Satu cerita berjuta cinta

Gizi Seimbang So Good Memenuhi Asupan Kebutuhan Kalori

mpo melakukan gizi seimbang
Gizi seimbang harus di komsumsi setiap hari.
Lakukan kegiatan empat pilar utama.
Wajah menjadi berseri seri
Produktivitas meningkat dan kesehatan menjadi prima.

Gizi seimbang keluarga sangatlah penting, agar sepanjang hari kita bisa berakativitas penuh energy. Setiap hari Mpo, Mama, Shanty dan sepupu Mpo yang bernama Eky selalu jalan pagi keliling kompleks. Alhamdullilah tidak hanya kami yang suka jalan pagi, akan tetapi juga para tetangga yang sedang berolahraga .

Sambil jalan pagi, kami berempat suka berbincang sambil di iringi gelak canda tawa. Terkadang kami juga mengadakan lomba lari ataupun jalan cepat. Ya, namanya keluarga pastinya seru banget, kalau olahraga rame rame.

Selesai olahraga kami pulang kerumah masing masing untuk beristirahat, akan tetapi Mpo suka pergi naik sepeda untuk cari sarapan yang berada cukup jauh dari rumah. Setelah selesai sampai di rumah ternyata tukang nasi uduk sedang libur jualan.

Mpo teringat di kulkas tersedia asinan sayur yang telah mpo buat sehari sebelumnya dan beberapa bahan yang tersedia rumah, seperti So Good ayam potong,oatmeal. Daripada pulang kerumah dengan tangan kosong, langsung saja tancapkan genjotan sepeda menuju pasar untuk membeli buncis dan buah.

Pulang dari pasar, mama bertanya “mana nasi uduknya, kok bawa bawaan belanjaan?”. Sambil mengambil barang bawaan di sepeda, Mpo berkata “tukang nasi uduknya tutup, hari ini Mpo mau masak aja buat keluarga”.

Menu Piring Gizi Seimbang

Mpo kali ini ingin memasak bubur Ase Ala Mpo, sebagai menu piring gizi seimbang.bubur ini makanan ciri khas betawi. Bubur ase adalah bubur yang terdiri dari bubur nasi, semur kentang dan asinan sayuran. Untuk membuat bubur ase pastinya tidaklah mudah dan memakan waktu yang lama, oleh karena itu Mpo menganti dan mengkreasikan dengan memilih mengunakan oat sebagai penganti bubur dan menganti semur kentang dengan ayam suwir rempah.
  • Bahan bahan yang digunakan untuk membuat bubur oat
500 grm air
12 sendok oatmeal.
2 batang sereh di geprak.
5 batang buncis di iris.
penyedap rasa secukupnya.

Cara membuatnya :
Pertama tama tumis bawang bombay sampai harum lalu masukan air dan sereh. Biarkan air sampai mendidih.
Lalu masukan oatmel dan penyedap rasa sampai mengental.
Masukan buncis sesaat sebelum diangkat.

  • Bahan bahan yang digunakan dalam membuat asinan sayur
50 grm wortel potong memanjang
50 grm kol
1 buah sawi asin
1 sendok cuka
2 sendok garam
1 sendok gula.
50ml air

Cara membuatnya :
Campur semua bahan dan diamkan semalaman.

  • Bahan yang digunakan dalam membuat ayam suwir rempah
2 potong So Good ayam potong bagian dada, dikukus dan suwir
2 batang sereh.
5 bawang merah iris dan di goreng.
3 bawang putih iris dan di goreng.
2 ruang lengkuas.
10 lembar daun jeruk.
1 cabe ijo iris
3 cabe rawit
5 cabe merah
Penyedap rasa.

bumbu halus : 1sdt ebi,  1 sdt lada

Cara membuatnya
Pertama tama tumis bumbu halus, lalu masukan bawang merah goreng, bawang putih goreng, lengkuas, sereh, daun jeruk, cabe ijo, cabe rawit. cabe merah dan penyedap rasa, masak hingga layu . Lalu masukan ayam suwir masak hingga matang

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video

Gizi seimbang buat kesehatan

Kesehatan memerlukan gizi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan kalori. Setiap orang berbeda kalori berdasarkan usia dan aktivitas . Berhubung anggota keluarga di rumah mempunyai usia dewasa .

Berdasarkan data Kemenkes maka dalam sepiring nasi untuk sekali makan membutuhkan 100grm, lauk hewani sebanyak 45 grm, sayur sebanyak 100grm dan buah sebanyak 50gr. Karena makan dalam porsi kecil dan sesuai dengan kinerja lambung yang mempunyai kapasitas kecil maka kita perlu memakan beberapa kali makan untuk memenuhi kebutuhan kalori dewasa.

Orang dewasa membutuhkan 4,5 kali makan karbohidrat, 3 kali makan protein, 3 kali makan sayuran dan 5 kali makan buah. Dalam menu gizi seimbang haruslah bervariatif, berwarna.

Mungkin bagi kita, terbiasa makan hanya 2 kali makan nasi dengan jumlah porsi yang sangat besar karena bikin kenyang. Dengan makan porsi piring sehat gizi seimbang maka hanya sekedar perut menjadi kenyang tapi kita juga mendapatkan manfaat kesehatan.
daftar gizi seimbang


Manfaat Gizi Seimbang untuk Kesehatan

Dalam piring gizi seimbang terdapat manfaat yang bisa rasakan kesehatan yaitu:
  • Manfaat dari karbohidrat
Dalam sepiring gizi sehat kita hanya memerlukan sekitar 35 karbohidrat. Banyak orang yang masih mengangap bahwa makan tanpa nasi, tidaklah bikin kenyang .Menurut Data Kemenkes, nasi bisa diganti dengan 3 potong roti putih, 4 keping biskuit, 1 buah ubi ukuran 135 grm, 2 buah kentang ukuran 210 grm, ¾ keping mie seberat 50 grm.

Karbohidrat di ibaratkan dengan bensin untuk menunjang aktivitas kita sehari hari. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh di ubah menjadi gula sehingga darah menjadi stabil dan menjaga kesediaan energi dalam tubuh.
  • Manfaat protein
Seperti yang kita ketahui bahwa protein terdiri dari hewani dan nabati. Dalam piring gizi seimbang, kita hanya membutuhkan protein sebesar 15%. Protein sangat bermanfaat dalam tubuh yaitu Meningkatkan kesehatan, kulit, rambut dan otot sehingga penampilan kita menjadi kece. Meningkatkan energy dengan meningkatkan napsu makan. Zat pembangun tubuh dengan memperkuat tulang dan masa otot. Meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Alasan Mpo mengunakan So Good ayam potong dalam Membuat ayam suwir rempah adalah

1. So Good ayam potong yang sudah mempunyai sertifikat halal, Maklumin bagi kita yang mayoritas umat muslim, label halal sangatlah penting. Dengan adanya lebel halal maka akan tenang saat memakannya.

2. Daging ayam yang baik adalah daging ayam yang kenyal bila di tekan dan terasa empuk.
3. Ayam tidak yang berbau kimia, daging ayam yang warnanya tidak pucat, tidak kebiru biruan.
4. Berasal dari peternakan PT JAPFA yang mempunyai peternakan sendiri sehingga di awasi mulai dari pembibitan, kebersihan kandang ayam , kualitas ayam.
5. Mengunakan teknologi individual quick frozen, yang mengunci kualitas rasa, gizi, kesegaran, dan bersih.
produk untuk memenuhi gizi seimbang
  • Manfaat sayuran dan buah
Dalam sepiring gizi seimbang hanya memerlukan 35% sayuran dan 15% buah. Buah dan sayuran kaya akan mineral, vitamin yang baik untuk kesehatan yaitu untuk mengatur metabolism tubuh, masa masa pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Nah, itu menu piring gizi seimbang versi Mpo, Lalu kamu suka pilih pilih makanan? Boleh dong komentarnya.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tags