Satu cerita berjuta cinta

Dompet Dhuafa Mengajak Anda Menentukan Lokasi Hewan Qurban

lokasi hewan qurban dompet dhuafa
Add caption


Apa yang terlintas ketika mendengar kata Idul Adha ? pastinya hewan qurban. Apalagi anak anak di daerah perkotaan yang menyambut datangnya dengan teriak “sapi datang” dan melihat saat sapi turun dari truk. Tidak jarang pula orangtua yang membawa putra dan putrinya untuk melihat dan memberi rumput pada sapi dan kambing di panitia menerima hewan qurban. Dalam Islam hukum membeli hewan qurban adalah sunah. 

Memilih dan membeli hewan qurban itu tidak lah semudah yang dibayangkan karena ada syarat yang harus di penuhi pada kambing,domba dan sapi seperti  hewan qurban berjenis kelamin jantan, tidak boleh cacat, sehat, surat izin dari dinas peternakan, usia hewan qurban cukup dan kupa ( bahasa orang betawi yang artinya dua gigi depan kambing telah copot. Saat melakukan transaksi pembelian hewan qurban juga ada aturannya seperti cukup menawar hanya sekali dan menawarnya tidak boleh sadis . Biasanya panitia hewan qurban di masjid hanya menerima hewan qurban tiga hari menjelang hari raya idul qurban sehingga para pembeli yang sudah membeli hewan qurban menitipkan sementara kepada penjual kambing dengan membayar uang cari rumput dan saat membawa hewan qurban kita juga membayar secara sukarela ongkos gerek (narik kambing) dan biaya pemotongan yang telah ditentukan oleh panitia hewan qurban.

Sekarang ini dengan kecangihan teknologi maka semuanya mudah dilakukan dengan jari, cukup membayar sesuai yang telah di tetapkan oleh dompet Dhuafa http://thk.dompetdhuafa.org/program/thk maka pembeli telah memiliki hewan qurban untuk tahun ini.

Harga pembelian melalui Dompet Dhuafa :
Harga sapi ukuran 250-300 Kg Rp 13.500.000
Harga kambing standar berat 23-28 Kg Rp 1.975.000
Harga kambing premium Rp 2.975.000 .

Pembayaran hewan qurban tidak hanya bisa dilakukan di kantor dompet dhuafa akan tetapi juga bisa dilakukan counter dompet dhuafa yang tersebar di mall, transfer via bank, belanja online. Apalagi belanja hewan qurban via online akan mendapatkan special price sebelum tanggal 31 juli 2017.


Menurut Bapak Urip Budiarjo selaku General Manager Resource and Mobilization Mengatakan “Dompet Dhuafa juga mengajak pembeli hewan qurban untuk berpatisipasi memillih daerah yang akan di bagikan daging hewan qurban , Pemilihan daerah hewan qurban yaitu wilayah miskin tertinggal dan di pedalaman, Belum pernah menikmati hewan qurban, wilayah bencana /rentan konflik. Tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan 25.000 hewan kambing yang akan di sembelih  “. Para pembeli hewan qurban yang membelinya melalui dompet dhuafa nantinya akan menerima laporan berupa foto hewan qurban sebelum di sembelih, saat di sembelih dan pembagian daging qurban.

Empat aspek dompet dhuafa menyelenggarakan tebar hewan qurban:
1. Memberdayakan peternak.
2. Membantu para dhuafa .
3. Fungsi pemerataan desa ke kota.
4. Meningkatkan social masyarakat.

Salah satu titik pembagian hewan qurban dan memperdayakan peternak lewat program kampung ternak adalah di kecamatan Nyalindung, Sukabumi Selatan . Mpo selama dua hari mengunjungi kecamatan tersebut untuk melihat peternakan domba, kambing dan sapi perah. Untuk domba, kambing berada di kampung Bojong kupa, Desa cisitu, Kecamatan Nyalindung sedangkan untuk sapi perah berada di Kampung Cibogo, Desa Cisitu, Kecamatan Nyalindung. Akses menuju ke kecamatan tersebut sangatlah berbatu dan terjal sehingga di perlukan keahlian supir bis yang mengantarkan awak media dan para blogger yang datang ke desa tersebut pada tanggal 26-27 Juli 2017 . Setelah sampai udara dingin menyelimuti badan dan alam pemandangan indah , maklum aja kita berada di 900 kaki dari permukaan laut. Untuk sampai di kampung Bojong kupa, kita harus jalan kaki agak panjang dengan rute agak menurun curam dan berbatu , kita pun sambil pegangan tangan.


