Telur garing sambal terasi

"Telur garing sambal terasi" itulah jawaban ku saat ade bontot bertanya "mpo masak apa?".  

"memang nya bisa telur itu di buat garing, yang ku tahu telur pakai keremes"
tanya lagi ade bontot.


"Coba aja deh makan pasti beda" jawab ku lalu ade bontot memgambil garpu dan memotong telur dan mencocol dengan sambal terasi.

"Enak Mpo, telur garing ada bunyi kriuk. Ah aku mau ambil nasi, mau makan ah". lanjut ade bontot.

Enaknya telur garing sambal terasi.


Kok bisa telur sampai garing. Hem penasaran khan. Sebenarnya itulah yang juga menjadi pertanyaan Mpo saat melihat video di instagram. Saking penasaran Mpo membuat deh resep telur garing sambal terasi..

Resep ini merupakan modifikasi dari resep rasa sayange. Mpo mau ucapkan terima kasih sama chef Rudy Chaerudin sebagai chef di acara rasa sayange.

Mpo memodifikasi resep ini di sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah seperti penambahan ikan tongkol, kol, andaliman dan menggunakan sambal terasi.

Resep aslinya menggunakan sambal goreng akan tetapi karena Papa Mpo sangat suka makan sambal terasi daripada sambal goreng. Teman-teman bisa mencatat bahan-bahan yang di gunakan yang mudah di dapatkan di pasaran.

Oh ya kalau teman-teman kesulitan mencari andaliman, teman-teman tidak usah memakai nya karena tidak akan mempengaruhi rasa.
Setelah bahan-bahan di dapatkan, teman-teman bisa mengeksekusi nya langsung di dapur. 

Untuk membuatnya sangat mudah loh, teman-teman. Pertama-tama kita hanya perlu mencampur semua bahan utama dan di kocok sampai rata.  


Setelah rata jangan lupa panaskan wajan dengan minyak goreng secukupnya. lalu masukan adonan yang telah di kocok dan goreng hingga matang.  


Setelah matang potong telur tersebut menjadi beberapa bagian sesuai selera. Nah setelah di potong teman- teman masukan ke adonan cair dan lalu di balur tepung. Hal ini di lakukan hanya sekali saja ya.lalu goreng. 


Selama proses menggoreng maka teman-teman bisa membuat sambal terasi. Teman-teman bisa menggunakan blender ataupun dengan cara di ulek. 


Nah cukup mudah kan cara membuatnya dan bikin ketagihan deh makan nya.  


di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun. 


Ada telur ayam. 

Ada sambal terasi.  
Ayo sekarang saatnya kita nyam-nyam. Telur garing sambal terasi makanan bergizi.

No comments