Monday, 12 February 2018

KEZkleen Membuat Penampilan Baru Boneka Kesayangan

A post shared by mporatne (@mporatne) on

Pantun :
Ada boneka di dalam lemari.
Teman bermain di saat masih kecil
Gak perlu iri
Membersihkan kotoran dengan gampil

Udah kenalan belum sama Danil? Hem, pasti banyak yang mengira kalau Danil adalah seorang cowok yang keren, tampan, baik hati. Aduh, khayalan tipe cowok ideal ye. Akan tetapi Danil, yang Mpo maksud adalah singkatan dari Kuda nil. Danil merupakan boneka tangan, hadiah kenang kenangan yang di berikan oleh mama Oshi. Saat itu mama Oshi harus pindah rumah mengikuti tugas suaminya ke Surabaya. Danil sudah hampir 20 tahun yang lalu menemani Mpo.

Mpo sayang banget sama Danil, Kalau Mpo bobo, Danil selalu Mpo taruh di tempat yang benar dan layak, agar jahitan tidak lepas tertindih badan Mpo yang bongsor. Banyak orang yang meminta Danil untuk jadi boneka milik pribadi, akan tetapi Mpo tidak rela melepaskan Danil. Dengan berjalannya waktu, maka Danil mulai terlupakan dan Mpo taruh di dalam gudang. Sampai suatu saat keponakan Mpo (anak dari sepupu Mpo) suka bermain boneka dan Mpo baru ingat bahwa Mpo juga mempunyai Danil.

Dikutip dari website orami.co.id pada tanggal 14 Desember 2017 menyatakan bahwa bermain boneka tidak hanya sekedar teman di ajak ngobrol akan tetapi boneka mempunyai manfaat yaitu:

  • Meningkatkan rasa empati dan jiwa sosial.
  • Menjadi bahan belajar bagi si kecil, ketika harus mengantikan baju boneka.
  • Meningkatkan sensorik motorik dengan mengerakan jari dan otot tanganya
  • Boneka meningkatkan sang anak untuk lebih terbuka berbicara dengan anaknya. Merangsang anak untuk berimajinasi dan kreatif.

Wah
ternyata, banyak ya manfaat jika bermain boneka. Lalu bagaimana dengan anak cowok yang suka bermain boneka. Kebetulan ponakan Mpo laki-laki dan mamanya (sepupu Mpo) sejak dari kecil sudah mengkoleksi boneka.

Menurut Mpo pribadi sih, seroang anak laki laki, boleh bermain boneka asalkan kita tepat memilih boneka seperti boneka berbentuk hewan, yang bisa mengajarkan sang anak untuk mengenal jenis hewan, warna kulit hewan dll.

A post shared by mporatne (@mporatne) on


Oh ya kita balik lagi ye, cerita tentang Danil. Karena Danil di taruh di gudang terlalu lama. Maka pertemuan pertama Mpo dan Danil, Danil dalam keadaan butek, dekil, kumel. Waduh bahasanya, akan tetapi itulah yang Mpo lihat ketika melihat Danil.

Saat bermain dengan ponakan Mpo, Danil harus terlihat lebih keren. Oleh karena itu pada tanggal 2 Februari 2018, Mpo memutuskan untuk mencuci dengan KEZkleen produk dari K-Link. K-Link adalah MLM syariah nomor satu di Indonesia yang telah memiliki anggota sebanyak 2,4 juta di seluruh Indonesia. Untuk medapatkan KEZkleen ukuran satu kilo bisa di peroleh secara K-Link store dengan harga Rp 93.000 untuk wilayah A dan Rp107.000 untuk wilayah B. Harga KEZkleen emang terlihat sangat mahal bila di bandingkan dengan deterjen yang lainnya, akan tetapi hasil pencucian bersih maksimal dan untuk member kita-kita bisa dapatkan diskon 20% loh. Lumayankan, buat jajan anak, Nah ini cara daftarnya, klik dong.

KEZkleen bisa di gunakan di mesin cuci bukaan atas mesin cuci bukaan depan dan di cuci melalui tangan. Mpo mencuci Danil dengan mengunakan tangan. Di dalam satu kilo KEZkleen terdapat sendok yang berwarna hijau, sehingga kita tidak perlu lagi mengira kira ukuran pemakaian. Dalam seember air yang berisi kira kira 10 liter air yang di campur dengan satu sendok cup dan Mpo melakukan perendaman selama 20 menitan.

Saat Mpo mengaduk mencampurkan deterjen dengan air, Mpo tidak merasakan panas di tangan dan agak sedikit harum. KEZkleen mengandung biotechnology Enzyme, tidak membuat warna pakaian pudar, non korosif..

Mpo sangat memperhatikan label yang tertera dalam boneka dan tidak melakukan pengucekan terhadap Danil, hal ini karena bulu boneka Danil berbahan polyester dan dakron. Jadi selama perendaman Mpo cukup duduk manis sambil nonton televisi. Biarlah KEZkleen yang berkerja untuk mencuci Danil, setelah dua puluh menitan Danil Mpo tiriskan ke tempat nasi dan disiram dengan mengunakan selang air.


Sengaja Mpo mengunakan tempat nasi agar air bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus membuang air, jika Mpo gunakan baskom. Air bekas rendaman Danil terlihat warna coklat akibat debu, kotoran saat di taruh di gudang. Busa deterjen KEZkleen tidaklah terlalu banyak sehingga saat penyiraman tidak memakan air yang banyak.

Bagian dalam boneka Danil, tempat kita memasukan tangan terlihat sangat bersih walaupun Mpo tidak melakukan pengosokan dengan menggunakan tangan. Air rendaman ramah lingkungan sehingga lingkungan kita terjaga. Tempat nasi masih Mpo gunakan loh, untuk melakukan penjemuran, kalau bahasa orang betawi bilang biar tiris airnya.

Saat penjemuran cuaca saat itu tidak bersahabat sehingga Danil harus mengalami penjemuran selama tujuh hari.

Oh ya Mpo mau cerita saat ngejemur Danil tidak hanya di satu tempat loh yaitu
  • Tiang net bulutangkis
Danil merupakan boneka tangan sehingga Mpo dengan mudahnya mencatolkan Danil ke tiang tersebut, tanpa harus d ikat dengan tali.
  • Tembok pagar Masjid
Karena di rumah Mpo tidak mempunyai tembok, maka Mpo numpang di tembok pagar masjid. Untungnya Mpo gak diomelin pengurus masjid he..he..he.
  • Kotak sakelar lampu lapangan bulutangkis.
Di kotak sakelar merupakan daerah yang paling tinggi, Jadi Mpo berharap dengan menaruh Danil di situ maka bulu Danil akan cepat kering.
  • Di dalam ruangan ketika sore sampai menjelang pagi hari

Sebelumnya Mpo harus minta maaf nih sama Danil karena Mpo suka lupa mengambil Danil di kotak sakelar lampu lapangan bulutangkis di saat hujan gerimis. Bagian Bawah boneka bagian bawah boneka adalah bagian yang lama kering karena bagian ini dalam dan tersembunyi,Mpo sampai sampai menunggingin Danil agar bagian ini cepat kering.

Setelah memakan waktu yang lama dan panjang, Danil kembali bersih dan hebatnya lagi danil gak bau apek walaupun mengalami penjemuran yang lama. Nah, bagaimana caramu mencuci boneka kesayangan anak mu? Boleh dong ketak ketik di sini.

Keterangan:

  • Mpo adalah sebutan kakak perempuan dalam budaya betawi.
  • Gampil artinya mudah dalam bahasa betawi

14 comments:

  1. 20 tahun... awet bener si Danil ini..

    bdw, anakku cowok juga main boneka, tapi kadang-kadang... hehe

    ReplyDelete
  2. 20 tahun Mpo??? Awett beneer yaak?*omg. Btw, kenapa banyak banget tempat jemurnya Mpo? Hehe. Kalo saya sih biasanya direndam aja dulu, baru diputer di mesin cuci, bilas, keringkan. Kaya cuci baju biasa. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Ya ampun bonekamu Mpo, gemesin hahhaha lucu deh akhirnya cling-cling nggak kumel lagi.

    ReplyDelete
  4. Buahaha aku takutnya malah diambil anak-anak kalo dicantol di pager masjid lho mak. Eh keren juga ya detergen K-Link, biasanya nyuci boneka tuh emang butuh sesuatu deh biar bulunya gak kasar

    ReplyDelete
  5. Wah, Danil jadi cakep, nih. Aku biasanya cuma masukin ke mesin cuci aja. Gak sabar, Mpok, kalau pake tangan.

    ReplyDelete
  6. Danil jadi bersih lagi ya mpo dicuci pake detergen mahal :)
    Keren mpo, saking sayang sama bonekanya

    ReplyDelete
  7. Sama ama anakku mpo Masih suka boneka, dn rajin juga di cuci, tapi klau musim his kyk sekarang lamalama kerin kn

    ReplyDelete
  8. Baru tahu penjualan produk K link itu beda daerah beda juga harganya ya...

    ReplyDelete
  9. Huahhahaa..salam buat Danil ya Mpo,sekarang dah ga kucel lagi kaan?
    Aku ga punya bonekaa Mpoook, bolehlah kalo Danil punya kembaran lempar sini!

    ReplyDelete
  10. Wah...si Danil sekarang udh kinclong lagi, penuh perjuangan ya...memindahkan Danil dr satu tempat ketempat lain nya

    ReplyDelete
  11. Baru tahu mpo ada kazleen. Cuco nih. Buibu biasanya gatel kalau baru liat produk baru.

    ReplyDelete
  12. Bonekanya lucuuuuu. Anak bungsuku juga suka boneka, tidurnya ditemeni boneka :D

    ReplyDelete
  13. Awet banget Mpo punya boneka sampai 20 tahun. Aku aja udah nggak punya boneka sejak adikku bisa merusak boneka-bonekaku hahaha. Thx info untuk KEZkleen ya ^^

    ReplyDelete
  14. Salah satu karakter boneka yang sulit diperoleh yaa, Mpo...
    Danil.
    Kuda Nil.

    Seneng banget kalau sudah bersih, bisa diajak main lagiii...yeeay~~

    ReplyDelete