Ambulance Gratis Bagi Warga DKI Jakarta dari Dinas Kesehatan

 

Ambulance gratis merupakan fasilitas yang diberikan untuk warga yang memiliki dki jakarta. sedangakan untuk warga di luar ktp DKI jakarta dikenakan biaya cas.   

Berawal dari kisah di tengah malam dimana orangtuaku mengalami demam panas dan sesak napas. 

Pertama yang bisa di lakukan adalah mencari pertolongan tetangga. Mpo berinisiatif WA om aku. setelah om datang ke rumah dan melihat papaku maka di putuskan buat membawa ke rumah sakit akan tetapi kami sekeluarga bingung karena tidak ada yang bantu gotong papa sampai ke mobil ambulance milik salah satu tempat pengajian yang terparkir di depan masjid rumahku.
Ambulance gratis

Karena adanya kesulitan ini akhirnya, om berinsiatif pergi cari bantuan ke puskesmas kecamatan di Mardani Raya.   

Sembari menunggu om datang ke rumah, iseng iseng nyari di google . ada ambulance gratis milik dinas kesehatan yang memberikan pelayanan gawat darurat juga melayani dengan non emergency. 

Tidak lama setelah googling, Mpo dapat kabar dari Om bahwa tidak bisa pinjam ambulance puskesmas kecamatan karena alur birokasi ribet. 

Akhirnya Mpo menghubungi no WhatsApp 081112119119. Tidak lama kemudian ada miss call dari dinas kesehatan yang mengkonfirmasi bahwa kita benar-benar butuh bantuan. 

Tidak lama kemudian ada telp masuk untuk yang kedua kalinya dari dinas kesehatan. telepon kali ini berbeda dengan yang pertama karena terdengar suara petugas yang menyapa dengan ramah. 

Petugas juga menanyakan kondisi pasien, mau diantar ke rumah sakit mana dan alamat rumah. Setelah itu petugas datang ke rumah dan menggotong papa masuk dalam ambulance untuk pertolongan pertama di dalam mobil. 

Mpo lihat petugas sibuk memasang alat alat medis di dalam mobil dan berkordinasi dengan berbagai rumah sakit buat mencari tempat kosong untuk papa.

Selama papa ditangani di dalam ambulance, petugas juga meminta Mpok untuk mempersiapkan kebutuhan pasien selama di rumah sakit seperti 
1. pakaian papa termasuk underwear 
2. popok dewasa. 
3. sarung. 
4. Surat-surat seperti fotokopi ktp, fotokopi KK untuk dinas kesehatan. sedangkan untuk rumah sakit di persiapkan kartu bpjs, 
5. Pakaian Mpok termasuk underwear
6. peralatan mandi 
7. Jaket. 

Setelah petugas memberikan pertolongan pertama dan sudah menemukan tempat di rumah sakit maka meluncurlah Mpok bersama petugas ke Rumah sakit Tarakan. 
Tindakan di dalam Ambulance


Sumpah naik ambulance ini sungguh bikin deg degan seperti naik roller coster, ngebut banget apalagi saat itu berada di jam 3 pagi dimana arus lalu lintas sepi.   

Tidak lama sampai di Rumah Sakit Tarakan. Sesampai di Rumah sakit, Mpok dan petugas melapor dan tidak lama kemudian papa masuk IGD untuk tindakan medis. 

di akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun, 
Ada Manggis, Ada burung unta.
Ada Ambulance gratis bagi penduduk DKI Jakarta

20 comments

  1. Alhamdulillah ada Ambulance dari Dinas Kesehatan Jakarta ya mpo, jadi cepat dibantu dan langsung dibawa ke rumah sakit. Semoga Allah mudahkan ya mpo, dan orangtua mpo selalu dalam keadaan sehat.

    ReplyDelete
  2. Mpo makasih ya infonya. Alhamdulillah ada ambulans gratis di wilayah DKI Jakarta. Ini ga harus yang punya KTP DKI kan? malah ambulans puskesmas enggak secepat itu ya pinjamnya.
    aku pernah naik ambulans waktu mau dibawa ke RS covid. Iyah ngebuuuut!

    ReplyDelete
  3. Masya Allah mpo, kebayang paniknya... Mana jam 3 pagi, Alhamdulillah akhirnya dapet juga ambulans dari dinas kesehatan ya. Semoga papa lekas sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Papaku sudah meninggal dunia 4 hari setelah di rawat di RS. Tarakan.

      Delete
  4. MashaAllaa~
    Terbantu sekali dengan adanya ambulance gratis milik dinas kesehatan.
    Kudu dicatet ini nomernya, khusus untuk Warga Jakarta yang bisa jadi memerlukan bantuan dari dinas kesehatan. Gercep yaa.. 24 jam membantu warga.

    Semoga Papanya Mpo lekas sehat kembali.

    ReplyDelete
  5. pengalaman yg nggak bisa lupa ya mpo, dan menjaga orang sakit apalagi orang tua masya Allah banget. Semoga mpo sehat selalu ya sekeluarga. Jadi ini ambulance gratis di dki ya. Aku belum tau di Tangerang ada nggak ya, kayaknya belum pernah tau..
    makasih ceritanya ya mpo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari tahu adakah ambulance gratis untuk Tanggerang.

      Delete
  6. Kayaknya enak ya jadi warga Jakarta Mpok, banyak fasilitas gratis yang disediakan Pemdanya nih. Hmm jadi agak2 gimana ya, nyesel tapi gimana pindah KTP gara2 pindah rumah hahaha. Sebagai mantan warga Jakarta yang pernah punya 2 KTP DKI (di daerah yang berebda maksudnya), daku ngiri sm warga DKI hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdoa saja semoga ambulance gratis berlaku untuk seluruh Indonesia ada yang seperti ini. Aamiin.

      Delete
  7. Bagus ya mpok ada ambulance gratis buat penduduk Jakarta yang membutuhkan, karena sewa ambulance juga gak bisa dikatakan murah.
    Kudu disebarkan tu mpok nomor whatsapp di atas supaya makin banyak masyarakat yang mengetahui.
    Jadi kondisi papanya sekarang gimana mpok? Moga sehat2 yaaa
    Terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya Mpo nulis di blog biar banyak yang tahu dan membantu keuangan sehingga tidak perlu bayar.

      Delete
  8. Wah, syukurlah ada pertolongan dari dinas kesehatan berupa ambulance gratis. Ini benar-benar membantu dan sangat memudahkan ya Mpok. Semoga semuanya sehat-sehat selalu..

    ReplyDelete
  9. Wah keren sekali program ambulance gratis ini ya mpo
    Sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses mobil ambulan yang biasanya tak terjangkau

    ReplyDelete
  10. Masya Allah, ada ambulance gratis ini bisa membantu siapa saja yg sakit khususnya warga berKTP DKI Jakarta. Mau jam berapa pun siap siaga. Semoga makin banyak layanan kesehatan seperti ini.

    ReplyDelete
  11. Ambulance gratis kaya gini pasti sangat bantu ya, Mpo. Kalau di daerahku, ada dari komunitas sosial agama. Meski begitu, semoga kita tetap sehat. Jadi gak perlu naik ambulance juga

    ReplyDelete
  12. Ambulance gratis kaya gini pasti sangat bantu ya, Mpo. Kalau di daerahku, ada dari komunitas sosial agama. Meski begitu, semoga kita tetap sehat. Jadi gak perlu naik ambulance juga

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ada ambulance gratis dari Dinas Kesehatan, ya. Dan ini beneran mobil Ambulance untuk pasien, yang lengkap dengan berbagai fasilitas dan alat-alat kesehatan. Soalnya kan ada juga Ambulance yang hanya untuk mengantar saja, tanpa alat-alat standar. Petugasnya juga sigap, ya. Dan informatif juga, minta Mpo menyiapkan perlengkapan Papa dan diri Mpo sendiri untuk dibawa ke rumah sakit.

    Semoga papanya Mpo lekas sehat kembali.

    ReplyDelete