Lebih Dekat Lagi Mengenal Koperasi Zaman Now

Mempunyai social media dan website koperasi zaman now
Koperasi Zaman Now Mempunyai Social Media
Koperasi zaman now, sudahkah kalian kenal? Sekarang ini banyak orang yang salah mengira bahwa koperasi adalah bank kredit yang mencari nasabah dengan mendatangi para pedagang yang membutuhkan modal.

Koperasi zaman now adalah koperasi yang mengikuti perkembangan zaman dengan pekembangan teknologi, itulah hal yang disampaikan oleh Meliani Sembiring selaku Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM, Pada diskusi koperasi zaman now yang berlokasi di Gedung Kementrian koperasi, pada tanggal 26 Juli 2018.
kreteria koperasi zaman now
KH..I'ie Naseri Mihammad, Amirul Hakim, Meliadi Sembiring,Bagus Rachman, MC
(dari kiri ke kanan)

Kreteria koperasi zaman now


Dengan jumlah 152.714 adalah koperasi di Indonesia akan tetapi sudah termasuk koperasi zaman now?
  • Mpo pernah bertanya pada orang orang sekitar Mpo. Mereka menjawab “kapok ikutan koperasi”. Hal itu diungkapkan oleh Ibu Mumun, seorang rumah tangga.
Ibu Mumun awalnya sangat gembira, adanya koperasi di lingkungan sekitarnya, Koperasi yang di ikuti ibu Mumun adalah koperasi simpan pinjam. Karena hanya fokus pada koperasi simpan pinjam tanpa adanya jenis usaha lain maka koperasi tersebut tidak berjalan semestinya.

Selain itupula terjadinya macetnya dana pengembalian dana pinjaman yang membuat koperasi tersebut menjadi pailit.
  • Lain Ibu Mumun, Lain juga pernyataan tante imut, tante Mpo. Tante sangat merasakan manfaat koperasi. Jenis koperasi yang di ikuti tante Imut adalah koperasi simpan pinjam.
Ketegasan pengurus dan terus mengigatkan para peminjam bahwa ini uang anggota dan harus dikembalikan tepat pada waktunya. Tante imut di akhir tahun menerima SHU yang cukup lumayan besar,” lumayan lah SHU buat belanja pas lebaran sehingga tante imut menganjurkan kedua anaknya yang masih berusia dua puluhan untuk ikutan koperasi”.
  • Koperasi juga harus dekat dengan masyarakat yang bisa dilihat dari koperasi Baldah. Koperasi yang baru setahun berdiri ini sudah mempunyai pangsa pasar lingkungan masjid.
Dengan simpanan pokok Rp100.000 dan simpanan wajib sebesar Rp10.000 perbulan, kita bisa menjadi anggota. Dengan memanfaatkan ruangan BKM masjid di wilayah Depok untuk menyimpan stok sembako yang akan di jual di koperasi. Sehingga pada saat selesai sholat lima waktu dan sholat juma’at, para jamaah masjid bisa berbelanja di koperasi.

Walaupun koperasi Baldah telah mempunyai 3 cabang koperasi di wilaya depok akan tetapi koperasi ini sudah memakai teknologi dengan mengunakan aplikasi yang bisa di unduh secara gratis di playstore oleh para anggota nya. Teknologi applikasi tersebut memudahkan pengkordinasian antar pusat dan cabang sehingga tidak ada lagi stok kosong.

Rencana kedepan koperasi Baldah adalah meluaskan cabang cabang dan bekerjasama dengan pihak ojek online dalam pengantaran barang.
  • Koperasi juga bisa menghadirkan semangat jiwa anak muda yaitu band Sorgem. Band indie ini telah melahirkan karya terbaiknya. Tidak hanya band Sorgem, koperasi ini juga melahirkan band indie lainnya. Unit usaha yang sesuai jiwa anak muda membuat koperasi ini semakin eksis.
  • Selain itu pula kita bisa melihat keberhasilan koperasi Universitas Gajah Mada yang baru-baru ini mendapatkan prestasi sebagai koperasi berprestasi dari Kementrian Koperasi yang diberikan pada bulan Juli lalu.
Dengan gerakan cinta koperasi menghasilkan unit usaha yang diminati mahasiswa dan lingkungan kampus. Pemanfaatan social media dan ide kreatif anak muda membuat koperasi ini bisa mengambil hati para netizen.

Di akhiri tulisan ini Mpo mau berpantun ria

Koperasi zaman now, koperasi mengikuti zaman.
Koperasi sesuai jiwa anam muda.
Tidak hanya sekedar pemerataan Tingkat kehidupan.
Dengan majunya koperasi, maka akan majunya negara.

Itulah sedkit cerita Mpo, tentang koperasi zaman now. Jadi, Masih ragukah kamu untuk masuk dan berkecimpung di dunia koperasi.

Keterangan : Mpo adalah kakak perempuan dalam bahasa betawi.

14 comments:

  1. Pinjam uang bisa di koperasi ya Mpo, koperasi mengutamakan kepentingan pesertanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepentingan bersama.

      Terima kasih mba Ria telah bersilahturahmi ke blog Mpo.

      Delete
  2. Koperasi zaman now dengan azas gotongroyong harus digiatkan yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Tri.

      Terima kasih mba Tri telah bersilahturahmi ke blog Mpo

      Delete
  3. Koperasi sekarang lebih canggih ya karena udah zaman digital jg ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba, mengikuti perkembangan zaman.

      Terima kasih mba Ria telah bersilahturahmi ke blog Mpo.

      Delete
  4. Masih sedikit banget koperasi yang sukses dan bertahan ya mpo, semoga kita bisa tuh membuat koperasi blogger yang bisa menaungi blogger biar bisa lebih makmur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin semoga doa anisa terwujud.

      Terima kasih mama azam telah bersilahturahmi ke blog Mpo

      Delete
  5. Udah lama ga denger nama koperasi. Rupanya masih ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong mba, yuk jadi anggota nya.

      Terima kasih mba diah telah bersilahturahmi ke blog Mpo

      Delete
  6. Koperasi masih bis diandalkan nih dalam hal simpan pinjam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan ada koperasi yang mempunyai gedung bertingkat.

      Terima kasih mba titis telah bersilahturahmi ke blog Mpo

      Delete
  7. Koperasi ternyata masih ada dan makin canggih ya mpok buat membantu perekonomian masyarakat dalam simpan pinjam modal usaha :)

    ReplyDelete
  8. Usaha maju tanpa kelilit hutang. Terima kasih mba vita telah bersilahturahmi ke blog Mpo.

    ReplyDelete

My Instagram