Satu cerita berjuta cinta

Usia Muda kok bisa kena Stroke

Usia muda adalah masa-masa meraih mimpi seperti mengejar karir maupun mengwujudkan impian pribadi. 

Mimpi-mimpi itu seakan berhenti dan hilang seketika saat kita terkena stroke di usia muda. 

Masih dalam ingatan, salah satu youtuber hits, Rey Utami harus bolak balik mengantarkan suaminya, Pablo Benua untuk menjalani fisioterapi akibat terkena stroke. 

di saat itu usia Pablo Benua masih tergolong muda yaitu 38 tahun. 

Mengigat usia masih muda dan terkena stroke hal inilah yang menjadi pr kita bersama agar penyakit tersebut tidak menyerang kita.
Pertolongan pertama ketika stroke

Wahai kaum Adam Rentan terkena stroke.  


"Stroke bisa di derita oleh kaum adam di usia muda. Rata-rata di usia 45 tahun kebawah yang mana mereka tidak memperhatikan gaya hidup sehat hal ini di ungkapkan oleh Cut Putri Ariani selaku Direktur pencegahan dan penyakit tidak menular pada saat hari stroke sedunia yang jatuh setiap tanggal 29 Oktober. 

Kalau kita pikirkan kenapa di usia muda justru kaum adam yang terkena stroke, hal ini karena kaum adam di ciptakan tidak seperti wanita yang mempunyai hormon untuk melepaskan setiap bulan melalui haid. 

di usia muda para kaum adam bisa membeli makanan apa saja mulai dari makanan tradisional hingga internasional. 

Akan tetapi karena kesibukan kerja yang padat mereka memilih menu praktis fast food yang terkenal mengandung lemak tinggi.  

Tanpa kita sadari aktivitas kita dari bangun tidur hingga tidur kembali yang kurang melakukan aktivitas fisik memperburuk kesehatan kita dan inilah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang memicu terjadinya serangan stroke. 

Serangan stroke bisa kita kenali dengan ciri-ciri yang bisa kita bisa lihat dari wajah pasien yaitu senyum yang tidak simentris, berbicara pelo, sulit menggerakan salah satu anggota tubuh,kebas, rabun dimana pandanga menjadi kabur dan sakit kepala yang hebat. 

Sewaktu alm mama terkena stroke, mama hanya diam di tempat tidur hal ini di karenakan hipertensi yang tinggi. 

Mpo sekeluarga tanpa pikir panjang langsung membawa mama ke dokter 24 jam, disana mama mendapatkan pertolongan pertama yaitu pemberian obat di bawah mulut untuk menurunkan hipertensi.  

Beruntungnya kita langsung membawa mama ke rumah sakit sehingga bisa di tangani dengan cepat. 

Oh ya jikalau teman-teman mengalami hal yang serupa, Mpo menyarankan jangan panik dan jangan berpikir panjang mengenai biaya rumah sakit. Teman-teman langsung saja membawa ke rumah sakit dengan membawa kartu BPJS, fotokopi ktp dan fotokopi kartu keluarga agar si pasien akan mendapatkan perawatan tanpa harus di kenakan biaya. 

Oh ya waktu itu berharga loh, apalagi bagi penderita stroke. Dua jam pertama itu adalah waktu terpenting, untuk teman-teman membawa ke rumah sakit. Jangan sampai terlambat untuk mengurangi resiko cacat seumur hidup. 

Ingat ya teman-teman, banyak mitos yang beredar di luar sana, makanya teman-teman harus lalukan yang terbaik dan Tidak usah deh, tubuh si pasien di tusuk jarum untuk mengeluarkan aliran darah yang tersumbat, ingat ya itu mitos. 

data data stroke di usia muda.


Tidak afdol nih kalau berbicara penyakit tanpa ngomongin mengenai data. Hal ini bisa jadi gambaran betapa dasyatnya suatu penyakit yang bisa merenggut nyawa kita. 

Tahukah teman-teman bahwa penyakit stroke ini merupakan penyakit nomor dua di dunia yang bisa mengenggut nyawa manusia, itu kata riset WHO. 

Pasien stroke harus mengaktifan bagian tubuh yang mengalami mati rasa dengan cara melakukan fisioterapi. 

Nah, kalau menurut data BPJS, anggaran 2,56 triyun pada tahun 2018 itu di pakai para pasien stroke. Angka yang cukup fantatis.  

SDM unggul di usia muda tanpa stroke. 


Amit-amit deh kalau kena stroke, itulah tanggapan semua orang ketika mengetahui bahaya stroke. 

Pastinya kita ingin di usia muda tidak menderita stroke. Hal ini karena kita tahu resiko penyakit stroke adalah cacat seumur hidup.  

Sesuai dengan tema nasional hari Stroke yaitu otak sehat, SDM unggul. Maka kita bisa mencegah terjadinya stroke.  

  • CERDIK 

Bagi teman-teman belum mengetahui apa itu cerdik, maka perhatikan ya, bahwa CERDIK merupakan singkatan:
Cek kesehatan rutin.
Enyahkan asap rokok. 
Rajin lakukan aktivitas fisik 
Diet seimbang. Istirahat cukup. 
Kelola stress.  

Teman-teman bisa melakukan pola hidup sehat dengan melakukan cek kesehatan rutin di puskekamas minimal sebulan sekali. Teman-teman bisa mengecek tensi darah tinggi, gula darah dan kolesterol secara gratis di puskesmas dengan menyertakan kartu BPJS kesehatan. 

Lalu teman-teman yang masih mempunyai hobi merokok, bisa mengurangi rokoknya dan kalau perlu nih, menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini karena rokok berbahaya pada kesehatan jiwa dan juga kesehatan kantong. 

Selain itu pula, teman-teman di usia muda juga harus rajin melakukan aktivitas fisik dan pola makan yang seimbang.   

Nah kalau teman-teman termasuk orang super sibuk saat temu blogger kesehatan di gedung Kemenkes RI, Dr. dr Al Rasyid, Sps (K) memberikan solusi yang bisa teman-teman praktekan. "Saya termasuk orang yang sibuk, tidak ada waktu untuk berolahraga, oleh karena itu saya selalu jalan kaki dari rumah ke kantor. Hal ini saya lakukan untuk mensiasti agar agar bisa berolahraga".  

Kebiasaan yang ia lakukan pastinya akan menemui bisik-biskan yang tidak enak di telinga seperti "dokter kere amat ke kantor jalan kaki". Akan tetapi ia tidak pernah mengubris nya.
dr. Al Rasyid dan Cut putri Ariani
(Dari kiri ke kanan)
Dok. Hermini
salah satu kebiasaan yang kita lakukan yang membuat kita lupa diri adalah kerja...kerja dan kerja, bahkan tengah malam masih lembur kerja. Ingat loh teman-teman tubuh itu butuh istirahat . sama hal nya seperti mesin yang terus bekerja maka ia akan mengalami kehausan onderdil yang lebih cepat. Oleh karena itu tidur selama 8 jam itu penting bagi kesehatan.  

Kelola stress merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa mencegah penyakit stroke. 

Sesungguhnya mengelola stress itu mudah di lakukan dan murah. teman-teman tidak perlu melakukan traveling keluar negri akan tetapi teman-teman bisa melakukan kegiatan sederhana yang bisa membuat teman-teman menjadi bahagia seperti berkemah di belakang rumah bersama keluarga, bermain piano, menulis dll. 

Dengan aktivitas yang menyenangkan maka kita bisa mengelola stress.
Cara mencegah stroke
Cegah stroke

di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun.  

Makan lemak bikin gendut. 
Lakukan cerdik, agar stroke di usia muda tidak mendekat
Share:

18 comments:

  1. Padahal penyakit gak kenal muda dan tua, kalau pola hidup masa muda berantakan dan gak jaga makanan bisa bahaya ya mbak. Setauku Indonesia juga lumayan deh peringkat stroke ini.

    ReplyDelete
  2. memang penyakit jaman sekarang banyak banget ya mbak, penyakit dengan nama2 asing mulai bermunculan, bahkan yang dulu hanya menjangkiti usia 40 keatas sekarang anak muda bisa mengidapnya :(

    ReplyDelete
  3. Serem y kalau udah kena sakit parah di usia muda. Peringatan banget ini untuk membiasakan gaya hidup sehat

    ReplyDelete
  4. Stroke memang gak pandang usia. Apalagi gaya hidup zaman sekarang yang memang berpotensi untuk itu

    ReplyDelete
  5. wah baru tau nih kalo stress teryata bisa jadi penyebab stroke juga, harus maintenance pikiran ya berarti selain maintenance makan dan pola tidur juga.

    ReplyDelete
  6. Sediih tapi inilah yang memag terjadi mba. Nggak nyangka penyakit yang dulu dialami orangtua kini bisa dialami anak muda :( Harus bener deh kaga pola hidup

    ReplyDelete
  7. bener banget niiih stress itu emang wajib banget di kelola dengan baik yaa, nggak perlu sama yg mahal mahal, soalnya yang murah juga banyak hihihihi

    ReplyDelete
  8. Sekarang ini gaya hidup memang menentukan kesehatan kita ya. Semoga kita smeua diberi kesehatan dan keselamat. Sehat selalu. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. iya sekarang mah, penyakit ngga pilih-pilih ya, padahal stroke dikenal dengan penyakit orang tua, harus jaga pola hidup nih

    ReplyDelete
  10. Informasinya bermanfaat banget mba kebetulan aku penasaran banget memang kenapa masih muda bisa kena stroke huhu

    ReplyDelete
  11. Aku juga dulu ngiranya kalau stroke itu ga bisa menyerang orang yang masih muda. Tapi ternyata stroke tidak dipengaruhi usia, tapi riwayat penyakit sama gaya hidup. Sedih banget kalau orang tercinta kena stroke.

    ReplyDelete
  12. paling sebel emang nih, si asap rokok, suami ku paling bebel kalo dibilangin jangan ngeroko, padahal udah tau risikonya besar untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  13. bermanfaat banget mbak artikelnya, baru tahu tyt banyak kaum adam yg masih muda uda kena stroke ya waduh

    ReplyDelete
  14. Aku tertarik banget dengan cerdik yg sesi untuk mengelolah stress, sampai sekarang masih terus belajar biar bisa seimbang

    ReplyDelete
  15. CERDIK emang harus diterapin banget sih ya. tapi kontrol stres itu yang agak susah sih, apalagi yang model kayak aku gini. gak kerasa stres, senyum mulu happy, tau2 sakit kepala, gak taunya tanpa sadar aku stres dr bbrp waktu lalu huhu. mesti konsul ke dokter ya kalo kayak gini

    ReplyDelete
  16. Cerdik ini harus disebarkan dan diterapkan ke seluruh masyarakat Indonesia yaa..
    Agar selalu sehat dan gak ada ceritanya masih muda uda sakit.
    Huhuu~
    Sedih dengernya...usia produktif kan yaa..

    ReplyDelete
  17. Makasih Mpo sudah mengingatkan
    Seru ya acaranya mpo. Mempelajari soal stroke. Biar jaga jaga mai dari muda mengatur pola kehidupan yang pas pada porsinya.

    ReplyDelete
  18. pengalaman ibu mertua pernah kena stroke, saya makin cerewet soal pola makan dan hidup suami. benar, stroke ini bisa menimpa siapa saja termasuk di usia muda. pernah dengar juga kisah masih muda kena stroke.

    ReplyDelete

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *