Satu cerita berjuta cinta

Beda loh, Sambal Goreng Ati Kentang Buatan ku

Sambal goreng ati kentang buatan ku, kali ini di bikin berbeda sedikit. Pasti kamu penasaran khan, apa bedanya? 

Mpo tidak menggunakan santan karena kalau memakai santan cepat basi. Oleh karena itu mpo memutuskan tidak memakai santan. 

Perbedaan lainnya dari sambal goreng ati kentang buatan mu yaitu mpo tidak menambahkan air sehingga sambal goreng ati kentang terasa kering.

Nah, kalau kamu biasanya membuat sambal goreng ati kentang menggunakan pete maka Mpo menggunakan terasi untuk mendapatkan efek sensasi wangi.

Hem kamu pasti penasaran khan resep sambal goreng ati kentang buatan ku. Ini nih, catat baik-baik ya.

Bahan utama:
5 buah ati ampela, rebus dan iris.
4 lembar daun jeruk.
2 lembar daun salam.
1/4 kg kentang goreng.
Garam, gula secukupnya.

Bumbu di haluskan
8 sdm bumbu dasar merah.
2 buah tomat.
2 buah terasi. 
2 ruas kunyit. 
1 ruas jahe. 

bahan-bahan yang di gunakan, semua bahan bisa kamu dapatkan di pasar tradisional dengan harga terjangkau.
Resep sambal goreng ati kentang

Ok, kita memulai memasak ya. Pertama-tama kita harus memblender rempah-rempah sampai halus. Oh ya bumbu dasar merah tidak perlu di blender ya. 

Setelah halus rempah-rempah kita tumis sampai harum, lalu masukan salam dan daun jeruk.

Masukan ati ampela, gula, garam dan kentang di aduk rata. Oh ya jangan lupa ya koreksi rasa biar makin sedap.
Sambal goreng ati kentang tanpa santan
Sambal goreng ati kentang
Resep sambal goreng ati kentang buatan ku memang sederhana dan mudah di buat. Lalu apa sih resep rahasia sambal goreng buatan mu? Berbagi resep yuk di kolom komentar. 

di akhir cerita ini, Mpo mau berbalas pantun. 

ada bawang merah.
ada bawang putih. 
daripada kamu marah-marah.
Cobain sambal goreng ati kentang buatanku, bikin nagih.
Share:

22 comments:

  1. Padahal baru selesai makan, baca ini bawaannya laper lagi. Apalagi kalau dimakan sama nasi putih hanget. Uhhh lezat, nyam nyam nyam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Eny telah bersilahturahmi dan komentar di webblog Mpo

      Delete
  2. Yaelah si Mpo ini maaah ... Mau diet iniloooh, liat beginian jadi pingin makan lagi kan 😭
    Btw, kujuga mengurangi santen, Mpo. Demi faktor U hahaha

    ReplyDelete
  3. Sedapnya sambal goreng ati kentang, jadi pengen bikin sendiri dengan resep ala Mpo Ratne. Pastinya beda dan khas karena tidak pakai santan dan ada daun jeruk. Bumbu dasar merahnya tinggal beli di pasar, ya?
    Saya suka ati ampela, pasti enak disambal gitu.

    ReplyDelete
  4. Andai dekat, kusamperin deh Mpok :)

    Itu yang bikin beda ada kunyit, jahe, terasi, daun jeruk, danu salam, ya Mpok? Noted, deh. Makasih sharing-nya :)

    ReplyDelete
  5. Mpo, ternyata gitu ya tipsnya.
    Gosah dikasi santan dan air malah lebih awet, tdk mudah basi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Wah..tanpa santan jadi lebih sehat nih ya sambal gorengnya.. Catat ah resepnya untuk dicobain kapan2.

    Biji selasih nempel di tembok
    Terima kasih ya Mpok..

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen nyicipin sambal goreng ati kentangnya, mpo.
    Malem2 perut auto kriuk.Laziz.

    ReplyDelete
  8. Padahal baru kemarin beli ati ampela, duh dapat resep kayak gini pengen coba apalagi dicampur dengan kentang

    ReplyDelete
  9. Sama Mpo saya juga kalau bikin sambal goreng kentang ga pakai santan dan ga pakai Pete. Tapi saya gak pakai terasi sih.terus satu lagi, meski namanya sambal tapi saya gak pernah masak pedas. Soalnya anak gak suka hehehe

    ReplyDelete
  10. Kalau buat sambal ati goreng kentang, aku banyakin cabe merah besar dan direbus dulu agar warnanya ga pucet hehe.

    ReplyDelete
  11. Wah unik juga nih resepnya Mpok Ratne, coba kapan-kapan aku buat seperti ini. Aku biasanya bikin pakai santan tapi ntar dikeringkan jadi kuahnya nyemek gitu Mpok

    ReplyDelete
  12. Halo mpok. Sama kayak aku juga hampir nggak pernah pakai santan kalau bikin sambal goreng ati ampela. Lebih enak keringan gitu sih :)

    ReplyDelete
  13. Duh kangen aku makan sambel goreng kentang ini, Mpok. Bahan-bahannya sama dengan yang biasa kupakai juga

    ReplyDelete
  14. Bumil mudah tergodaaaa...jadi pengen eksekusi buat besok nih mbak hehehe

    ReplyDelete
  15. Maksay, aq nyontek ya resep rahasianya. hehe. Mau masak sambal goreng ati kentang aja ahh besok, pake resep ini. Jadi laper pisan ini

    ReplyDelete
  16. Mbak siang-siang gini lihat tampilan makanan sambel ati jadi lapar. Pengen banget, eksekusi langsung dibuat hehe.

    ReplyDelete
  17. Salah nih aku baca postingan gini pas lagi jam makan siang dan memang sudah lapar. langsung kebayang enaknya sambal goreng ati kentang...

    ReplyDelete
  18. Benar bnget... Dewi kadang buat bumbu ada yg di blender ada yg cm diiris jadi makin greget rasanya ya mpok😍

    ReplyDelete
  19. Pernah bikin beberapa kali, tapi kenapa ya ampelanya keras Mpok?

    ReplyDelete
  20. Eaaa harus aku buktikan ini MPos eenak apa buatanmu wkakaka
    kaapan2 kalo ke Jakarta main ke tempat Mpo ah, cobain sambel goreng atinya

    ReplyDelete
  21. Sambel goreng ati kentang ini favorit suamiku. Seleranya cocok yang kayak gini. Doyan banget.

    ReplyDelete

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tags

Blog Archive