Jemput Bola Dukcapil Lewat Mobil Keliling

Jemput bola merupakan istilah yang biasa dipakai sama anak-anak yang kecimpung dalam dunia  pemasaran. 

Jemput bola menurut KBBI adalah dimana produsen atau penjual menawarkan barang secara langsung. 

Istilah pemasaran ini juga dipakai pada layanan publik agar warga lebih mudah mengurus segala sesuatu. 

yang namanya abdi masyarakat  maka petugas pemerintahan harus bisa mengajak masyarakat untuk tertib administrasi terutama soal kependudukan.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh masyarakat dengan adanya jemput bola dukcapil lewat mobil keliling

1. Tertib administrasi 
Seperti kita ketahui bahwa tidak semua masyarakat bisa tertib administrasi. 

Masih banyak alasan kenapa warga belum bisa tidak tertib administrasi kependudukan seperti tidak ada waktu untuk mengurus persoalan pendudukan karena kerja fulltime, jarak jauh dll. 

2. Target tercapai 
Dalam menjemput bola maka kita bisa mengajak lebih banyak orang untuk ikutan tertib administrasi sebagai partisipan sehingga target tujuan agar masyarakat tertib administrasi bisa tercapai. 

3. efesiensi biaya. 
Dengan adanya jemput bola maka masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk datang ke kantor kelurahan karena sistem jemput bola berada di lokasi terdekat dengan masyarakat. 

Ada kekurangan pada sistem jemput bola yaitu hanya di lakukan dalam waktu tertentu. 

kekurangan ini bisa disiasati dengan kemajuan teknologi dan persiapan yang matang.

Hal inilah yang dilakukan dukcapil saat melakukan aksi jemput bola kependudukan. Dimana peran seorang RT sebagai abdi masyarakat yang memberitahukan ke warga di wilayahnya dengan menggunakan whatsapp sebagai penyampaian pesan.
Himbauan

Mpo mendapat WA dari Pak Rt bahwa ada jemput bola soal kependudukan dan syarat yang harus di penuhi oleh warga untuk mengikuti program ini. 


Langsung aja capcus mempersiapkan dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP tetangga yang berbeda RT dengan Mpo. 

Kalau teman-teman online bertanya kok pakai fotokopi tetangga buat apa? 

Mpo jelasin ya, fotokopi tersebut buat bikin akte kematian mama. Sebenarnya niatan buat bikin akte kematian mama sudah lama tapi tertunda karena PPKM. 

Keesokan harinya, tepat jam 13.00 mobil keliling Dukcapil sudah nongkrong di depan RW 11 dan beberapa warga mengantri. 
Mobil keliling dukcapil

Tidak lama sih antrian karena  petugas hanya memeriksa kelengkapan dokumen yang sudah di persiapkan sehari sebelumnya  dan petugas menyuruh Mpo buat isi formulir. 
Petugas dukcapil memeriksa kelengkapan dokumen

Setelah Mpo isi formulir baru deh petugas Dukcapil memeriksa kebenaran data formulir dan selesai. Yap semudah itu loh bikin dokumen akte kematian, proses cepat dan tidak makan waktu lama. 

Untuk pengambilan akte kematian memang agak lama yaitu minggu depan karena selain Mpo dapat akte kematian juga dapat akte kartu keluarga baru. 

Oh ya kalau untuk pengambilan hasil tergantung dengan permasalahan warga, misalnya untuk membuat KTP barcode hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mengambil hasil KTP barcode.

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun
Lagi sakit kepala pusing, lakukan  minum obat dan istirahat. 
Ada  mobil keliling, urusan dukcapil bisa diselesaikan dengan cepat. 

45 comments

  1. Inget istilah jemput bola saat suami kerja sebagai kashift di gerbang tol. Jadi klo antrian panjang kudu jemput bola sebagai solusi gak macet. Sekarang Dukcapil pake jemput bola juga ya, hehe lumayan memudahkan ya mpok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi lebih mudah dan cepat jemput bola. Terima kasih sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  2. jemput bola kayak gini makin memudahkan masyarakat ya mpok, jadi kita nggak perlu jauh2 mengurus ke kantor pusat

    ReplyDelete
  3. Sudah seharusnya seperti ini sekarang semua unit pemerintahan biar semua data-data penduduk terupdate

    ReplyDelete
  4. Wah seneng banget nih kalo Dukcapil bisa jemput bola untuk melayani warga seperti ini. Saya masih ingat dulu bikin KK baru setelah menikah tuh makan waktu karena harus ke Dukcapil yang jaraknya jauh dari rumah. 😅
    Seandainya dulu ada sistem jemput bola dari Dukcapil pasti sangat membantu.

    ReplyDelete
  5. Kujadi ingat saat bikin akta kematian dan bolak balik ke disdukcapil. Pas pandemi ini di Jepara pakainya online, Mpok. Kalau ada mobil keliling, boleh juga sih karena kan gak semua warga bisa urus secara online

    ReplyDelete
  6. Cakep nih dukcapil di daerahnya Mpo. Ini memudahkan masyarakat pastinya. Urusan2 terkait dukcapil jadi cepat kelar.

    ReplyDelete
  7. Gak perlu ribet ya Mpok ngurusnya, tinggal siapin dokumen dan tunggu dah jadwalnya

    ReplyDelete
  8. membantu banget sih ya kalau ada sistem jemput bola kayak gini jadinya warga nggak harus pergi jauh-jauh ke capil buat ngurus berkas

    ReplyDelete
  9. Cara jemput bola seperti sangat memudahkan untuk warga. Kalau di Palu kemarin Dukcapil juga ke sekolah untuk jemput bola perekaman data KTP. Kerenlah ini programnya ya Mba..

    ReplyDelete
  10. kalo begini mah jadinya lebih praktis ya mpo, gak usah bolak balik ke dukcapil karena sudah ada mobil keliling

    ReplyDelete
  11. keren nih daerah domisilinya kak, moga daerah aku segera menyusul agar warga lebih mudah dalam akses layanan dukcapil

    ReplyDelete
  12. Penting deh jemput bola begini. Biar data segera terkumpul dan minim kesalahan, ya

    ReplyDelete
  13. Enak ya mpo kalau sistemnya jemput bola gini, antriannya nggak terlalu banyak, ongkos yang dikeluarkan juga minim.

    ReplyDelete
  14. Senang membaca mengenai jemput bola dukcapil lewat mobil keliling ini. Jadinya warga tertolong ya. Lebih mudah menghampiri mobil ketimbang datang ke kantor Dukcapilnya.

    ReplyDelete
  15. Yang bikin malas tertib administrasi itu adalah birokrasi yang njlimet, tak jarang habis biaya banyak. Untungnya sekarang bisa lebih mudah ya.

    ReplyDelete
  16. Dengan adanya mobil keliling seperti ini semua kebutuhan kita bisa segera terselesaikan ya.. Kalau di sekitar rumah saya ada sim keliling.. Bahkan sekarang ada perpanjangan mobil/motor secara drive tru.. jadi tanpa antri dan berkas bisa langsung jadi deh..hehee

    ReplyDelete
  17. Oh, jadi istilahnya kalau ada aparat pelayanan publik yang secara langsung mengunjungi masyarakat untuk pengurusan adminduk namanya "jemput bola" ya mbak. Hehe baru tahu aku. Terima kasih infonya mbak

    ReplyDelete
  18. Mpok, program jemput bola untuk pelayanan masyarakat tuh memang memudahkan banget yak.

    Asli lah salah satu yg daku rada gak resep tuh kalo antri di kantornya langsung itu loh yg kadang bikin cape. Soalnya ya kan org yg dtg dr mana2 tuh ye kan.

    Eh, tapi dengan adanya pelayanan dari mobil keliling gitu bakalan lbh memudahkan juga hemat waktu sih. Ya kalo ngantri2 mah wajar, tapi gak serame kalo mesti antri langsung di kantornya. Nice info, Mpok.

    ReplyDelete
  19. Lebih praktis dan hemat waktu. Seandainya di Cianjur juga demikian. Ini kalau mau ke kantor Disdukcapil kami harus ambil libur kerja lho, secara ke kota kabupaten bulak balik itu enam jam kendaraan

    ReplyDelete
  20. pengalaman nih ngurus ngurus dokumen di dukcapil ribet amat, bahkan bisa berhari hari. belum bolak balik ke kelurahan - kecamatan - dukcapil, duh lemes. untung sekarang ada dukcapil mobil keliling ya. bantu banget nih warga buat ngurus ngurus dokumen

    ReplyDelete
  21. kalau ada fasilitas kayak gini bakalan lebih mempermudah masyarakat nih kalau mau ngurus data-data kependudukan. Semoga merata yaa di seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
  22. Solusi banget nih ya Mpo. Karena biasanya kebanyakan tuh mager (males gerak) klo harus wara wiri ngurus kependudukan.

    ReplyDelete
  23. Jemput bola itu jadi memudahkan, dan lebih mudah dipahami karena ada yang datang untuk kasih tahu

    ReplyDelete
  24. Ini patut dicontoh banget nih. Pasalnya belum semua dukcapil melakukan jemput bola.

    Di sisi lain, kita masyarakat harus tertib administrasi. Banyak orang yang enggan ke kantor dukcapil, selain butuh transportadi, juga lama antri.

    ReplyDelete
  25. Aku termasuk orang yang mengapresiasi program pemerintaj yang jemput bola ini mpo. Soalnya aku pernah ngerasainnya mobil keliling ini. Kalau mpo kan mobil keliling disdukcapil kalau aku sim keliling. Jadi kerasa banget ssstem jemput bola ini. Bener bener hemat tenaga, waktu dak biaya

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah pelayanan pemerintah semakin hari semakin baik, mau jemput bola. Jadi inget jaman dulu kalau urus apa apa ke kelurahan maless karena antri, ada calo pula.

    ReplyDelete
  27. Sebenarnya aku juga mau ganti KK nih, Kak. Tapi karena beda pulau, dari Tangerang ke Palembang, ngurusnya harus ke Tangerang dulu, ya. Mm, coba kalo bisa diurus secara online, yaa . Bisa nggak ya, Kak?

    ReplyDelete
  28. Sangat membatu nih, dukcapil keren bangey trobosan barunya jadi ga perlu cape-cape antri di kantor

    ReplyDelete
  29. Nyaman banget tinggal di lingkungan Mpo, Johar baru, Jakarta Pusat.
    Karena semua pelayanan Dukcapil bisa dilakukan secara mobile.
    Aah...di sini, kami kudu bolak-balik dan yang paling lelah kalau urusan tanda tangan saja dipersulit.

    Semoga layanan Dukcapil ini segera ditiru dan dilakukan disemua wilayah di Indonesia.

    ReplyDelete
  30. Jadi lebih praktis dan mudah ya kak, semoga program ini bisa merata kesemua daerah,, Amiin

    ReplyDelete
  31. bagus nih programnya jemput bola layanan kependudukan. Semoga segera diikuti daerah-daerah lain ya, soalnya saya sendiri merasakan mengurus dokumen ke dukcapil gini memakan waktu juga, soalnya lokasi dukcapil tuh jauh dan nggak sekali datang urusan selesai

    ReplyDelete
  32. Wah di tempatku kayaknya belum ada deh Dukcapil Keliling. Atau aku belum cari tahu lebih jauh, ya? Memang sih mengurus administrasi yang berhubungan dengan kependudukan itu agak-agak malas deh aku, harus dipaksain banget banget. Kalau ada layanan keliling pasti jadi memudahkan banyak orang, ya.

    ReplyDelete
  33. alhamdulillah dengan jemput bola gini pelayanan jadi lebih cepat. Kadang tuh ya ngurus admin itu malas antre, ke kantornya eh petugas lagi pergi atau rapat. Kalau di Jakarta alhamdulillah ngurus KK dan akta kelahiran cepet banget, mudah, dan gratissss

    ReplyDelete
  34. Mempermudah banget ya Mpo mobil keliling dukcapil ini, jemput bola bagi orang2 yang membutuhkan, termasuk Mpo.
    Bikin surat kematian buat mama pun dipermudah .

    ReplyDelete
  35. Jadi itu mobil ditetapkan tanggalnya kapan mo datang ke tempat kita yaa?(bisa nggak kita telepon sendiri suruh datang), terus kalo kita ada urusan dengan dukcapil segera siapkan berkas-berkasnya..gitu yaa

    ReplyDelete
  36. Jemput bola kaya gini jelas bantu banyak warga apalagi yang tidak ada kendaraan atau waktu buat ke kantor. Cepat pula pelayanannya

    ReplyDelete
  37. Enak ya mpok beneran jadi hemat waktu kalau ada layanan jemput bola macam ini. Tapi sekarang mudah sih ya Dukcapil mengecek data karena sudah bisa online juga jadi lebih cepat & praktis

    ReplyDelete
  38. Pegawai negeri di tempat Mpo tinggal pada inovatif yaa..
    Ini memungkinkan ada warga yang kesulitan dan bisa terbantu dengan adanya Dukcapil mobil keliling.

    ReplyDelete
  39. wah di tempatku ada beginian juga gak ya, aku nggak tau haha. tapi jemput bola gini memudahkan masyarakat banget

    ReplyDelete
  40. ini baru disebut inovasi, memudahkan rakyat sekaligus bisa penghematan uang transport ke kantor dukcapil, harus sering -sering diadain acara seperti ini neh. jadi urusan surat menyurat aman

    ReplyDelete
  41. Jadi engga terjadian antrian yang mbludak banget yah, kalau di tempatku Dukcapilnya antri pake banget huhu

    ReplyDelete
  42. enak yaa kalau ada yg keliling gini, jd lebih mudah dan bisa ditangani dengan cepat jg ga perlu nyari2 orang yg tugas. oh iya Mpo, penasaran. KTP Barcode itu apa sih?

    ReplyDelete
  43. Jemput bola ini ternyata menguntungkan banget ya mpo buat para pekerja korporat. Secara sekarang urus apa-apa harus weekday alias hari kerja dan ini pasti bentrok sama kerjaan utama. Udah pasti mau ngurus-ngurus ginian harus bisa lebih praktis dan fleksibel.

    ReplyDelete
  44. Asyik ada mobil keliling. Gak perlu antri ke kantor pemerintah ya. Semua serba praktis sekarang.

    ReplyDelete