Satu cerita berjuta cinta

Mengembangkan Bisnis Starup di Indonesia melalui SCG Investment Forum 2018

WhatApp sekarang ini sudah menjadi media, yang tidak hanya sekedar tali silahturahmi jarak jauh akan tetapi media belajar.

Mpo sudah mengikuti beberapa group WhatApp, diantaranya group ikatan alumni. Bermula dari kumpul reuni akhirnya kita di satukan di dalam WhatApp. Di WhatApp kita saling becanda, mengingat kenangan saat masih duduk dibangku sekolah hingga berusaha mengembangkan usaha yang sedang kita rintis.

Ahmad, teman alumni Mpo, sekarang tinggal di Surabaya. Ahmad yang sekarang ini, sedang mengembangkan bisnis startup.

Melalui media WhatApp, Ahmad menceritakan, usahanya untuk mengajukan proposal bisnis, mengembangkan bisnis startup yang sedang ia rintis dengan mencari investor yang berasal dari negara Malaysia.

Tidak mudah mendapatkan kucuran dana investasi, ia harus melewati team verifikasi sebelum bertemu langsung dengan investor. sang investor adalah seorang pengusaha besar dari negara tetangga yang juga pacar artis terkenal dengan jargon “maju mundur cantik cantik”.

Tidak mudah membangun dan mengembangkan startup, banyak starup yang tumbang di tengah jalan. Menurut Yuricho Billy, Market Bender Lingkar dalam yang dikutip dari portal berita Liputan6.com tanggal 1 October 2018 mengatakan
“Dari 10 startup ada 9 yang gagal . Pada awal bulan Januari 2018 tercatat 1.720 startup di Indonesia”.

Wah, dari data tersebut saja sudah bisa di bilang bahwa membangun dan mengembangkan startup sangatlah sulit dengan persaingan bisnis yang sangat pesat di era digital.

Eits, tapi janganlah berkecil hati dengan data tersebut, banyak juga loh startup yang maju dan berkembang, salah satunya adalah Bukalapak.
contoh starup maju di indonesia yang telah mengembangkan bisnis starup
Bukalapak adalah startup asal Indonesia yang baru berdiri selama 8 tahun. Walaupun belum memasuki satu dasawarsa akan tetapi sudah memasuki posisi ke 4 unicorn. Unicorn adalah mengukur tingkat kesuksesan startup yang harus mencapai 1 milliar dollar AS atau 14,2 triliun.

Pembahasan mengembangkan startup juga di bahas dalam investment forum Indonesia, pada tanggal 3 October 2018 yang berlokasi di Ritz Carlton, Jakarta Selatan.
cara mendapatkan modal dan mengembangkan starup
SCG Investment Forum 2018
(Dokumentasi :novitania)
Dalam mengembangkan startup Bapak Joshua Pas selaku Managing Director SCG memberikan tips agar perusahan baru seperti starup agar bisa terus bertahan di tengah gencaran pesaingan sengit di dunia bisnis.

1. Strategic move to long term grow and innovation
Dengan membuat strategi baik melalui pemasaran maupun inovasi produk sehingga produk tersebut bisa sesuai dan dibutuhkan oleh konsumennya.

Kita bisa mengambil contoh adanya Harbonas (hari Belanja Online Nasional) . Dimana para konsumen bisa belanja dengan harga miring. Walaupun harus begadang, untuk mendapatkan barang belanjaan akan tetapi peminat harbonas tidak pernah sepi.

2. Better understand how to use innovatite technology.
Memasuki Indonesia 4.0 sudah saatnya para ukm dan starup melek teknologi yang akan mengembangkan usaha mereka menjadi maju.

SCG investment forum Indonesia adalah fotum yang kedua diselenggarakan sebagai wadah mengajak stake holder untuk berinvestasi langsung.

SCG merupakan konglomerat yang mempunyi tiga bisnis utama yaitu cement building materials, chemicals dan packaging.

Selama ini SCG telah melakukan investasi di lima regional diantaranya Asia Tenggara, China, India, USA dan Tel AVIV.

Tujuan mulia SCG yang patut di acungi jempol yaitu memenangkan bersama dan memberi kebutuhan starup, sehingga SCG dan startup bisa berjalan bersama-sama dan beriringan di dalam dunia industri.

Di akhir cerita ini, Mpo mau berpantun ria

Ada bang Mamat
Sedang duduk termenung dan ingin bahagia
Perusahan Starup mau selamat
Ikuti cara mengembangkan startup lewat SCG investement forum Indonesia.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *