Tuesday, 13 February 2018

Go Langsing dengan Metode Mindfull, Makan jadi Kenyang

A post shared by mporatne (@mporatne) on

Pantun:
Suka pakai baju hijau.
untuk berpergian ke luar rumah.
Penampilan jadi memukau.
Pengin langsing demi jaga gula darah.

Hai, ketemu lagi nih sama Mpo. Minggu ini, Mpo mau ngomongin tentang program yang Mpo jalani selama seminggu ini. Emang sih, baru seminggu tapi lumayan banyak cerita yang sayang banget kalau gak di tulis.

Pasti pada kepo deh, Mpo jalani program apa?
Mpo lagi jalani program Go Langsing, Sebenarnya program ini adalah metode penurunan berat badan dengan cara berkenalan dengan prilaku natural. Enaknya program ini adalah kita bisa memakan apa saja dan “kapan saja”.

Ini serius loh, bukan becanda karena kita bisa makan apa saja asalkan bervariatif dengan makanan berwarna warni yang seimbang dan sesuai kapasitas lambung. Yang di maksud dengan makanan berwarna warni adalah makanan yang tidak hanya makan satu jenis misalnya hanya sayuran, ya mirip makan gado gado deh, ada warna kuning, hijau, putih, coklat dll.

A post shared by mporatne (@mporatne) on

A post shared by mporatne (@mporatne) on



Nah, kalimat di atas “kapan saja” maksudnya ketika perut Mpo memberi sinyal alias keroncongan maka Mpo harus makan. Makanan yang Mpo makan setengah dari porsi . Saat makan cemilian seperti kripik, Mpo hanya mengambil segenggam.

Di Go Langsing juga ada review loh, kenapa kita makan lebih sering dari pada biasanya? Untuk menjawab hal ini, kita harus jujur pada diri sendiri karena ada beberapa faktor yang menyebabkan orang sering makan seperti stress, kekhawatiran, haid dll.

Nah, kalau sudah mengetahui penyebabnya maka kita akan tahu solusi mengatasinya. Faktor sesudah makan buah/minum susu/minum kopi/minum teh dan makan sayuran, membuat kita lebih sering makan karena kalori hanya bertahan selama satu jam, Nah kalau faktor yang Mpo sebutkan di paragrap sebelumnya,maka kita boleh makan lagi setelah sejam kemudian.

Awal menjalankan program ini adalah ketika Mpo harus duduk di meja makan. Aih terus terang, Mpo gak biasa makan di meja makan, hal ini di sebabkan Mpo suka makan di depan televisi. Karena belum pernah ngelihat anaknya makan di meja makan, maka mama bertanya “ada apa gerangan kamu, makan di meja makan”.

Metode di Go Langsing adalah makan dengan mindfull, dimana kita lebih menikmati makanan, mensyukuri nikmat atas karunia tuhan, menguyah dengan benar dan merasakan hal hal yang tidak kita rasakan sebelumnya. Metode ini juga mengajarkan Mpo harus makan cemilan / minuman berenergi (susu, sereal,teh) setelah bangun tidur.

Kamu pasti tahu dong merk biskuit dengan tagline taburan coklat chocochipnya, Mpo gak mau ngasih tahu kamu, pasti ngertilah apa merknya. Nah, dulu sebelum ikut Go Langsing, Mpo paling malas makan biskuit tersebut karena kaya biskuit lebaran. Karena Mpo ikut program ini, pas bangun tidur, Mpo harus makan, karena di rumah cuma ada biskuit dengan taburan chocochip, mau gak mau harus makan. Kedengeran agak maksa ye karena Mpo sudah judge bahwa biskuit tersebut sama rasanya kaya kue lebaran. Pas Mpo makan, ajib banget tuh biskuit, lumer banget coklatnya.

Anggapan masa lalu, hilang sudah, saat mencicipi biskuit tersebut dengan mindfull. Ya udah deh, mulai sekarang jangan menilai makanan karena bentuknya sama tapi rasa beda banget kalau pakai metode mindfull.

Oke deh sekarang kamu coba deh, sebutin makanan yang kamu sukai, lalu gunakan metode mindfull, Nah, dari situ kamu bisa merasakan bahwa makanan yang kamu sukai itu benar benar enak atau malahan kamu jadi tidak menyukainya (hal ini bisa karena rasanya terlalu asin/ pedas/berminyak dll).

Metode mindfull merubah pandangan yang selama ini tentang makanan dan makan setengah porsi itu bikin kenyang, kamu gak percaya khan. Makanya pantengin terus cerita mpo selanjutnya saat mengikuti program Go Langsing.

0 comments:

Post a Comment