Sesampainya di kampung Bojong kupa dan kampung Cibogo, kecamatan Nyalindung banyak rumah yang kondisinya bagus, hal itu karena si pemilik rumah sudah bisa membetulkan rumah dan property yang cukup lengkap , bisa membeli motor, menyekolahkan anak dan membiayai pesta perkawinan sang anak dan ada saung yang cukup luas yang baru saja selesai di bangun dan sudah bisa berinfaq serta manajemen paguyuban . Si pemilik bukanlah anak saudagar kaya raya tapi ia adalah anggota Paguyuban Cipta Rahaja. Paguyuban Cipta Rahaja yang beranggotakan 32 orang adalah paguyuban yang mendapatkan bimbingan dan pelatihan ternak langsung dari dompet Dhuafa yang hampir berjalan selama dua tahun. Setiap keluarga di anggota paguyuban Cipta Rahaja memelihara 3 ekor kambing dan 10 ekor sapi. Dompet Dhuafa tidak hanya memberikan bantuan pembelian hewan ternak yang berkualitas kepada anggota paguyuban, tapi juga memberikan pelatihan, obat-obatan, pendampingan dengan tenaga ahli dan dari dinas perternakan cara pengelola hasil seperti kulit sapi. Kebersihan kandang, ukuran kandang 40 X50 meter sesuai ukuran kambing sehingga memenuhi standar berat kilogram hewan qurban yang telah di tetapkan dompet dhuafa dan di sekat antara satu kambing dengan yang lainnya agar tidak berantem yang bisa menimbulkan kecacatan pada kambing.

Kendala yang dihadapi peternak adalah masalah penyakit seperti cacing pada kambing . pada hewan yang sakit tidak hanya diberikan obatan medis dan juga melalui secara tradisional seperti kunyit. Kendala biaya membeli pakan ternak disaat sapi hamil selama dua bulan para peternak harus memberi pakan pada sapi akan tetapi sapi tersebut tidak menghasilkan susu. Kendala pemasaran juga menjadi halangan akan tetapi para peternak sudah mulai mengambil segmen pemasaran tidak hanya sekedar memasarkan ke pabrik keju akan tetapi juga menjual kepada pedagang susu jahe, home industry seperti yogurt. Nah buat pembaca blog mpo yang mempunyai usaha yang bahan minuman, makanannya memakai susu bisa membelinya langsung di kampung cibogo, desa cisitu, kecamatan Nyalindung.
hewan qurban sapi dompet dhuafa
Sapi
harga hewan qurban dompet dhuafa
Kambing

Tahun ini desa ini telah mempersiapkan hewan qurban sebanyak 80 ekor yang akan di beli oleh para pembeli hewan qurban yang melalui Dompet Dhuafa. Pembagian daging qurban akan di bagikan ke 4 kecamatan . Tahun yang lalu Pembeli hewan qurban yang membelinya melalui dompet dhuafa telah memotong sebanyak 60 ekor kambing. Untuk pendistribusian daging hewan qurban di 4 kecamatan dengan wilayah yang terjal dan curam menggunakan motor grandong. Motor grandong motor lama yang telah di modifikasi yang bisa mengangkut beban 4 ton.

Jadi masihkah anda mempertanyakan apakah hewan qurban yang anda beli memalui Dompet Dhuafa sehat dan memenuhi standar hewan qurban? Masihkah anda ragu dan mempertanyakan apakah benar hewan yang saya beli sudah di potong dan di bagikan ke tepat sasaran.
blogger dan peternak hewan qurban
Foto Bersama Peternak Sapi
salah satu pembagian lokasi hewan qurban
Salah Satu Lokasi Tebar Hewan Qurban
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *