Satu cerita berjuta cinta

Film Koboy Kampus Mahasiswa Abadi ITB Kritisi Pemerintah

Mahasiswa ITB sangat mengkritisi pemerintahan di era orde lama. Suhu politik yang sangatlah memanas dimana para mahasiswa menggelar aksi demo besar-besaran di gedung MPR-DPR.
 

Mahasiswa tidak tinggal diam, sebagai pengawal pembangunan melihat harga sembako naik, IMF mencabut subsudi BBM dan kekuasaan yang terus di pegang oleh Soeharto membuat mereka menunjukan dengan melakukan aksi demontrasi.

Aksi tersebut menuntut presiden Soeharto turun dari tahta kepresidenan yang telah di jabat sejak tahun 1967. 

Di balik memanas suhu politik di Jakarta, para mahasiswa ITB melakukan kudeta terhadap pemerintah yang sah dengan mendirikan negara kesatuan Republik The Panasdalam Bank yang terbentuk tanggal 18 Agustus 1995. 

Uniknya lagi di dalam Negara kesatuan The Panasdalam bank warga negara nya cuma berjumlah 18 orang dan wilayah cuma seluas 8X10 meter. 

THE PANASDALAM adalah akronim dari: THE-nya dari aTHEis. 
PA-nya dari PAganisme. 
NAS-nya dari NASrani.  
DA-nya dari Hindu budDA. 
LAM-nya dari isLAM.  

Kisah Negara Kesatuan Republik The Panasdalam Bank beserta warga negaranya di tuangkan dalam film Koboy Kampus. Press screening yang di lakukan pada tanggal 18 Juli 2019 bertempat di Epicentrum Kuningan City, Jakarta. Di saat press screening juga di hadiri oleh para pemain film Koboy Kampus.
Mahasiswa abadi ITB film koboy kampus
Conference press film koboy kampus

Film merupakan kolaborasi antara MNC Picture dan 69 production yang di garap langsung oleh Pidi Baiq dan Tubagus dedy merupakan film komedi musikal dengan celotehan khas anak-anak Bandung di era itu.   

Semua Warga Negara Kesatuan Republik The Panasdalam Bank merupakan mahasiswa seni rupa yang terkenal dengan penampilan cuek apa adanya dan mempunyai banyak pemikiran ide di kepala nya.  

Kisah dalam film Koboy Kampus merupakan kisah pribadi Pidi Baiq sewaktu kuliah. 

Di saat itu pemerintah berupaya menekan pihak-pihak kampus untuk mengajak para mahasiswa untuk tidak melakukan aksi mengkritisi kebijakan pemerintah dan kembali belajar di kampus. Ancaman tersebut tidak mematahkan semangat para mahasiswa dalam menunjukan aksinya.  

Alur cerita di film koboy kampus sangat rumit, mungkin Hal ini di sebabkan Mpo berada di generasi yang berbeda sehingga kurang masuk di dalam adegan era saat itu. Akan tetapi kelucuan dan sentilan nakal sudah terjadi di sepuluh menit pertama tayang.  

Kehidupan Jaka Dan Mojang Bandung ini kental dengan kehidupan sehari-hari di era waktu itu seperti saat kesal suka ketok telp umum sehingga koin jatuh berserakan. 

Sebagai imam besar di negri Negara Kesatuan republik The Panasdalam, tokoh Pidi Baig yang di perankan oleh Jason Lepas terlihat karekter sangat pas dengan mahasiswa seni rupa dengan menggunakan kaos dengan tampilan gondrong serta cuek.

Di muktamar ke dua di Lembang terbentuklah group band yang bernama The Panasdalam kaummusikampusentris ITB. Mpo penasaran dengan tokoh Pidi Baiq dan The Panasdalam Bank oleh karena itu mpo coba browsing lagu-lagu dari The Panasdalam. Ternyata syair syair yang di bawakan oleh The Panasdalam kaummusikampusentris ITB ini cukup unik dengan syair sederhana, aransemen lagu tidak terlalu banyak menggunakan alat Musik akan tetapi enak di dengar. Hem pantas saja YouTube The Panasdalam telah mencapai 19 ribu subscribe.  

Teman-teman bisa dengerin lagu-lagu Karya The Panasdalam dalam Film Koboy Kampus. 

Sebagai penikmat film,Mpo beri nilai bintang 3 dari 5 yang artinya cukup. Nah daripada penasaran tonton film koboy kampus di bioskop mulai 25 Juli 2019 dengan para pemain 
Jason Ranti sebagai Pidi Baiq
Ricky Harun sebagai Ninuk 
Bisma Karisma sebagai Deni David. 
John Schaap sebagai Erwin. 
Migdad Addausy sebagai Dikdik. 
Steffi Zamora sebagai Rosi. 
Danilla Riyadi sebagai nova. 
Vienny JKT48 sebagai Viny  
Christi Colondam sebagai santi. 
Jennifer Lepas sebagai inggrid. 
 Anfa Safitri sebagai rianto.
akhir cerita ini Mpo mau berbalas pantun. 

Jalan jalan ke Cimahi, Naik kereta api.
Yuk lihat aksi Mahasiswa abadi, yang bikin kamu hapi.
Share:

35 comments:

  1. Sukak banget kalo ada pilem2 dgn cerita mahasiswa gini, Mpo.
    Berasa balik k bangku kuliah :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba. Seperti ke jaman perjuangan menuntut ilmu.

      Terima kasih mba Nurul telah bersilahturahmi dan komentar di web blog

      Delete
  2. Waahh karya Pidi Baiq biasanya selalu menarik dan lucu, saya paling suka film komedi, sayang nggak memungkinkan nonton di bioskop karena anak pasti mau ikutan.

    Jadi mupeng deh saya mpo, tanpa tahu kapan bisa nonton hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya komedi selalu menghibur para penonton.

      Terima kasih mba Rey telah bersilahturahmi dan komentar di web blog

      Delete
  3. Ya ampun ini film kocak banget wkwkw banyak kata2 dan tingkah mereka yang bikin ngocok perut heuheu. Btw banyak pelajaran juga yang bisa didapat di film ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mba Kurnia . Bikin sakit perut

      Terima kasih mba Kurnia telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  4. wah, jadi tertarik buat nonton nih.
    tapi mau liat trailernya dulu di yutub ah... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo deh buruan ke bisokop mumpung masih ada jadwal.

      Terima kasih mba Susie telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  5. Oalah makanya font yg dipilih kayak gitu. Ternyata karena latar belakang film koboy kampus ya.

    Aku baru tau cerita dibaliknya ini sih Mpo, karena dulu belom paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo deh ke bioskop.

      Terima kasih mba Cindy telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  6. Jujur ini film antara kocak sama buat saya berfikir, ayah pidi baiq dr kuliah emang udah jenaka yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakat ngocol terus Ada di dalam diri ayah Pidi.

      Terima kasih mba echi telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  7. Oh ternyata film Koboy Kampus ini tentang mahasiswa yang suka demo, main musik, dan jadi mahasiswa abadi ya. Kalo karya Pidi Baiq sih udah jaminan pasti keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kocak bikin sakit perut.

      Terima kasih mba Hiday telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  8. Ponakanku dari nntn film ini, katanya ada negara baru yang dibentuk dan lucu, jadinya penasaran banget ini sama filmnya. Trimaksih yah kk sudah menulis ini jadinya saya nggak bertanya2 panjang kali lebar lagi

    ReplyDelete
  9. pati filmnya menarik dan seru abis ya mpook. AKu malah membayangkan naik mobil jeep kereen itu keliling - keliling kota hehehehe

    ReplyDelete
  10. Mpo, banyak yang rekomendasikan film ini buat ditonton. Apalagi lucu dan menyentil khas ala kampus jaman dlu .

    ReplyDelete
  11. Latar belakang filmnya berat juga ya. Dibalut dalam bentuk komedi, bikin aku penasaran kayak apa keseluruhan jalan ceritanya.

    ReplyDelete
  12. Mpo belum tau sih ya kenikmatan ketuk2 telpon umum terus koinnya keluar hihiii.. memang bukan eranya sih ya. Ada lagi yang kalau telpon koinnya ditaliin pake benang, ntar bisa ditarik lagi, alias nelponnya bisa gretongan. Duuh seumuran sama Pidi Baiq kayaknya nih aku :))
    Jadi pengin segera nonton film ini, biar bisa ikutan ngakak2.

    ReplyDelete
  13. Wah jadi ingat waktu kuliah suka pakai almamater buat demo, jadi pengen nonton Koboy Kampus ini mbak, seru dan penuh canda sepertinya.

    ReplyDelete
  14. Asikkk mpok berpantung lagi.. udah lama banget yak ngga mampir ke blognya mpok hihi.. jadi rekomended nih filmnya.. dari fosternya sih keliatan lengkap ya.. ada lucuk juga ada seriusnya.. sip sip boleh lah nanti aku nonton film koboy kampus juga

    ReplyDelete
  15. Penasaran sama film nya.. btw baru tau lho...panjangan teh panas dalam tuh itu hehe..

    ReplyDelete
  16. Jadi mengenang jaman kuliah dulu tahun 98 lagi panas2annya demo di kampus sampai ke MPR. Sekarang ada filmnya ya tentang mahasiswa demo

    ReplyDelete
  17. Cerita khas mahasiswa jaman Orba pasti sangat beda sama mahasiswa jaman sekarang. Semangat idealismenya masih tinggi. Kalo digarap pidi baiq, ada adegan yang puitis gitu ngga mba ?

    ReplyDelete
  18. Iya yah dulu mahasiswa itu beneran mantul mengkritisi pemerintah sekarang ya gitu deh..aku baru tahu akronim THE PANAS DALAM ternyata itu toh unik ya pemikiran Ayah Pidi ini :) jadi penasaran pengen nonton filmnya

    ReplyDelete
  19. Asal filmnya gak terlalu banyak cinta-cintaan, aku mau nih nonton. Suka sebenarnya dg film tema anak muda kaya gini

    ReplyDelete
  20. Dengar nama Pidi Baiq pasti ingat Dilan, Hehehe. Filmnya uda tayang yaa? Hmm penasaran pengen nonton tapi belum punya waktu ke boiskop

    ReplyDelete
  21. Oh jd singakatan The Panas Dalam itu to, kirain artinya apaan. Jd kyk negara yang warganya terdiri dr keyakinan yg berbeda2ya mpok? Aku penasaran nih jalan ceritanya. Beneran nih kisah nyata hidupnya Pidi Baiq gtu?

    ReplyDelete
  22. Ooh... Baru tahu the panasdalam itu singkatan dari apa. Keren ya idenya. Segera ingin nonton nih film nya kalua ada kesempatan.

    ReplyDelete
  23. Oh...singkatan The Panas Dalam itu ada Atheisnya?
    Topiknya lumayan berat yaa..
    Aku jadi ingat kontroversialnya Dilan.

    ReplyDelete
  24. Nonton film koboy kampus ini aku jadi inget masa-masa kuliah deh mpok. seru, dan kreatif banget tapi bedanya aku ga buat negara sendiri hehe

    ReplyDelete
  25. Film yang kepengeeeeen banget aku tonton. Semoga terwujud. Kepengen nostalgiaan masa2 kuliah di kampus yang sama dengan Surayah Pidi Baiq :))))

    ReplyDelete
  26. waktu revolusi aku masih SD jadi ga ngerti gimana hebohnya, cuma dengar berita kalau ada mahasiswa meninggal karena tembakan. Nonton film ini kira-kira bakal nyambung gak ya?

    ReplyDelete
  27. Penasaran nonton film yang bisa mengocok perut begini, tapi agak mikir lagi kalai harus bawa krucil. Pasti deh film ini bisa bawa sayanya pingin balik ke kampus lagi, hehehhe

    ReplyDelete
  28. Wah aku pangling sama Mpo nih. Kemarin pasti gak ngeh karena berjilbab. Aku juga nonton film ini. Seruu

    ReplyDelete

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *