Bawaberkah.org Salah Satu Cara Jadi Orang Bermanfaat


Pantun:
Manjadi orang yang bermanfaat tujuan hidup kita
Untuk bekal di hari akhir.
Bisa merasakan kebahagian bersama-sama.
Terhindar dari sifat kikir.

Menjadi orang bermanfaat, siapa sih yang tidak ingin? Mpo aja, yang bukan siapa siapa, mau banget jadi orang yang bermanfaat, apalagi sebuah lembaga yang bernama komunitas atau perusahan.

Sekarang ini komunitas bukan lagi sekedar ajang kumpul-kumpul beberapa orang yang memiliki minat yang sama, akan tetapi masuk komunitas merupakan bagian dari gaya hidup. Seperti yang kita ketahui bahwa komunitas suka mengadakan bakti sosial dengan melakukan penggalangan dana yang di peruntukan untuk membantu anggota komunitas yang terkena musibah ataupun melakukan donasi yang dikordinir team dari komunitas tersebut.

Acara bakti bakti sosial juga menjadi bagian dari program kerja sebuah perusahan, sehingga setiap perusahan memiliki program CSR, yang mengajak para pelanggan untuk berpartisipasi dalam berdonasi ataupun perusahan mengkordinir sendiri juga bisa melalui kerjasama dengan sebuah lembaga.

Dompet Dhuafa adalah salah satu lembaga nirlaba yang sudah berkecimpung selama 25 tahun , yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusian kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (zakat, infaq, sedekah, wakaf), serta dana dana lainnya yang halal dan legal. Oleh karena itu Dompet Dhuafa meresmikan situs yang membantu para komunitas dan perusahan dalam menjalankan misi sosialnya.
Bapak Urip Budiarto selaku GM Resources Mobilitation Dompet Dhuafa mengatakan “Bawaberkah ini merupakan wadah untuk membantu mitra dan sahabat untuk menggalang dana secara luas, transparan dan terpercaya. Sehingga kedepannya Dompet Dhuafa akan melakukan aktivasi-aktivasi untuk workshop di berbagai kota mengenai perencanaan proyek sosial dan pengelolan kelembagaan dan juga bagaimana melakukan penggalangan dana secara konservatif.”
program charity dompet dhuafa
Blogger & Media Gathering
Dengan bergabung ke dalam situs tersebut, maka kita bisa melihat
  • Transparan
Tidak hanya sekedar bisa melihat foto-foto komunitas ataupun perusahan yang akan menyelenggarakan bakti sosial , juga bisa melihat berapa donasi yang telah terkumpul, yang bisa di lihat secara transparan oleh semua masyarakat.
  • Profesional
Dengan transparansi dan di kelola secara baik maka hal ini bisa menunjukan bahwa komunitas atau perusahan bisa ikut berpartisipasi dalam bawaberkah.org adalah orang yang professional yang mempercayakan kepada sebuah lembaga nirlaba berpengalaman dan professional.
  • Terpercaya
Dengan transparansi dan professional maka akan timbul sikap terpecaya masyarakat kepada komunitas ataupun perusahan.
  • Jangkauan nasional.
Lebih banyak lagi donasi yang terkumpul dengan jangkauan nasional maka jangkauan berbagi juga lebih luas lagi.

Semua itu bisa dilakukan melalui gawai, kita bisa berbagi dalam program bantuan masjid, charity event, bantuan pengobatan, wakaf, zakat dan sedekah.

Pada tanggal 8 Mei 2018, yang berlokasi di Graha Bima Sakti, Awak media dan blogger di perlihatkan hasil dari pertanian dan budidaya ikan, produksi hasil binaan dari Dompet Dhuafa. Tidak hanya berasal dari pulau jawa saja, akan tetapi daerah seperti kopi Berlian SAE dari Sulawesi Selatan, kopi Kemloko dari Temanggung, Ikan Kerisi dari Riau.
charity hasil dari pengumpulan zakat
Tomat Ceri yang rasanya manis dan ikan asin kerisi
Salah satu produk Dompet Dhuafa yang Mpo buat kreasi masakan adalah Ikan asik Kerisi dan tomat ceri. Dengan perpaduan warna merah dari tomat ceri dan hijaunya paprika maka menu kreasi masakan Mpo menjadi lebih berwarna. Enaknya lagi tomat ceri tersebut tidak berasa asam.

Bahan bahan yang di gunakan:
Ikan asin kerisi, goreng.
1 buah tahu cina, potong dadu,goreng setengah matang.

Bahan-bahan untuk menumis
10 buah bawang merah, iris.
1 buah bawang Bombay.
5 buah bawang putih,iris.
10 buah tomat ceri, potong dua.
1 buah paprika hijau, iris.
5 cabe rawit merah,iris.
Gula, Garam secukupnya .

Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu tumis dengan menggunakan minyak sedikit masukan bawang Bombay hingga layu, lalu masukan bawang merah dan bawang putih hingga tercium aroma wangi. Lalu masukan cabe iris dan paprika hijau. Masukan ikan teri, tahu cina, tomat ceri, gula dan garam. Untuk video tutorial bisa di lihat di instagram dan Youtube

Ikan Kerisi bisa juga di goreng karena rasanya tidak terlalu asin sehingga cocok buat santapan sebagai lauk dalam nasi goreng ataupun nasi putih.

Oh ya , kalau kamu mau ikut berpartisipasi juga bisa kok,untuk berdonasi ataupun menggalang dana personal yang telah terverifikasi oleh Dompet Dhuafa. Salah satu partisipan yang ikut dalam donasi adalah artis ganteng yang memiliki suara ngebas, yaitu Ihsan Tarore.

Ihsan Tarore mengatakan “alasan ia memilih Dompet Dhuafa karena Dompet Dhuafa bukan hanya membantu dalam bentuk uang akan tetapi Dompet Dhuafa juga mengambangkan potensi yang ada di daerah tersebut”

Untuk berpartisipasi dalam bawaberkah.org , caranya sangatlah mudah.
1. Cukup masuk ke situs bawa berkah
2. Pilih menu masuk
3. Log in dengan menggunakan email, facebook ataupun mengisi form pada website.
cara berdonasi
Cara mendaftar
4. Cek email anda dan klik konfirmasi email.

Mpo mau tanya nih, kalau kamu melakukan penggalangan dana, biasanya melakukan secara mandiri ataupun percaya terhadap nirlaba? Boleh dong komentarnya di ketik.

No comments