Satu cerita berjuta cinta

Andaliman Bumbu Otentik Khas Batak untuk Internasional

Andaliman merupakan bumbu otentik khas Batak yang Mpo coba perkenalkan sama papa. 

"Mpo, enak nih, tumben nyambel pas dan wangi" itulah celotehan papa sambil menyantap sambal andaliman. 

Papa makan sangat lahap walaupun menu makan siang hanya sepiring nasi hangat, lalap, ikan asin dan sambal andaliman. 

Kita makan siang dengan mengunakan tangan dan duduk di alaskan tikar terasa nikmat sekali. 

di lain hari, Mpo menggunakan andaliman kering dipakai saat marinate dan balutan tepung ayam. 

Bontot, adik Mpo menyantap ayam krispi dengan mengunakan andaliman kering. "Mpo ini ayam kaya ayam goreng buatan Amrik."

Sabtu sore, tukang bakso malang berkata "pakai apaan tuh Mpo, tumben tidak memakai sambal saya". 
"Ini nih bang,Mpo pakai sambal khas Batak, cobain deh bang, pasti ketagihan", ujar Mpo.

Rasa makanan jadi istimewa karena bumbu otentik khas Batak 

Andaliman merupakan buah yang kecil yang bergelombor. Rasa unik andaliman berasal dari kulit bagian luar buah .

Andaliman disebut juga merica Batak di saat kita menyantap andaliman, rasa pedas tidak seperti cabe yang terlalu pedas akan tetapi menonjol aroma wangi disaat menyantap nya hal ini di sebabkan andaliman termasuk dalam jenis tanaman Citrus.

Selain aroma wangi yang mengoda untuk di cicipi, ada sensasi rasa kelu di lidah yang tidak mau pergi, hal ini di sebabkan oleh kandungan hydroxy alpha sanshool.

Andaliman bukan hanya bisa dijadikan bumbu rempah sebagai penyedap rasa masakan yang telah lulus di uji coba menjadi 336 resep masakan dan bisa diolah menjadi minuman insufed water.
Enaknya minum insfused water andaliman
Seger infused water
Andaliman merupakan tanaman langka yang hanya hidup di daerah yang mempunyai ketinggian 1150 sampai 1500 kaki dari permukaan laut seperti di daerah Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Sidikalang, Ria-ria, Parsobiran & Lumban Julu, Toba Samosir. 

Seperti mawar, pohon andaliman juga mempunyai duri dan pohon dengan dahan yang kuat mempunyai tinggi mencapai empat meter, hal inilah yang menjadi tantangan para petani saat memetik buah andaliman.
Andaliman Bumbu otentik khas Batak kaya manfaat
Bumbu kaya manfaat

Nasib buah Andaliman    

Andaliman merupakan rempah rempah yang di pakai dalam masakan Batak angkola dan Batak Mandailing. 

Sangsang, Na Niura, ikan arsik merupakan salah satu masakan khas Batak yang memakai andaliman. 

Harga andaliman bagikan recehan karena tidak ada standar pasar internasional untuk menetapkan bumbu rempah khas Batak. 

andaliman kering atau bubuk banyak digunakan pada saat harga upacara adat, maka disaat inilah permintaan pasar meningkat yang membuat harga andaliman menjadi naik mencapai lima ratus ribu.

di saat bulan Febuari, Maret dan Oktober buah andaliman mengalami masa panen akan tetapi pasar permintaan sedikit hal inilah yang membuat harga andaliman menjadi jatuh, apalagi andaliman cepat busuk jika tidak cepat di olah.

Untuk itulah Marundus Sirait mendedikasikan hidupnya untuk andaliman dengan membuat konservasi hutan seluas 5,5 ha yang diberi nama taman Eden 100.

Patut di contoh dedikasi Marundus

Marundus merupakan pria yang unik, ia telah mendapatkan kelapataru di usia yang terbilang muda, pada saat menikah dengan pujaan hatinya bertepatan dengan hari lingkungan hidup dan ketika anaknya pertama lahir maka ia menanam satu pohon di GEO Park. 

Salah satu keunikan lainnya, ia menjual semua alat musik yang menjadi hoby nya sewaktu muda dan piala yang telah ia terima untuk membiayai taman Eden, wow sungguh besar dedikasi terhadap alam Indonesia. 

Taman Eden inilah yang banyak di tumbuhi andaliman dan merupakan salah satu Geopark Kaldera Toba di Sumatra Utara.

di saat masa panen untuk itulah Marundus mencoba membuat berbagai macam olahan andaliman yang memperkerjakan para ibu rumah tangga.

Olahan tersebut diantaranya keripik andaliman, sambal andaliman, andaliman kering, andaliman bubuk, kacang telur andaliman, keripik ketela andaliman, roti ketawa andaliman dll. 

Goepark Kaldera Toba bukan sekedar destinasi wisata. 

Kalau kita ngomongin soal Sumatera Utara pastinya akan klik dengan danau Toba dan pulau Samosir.
Sejarah danau Toba dan tempat penghasil andaliman
Belajar sejarah danau Tob

Wan Hadayati, selaku dinas pariwisata Sumatra Utara mengajak para blogger (6/04) untuk mengenal sejarah danau Toba.   
Danau Toba merupakan danau buatan yang akibat letusan gunung pada 74.000 tahun yang silam. Wow sungguh besar karya sang pencipta yang bisa kita nikmati keindahannya sampai sekarang. 

Letusan gunung api tersebut membentuk sebuah kawah Kaldera yang luasnya 1.130 meter dengan ketinggian air mencapai 50 meter. Salah satu pasca pembentukan Kaldera tersebut adalah pulau Samosir. 

Andaliman banyak tumbuh di sekitar danau Toba yang rencananya danau Toba merupakan bagian dari 13 site goepark akan di daftarkan ke UNESCO sebagai warisan dunia.

Geopark Kaldera Toba tidak hanya menghadirkan hutan hutan yang rindang akan tetapi juga adanya taman bermain anak dan tempat makan yang cozy plus tempat membeli oleh oleh khas Batak.


Andaliman masuk pasar Eropa. 

Untuk memperkenalkan andaliman atau orang Asia timur mengenal sebagai Sichuan paper maka dilakukan perkenalan produk yang di hasilkan oleh andaliman. 

COP 24 United Nations Framework Convention on Climate Change di Polandia pada tanggal 28 Desember 2018. 

Sungguh para tamu undangan sangat menyukai produk yang dihasilkan andaliman dan menyambut andaliman sebagai bumbu rempah yang ramah lingkungan, hal ini di sebabkan oleh tanaman endemik yang tumbuh di sekitar danau Toba ini sangat harmonis dengan masyarakat dan andaliman tidak menggunakan pupuk kimia .

Andaliman memakai pupuk kompos alami dari daun yang berjatuhan di sekitar andaliman. 

Produk andaliman laku keras di jual di saat itu sehingga membuka peluang bagi andaliman untuk masuk pasar Eropa.
Produk yang menggunakan  andaliman
Olahan andaliman

Yayasan Dokter Syahril Mendukung Andaliman


Yayasan Dokter Syahril adalah yayasan yang bergerak dalam bidang kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup. 

Yayasan Dokter Syahril ingin mengangkat andaliman tidak hanya sebagai produk yang bisa digunakan untuk kuliner akan tetapi juga berbagai kepentingan. 

"Andaliman merupakan simbol solusi permasalahan global mulai dari pemberdayaan perempuan, ekonomi masyarakat yang meningkat, permasalahan ekosistem" hal inilah yang di ungkapkan oleh Dr. Amanda Kantili selaku Founder Omar Niode Foundation.
DR Amanda


Andaliman citra rasa Internasional 

Andaliman bukan hanya untuk citra rasa nasional akan tetapi merupakan citra rasa internasional yang bermanfaat tidak hanya dari segi kesehatan akan tetapi juga dari segi keamanan. 

Paper spray adalah salah satu produk yang akan dibuat untuk melindungi kita dari kejahatan, hal ini di ungkapkan oleh ibu Titi rosdiana perwakilan dari kantor urusan presiden bidang perubahan iklim.
Andaliman cara untuk melawan kejahatan
Andaliman tidak hanya buat kuliner

Andaliman akan di buat menjadi barang yang sangat ampuh melawan penjahat dengan bentuknya yang kecil, saat kita membuka tutup dan menyemprotkan ke wajah sang penjahat maka muka sang penjahat akan terasa kepanasan. 

Produk andaliman bisa menjadikan produk khas dari tanah Batak yang memiliki nilai jual dan pasar yang besar

Almond Zucchini saksi kelezatan andaliman. 

Tidak lengkap rasanya saat ngobrolin resep masakan tanpa mencicipi masakan yang menggunakan andaliman. 

Almond Zucchini merupakan lokasi dimana chef nyentrik dan gadungan, Rahung menunjukan kebolehan dalam mengelola andaliman.
Tempat pesta
Saatnya beraksi di studio masak
Dengan cekatan dan terampil chef Rahung mengelola ikan tenggiri yang diberi bumbu andaliman dan memakai sebatang sereh dalam mengelola sate lilit andaliman.

Aroma wangi yang berasal dari andaliman dan sereh saat membakar memenuhi ruangan studio dapur di almond Zucchini, Hem harum, tidak sabar Mpo mencicipi sate lilit andaliman. 

Sayur Box, sayuran dan buah dari petani lokal. 


Tidak lengkap dong saat memasak tanpa memakai bahan bahan yang segar. Sayur box adalah aplikasi yang membantu kita mendapatkan sayuran dan buah buahan dari petani lokal.
Buah segar
Dengan memperdayakan petani lokal maka petani akan semakin maju dan terhindar dari permainan harga para tengkulak .

Javara memberdayakan warga sekeliling hutan.

Javara merupakan salah satu merk yang mengusung pada pemberdayaan warga sekitar hutan agar para warga tidak lagi menebang pohon di hutan dan pemberdayaan kaum ibu rumah tangga membuat berbagai macam produk olahan.
Produk oleh oleh hasil hutan
Produk javara
di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun 

ada keripik, ada kue bantal.  
Rasanya unik, andaliman mempunyai pangsa pasar yang internasional.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *