Pendapat yang salah yang beredar di Masyarakat seputar Ginjal

Banyak pendapat yang salah yang terjadi di masyarakat. Hal ini di karenakan minimnya pengetahuan dan informasi seputar ginjal.
Untuk itulah di hari ginjal sedunia yang jatuh pada tanggal 12 Maret 2020, Kementrian Kesehatan mengadakan blogger gathering yang berlokasi di kawasan HR. Rasuna Said, Jakarta.   

di acara tersebut menghadirkan para pembicara: 
1. dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH. 
2. dr. Cut Putri Arianie, MHKes selalu direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM).
dr. Pringgodigdo Nugroho (kiri)
dr. Cut Putri Arini (Kanan) 


Banyak pendapat masyarakat kalau tidak bisa hidup dengan satu ginjal.  

Hidup dengan mempunyai satu ginjal tidak akan bertahan lama. Tetangga Mpo bernama Cang Rini terlahir dengan satu ginjal saja, sampai usia 57 tahun ia masih bisa beraktivitas normal seperti biasanya.

Lain halnya dengan Cang Rini, Teman-teman online pasti mengenal penyanyi hits Vidi Aldiano yang hanya mempunyai satu ginjal. Hal ini terjadi dikarenakan salah satu ginjal di angkat karena ia menderita penyakit kanker ginjal.

Vidi Aldiano dan Cang Rini merupakan salah satu contoh bahwa pasien dengan satu ginjal dapat bertahan hidup layaknya manusia biasa yang mempunyai dua ginjal.

Lalu apa sih cara yang harus di lakukan untuk menjaga kesehatan ginjalnya yang hanya tinggal satu buah. . 

Menurut dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGHSpPD-KGH "pasien dengan satu ginjal bisa hidup dengan satu ginjal seperti masyarakat biasanya dengan menerapkan pola hidup sehat". 


Pendapat masyarakat kalau minum obat hipertensi dan diabetes bikin merusak ginjal.  


Kerusakan ginjal bisa berpotensi untuk pasien penderita diabetes, hipertensi, kurang aktivitas fisik, pola makan tidak sehat dan obesitas.

Inilah yang akan membuat kita ada rasa khawatir ketika kita menderita hipertensi dan diabetes yang mana kita harus rutin mengkonsumsi minum obat tersebut.

Hal ini juga terjadi pada alm. Mama yang menderita penyakit hipertensi dan diabetes.

Sampai akhirnya Alm. Mama mengalami koma dan dokter menyarankan untuk cuci darah akan tetapi cuci darah tidak dapat dilakukan karena Allah lebih sayang dengan mengangkat penyakitnya selama-lama nya.

Banyak anggapan yang salah di masyarakat bahwa minum obat hipertensi dan gula darah dapat merusak ginjal. Padahal menurut dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH "bukan terlalu sering minum obat hipertensi dan diabetes yang menyebabkan pasien mengalami gagal ginjal akan tetapi akibat tekanan darah yang tidak terkontrol yang mengakibatkan pasien mengalami gagal ginjal"  

Padahal dokter mempunyai target yang harus di penuhi oleh pasien mengenai target tekanan darah yang harus di capai agar tidak terjadi komplikasi.


Banyak pendapat di masyarakat bahwa minum jamu bisa mengakibatkan ginjal menjadi rusak.


Covid-19 merupakan penyakit yang sedang melanda dunia  

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa minum jamu tradisional merupakan salah satu cara agar agar tidak menderita penyakit corona.  

Menurut dr. Cut Putri Arianie, MHKes "Jamu tradisional diminum untuk menjaga kebugaran dan stamina sehingga imunitas menjadi kuat".

Sebaiknya meminum jamu yang di racik sendiri tanpa bahan kimia, pemanis buatan, pewarna dan pengawet.

Sedangkan menurut Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH "Jamu tidak disarankan untuk pemakaian jangka panjang dan pasien sudah terkena penyakit. Hal inilah yang dapat menganggu fungsi ginjal".


Banyak pendapat masyarakat kalau sudah cuci darah maka dekat dengan ajal.


Ginjal merupakan organ yang penting di dalam tubuh. Jika diibaratkan fungsi ginjal seperti saringan teh.

menyaring ampas teh yang tidak berguna oleh tubuh yaitu berupa racun maka akan di keluarkan melalui urine.

Sedangkan cairan yang berguna oleh tubuh akan disalurkan ke seluruh tubuh.

Inilah fungsi ginjal adalah

Pertama, mengeluarkan produksi di dalam tubuh.
Kedua, Menyeimbangkan cairan tubuh.
Ketiga, Memperbaiki sel darah merah. 
Keempat, Mengatur tekanan darah. 
Kelima, Menyaring 120-150 liter darah setiap hari. 
Keenam, Mengaktifkan vitamin D.
Cara mudah agar tidak cuci darah dengan optimalkan fungsi ginjal
Fungsi Ginjal

Banyak sekali manfaat ginjal Jikalau pasien fungsi ginjal terganggu maka ada beberapa cara pengobatan yang harus ia lakukan

1. Mengubah pola hidup sehat dengan CERDIK. 

CERDIK adalah singkatan dari Cek kesehatan rutin. 
Enyahkan asap rokok. 
Rajin olahraga. 
Diet seimbang. 
Istirahat yang cukup. 
Kelola stress. 

Pola prilaku ini di lakukan secara konsisten dan kontinyu.
Agar tidak cuci darah
Lakukan CERDIK untuk pencegahan
penyakit ginjal

2. Terapi obat-obatan yang di berikan oleh dokter.
3. Cuci darah. 
4. Cangkok ginjal.
Cara mengobati gagal ginjal murah
Pengobatan penyakit ginjal
Salah satu cara pengobatan ginjal adalah cuci darah. Uwa Mamat, tetangga Mpo, melakukan rutin cuci darah seminggu dua kali. Tidak sampai satu tahun Uwa Mamat meninggal dunia akibat gagal ginjal.

Lalu apakah kalau kita sudah cuci darah maka dekat dengan kematian. 

Hal itu di bantah oleh dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH. Menurut beliau "ada pasien RSCM yang bisa bertahan hidup selama 25 tahun setelah ia terkena vonis gagal ginjal. Hal ini di karenakan ia bisa displin mengikuti anjuran dokter".

di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun

Bang mamat, anak bulak kapal  Banyak pendapat, harus di luruskan seputar kesehatan ginjal

Note : Cang adalah tante dalam bahasa betawi. Uwa adalah Kakak dari orangtua kita dalam bahasa betawi.

28 comments

  1. Saya baru tahu, Vidi Aldiano hidup dengan satu ginjal. Rumah Vidi dan (apalagi) kantor Bapaknya deket dengan rumahku ini. Aku pernah liat Vidi, pas ulang tahunnya kasih sumbangan ikan dilepas di danau bungur dekat rumahku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kita doa kan semoga Sehat selalu ya Vidi Aldiano.

      Terima kasih sapa dunia telah menyapa Mpo

      Delete
  2. Nggak kebayang kalo ginjal cuma ada satu. Tapi alhamdulillah ya masih sehat cang nya mpok. Mudah-mudahan kita dijauhkan dr berbagai macam penyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin Terima kasih atas doa nya.

      semoga diberikan kesehatan juga untuk abang.

      Delete
  3. Iya mpok kita harus sayangi ginjal kita dengan minum air putih 8-10 gelas sehari biar ginjal sehat. Sehat-sehat ya mpok😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba Emma jangan lupa minum air putih.

      Terima kasih loh Mba Emma telah mengingatkan Mpo

      Delete
  4. "bukan terlalu sering minum obat hipertensi dan diabetes yang menyebabkan pasien mengalami gagal ginjal akan tetapi akibat tekanan darah yang tidak terkontrol yang mengakibatkan pasien mengalami gagal ginjal"



    Hooo gitu ya ... iya sih, pendapat ini memang jamak beredar di masyarakat kita.
    Terima kasih infonya, Mpo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, hal itulah yang perlu harus di luruskan.

      Terima kasih Mba Mugniar telah nonggol di web blog Mpo

      Delete
  5. Ginjal organ vital yg sering dilupakan orang. Jaga ginjal itu mudah ya kak tapi banyak orang yg mengabaikan, padahal fungsinya ginjal banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Mirza ginjal banyak manfaat nya dan sakit ginjal memang menakutkan apalagi sampai cuci darah.

      Oh ya Mba Mirza Terima kasih sudah absen di web blog Mpo

      Delete
  6. Ginjal merupakan organ yang cukup vital oleh karenanya perlu banget menjaga kesehatan dan terapkan pola gaya hidup sehat. Perbanyak minum air putih juga sebagai bentuk menjaga kesehatan ginjal ya mpo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba ayo jaga ginjal kita.

      Oh ya terima kasih ya mba siti telah bersilaturahmi dan komentator di web blog mpo

      Delete
  7. Pola hidup sehat dengan Cerdik bisa menjadi kunci untuk hidup sehat, apalagi terkait ginjal jangan malas minum air putih ya mpo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal minum air tinggal glekgek doang tapi kita suka lupa.

      Terima kasih mba feni telah bersilaturahmi di web blog Mpo

      Delete
  8. Adik dari temanku akhirnya berpulang setelah hampir 10 tahun cuci darah. Kalau menurut dokter, dari rutinnya dia cuci darah, sebenarnya kondisi ginjalnya tergolong masih stabil. Tapi ada organ tubuh lain yang terganggu karena kondisi kegagaln fungsi ginjalnya tersebut. Waktu itu kena paru-paru basah kalau nggak salah.

    Semoga kita senantiasa bisa menjaga kesehatan diri sendiri dulu ya Mpok, sebagai bentuk ikhtiar.

    ReplyDelete
  9. Ginjal ini sering kali terlupakan ya mpok, makanya kudu banyakin minum dan jangan suka minum minuman aneh2 gtu ya...
    Oh ternyata Vidi aldiano kapan hari itu sakit krn operasi ginjal ya mpok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanker ginjal mba.

      Terima kasih mba sudah main-main ke web blog Mpo

      Delete
  10. Iya pok ternyata kesehatan ginjal ini perlu banget di jaga ya pok sejak dini seperti ini enggak sembarangan minum sembarangan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup minum air putih. Sederhana cara menjaga ginjal.

      Terima kasih mba Rara telah bersilaturahmi di web blog Mpo

      Delete
    2. Cukup minum air putih saja untuk menjaga ginjal supaya sehat.

      Terima kasih mba Rara telah memberikan komentar

      Delete
  11. jadi dengan gaya hidup sehat juga bisa membantu ginjal menjadi lebih sehat ya mmbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari ikutan rubah gaya hidup sehat.

      Terima kasih Peri telah hadir di web blog Mpo

      Delete
  12. untungnya rumah kami bebas asap rokok mbak, jadi sudah terhindar dari salah satu penyebab perusak ginjal.

    ReplyDelete
  13. Note sama pola hidup CERDIk nya Mpo, makasih sudah sharing, jadi tercerahkan.

    ReplyDelete
  14. kelebihan kalori penyebab sakit ginjal ya ternyata

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah ya defy, lanjutkan

    ReplyDelete
  16. Selamat pagi Mpok, terima kasih telah mengingatkan selalu ya mpok untuk menjaga kesehatan yang baik. Ya Allah semoga ginjal kita selalu sehat, dimulai dari kita yang harus sadar diri dengna kesehatan kita sendiri.

    ReplyDelete