Queenrider Mengajak Perempuan Aman Selama Berkendara

wanita aman berkendara
Ibu Iin Fahima
Pentingnya mengetahui agar perempuan aman selama berkendara dan tidak jadi korban kejahatan selama berkendara . Hal ini yang membuat Mpo dan komunitas wajah bunda Indonesia berkumpul di Neo Soho untuk mengikuti workshop pada tanggal 22 April 2017 . Semua kecelakan di jalan di sebabkan oleh sim nembak ujar ibu Iin Fahima. ucapan ibu Iin bikin para peserta workshop queenrider terkesimak. Banyak yang tidak kita sadari kecelakaan terjadi berawal dari sim nembak karena si pengemudi tidak mengetahui peraturan lalu lintas dan kemampuan diri sendiri dalam mengendarai masih minim.

Menurut data Korlantas periode 2014-2015 mengatakan bahawa korban kecelakan terbanyak adalah perempuan bila di bandingankan laki-laki dengan perbandingan 5-2. Perempuan tidak hanya sebagai korban kecelakaan akan tetapi juga menjadi korban kejahatan, oleh karena itu sebagai perempuan kita harus mempunyai strategi agar tidak menjadi korban.

Salah satu tips yang di ajarkan oleh Ibu Citra Ayu Lestari sebagai instruktur Road Safety Of Indonesia adalah perempuan harus memanipulasi penampilan di saat berkendara di malam hari dengan cara berpenampilan seperti cowok, Jangan melewati daerah yang sepi, pakaian pengemudi yang di pakai juga harus di perhatikan, bila ada pengendara lain yang memberitahu kita : “ban belakang bocor maka kita harus tetap melajukan kendaraan.
barang yang dibawa saat berkendara
Bapak Rio Octavioano
Beban yang di bawa oleh si pengemudi saat berkendara juga mempengaruhi, hal ini karena bisa membuat terganggunya kestabilan dalam berkendara. Beban berat maksimal bisa di lihat melalui buku petunjuk yang di keluarkan dari pabrik motor. Bagi yang membawa anak-anak idealnya sang anak di apit oleh orang dewasa ketika naik motor, hal ini di jelaskan oleh Bapak Rio.
pakaian yang di pakai saat mengendarai motor
Pakaian untuk Mengendarai Motor
Sebagai pengemudi terkadang kita tidak memperhatikan tampilan saat mengendarai , hal itu sangatlah penting karna kita sebagai pakaian yang kita pakai bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan dan pakaian yang tidak nyaman membuat ruang gerak kita tidak bebas . Tips yang di berikan oleh ibu Hanani Marha untuk pakaian pengendara motor bagi perempuan yaitu : pakaian yang nyaman, memakai jaket, memakai sepatu sampai menutupi pergelangan kaki, rambut harus di kuncir, warna pakaian jangan mencolok, memakai celana panjang dan tat arias yang simpel . sedangkan untuk pakaian saat kita mengendarai mobil adalah memakai rok dengan model A line, pakaian boleh mencolok, memakai jaket, sepatu harus menutupi pergelangan kaki.

Pentingnya pengambilan sim sesuai dengan peraturan tanpa harus nembak akan membuat kita aman karena kita Quenrides akan mengedukasi para perempuan tidak hanya mengenai peraturan dan kemampuan dalam mengemudi akan tetapi juga melalui mengikuti proses pengambilan sim secara benar.
Pakaian perempuan saat mengendarai mobil
Ibu Hanani Marha  dan Model yang memperagakan Pakaian Perempuan saat Mengendarai Mobil

11 comments:

  1. Kalau saya naik motor pasti makai helm, masker dan sarung tangan.
    Kalau sepatu justru gak begitu sering. Sendal malah lebih nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memakai sepatu sipaya tidak licin . terkadang alas sandal berbahan licin.

      Terima kasih teteh oki telah bersilahturahmi ke blog Mpo

      Delete
  2. Mengendarai mtor atau mobil bagi perempua, sebaiknya ambil amannya aja ya mpok, kayak tips di atas. atau bisa juga jangan sendirian atau terlalu jauh dari pengendara lain kali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget kalau naik ojek online atau mengajak teman/ saudara boncengan

      Terima kasih mba Yulia telah bersilahturahmi ke blog Mpo

      Delete
  3. Kalo saya sih setuju yang penting ga mencolok, ga usah pakai perhiasan apa2, sederhana aja lah, jangan mengundang orang pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memakai perhiasaan rawan kejahatan. soalnya mahal bu.

      Terima kasih mba latifika telah bersilahturahmi ke blog Mpo

      Delete
  4. Pakaian bagi pengendara memang sangat berpengaruh bagi keselamatan, dulu teman kecelakaan saat pakai jaket tebal, dan tangannya luka walaupun gak dalam. Jadi seandainya gak pakai jaket, diperkirakan lukanya akan dalam banget.

    ReplyDelete
  5. Waa aku dapet tips nih buat berpakaian machoan ya kalo berkendara malam

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat beberapa tahun yang lalu saat masih kerja kantoran dan mengendarai motor sendiri. Sebisa mungkin selalu menggunakan pakaian yg nyaman dan aman. Tapi yang namanya musibah, meakipun sudah sangat berhati2 di jalan, eh masih ditabrak juga oleh pengendara lain dari belakang, akibat si pengendara tersebut tarlalu ngebut dan nggak memperhatikan kendaraan yang di depannya sudah pada berbenti.

    ReplyDelete
  7. Ini penting banget niiihh... soalnya selama ini perempuan suka dikatain sebagai emak2 yang suka belok kiri meski seinnya nyala kanan haha. pakai2 perhiasan jg ngapain ya, minimal ditutupin jaket, betuuull...
    Btw usul buat Queen rider bikin jg tu safgapain ya, safety riding buat perempuan berhijab lebar, baiknya gmn, soalnya sering suka kejadian rok atau jilbab masuk ke rantai motor dna bikin celaka huhuhu

    ReplyDelete
  8. Kalau aku naik motor gak boleh lupa helm, jaket/sweater dan sepatu kets.

    ReplyDelete

My Instagram