Satu cerita berjuta cinta

Dompet Dhuafa Memberikan Kemudahan berkurban

dompet dhuafa mengajak tebar hewan kurban

Pantun:
“Ada seorang anak berwajah manis.
Sedang memberi makan kambing dengan dedaunan
Hati ku ini menjadi miris
melihat daerah yang belum pernah menikmati daging kurban”

Di suatu sore Mpo sedang mengunjungi sahabat Mpo yang sudah lama tidak bertemu. Sambil makan bakso yang kebetulan lewat di rumah sahabat Mpo.Tiba tiba ada sosok pria berusia empat puluh lima tahun bertanya pada teman Mpo dan berkata “neng, terima kasih ya tangga nya udah abang taruh di gudang belakang”. Ya jawab teman Mpo. Karena penasaran Mpo bertanya siapa dia dan teman Mpo menjawab “Ia bernama bang ucup berprofesi sebagai tukang bangunan, dulunya menjaga rumah kos karena sudah lama kenal baik dengan majikannya, saat seperti idul adha ia bisa menginap gratis walau hanya beberapa hari sambil nyiram tanaman di rumah mantan majikannya “.

Cerita jadi berlanjut dan kita asik ngobrol “Namanya orang suka terkadang nyiyir padahal kita tidak tahu kondisi ia sebenarnya. Ngoceh sana sini di bilang “ih gak malu apa datangnya Cuma pas idul adha aja, Cuma mau ngarep daging aja” . Hal itu yang dialami bang ucup . karena mendengar gosipan yang tidak enak akhirnya ia bercerita bahwa ia sebenarnaya malu datang ke Jakarta apalagi cuma datang pas hari raya idul adha, Hal ini ia lakukan demi anak bungsunya yang menganjurkan bapake agar dapat daging kurban untuk dia makan. Demi sang anak dan menahan rasa malu akhirnya ia datang ke Jakarta”. Akhirnya mendengar ucapannya maka tahun tahun berikutnya pihak masjid memberi jatah lebih dari biasanya.

Perjalanan yang panjang antara kebumen dan Jakarta dengan menggunakan alat transportasi kereta api bang ucup membawa daging kurban yang telah ia rebus terlebih dahulu. Apakah daging itu bisa dinikmati keluarganya. Di tahun pertama ia membawa daging kurban, daging tersebut tidak di makan karena daging kurban menjadi busuk dan menimbulkan bau .Hal ini di sebabkan beberapa kemungkinan yaitu saat merebusnya kurang matang (maklum aja yang masak cowok) atau saat merebus di jadikan satu dengan jeroan atau cara pambukusan yang salah dengan mencampurkan daging rebus dengan jeroan yang telah di rebus.

Miris mendengar cerita teman Mpo karena di Jakarta belimpahan daging kurban sedangkan di daerah lain jarang makan daging kurban . fenomena yang terjadi di Jakarta setiap perayaan daging kurban adalah menjual daging kurban baik di lakukan secara terang terangan maupun secara sembunyi.

Emak-emak di ibukota juga merasakan melimpahnya daging kurban seperti teman Mpo yang memasak daging kurban untuk selamatan ayahnya 100 hari setelah dua bulan setelah idul adha.

Itulah sedikit cerita yang terjadi di masyarakat khususnya di Jakarta. Kalau saja para pembeli hewan kurban menyembelih daging kurbannya untuk kota lain pastinya orang seperti bang ucup tidak perlu sampai datang ke kota Jakarta. Ehmm membeli dan menyembelih hewan kurban untuk kota lain ? apakah mungkin terjadi ? Lalu siapakah yang bisa kita percaya untuk memegang amanah yang kita berikan ? Harga hewan kurban pastinya di daerah terpencil biasanya lebih mahal daripada di kota yang besar karena keterbatasan transportasi dan medan yang sulit?Hal ini yang mendorong Dompet Dhuafa menyelenggarakan Tebar Hewan Kurban .

Seperti yang kita ketahui bahwa ada tiga nilai yang dibawa oleh Dompet Dhuafa yaitu :
1 Lembaga zakat
Dompet Dhuafa mengajak sebanyak orang untuk berzakat dan menyalurkan zakat sebaik-baiknya.
2. Permasalahan kemanusian baik yang terjadi di dalam negri maupun luar negri.
3. Filantropi / Aspek kebaikan.
Dompet Dhuafa mengajak orang untuk berbagi peran, berbagi tanggungjawab sebanyak mungkin orang agar masuk ke Dompet Dhuafa dan berkontribusi .

“Tebar Hewan Kurban http://kurban.dompetdhuafa.org adalah program Dompet Dhuafa yang mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk berkurban dan memberi mandat kepada Dompet Dhuafa untuk membagikan kepada orang yang membutuhkanke seluruh belahan muka bumi. Melalui Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa bersama Kurbanesia, tentukan lokasi berkah mu “. Hal ini di sampaikan oleh Bapak Bambang Suherman selaku Direktur Mobalisasi Zakat Infaq, Sedekah dan Kurban .

Bapak Jodi H Iswanto selaku Agripreneur mengatakan “ Dengan pemberdayaan peternak maka di harapkan terjadinya peningkatan pendapatan, peningkatan asset, efisensi pemeliharaan, etos kerja dan spitual serta kemandirian kelembagaan”.
pembicara dalam talkshow kurbanesia
Bapak Jodi H Iswanto, Bapak Salman Alfarisi, Bapak Bambang Suherman
(Dari kiri ke Kanan)


Oh ya, kenapa sih kita membeli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa dan memberi mandat kepada Dompet Dhuafa untuk membagikan daging kurban ke seluruh belahan muka bumi , hal ini karena Dompet Dhuafa memberikan kemudahan dalam berkuban yaitu:

1. Pemberdayaan peternak
Dompet Dhuafa pemberdayaan peternak di daerah terpencil dengan bantuan yang di berikan oleh masyarakat melalui zakat,infaq, sedekah dan wakaf. Selain bisa menghasilkan hewan kurban yang berkualitas, sehat dan memenuhi standar syar’I.

Program ini mengajak masyarakat sekitar untuk membangun potensi yang ada di di daerah tersebut, membantu masyarakat untuk lebih maju, berubah pola pikir, membantu permasalahan yang di hadapi peternak dengan memberikan bibit hewan ternak yang unggul, pelatihan cara peternak yang baik, pemberian bimbingan dari dinas peternakan dan dokter hewan, pemberian obat yang ternak jika sakit, Pemanfaatan dan pendistribusian olahan hasil ternak seperti susu , pengelolahan manajemen kelompok ternak dengan membuat paguyuban.

Mata pencarian selain berternak adalah petani, kedua element ini sangatlah menguntungkan dimana kotoran hewan terbut bisa digunakan untuk menyuburkan tanah dan hasil panen selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga juga untuk membeli pakan hewan ternak. Dengan pemberdayaan peternak yang dilakukan Dompet Dhuafa maka adanya perubahan yang signifikan dari pendapatan keluarga, sudah membiasakan diri untuk bersedekah dan menyekolahkan anak dll.

Masalah yang dihadapi peternak adalah daerah mereka yang terpencil, penuh bebatuan dan curam. Hal ini bisa di atasi dengan transportasi yang di rakit secara khusus sehingga para peternak bisa membawa barang bawaan lebih banyak yaitu sebanyak 4 ton. Kendaraan tersebut bernama Grandong. Grandong biasa di gunakan untuk membawa pakan hewan dan juga alat untuk mendistribusikan daging kurban di berbagai kecamatan di daerah tersebut.
pemberdayaan peternakan
Kang Eman, Salah Satu Peternak Kambing


2. Kemudahan mendapatkan harga hewan kurban yang lebih terjangkau
Seperti yang kita ketahui menjelang hari lebaran harga hewan kurban meningkat alias naik . Hal ini bisa disebabkan karena memanfaatkan moment perayaan ke agamaan untuk mengambil keuntungan lebih banyak daripada hari biasa dan juga bisa di sebabkan karena pasokan sedikit sedangkan permintaannya banyak.

Harga beli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa 2017 :
Kambing standar dengan bobot 23-28kg seharga Rp 1.975.000
kambing premium dengan bobot 29-35kg seharga Rp 2.975.000
Sapi dengan bobot 250-300Kg Rp 13.500.000

Membeli hewan kurban di Dompet Dhuafa harganya lebih murah daripada harga di pasaran, Hal ini terjadi karena Dompet Dhuafa diambil dari jaringan peternak yang diberdayakan oleh Dompet Dhuafa secara langsung dan sudah di persiapkan jauh jauh hari sebelum idul adha.

3. Tidak ada biaya tambahan apapun
Biasanya kalau menyembelih hewan kurban ada biaya pemotongan hewan dengan harga tertentu, Akan tetapi hal ini tidak terjadi di Dompet Dhuafa, Harga yang di tetapkan Dompet Dhuafa sudah termasuk biaya pemotongan hewan.

4. Memudahkan kita untuk mendapatkan hewan kurban yang berkualitas
Memilih hewan kurban tidaklah mudah, perlu keahlian agar memenuhi syarat syar’I . Karena Dompet Dhuafa memegang amanah maka pastinya para peternakyang sudah mendapatkan bimbingan dari dinas peternakan dan dokter hewan akan menghasilkan hewan kurban yang memenuhi syarat untuk di sembelih yaitu
  • . Hewan berkaki empat
  • Hewan yang berjenis kelamin jantan.
  • Usia Sapi berusia dua tahun atau Kambing berusia satu tahun atau gigi depan telah copot (tsaniyah)
  • Sebelum menyembelih, hewan kurban harus di timbang dan memenuhi standar bobot yang telah di tetapkan oleh Dompet Dhuafa
  • Sehat
  •  Tidak boleh cacat fisik dan mental
  • Dompet Dhuafa melakukan Quality Control sebanyak dua kali sebelum hewan kurban di sembelih.
  •   Waktu pemotongan sesuai syar’i
  •   Cara pemotongan hewan kurban sesuai syar’i

5.Mudah untuk ikutan berpartisipasi dalam Tebar Hewan Kurban.
Dompet Dhuafa memberikan kemudahan bagi anda yang ingin ikut berpartisipasi dengan program Tebar Hewan Kurban untuk tahun 2017 yaitu melalui :

  • transmart Carrefour
    (cabang lebak bulus, ambassador, Cilandak Mall, Kebayoran, Kramat Jati indah, Bekasi square, Bekasi Harapan, Taman mini, Cempaka putih, Cibinong City Mall, Dewi Sartika Depok, Menteng Prada, Sunter, Ciputat, Supermall Karawaci, Tanggerang Centre, Pamulang, Taman Palem, dan beberapa gerai Transmart Carrefour di luar kota).
  • Konter-konter Tebar Hewan Qurban di beberapa mall
  • Transfer bank:
BCA 237.301.443 a/n Dompet Dhuafa Republika
BNI Syariah 009.153.8940 a/n Dompet Dhuafa Republika
Bank Muamalat 304.007.1888 a/n Dompet Dhuafa Republika
PermataBank 097.100.5645 a/n Dompet Dhuafa Republika
Mandiri Syariah 7000.491.677 a/n Dompet Dhuafa Republika
Bank Mandiri 101.000656.4049 a/n Dompet Dhuafa Republika
  • Kontak layanan jemput kurban 0813 1684 7002

6. Bisa menentukan sendiri lokasi tebar hewan kurban
Pembeli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa bisa memilih satu dari titik Pendistribusian Tebar Hewan Kurban di lakukan di 25 propinsi, 150 kabupaten/kota, 700 kecamatan, 2500 desa/kelurahan.

Syarat pendistribusian:
wilayah miskin tertinggal dan pedalaman.
Belum pernah menikmati daging hewan kurban
Wilayah yang minim mayoritas muslim
Wilayah bencana atau rentan konflik.

Kita sebagai pembeli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa kita juga bisa menentukan sendiri lokasi pendistribusian hewan kurban yang daerahnya telah di tentukan oleh Dompet Dhuafa yaitu untuk pendistribusian daging sapi Tebar Hewan Kurban di daerah NTT, NTB, Maluku, Sulawesi, Kalimantan dan Papua . sedangkan pendistribusian kambing Tebar Hewan Kurban di Jawa dan Sumatra.

Selain itupula Dompet Dhuafa juga menerima saran dari para masyarakat dan blogger untuk daerah-daerah yang perlu mendapatkan distribusi daging kurban akan tetapi juga harus disesuaikan daerah tersebut dengan jaringan pemberdayaan hewan ternak yang sudah dilakukan di Dompet Dhuafa.


7. Pengalaman 
Dompet Dhuafa yang telah berpengalaman selama 24 tahun yang telah menghimpun dana masyarakat melalui zakat, infaq, shodakoh, wakaf juga memberikan kontribusi layanan untuk perkembangan umat di berbagai bidang yaitu social, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan.

8. Sistem Teknologi
Dengan kemudahan teknologi sekarang ini para pembeli hewan kurban melalui dompet dhuafa bisa melakukan pembelian secara online dan Dompet Dhuafa juga melakukan update system DESI (Dompet Dhuafa Enterprise System . Dengan system ini di harapkan akan mengurangi sekecil mungkin kesalahan , lebih akurat dan lebih cepat. Di tahun 2017 setelah melakukan pembayaran pembelian hewan kurban Dompet Dhuafa maka dengan system DESI akan memberikan notifikasi lokasi pendistribusian hewan kurban yang harus di pilih sendiri oleh pembeli hewan kurban melalui Dompet Dhuafa
foto sapi sebelum di sembelih
Bukti Foto Hewan Kurban Sebelum Disembelih
desa yang mendapatkan daging kurban dompet dhuafa
Desa yang Menerima Pendistribusian Daging Kurban
9. Bukti
Setelah penyembelihan hewan kurban maka pembeli hewan kurban Dompet Dhufa akan menerima foto berupa hewan kurban sebelum di sembelih, sesudah di sembelih melalui email . Jika beruntung nantinya para pembeli hewan kurban melalui dompet dhuafa bisa melihat langsung hewan kurbannya secara Live di instagram dompet_dhuafa .

10. Kemudahan mencicil hewan kurban
Nah bagi yang mempunyai dana buruan ikutan tebar hewan kuban Dompet Dhuafa tahun ini  akan tetapi bagi anda yang baru baca blog Mpo dan sudah lama terarik pengen ikutan tapi terkendala masalah keuangan, anda bisa mengikuti program cicilan hewan kurban pada tahun 2018. Dengan menyetorkan sejumlah uang dan waktu yang di tentukan oleh Dompet Dhuafa. Setoran uang tersebut bisa di transfer di bank atau datang langsung ke Dompet Dhuafa.

Dengan alasan tersebutlah bisa mengajak masyarakat sebanyak-banyaknya untuk berpartisipasi dalam Tebar Hewan Kurban dan membantu mendistribusikan kepada masyarakat yang lebih luas lagi untuk menikmati daging hewan kurban.
Bagaikan lingkaran roda kehidupan yang terus bisa berputar dengan mengerakan dan Mengajak semua element masyarakat, komunitas yang peduli terhadap masalah kemanusian dan sosial, Blogger, wartawan , peran pemerintahan agar semua elemet tersebut turut serta dalam membantu masalah yang di hadapi oleh negara secara bersama sama kita tanggulangi.
masakan olahan daging
Bersama Chef, Artis dan Salah Satu Warga yang Menerima Daging Kuban
ayo ikutan tebar hewan kurban
Ayo Ikutan Tebar Hewan Kurban

Mari tebarkan kebaikan dan keiklasanan dengan menebarkan hewan kurban anda agar bisa di nikmati tidak hanya di daerah tertentu akan tetapi juga bisa dinikmati daerah lain.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *