Satu cerita berjuta cinta

Vaksin HPV Cara Pencegahan Kanker Serviks pada Remaja

Pencegah kanker serviks adalah salah satu cara untuk terhindar dari penyakit yang menyerang kaum hawa.
Kanker serviks Penyakit berbahaya menyerang kaum hawa

Pemerintah baik instalasi kesehatan dan komunitas peduli kanker serviks mulai mengalakan pencegahan kanker serviks dengan melibatkan masyarakat dalam mengenal kanker serviks dan juga cara pencegahanya.

di group WhatsApp tiba tiba ramai karena ada pengumuman akan ada pemeriksaan cegah kanker serviks lewat pap smear.

Salah satu anggota group senam bertanya "anak saya usia 18 tahun bisa ikutan pap smear tidak? .

Mpo yang pernah membahas kanker serviks pada blog, langsung saja Mpo menuliskan bahwa jika di usia tersebut anak ibu sudah menikah maka dapat melakukan pemeriksaan pap smear. Bila belum menikah maka bisa melakukan pencegahan lewat vaksin HPV.

Mengenali penyebab dan gejala awal  kanker serviks 

Kanker serviks merupakan penyakit yang menakutkan yang bisa menyerang pada kaum wanita.

Angka kematian akibat penderita kanker serviks ini terus bertambah setiap tahunnya.

Menurut survei Golbocan ada 50 orang perempuan yang meninggal akibat kanker serviks di tahun 2018.
Jumlah penderita kanker serviks tahun 2018
Semoga tahun ini menurun angkanya
Kanker serviks bukanlah hal yang bisa di anggap sepele. Untuk itulah perlunya kaum wanita untuk mengenali kanker serviks.

Kanker serviks merupakan perkembangan sel yang tidak normal di mulut rahim. Perkembangan tersebut nantinya akan menjadi tumor ganas dan inilah yang menjadi penyebab kanker rahim.

Karena keterbatasan pengetahuan mengenal gejala awal kanker serviks membuat para penderita baru mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit kanker serviks ketika sudah memasuki stadium akhir.

Gejala kanker serviks harus bisa kita kenali tanda-tandanya agar kita bisa menghindari dari resiko kematian.
Gejala awal penyakit kanker serviks
Apakah tanda-tanda ini ada di dirimu?
Walaupun para penderita kanker serviks adalah kaum hawa akan tetapi kaum pria juga bisa turut serta berpartisipasi dalam menularkan virus HPV lewat hubungan seksual.

Kanker serviks merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Ada 13 jenis virus yang bisa menjadi penyebab kanker serviks. Biasanya virus jenis tipe 16 dan tipe 18 yang paling banyak ditemui pada penderita kanker serviks.

Pada umumnya penderita kanker serviks adalah wanita dewasa akan tetapi kanker serviks juga bisa terkena pada remaja, hal ini menurut data nasional dari tahun 2009 -2016 tercatat ada 33 kasus penderita kanker serviks pada usia remaja.

Kanker serviks bisa di cegah sejak remaja.  

Beberapa waktu yang lalu Mpo menjadi petugas dasawisma yang membantu pihak PKK kelurahan Johar baru untuk mensurvei para kaum wanita di lingkungan rumah tentang pencegahan kanker serviks.

Dari data tersebut ternyata masih ada warga yang masih takut melakukan pencegahan kanker serviks.

Kanker serviks bisa di cegah melalui
A. Melakukan pemeriksaan pap smear .

Pap smear merupakan salah satu cara untuk pencegahan kanker serviks. Pap smear untuk menguji ada kelainan sel sel yang tidak normal di mulut rahim. Pap smear ini hanya di lakukan untuk orang yang sudah menikah.

B. Vaksin HPV

Vaksin HPV merupakan. Cara pencegahan melalui jarum suntik yang nantikan akan membentuk antibodi terhadap virus HPV.

Vaksin HPV bagaikan superhero yang siap memberantas virus HPV tipe 16 dan tipe 18 sehingga virus tersebut tidak berkembang dan akhirnya virus tersebut mati.

Untuk remaja mulai usia 9 tahun hingga usia 55 tahun bisa melakukan pencegahan lewat suntikan vaksin. 

"Untuk anak usia 9-13 tahun bisa diberikan vaksin sebanyak dua kali. Sedangkan usia di atas 13 tahun bisa melakukan pencegahan lewat vaksin sebanyak 3 kali", hal ini diungkapkan dokter Vernita Eng selaku perwakilan yayasan kanker Indonesia.

Oh ya vaksin ini juga bisa diberikan pada anak lelaki untuk menghindari pencegahan virus HPV menyebar ke pasangan hidupnya.

Vaksin diberikan sebanyak tiga kali. Untuk jangka waktu pemberian vaksin yang ke dua kalinya bisa dilakukan satu bulan setelah pemberian vaksin pertama sedangkan untuk pemberian vaksin yang ketiga bisa di lakukan 6 bulan setelah melakukan vaksin kedua.

Pemberian vaksin HPV sangatlah aman untuk melindungi diri dari kanker serviks . Setelah di suntikan ke dalam tubuh maka vaksin yang berupa protein akan membentuk imun di tubuh untuk menciptakan perlindungan terhadap kanker serviks.

Artis ikut pencegahan kanker serviks 


Dalam rangka memperingati internasional women's day diadakan sebuah pameran foto.

KICKS mengandeng fotografer handal, Diera Bachir untuk mengambil foto ke dua puluh delapan artis yang berpartisipasi dalam pameran foto bertema Iam Trully Women yang berlokasi di Plaza Indonesia.

Sebagai wujud mendukung pencegahan kanker serviks para artis juga melakukan pencegahan kanker serviks dengan melakukan suntik vaksin HPV.

 "Vaksin HPV ini penting banget karena ada hubungannya dengan masa depan kita". hal ini di ungkapkan oleh Cinta Laura.

Yuki Kato yang juga turut serta berpartisipasi melakukan suntik vaksin mengatakan "semoga bisa memberikan dampak positif ke anak perempuan dan laki-laki supaya bisa lebih sadar mengenai pentingnya investasi untuk kesehatan".
Cegah kanker serviks melalui suntik vaksin HPV
Cinta Laura menunggu Girian
Saat Yuki Kato melakukan vaksi
Jika artis bertalenta ini berani melakukan pencegahan kanker serviks, kenapa kita melakukan hal yang sama?

Di akhir cerita ini, Mpo mau memberikan pantun.

Ada KICKS , ada cinta laura
Jangan takut terhadap kanker serviks, bisa di cegah sejak remaja.
Share:

75 comments:

  1. Kanker serviks memang momok menakutkan ya bagi para wanita semoga kita terhindar dari penyakit y mpo kita semua selalu sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin

      Terima kasih mba Yanti telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  2. Keren pantun nya ... Baru tau kalau kanker yg satu ini bisa di cegah , deteksi sejak dini ya Mpok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kecanggihan teknologi bisa membuat penderitanya kanker serviks berkurang.

      Terima kasih mba Novitalevi telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  3. Jaman saya dulu mana ada info seperti ini, nah saat anak saya kelas 5 ada program suntikan hpv di sekolah, saya ikutin sampai kumplit untuk mencegah ya mpok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba. Anak anak kita harus di lindungi dari penyakit ini.

      Terima kasih mba Hanny telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  4. Kanker serviks memang salah satu kanker yang jadi hantu mematikan bagi perempuan. Dengan gaya hidup sehat dan ikut vaksin dan deteksi dini HPV bisa mengurangi pencegahan kanker serviks. Mpok udah ikutan deteksi dini HPV blum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mba,Mpo meski nabung dulu.Semoga ada yang ngasih suntikan vaksin HPV gratis.

      Terima kasih mba Hida telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  5. Sedini mungkin kita hrs peduli dg penyakit serviks ini krn ckp bnyk kasus terlambat diketahui shg telat utk melakukan pengobatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai itu terjadi pada diri kita.

      Terima kasih emak Dewi telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  6. Kanker masih menjadi momok yg menakutkan apalagi bagi kaum perempuan. Pencegahan servicks memang harus di mulai sedini mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlahir sebagai perempuan istimewa sampai sampai hanya ada penyakit yang khusus terjadi pada perempuan.

      Terima kasih mba Siti telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  7. Iya kita memang perlu ini di vaksin buat pencegahan kanker serviks. Tapi lumayan mahal juga ya mpo biayanya. In Sha Allah kalau ada rejeki aku mau ah di vaksin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin semoga dilancarkan rezeki nya.

      Terima kasih mba Mel telah bersilahturahmi dan komentar di web blog Mpo

      Delete
  8. Selamat hari perempuan sedunia... (Meskipun terlambat menyapa di sini)

    Kanker Serviks memang menakutkan untuk wanita dan sebagai perempuan memang harus benar-benar menjaga diri agar tidak terkena Kanker Serviks.
    Selain kita perlu waspada, kita juga harus rutin memeriksakan diri dengan mengikuti PAP Smear.

    Oh ya, tapi wanita yang benar-benar perlu waspada dan memeriksakan sejak dini (dengan mengikuti PAP Smear) adalah wanita yang telah/pernah melakukan hubungan badan. Iya kan ya Kak? (berdasarkan ingatan saya)

    Semoga benar.
    Sehingga banyak perempuan yang lebih waspada juga untuk tidak sembarangan melakukan hubungan badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang berjumpa dan berkenalan dengan mba Eini .

      Delete
  9. Seremnya kanker ini membuat pemerintah jadi lebih peduli ya, dengan mengajak para remaja mulai peduli pencegahan kanker serviks.

    Dan semoga hal itu bukan sebagai alasan untuk merasa aman berhubungan badan.

    Ngeri banget sekarang penyakit ini menjadi salah satu pembunuh wanita terbanyak di Indonesia.

    saya juga pengen nih, tapi masih geli kalau sampai yang papsmear segala hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngakak liat mimik si Yuki Kato, kayaknya dia ketakutan ya mpo? Cinta Laura kok nunggunya jauh amat, takut juga ya hahaha

      Padahal suntik itu ya ga sakit2 amat, tapi saya juga takut hahahaha

      Delete
  10. Semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit yg berbahaya. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah nih mpo papsmear jadi pengen periksain deh plus suntik HPV menyeramkan memang kanker serviks itu yah :( semoga terhindar dari penyakit ini aamiin

    ReplyDelete
  12. ya alloh angkanya naik hiks, jadi takut aku pun. Belum papsmear dan vaksinasi, kujadi takut, soalnya kanker kan ngeri, ga ada gejala tau2 udah stadium sekian

    ReplyDelete
  13. Ah ya, jadi inget kemarin di sekolah anakku dilaksanakan imunisasi ini nih. Anak-anak mendapatkan vaksin HPV secara gratis dari pemerintah :)

    Btw itu Yuki Kato lagi nahan apa sampe tutup mulut Mpo? Gak takut dgn jarum suntik kaan :D

    ReplyDelete
  14. Memang ya menjaga kesehatan itu harus dimulai sejak remaja, apalagi pengetahuan tenang penyakit tidak menular yang akhir akhir ini semakin banyak bermunculan.. kegiatan cegah kanker serviks sejak dini dengan suntuk HVP ini diharapkan anak anak remaja atau anak muda semakin aware sama kesehatan dirinya ya

    ReplyDelete
  15. Makasih infonya mpok. Saya sampai hari ini belum mengagendakan untuk vaksin hpv. Semoga kita semua sehat sehat yaaa mpok

    ReplyDelete
  16. baru tahu sekarang lho Mpok, klo yg boleh papsmear itu cuma yg boleh nikah. kirain wanita dewasa semua boleh melakukan papsmear ini. Noted, Mpok.
    saya belum pernah papsmear nih, waktu itu mau papsmear eehhvtapi gak berani karena lagi menyusui, takut aja gitu kenapa2 :D
    sekarang ada MCU lagi di kantor, gak bisa ikutan lagi karena sedang hamil, hihihih.

    anak-anak remaja ini emang harus divaksin yaaa biar mencegah hal-hal yang tak diinginkan, fufufhuh.

    ReplyDelete
  17. Sebelum menikah saya ikuti vaksin HVP ini mbak dan sekarang sudah emak-emak kegiatannya ya Papsmear. Karena memang menurut dokter kalau kanker serviks itu kadang deteksi dininya kurang diketahui dan setelah lumayan parah baru diketahui. Semoga kita bisa terus menjaga area kewanitaan.

    ReplyDelete
  18. Aduh serem ya penyakit kanker serviks ini bahkan remaja pun bisa terkena, saya kira penyakit ini hanya kena ke wanita yg sudah menikah saja, kemaren2 pernah mau periksa pap smear tapi gak jadi krn pas diperiksa rasanya sakit banget seperti mau dipasangin spiral, memang bagusnya periksa pas abis haid banget

    ReplyDelete
  19. Kanker selalu menjadi momok yang menakutkan. Apalagi setelah tau angkanya semakin tinggi. Semoga bisa diperkecil kalau sudah tau pencegahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem banget itu penambahan jumlahnya. Semoga kita dijauhkan dari kanker serviks ataupun kanker lainnya

      Delete
  20. Kanker penyakit menakutkan, terlebih lagi kanker servik yang terkadang kita bertanya-tanya apa salah kita sampai kena penyakir itu

    ReplyDelete
  21. Penting banget melakukan pencegahan sejak dini ya mbak. Kanker serviks memang salah satu silent killer yang baru disadari oleh penderitanya setelah mencapai stadium lanjut karena gejalanya jarang terdeteksi... Mksh sharingnya ya Mpo...

    ReplyDelete
  22. Hwa aku ada anemia, mudah capek, dan nyeri pinggang bawah bagian belakang. Tapi BB ga berkurang sih hehe. Udh ada rencana mau vaksin, tapi nunggu suami bisa nganter ke spog dulu

    ReplyDelete
  23. Baru tau nih mba soal vaksin HPV. Btw jadi keinget kalo aku sudah wajib papsmear hahah belum beranii wkwk semoga sehat2 semua lah ya kita :)

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sudah sejak 2012 aku vaksin HPV mba. Dan sudah dua kali pap smear.Rencana tahun ini ya pengen papsmear

    ReplyDelete
  25. Duhhh kayak diingatkan nih kalo udah lama belum papsmear lagi. Terakhir udah 4 tahun yang lalu, udah waktunya nih cek bagian dalam. Apalagi aku udah menopause, harus aware soal ginian

    ReplyDelete
  26. Wah, bagus nih acara ini. Bisa jadi teladan buat anak-anak muda untuk ikut vaksinasi ini. Atis aja divaksin, masa kita enggak. Buat cegah kanker serviks pula. Kanker yang menakutkan banyak orang, padahal bisa dicegah dengan vaksinasi ini.

    ReplyDelete
  27. salah satu pencegahan kanker serviks dengan melakukan pap smear, tapi kalau remaja yang belum nikah kayanya gak bisa deh Mpok kalau di sini kan masih perawan hihihi

    ReplyDelete
  28. Seingetku aku juga belum pernah vaksin HPV. Semoga nanti ada rejeki buat vaksin. Aamiin.

    ReplyDelete
  29. Aku blm vaksin krn masih terbentur biaya hehe, lg nabung buat dapat vaksinnya jg. Moga2 suatu saat ada kebijakan pemeintah buat subsidi vaksin kyk gini ya mpok, sebagai bagian dr mencegah kanker serviks thx

    ReplyDelete
  30. Yuki Kato kenapa tutupan dia takut disuntik juga itu hahahah
    aku juga kalo suntik pasti nahan napas, agak takut
    Ya Allah semoga aku juga bisa ikutan vaksin, mengingat butuh nabung juga buat biaya segitu

    ReplyDelete
  31. Aku maju mundur kak buat vaksin ini soale harganya lumayan ya, tapi ini penting juga sih buat kita untuk mencegah kena penyakit kanker servick.

    ReplyDelete
  32. Sebaiknya memang lebih baik mencegah ya mpok daripada mengobati. Apalagi penyakit kanker serviks ini berbahaya banget dan rentan menyerang perempuan. Btw saya juga baru tahu nih soal vaksin HPV, sampai artis juga melakukan vaksin tsb. Thanks infonya ya Mpok.

    ReplyDelete
  33. Sejak merebak kasus Jupe waktu itu, aku jadi makin aware sama kanker serviks deh mpo. Dan rasanya pengen suntik vaksinnya.

    ReplyDelete
  34. Oh ini yang bikin acaranya makin seru yaa...karena ada foto-foto terbaik dari Diera Bachir.

    Serem yaa, mpo.
    Jaman sekarang penyakit mengintai.
    Jadi langsung pingin suntik HPV...

    ReplyDelete
  35. Ashiaaappp.. aku pernaah ikut pemerikaaan kanker seviks kak. Alhandulillah negatif

    ReplyDelete
  36. Aku tuh kalau baca artikel soal kanker serviks ini suka ngeri ngeri gimana gitu mpok, tapi kan harus tau ya buat sekedar pengetahuan

    ReplyDelete
  37. Laki2 pun ternyata perlu disuntik vaksin HPV ini juga ya. Baru tau aku.

    ReplyDelete
  38. Nah ini niihh aku belum lakukan papsmear yang harusnya rutin dilakukan oleh mereka yang sudah menikah. Harus rutin memeriksakan diri ya agar terjaga kesehatan serviks.

    ReplyDelete
  39. Saya tak tahu apa pernah dapat vaksin HPV karena kala hamil disuntik vaksin oleh bidan. Tak tahu juga sudah atau belum dan apakah bisa suntik vaksin di sana lagi. Soalnya lebih dekat dan saya pada dasarnya takut jarum suntik da kapok usai melahirkan cara caesar jadi ngeri pada jarum suntik.
    Penting juga papsmear dan nyuruh suami menjaga area kelelakiannya agar bersih. He he.
    Semoga kita semua disehatkan, ya, Mpo. Aamiin.

    ReplyDelete
  40. Deteksi dini memang sangat membantu ya mba.. kanker bisa diobati dan dicegah, asakan diketahui sejak awal. Ayo vaksi HPV dan papsmear

    ReplyDelete
  41. Duh, setiap tahun penderita yang meninggal karena kanker serviks ini meningkat yaa, Mba. Duh semoga kita semua diberi kesehatan dan dilindungi dari penyakit berbahaya ini, amiiin

    ReplyDelete
  42. Syukurlah sekarang para remaja sudah bisa divaksin HPV yaa. Semoga dengan banyaknya yang sudah divaksin HPV bisa mengurangi jumlah penderita kanker serviks, amiiin

    ReplyDelete
  43. Baca ini, aku jadi pengen deh lekas suntik HPV. Serem banget ya kanker serviks. Kalo Yuki Kato aja berani, masa aku gak hehe

    ReplyDelete
  44. Ngeri ya kalau sakit bagian alat vital kita, perlu waspada nih untuk menjaga kebersihan

    ReplyDelete
  45. Ya ampun jadi inget. Kapan hari bolak-balik baca ada kesempatan papsmear gratis kok ya nggak aku pakai juga. Padahal udah lama banget pengen nyoba periksa.

    ReplyDelete
  46. Wah sekarang sudah ada vaksin nya nih buat mencegahnya. Msh2an kita semua terhindar dari penyakit ini..aamiin..

    ReplyDelete
  47. untuk saat ini sebagian orang belum mengetahui bahwa kanker serviks itu dapat dicegah dengan Vaksinasi HPV. yuk kenali gejala kanker serviks agar kita terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

    ReplyDelete
  48. asek dah, pake pantun segala. hehe

    ReplyDelete
  49. Kita para perempuan ini emang harus benerw bisa jaga diri ya.. Rawan penyakit ini dan itu.. Semoga ilmu pengetahuan terus berkembang untuk memberi pelindungan pada kita. Btw, saya belum vaksin juga nih..

    ReplyDelete
  50. Salah satu penyakit paling mematikan untuk wanita yaitu kanker serviks, yang lainnya adalah kanker payudara. Terus salah satu faktor penyebab yang paling mendasar adalah asap rokok. Aku lihat-lihat yang suaminya perokok banyak itu yang istrinya kena kanker. Tapi semoga aja yang bukan perokok bisa dijauhkan dari penyakit mematikan ini ya... Soalnya perokok pasif ternyata juga sangat berbahaya kan.

    ReplyDelete
  51. Semoga kita sehat selalu ya Mpok, yuks terapkan gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  52. Jangan sampai yang dialami Julia Perez dialami lagi oleh banyak anak muda Indonesia. Segera cegah sejak dini ini memang langkah yang harus diaorediapr.

    ReplyDelete
  53. Cakep banget dah kalo mpo udah bercerita, sudah lama keinginan aku mpo buat vaksib juga, tapi masih maju mundur karena belom dapat penyuluhab pasti. Setelah baca tulisan mpo jadi tergerak

    ReplyDelete
  54. Huhu serem banget ya Mpo. Lebih baik mencegah ya daripada mengobati. Semoga kita semua terhindar dr segala penyakit

    ReplyDelete
  55. Baca ini, langsung keinget buat papsmear. Secara, masih ngeri gitu sama alatnya hehe. Dan, vaksin HPV ini emang penting banget ya Mpok. Lebih baik mencegah daripada mengobati

    ReplyDelete
  56. Info yang penting nih Mpok. Soalnya emang selama ini kanker serviks identiknya untuk wanita yang sudah menikah ya. Remaja perempuan jarang yang teredukasi tentang pentingnya vaksin HPV.

    ReplyDelete
  57. Aku nih paling takut sama jarum suntik, hahahaaa... Tapi ini juga penting sekali informasinya. Mau juga ah coba konsultasi dulu ke kliniknya.

    ReplyDelete
  58. Kanker serviks salah satu penyakit yang mematikan dan menjadi momok bagi kaum hawa. Pencegahan sejak dini mutlak diperlukan. Dan rutin papsmear juga sangat penting untuk mendeteksi kondisi serviks. Jadi ingat tahun ini aku belum papsmear

    ReplyDelete
  59. Ngeri y mpok klonudah dnger kata kanker, bner2 hrs dipriksain lbih dini.. utngny skrng Ada vaksinnya lbih praktis

    ReplyDelete
  60. Vaksin HPV ini kalau gak salah lumayan mahal ya? Tapi demi kesehatan, memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Aku sendiri telat banget taunya soal kanker serviks, papsmear, dan HPV ini. Tau gitu dulu nabung jauh hari untuk vaksin.

    Buat orang tua yang punya anak perempuan nih, siapkan dana untuk memvaksin anaknya dg vaksin HPV.

    ReplyDelete
  61. Aduh, aku tuh paling serem kalau denger masalah kanker. Soalnya bisa terjadi sama siapapun. Harus bener2 dicegah sedari dini nih.

    ReplyDelete
  62. kanker jenis apapun itu pastinya bikin ngeri yaa. makanya kita sebaiknya selalu menjaga pola hidup agar terhindar dari penyakit yang satu ini. tapi saya baru tahu loh kalau laki-laki juga bisa suntik hpv ini

    ReplyDelete
  63. Aku pernah dapat pemeriksaan kanker servik di puskesmas. Alhamdulillah hasilnya negatif. Vaksin seperti ini pasti sangat membantu ya. :D

    ReplyDelete
  64. aku pengen banget vaksin ini, karena alm mamaku meninggal karena sakit ini :(
    Jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga harganya bisa disubsidi oleh pemerintah :)

    ReplyDelete
  65. pencegahan lebih baik dari pada pengobatanrena saat ini pencegahan kanker , karena kanker serviks dapat dicegah dengan suntik HPV

    ReplyDelete

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *