Thursday, 1 February 2018

Tempat Sampah ada di Mana-mana

A post shared by mporatne (@mporatne) on



Pantun
Kebersihan sebagian dari iman.
Buang sampah pada tempatnya.
Pemprov DKI mengajak masyarakat jaga lingkungan.
Agar indah kota Jakarta.

Tulisan ini, tidak sengaja karena saat itu tepatnya tiga minggu yang lalu, Mpo tidak sengaja melihat datang gerobak motor yang mendatangi setiap RT untuk mengambil jatah tiga buah tempat sampah dari Pemprov DKI. Tong sampah yang di berikan adalah tong sampah kering dan basah.

Untuk penempatan tempat sampah tersebut. tergantung ketua RT masing masing, Kebetulan di daerah tempat Mpo, berada di lapangan dan dipinggir jalan. Adanya tong sampah di tempat umum mengajarkan para warga untuk menjaga kebersihan, ya minimal, kalau sudah makan, di buang plastinya di tempat tersebut.

Lalu, apakah dengan adanya tempat sampah tersebut, maka warga akan membuang sampah ke tempat yang telah di sediakan. Kalau di tempat lain, Mpo kurang tahu yah karena Mpo bukan petugas kebersihan he..he..he, akan tetapi di Johar baru tempat sampah tersebut di isi, bahkan penuh, hal ini bisa di sebabkan  penempatannya tepat yaitu berada di lapangan bulutangkis dekat madrasah dan banyak orang yang jualan . Membuang sampah tidak hanya sekedar agar lingkungan kita terlihat bersih, rapi akan tetapi bisa mencegah musibah seperti terpeleset akibat kulit pisang, macetnya saluran air yang mengakibatkan banjir.

Pasukan orange Pemprov DKI sangat membantu dengan setiap hari mengecek apakah ada sampah atau tidak?. Walaupun sampah itu sedikit akan tetapi tetap diangkut ke dalam gerobak sampah. Salut deh sama pasukan orange.

Apakah kamu pernah membuang sampah sembarangan? Malu dong kalau kamu masih nyampah sembarangan, sedangkan tong sampah telah di sediakan oleh Pempov DKI. Ingat..ingat, kebersihan sebagian daripada iman, cling.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Keterangan:
Mpo adalah sebutan kakak perempuan dalam budaya betawi.

6 comments:

  1. kadang suka malu, krn anak2ku lbh sadar soal membuang sampah sesuai jenisnya (organik, non-organik) drpd emak bapaknya :D

    ReplyDelete
  2. Aku sebel ama orang orang yang masih buang sampah sembarangan... Apa susahnya coba masukin dulu ke kantong ampe ketemu tempat sampahnya... Alhamdulillah kalau pemprov DKI makin perhatian soal ini... Semoga kedepannya bekasi juga mengikuti langkah pemprov dki ini ya mpok...

    ReplyDelete
  3. Setuju mpo..masa iya sih udah disediain fasilitas tempat sampahnya masih aja buang sembarangan. Apa kata dunia ya?

    ReplyDelete
  4. Pasukan orange sangat membantu banget buat kebersihan Jakarta. Salut aye mpo, jalan depan rumah juga jadi bersih dari sampah. Semoga pasukan orange ada selamanya. Kerem deh

    ReplyDelete
  5. Bener sekali kalau bukan kesadaran sendiri siapa lagi yang bisa mengurangi sampah bertebaran dan mengakibatkan banjir.

    ReplyDelete
  6. Sebel juga mpo kalo liat orang buang sampah sembarangan. Apalagi jaman tol masih manual. Sering banget aku lihat mobil depanku buang struk tol sembarangan dari jendela mobil. Belom lagi si putung rokok. Emanglah, kesadaran masyarakat Indonesia masih minim.

    ReplyDelete