya kata Prof DR KH Nassarudin Umar selaku Imam Besar Masjid Istiqlal yang menyatakan "cepat atau lambat kiamat tergantung pada kesadaran manusia terhadap lingkungan

Langkah kecil kita bisa menentukan masa depan bumi ini.   
di akhir kata Mpo mau berbalss pantun. 

ini Jakarta, itu Madiah. 
hidup tambah bersahaja. Mari lakukan berprilaku ramah lingkungan sambil beribadah

13 comments

  1. Oh harus menunggu bagi yang punya android yach. Pertanyaan berikutnya apa kaitan antara aplikasi Green Hajj dengna lingkungan? Belum dibahas, kepingin tau.

    ReplyDelete
  2. Semoga kita semua bisa berangkat haji, semoga semua dilancarkan amin

    ReplyDelete
  3. Internet memang memudahkan banyak hal. Untuk urusan haji dan umroh juga sekarang ada panduannya lewat aplikasi. Kerennn

    ReplyDelete
  4. Wah keren banget nih green hajj, tentu aku setuju banget sama konsepnya. Supaya tidak mengurangi kesakralan ibadah haji kita juga harus imbangi dengan perilaku bijak menggunakan plastik.

    ReplyDelete
  5. Semoga aplikasi semakin berkembang, sehingga pengguna android juga bisa menikmatinya. Keren ya kalau ada aplikasi Haji dan Umroh di smartphone, tentu akan sangat membantu kelancaran ibadah para jamaah.

    ReplyDelete
  6. Sangat membantu sekali untuk para calon jemaah haji. Bisa cek resto terdekat, lokasi-lokasi publik seperti masjid dan rumah sakit, dan juga ada informasi doa dan tausiyahnya. Semoga segera rilis di Android juga ya.

    ReplyDelete
  7. Mpo makasih ya infonya, Insya Allah tahun ini mamak bapa mau umroh kayaknya bagus itu aplikasi buat di download ya po

    ReplyDelete
  8. terobosan bagus nih Green Hajj
    kita Sering terpaku bahwa umroh dan berhaji harus baca ini itu
    dan melupakan bahwa menjaga lingkungan agar tetap bersih juga merupakan amalan baik

    ReplyDelete
  9. cepat atau lambat kiamat tergantung pada kesadaran manusia terhadap lingkungan" that's true and i agree totally!

    ReplyDelete
  10. Keren bangett kalau bisa beribadah sambil sadar lingkungan ya Mpo. Saya doakan semoga Mpo bisa menunaikan ibadah haji juga. Semangaatss

    ReplyDelete
  11. Besar harapan saya sama aplikasi Green Hajj ini. Semoga benar2 bisa bermanfaat & dimanfaatkan oleh para penggunanya dgn baik. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Subhanallah. Akhir tulisan ada pantun yang ManTul. Terima kasih info tentang aplikasi Green Hajj ini ya, Mpo. Semoga barokah*

    ReplyDelete
  13. Maksudnya aplikasi green Hajj ini memudahkan kita kala berhaji agar bisa tetap peduli lingkungan, begitu kah Mpok?

    ReplyDelete