Cara orang betawi menyantap pempek palembang makanan khas Indonesia

Pempek merupakan makanan khas dari Palembang. Pempek merupakan perpaduan antara sagu dan ikan tenggiri sehingga saat di gigit terasa lembut dan rasa kenyal.  

di tambahin lagi kuah cuko yang memadukan antara pedas, manis dan asam membuat kita tidak pernah berhenti menyantapnya.

Salah satu teman blogger yang berasal dari palembang menyatakan makan pempek sudah seperti makan pokok alias sering banget menyantapnya.
Rahasia bikin pempek enak
Pempek palembang
Dok. Website Suara Merdeka
lain halnya dengan Mpo, orang betawi asli. Bagi Mpo, Empek-empek merupakan hidangan istimewa yang selalu ada di acara istimewa seperti acara pernikahan, acara makan prasmanan, arisan dll. 

Potensi daerah lain membuat Pempek

Kota Palembang memang terkenal dengan makanan khas Indonesia yaitu Pempek. 

Akan tetapi mengingat Indonesia yang terdiri dari 2/3 adalah lautan yang kaya akan berbagai jenis ikan. 

Ikan merupakan salah satu kekayaan yang patut kita syukuri. 

Berlimpahnya ikan di lautan membuat para nelayan di berbagai daerah harus berpikir keras agar olahan ikan tersebut bisa memiliki nilai daya jual sehingga banyak orang tertarik membelinya. Tekwan, pempek, kerupuk ikan, Amplang, kripik sirip ikan, abon ikan merupakan salah satu jenis varian oleh-oleh khas dari berbagai daerah dengan bahan baku yang terbuat ikan. 

Mpo beruntung mempunyai adik dan sanak saudara di luar kota sehingga bisa makan pempek versi berbagai daerah misalnya pempek versi jambi, pempek versi bangka belitung, pempek versi banjarmasin dll

Walau setiap daerah memiliki potensi untuk membuat pempek versi daerah tersebut akan tetapi daya tarik membeli langsung dari kota palembang tidak pernah surut. 

Beruntungnya sekarang ini kita bisa membeli pempek makanan Indonesia langsung dari palembang secara online . 

Lalu apa sih keuntungan kita membeli pempek secara online Mpo bisa melihat track record penjual dan testimoni para pembeli sehingga kita mempunyai gambaran akan kualitas dan rasanya.
Keuntungan membeli pempek makanan khas Indonesia secara online
Keuntungan membeli pempek secara online
Walaupun kita membelinya secara online akan tetapi kita bisa mendapatkan kejelasan bahan baku yang dipakai di kolom deskripsi produk seperti menggunakan bahan baku ikan tenggiri dan tanpa pengawet sehingga aman untuk di konsumsi. 

Dalam satu paket pempek khas palembang sudah termasuk saus cuko sehingga kita tidak perlu lagi membuat cuko dan yang paling penting adalah diskon, yap bagi kita emak-emak pasti menyukai diskon spesial yang diberikan dari pihak situs belanja ataupun diskon diberikan oleh penjual itu sendiri 

Unik memang cara orang betawi menyantap pempek palembang akan tetapi bagi masyarakat Sumatra Selatan isian yang biasa di makan orang betawi di namakan rujak pempek.
Cara makan pempek palembang kuliner khas orang betawi
Cara santap pempek
Versi orang betawi
Dalam semangkuk rujak pempek terdiri dari mie kuning, soun, pempek, irisan timun, tauge dan tahu. 

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 

di palembang terdapat sungai Musi. 
di Jakarta terdapat sungai Ciliwung. 
Pempek palembang makanan khas Indonesia masa kini 
Cara santap pempek membuat rasa enaknya tidak ketulung.



12 comments

  1. Jd pengen makan mpek-mpek nih mpo, udah lama ga makan mpek-mpek

    ReplyDelete
  2. Tanpa pengawet jangkauan beli secara online dibatasi dong ya. Ke tempat saya di Cianjur kejauhan gak ya? Pengen beli juga...

    ReplyDelete
  3. Pempek Palembang memang sudah terkenal di seantero negeri ya... Dimana2 ada yg namanya Pempek Palembang ini. Rasa ikannya yg khas menjadikan ciri khasnya gak tergantikan

    ReplyDelete
  4. hehehe, disantap kayak apa juga tetep enak ya Mpo :D
    Kalau saya malah lebih suka santapnya langsung gitu, nggak pakai kuah.
    Kok tiba-tiba ngiler pengen pempek ya baca ini :D

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata orang Betawi punya cara sendiri bukan makan pempek ya mpok. Aku tu baru sering makan pempek pas pindah ibu kota, pas di Sby dulu jarang haha. Duh jd pengen buka pakai pempek deh :D

    ReplyDelete
  6. Baru tau pempek bisa dibuat versi setiap daerah mpo, aq baru tau pempek versi betawi ada yah?

    ReplyDelete
  7. Klo dilihat lihat kok mirip sama soto mie...
    Kreatif bnr orang betawi. Makan pempek aja ada versi sendiri, hehe

    ReplyDelete
  8. Oh aku makan mpek mpek kalau sama anak tuh suka kalap mpok. Hahaa. Soalnya enak pakai cuko pedes. Eh teryata ada cara makan beda ya

    ReplyDelete
  9. Aku jadi kepengen empek empek deh. Udah lama banger ngga makan pempek. Dulu seminggu sekali kudu banget makan hehe. Akupun Mpo, bukan makanan harian hehe saat momen momen ajah

    ReplyDelete
  10. :(( jadi kangen pempek.. aku gabisa biat pempek sendiri biasanya beli nih. Tapi kalo lagi corona gini susaah mau keluar2, go food juga agak ragu huhu

    ReplyDelete
  11. mpek2 favorit saya mah yg 500an dijual di SD2. wkwkw. ekonomis, beli 5rb dapat banyak. ada jg sih yg jual khas palembang, tp mahal beb. benar kata mpo, ini makanan mewah

    ReplyDelete
  12. Pempek emang enak banget duuhh.. kangen yang suka lewat rumah mama. Mpek mpek kampung tapi enaaak..

    ReplyDelete