Satu cerita berjuta cinta

Cenil susu kudapan di saat santai

Cenil adalah makanan sewaktu Mpo masih kecil. taburan gula dan rasa kenyal saat menggigit bikin sensasi makan terasa beda, apalagi dipadu dengan gurihnya kelapa muda. aduh nikmatnya. 

Cenil adalah oleh-oleh yang Mpo bawa pulang ketika pulang dari pasar Johar baru. 

Sejenak beristirahat nonton televisi sambil makan cenil. Wuihh rasanya enak banget. Berhubung beberapa hari ini tukang cenil tidak jualan, kangen pengen makan cenil dan akhirnya Mpo memutuskan untuk membuat sendiri
Jajanan untung besar
Nah, kali ini Mpo mau membuat cenil yang sedikit berbeda yaitu cenil susu. 

Kebetulan di kulkas ada susu, saatnya memanfaatkan bahan yang ada.  

Bahan-bahan yang diperlukan sangatlah mudah di dapatkan dan harga murah.
Cenil susu
Cenil susu
Bahan-bahan yang diperlukan 
250 grm sagu 
125 ml air susu (air + susu putih) 
1sdt Kapur sirih. 
Sagu untuk taburan. 
Pewarna hijau dan kuning. 

Cenil coklat susu: 
125 grm sagu. 
75 ml air susu (air + susu coklat cap enak) 
1sdt kapur sirih.
Sagu untuk taburan.
Pewarna coklat.  

Cara membuat sangat mudah akan tetapi memang diperlukan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang enak dan kenyal. 

Pertama-tama masukan semua bahan aduk rata lalu sisihkan menjadi dua bagian dan di beri pewarna kuning dan hijau. 

Setelah itu kukus adonan hingga matang. Kira-kira memerlukan waktu 30 menit. Memang memerlukan waktu yang lama sehingga perlu ekstra sabar.

Setelah dingin adonan taburkan sedikit sagu lalu potong-potong sesuai selera. Setelah di potong panaskan air panas masukan adonan cenil sampai matang. 

Lakukan hal yang sama pada cenil coklat susu. Setelah dingin dan sebelum di sajikan taburkan kelapa muda dan gula pasir.  

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun.

Terbuat dari sagu
Rasanya kenyal bila di gigit.
Tidak perlu ragu.
Cenil susu rasanya mengigit.
Share:

28 comments:

  1. Wah enak sekali kudapannya mpo, lebih enak lagi kalau dituangin si enakkk ya pasti tambah enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah gurih.

      Terima kasih mba Dwi telah bersilahturahmi di web blog Mpo

      Delete
  2. wah aku belum pernah denger atau cobain cenil, kayaknya gampang ya bikinnya, aku coba bikin ah mpo :) thanks resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyal kenyal gitu.

      Terima kasih mba Winda telah bersilahturahmi di web blog Mpo

      Delete
  3. aku juga doyan ini cenil Mpo tapi kalau kebanyakan gula gigiku suka sakit hahaha..duh kangen banget makan cenil nih jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terlalu banyak nuang gula.

      Terima kasih mba Herva telah bersilahturahmi di web blog Mpo

      Delete
    2. iya ya Mpo next pengen cobain bikin sendiri ah kangen banget sama jajanan satu ini

      Delete
  4. Wah gampang banget ternyata ya solusi buat jajanan si kecil biar gak jajan di luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba hemat uang jajan.

      Terima kasih mba Aliyatus telah bersilahturahmi di web blog Mpo

      Delete
  5. Waduh cenil kesukaan aku banget ini tapi belum pernah masak sendiri. Thanks kak resepnya ntr aku coba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba puput telah bersilahturahmi di web blog mpo

      Delete
  6. Makasi resepnya ya mpo, aku mau ikutin bikin cenil ini ah langsung aku save resep cenilnya horeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan di save.

      Terima kasih mba Ola telah bersilahturahmi dan komentar di web blog mpo

      Delete
  7. Cenil susu ini mirip klepon gitu ya? Keliatannya enak tp aku bukan penggemar kue basah/ suguhan manis 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mba klepon dari tepung beras, sedangkan cenil dari sagu.

      Terima kasih mba Melissa telah bersilahturahmi di web blog Mpo

      Delete
  8. waaah ini juga pas jaman smp atau sma bapaku suka beli di pasaaar, ini ditaburin parutan kelapa dan gula pasir kan yaa, sekarang udah agak susah di cari hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba jarang ada yang jual.

      Terima kasih mba Demia telah bersilahturahmi di web blog Mpo

      Delete
  9. wahh mbak keknya enak nih si cenil, aku belum perna denger nih baru tahu, jadi pengen praktekin di resepnya

    ReplyDelete
  10. ternyata bikinnya gampang yak. kalau coklat enaak mah ada di kulkas, tinggal beli tepung sagunya nih buat dieksekusi

    ReplyDelete
  11. aku suka baget cenil, kalo di desa ku dulu namanya cendil, tapi sama aja rasanya, manis, kenyal gitu, ah suka deh sama makanan tradisional, tapi belum pernah kalo pake kental manis mpo biasanya gula doang, bisa dicoba kali yes

    ReplyDelete
  12. Pas banget lagi nyari yang pas buat weekend ini dan langsung nemu resep ini. Makasih mba. Ijin niru resepnya mba :)

    ReplyDelete
  13. Aku suka cenil juga, tapi biasanya ditaburin gula jawa cair, oh ini diganti kental manis cap enak ya. Hmm jadi penasaran gimana rasanya, lebih milky sih pastinya ya

    ReplyDelete
  14. Ini kalo di kampung saya namanya cendil, makanan favorit saya banget waktu kecil tapi kalo sekarang rada susah ya nyarinya :)

    ReplyDelete
  15. yaampun aku suka banget cenil dari dulu! tapi sekarang gak pernah beli lagi karena udah gak pernah nemu abang2jualan cenil huhu. ternyata bikinnya gampang ya, boleh banget nih dicoba :D

    ReplyDelete
  16. Wah cenil susu, aku udah lama banget nggak makan cenil jadi pengen bikin sendiri di rumah nih.

    ReplyDelete
  17. Wah enak, mudah juga ya buatnya. Jadi kepo aku hehehhe nanti dicoba deh buat ngemil ngemil. Makasih mpo resepnya

    ReplyDelete
  18. Belum pernah nyobain Cenil, enak yah? Duh jadi penasaran ingin nyobain deh

    ReplyDelete
  19. Cenil ini salah satu jajan pasar favorit aku. Ternyata cara membuatnya cukup mudah ya mbak, daripada beli mending berkreasi sendiri di dapur ya.

    ReplyDelete

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *