Manfaat dari kosongkan Gelasmu saat Belajar


Kosongkan gelas sebelum belajar, istilah yang sering kita dengar. kosongkan gelasmu yang artinya kita sok pintar, sok tahu saat kita akan belajar

Teman-teman online pasti bingung dan bertanya-tanya kenapa gelas di jadikan untuk pribahasa ini, bukan panci ataupun mangkok. 
Kosongkan gelas saat belajar

Gelas merupakan bahan yang terbuat dari pasir kuasa yang dilelehkan dan bentuk sedemikian rupa. 

selain dari pasir kuasa, gelas juga terbuat dari kayu dan plastik. Gelas biasa dipergunakan untuk mengisi air putih, kopi, sirup atau teh. 

Manfaat kosongkan gelas saat belajar. 


Teman-teman online bisa belajar dari sebuah cerita. jadi gini nih teman-teman online. 

waktu itu Mpo datang ke sebuah acara lalu ada salah peserta yang usianya kira-kira 45 tahun jadi salah satu peserta pelatihan fotografi. 

selesai materi dari pembicara, kita para peserta diberi kesempatan untuk praktek. si Mba ini ternyata salah dan di dekatilah assisten pembicara dan diajarin cara yang benar. lalu tanpa di sangka Mba ini menarik kamera dan berkata "saya sudah tahu". 

Nah dari cerita inilah kita bisa mengambil hikmah bahwa 

A. kosong gelas mengajarkan kesopanan. 
Mengambil barang kita dengan paksa berarti kita tidak mempunyai sopan santun. 

B. Merasa lebih pintar. 
dari cerita tersebut saat kita belajar hendaknya kita tidak merasa lebih banyak mengetahui dan merasa lebih pintar 

C. Tidak dapat menyerap ilmu. 
ilmu itu bagaikan air dimana sebelum mau dituangkan kedalam gelas. pastikan gelas tersebut kosong agar kita dapat menyerap ilmu tersebut dengan mudah.

D. Lebih sering belajar 
Meng kosongkan air di dalam gelas bisa di maknai kita harus sering belajar. 

Nah, menurut kamu apa sih makna dibalik sebuah istilah kosongkan gelas saat belajar? 
Boleh dong komentarnya. 

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun. 
Ke pasar membeli amplas. 
Saat belajar harus kosongkan gelas. 

12 comments

  1. Prinsip kosongkan gelas saat bertemu orang baru selalu saya lakukan mpo. Karena tidak semua ilmu yang kita punya itu paling sedikit dibandingkan dengan orang yang jumpa sama kita. Maka dari itu, mengosongkan gelaslah caranya. Kadang saya selalu merasa bodoh hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua manusia itu pintar kok ayo semangat belajar dan fokus sama kebisaan kita saja.

      Mpo senang deh mba Ade hadir di sini dan memberikan tanggapan

      Delete
  2. Setuju mpo..
    Saat akan belajar sesuatu kita harus mengosongkan gelas terlebih dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tidak penuh dan tumpah. Ilmu bisa terserap dengan baik.

      Terima kasih mba Dee sudah hadir disini

      Delete
  3. Waah terima kasih ilmunya Mpo. Kadang nih aku lupa kosongin gelas dan merasa lebih pintar. Kadang aja sih, nggak selalu..Tengkyuuu nasehatnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saling mengingatkan saja. Ayo semangat buat belajar mba Nunung

      Delete
  4. Terasa sekali memang Mpo...saat belajar namun kita merasa gak perlu-perlu amat sama ilmu tersebut. Jadi gak masuk sama sekali, asa percuma aja gituu..
    Memang sebaiknya, kosongkan gelas saat akan menimba ilmu dari siapapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar ilmu dapat menyerap dan mudah dipahami. Terima kasih mba Lendy sudah absen di blog Mpo

      Delete
  5. Hmmm.. Kalau aku ngeliatnya lain, mpo. Kita ga mungkin jadi gelas kosong lagi karena jelas pengetahuan dan pengalaman kita pasti ada. Tapi sikap rendah hati dan terbuka memang harus selalu ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tetap rendah hati tapi bukan rendah diri. Semangat buat belajar

      Delete
  6. Kosongkan Gelasmu, dosenku dulu sering banget ngasih masukan kepada anak didiknya dengan pribahasa ini Mpok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo deh kosongkan gelasmu biar ilmu kita dapatkan.

      Thanks ya mba Diah telah berpartisipasi di kolom komentar

      Delete