Pelajaran hidup di Masa New Normal

Masa new normal alhamdulillah kita bisa   melewati masa tersebut dengan aman-aman saja. 

Alhamdullilah RW Mpo tidak zona merah, bahkan di group Dasawisma Mpo menuliskan "good job untuk kita semua" ketika Gubernur DKI, Anies Baswedan mengumumkan daerah zona merah di tingkat RW. 

Apresiasi ini teruntuk petugas dasawisma di RW tempat Mpo tinggal yang selama ini berupaya memberikan informasi tentang bahaya covid-19 dan pencegahan kepada warga sekitar. 

Akan tetapi di hari 132 wabah covid ada di Indonesia maka pertahanan RW runtuh. Hari ini Mpo mendapatkan kabar dari pak RT bahwa besok ada penyemprotan disinfektan karena warga dua RT dalam satu RW terkena covid-19. 

Sedih rasanya, mendengarkan berita seperti itu. Kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi kita untuk tetap melakukan protokoler kesehatan

Selama empat bulan terakhir banyak hal yang sudah kita lewati terutama masa new normal. Banyak pelajaran hidup dari new normal diantaranya 

A. Pindah pasar. 
Selama PSBB Mpo biasa belanja di pasar gembrong karena harga lebih murah daripada pasar dekat rumah. 

Pasar gembrong berada di daerah Cempaka Putih walaupun jarak pasar gembrong agak jauh tapi tidak apalah demi menghemat uang belanja. Tujuan Mpo belanja bukan hanya memenuhi kebutuhan dapur akan tetapi sekalian untuk beli pakan binatang peliharaan yang jaraknya tidak jauh dari pasar gembrong. 

Alhamdulillah petugas di pasar gembrong menerapkan aturan yang ketat sebelum masuk pasar. Kita harus mencuci tangan dan cek suhu tubuh  

di masa new normal ada salah satu warga Cempaka Putih yang terkena Covid-19 maka pasar gembrong di tutup sementara selama tiga hari untuk penyemprotan disinfektan. 

Sejak surat edaran penutupan pasar keluar maka ada rasa was-was di dalam diri. Akhirnya Mpo memilih kembali ke pasar Johar baru. 

Mpo belanja dua kali dalam seminggu makanya sekali belanja, Mpo membawa banyak bahan pangan. 

Alhamdulillah Pedagang di pasar Johar Baru memakai masker jadi agak tenang kalau belanja. 

B. Lebih hemat bensin 
Selama PSBB semua portal di tutup, beruntungnya ada satu gang sempit yang di buka. Di gang tersebut andalan warga untuk keluar dari kawasan rumah Mpo. 

saat melewati gang membuat motor kita harus mengeluarkan bensin yang lebih karena jarak tempuh jadi lebih jauh. 

Sejak New Normal maka portal tersebut dibuka kembali sehingga bisa menghemat uang untuk membeli bensin. 

C. Menjaga Kesehatan 
Selama new normal bukan berarti kita bebas untuk melakukan apa saja akan tetapi kita bisa melakukan berbagai kegiatan dengan prilaku yang baru. 

Covid-19 belum berakhir makanya kita wajib menjaga kesehatan diri kita agar imunitas kita meningkat dan terhindar dari covid-19. 

D. Mengurangi pemakaian kantong plastik.

di masa new normal tepatnya 1 Juli 2020 pemprov DKI memberlakukan aturan untuk mengurangi pemakaian kantong plastik di pasar tradisional dan supermarket. 

Alhamdulillah rezeki jadi blogger banyak kotak makan, tas kain dan tumbler yang diberikan sebagai hadiah goodieback  

Barang-barang tersebut sangat berguna untuk menerapkan aturan pemprov DKI.
Tas kain
E. Belajar 
Bagi seorang blogger walaupun sekarang sudah memasuki new normal akan tetapi kita masih datang ke event lewat virtual

Mpo jadi lebih banyak belajar Semenjak adanya PSBB dan era new normal. Bahkan sehari bisa 5 kali nonton zoom meeting. Senang sih jadi lebih banyak ilmu yang didapatkan walaupun nonton sambil rebahan.
 
Lalu apa sih yang kamu pelajari dari kehidupan new normal? 

di Akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 

Jalan-jalan ke taman safari. 
untuk melihat kuda nil. 
Jangan takut,harus di bikin hepi.  
Belajar kehidupan dari New normal.

17 comments

  1. Kita tetap harus waspada dan hati2 di era new normal ini
    Patuhi selalu protokol kesehatan ya
    semoga selalu sehaattt

    ReplyDelete
  2. bener banget ya Mpo, pandemi ini banyak mengubah kebiasaan dan gaya hidup kita, tapi kita harus tetep survive dan beradaptasi, sama nih mpo kite sama-sama ikutan banyak workshop yaa mumpung lg sering dirumah aja kan

    ReplyDelete
  3. new normal membuatku lebih hidup bersih dan concern soal kesehatan...trs klo aku sih gak hemat....lebih boros malah..krn kebutuhan vitamin dan makanan sehat meningkat

    ReplyDelete
  4. Bagemanapun, mau ga mau kita harus menyesuaikan dengan AKB ya Mpok.
    Dan memang banyak hikmah banget dari masa pandemi ini, semoga kita bisa mengambil sisi postifnyaa.

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah, ikut seneng mpo RW nya nggak masuk zona merah. tetep jaga kondisi ya mpok sekeluarga, semoga selalu sehat aamiin

    ReplyDelete
  6. Mpo....
    Keren banget.
    Meski dirumahaja, tapi gak menyurutkan semangat belajar yaa, Mpo.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget, Mpok. Walopun pandemi ini bikin sedih, tapi ada banyak hikmah yang bisa kita petik ya. Aku juga di sini, banyak banget yang bisa aku petik. Dari semakin deket bonding sama anak-anak dan keluarga, jadi rajin masak, jadi lebih peduli kesehatan, jadi harus selalu hemat, dan lain-lain. Tapi tetep ya, semoga pandemi ini lekas berlalu. Kasian banyak yang gak bisa kerja. Dan anak-anak juga gak bagus belajar di rumah terus. Mereka harus sosialisasi dengan teman-temannya. Sehat-selalu Mpok dan keluarga ya. :)

    ReplyDelete
  8. Bener mbak..selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Mau tidak mau, kita harus menyesuaikan aktivitas dengan kondisi saat ini.

    ReplyDelete
  9. Wah, pantunnya bagus banget. Senang bisa happy deh. New normal disambut dengan penuh waspda ya. Keluar perlu hati_hati.

    ReplyDelete
  10. yes, kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan ya mpok..aku udah nggak sabar nih pandemi segera usai dan pengen segera normal :)

    ReplyDelete
  11. Kehidupan new normal ini memberikan kita pelajaran untuk jadi pribadi yang penyabar dan penyayang. Ya sayang pada diri sendiri maupun orang lain. Jangan ada yang tertular apapun gitu.

    ReplyDelete
  12. iya betul banget mpok beruntung kita punya tas goodie bag banyak jadi bisa dimanfaatkan ya buat belanja

    ReplyDelete
  13. Selalu ada hikmah di balik semua peristiwa ya, Mpok. Seperti masa pandemi seperti sekarang, kita masih bisa mengambil banyak hikmahnya.

    ReplyDelete
  14. Betul Mpo, walaupun pengen panemi segera berakhir, tapi ada hikmahnya juga ya. Akupun merasakan nyari kursus online jadi makin mudah sekarang. Buat ibu-ibu yang susah keluar rumah kaya saya ini semacam blessing in disguise gitu Mpo, jadi bisa ikutan belajar tanpa harus ninggal2 anak....

    ReplyDelete
  15. New normal jadi lebih hemat, lebih sabar juga untuk dirumahaja Mpok, walau sebenarnya udah pengen banget bisa jalan-jalan, anak-anak udah lama gak main di luar tapi harus sabar demi kebaikan bersama.

    ReplyDelete
  16. Nggak nyangka mpok kalau akan ada di era new normal seperti skarang. Jadinya skarang makin jaga kebersihan

    ReplyDelete
  17. Aku malah senyum - senyum baca pantunnya Mpo . Tapi hidup di jaman new normal memang perlu penyesuaian banyak ya

    ReplyDelete