Social Trip, Tidak sekedar Jalan Jalan

social trip
Blogger dan Peternak Desa Nyalindung
Jalan jalan yang akan kita bahas di dalam blog, kali ini, sebelumnya Mpo mau pantun ah,

Jalan kehidupan
Ada suka dan duka
Social trip bukan sekedar jalan jalan
Social trip bisa melihat perubahan menjadi bahagia

Sudahkah kamu melakukan Social trip?pastinya kamu pernah jalan-jalan? ngomongin jalan jalan, selama ini kamu jalan jalan sudah sampai mana? Sudah keliling Indonesia atau melebarkan sayap ke berbagai Negara.

Nah, kalau Mpo merupakan salah satu yang yangberuntung karena mempunyai om dan tante yang berada di luar daerah, Jadi kalau orang traveling, Mpo bersilahturahmi sambil jalan jalan.

Alhamdullilah sejak jadi blogger, Mpo beberapa kali ikutan social trip ke Pertanian desa Cirangkong-Subang , Pertanian di Desa Sindang Jaya- , pertenakan kambing di desa Nyalindung-Sukabumi,

Ada yang berbeda ketika menjalani perjalanan travel ke daerah dan saat melakukan socialtrip yaitu:
  • Daerah terpencil
Tidak mudah ke daerah social trip, jalan yang penuh liku dan turunan yang tajam harus kita lalui. Bahkan perlu kemahiran tingkat tinggi para supir untuk dapat sampai ketempat tersebut.
  • Pemandangan yang indah.
Hamparan gunung dan pohon pohon yang rindang di tambah lagi suasana alam pedesaan membuat kita tidak berhenti untuk ber wefie ria.
  • Mentari pagi, sambut dengan kerja.
Ketika Mpo masih berbalut baju dingin yang tebal, para pekerja memulai aktivitas paginya dengan bekerja memberi pakan hewan ternak
  • Hidup sederhana
Saat melakukan socialtrip, kita bisa merasakan kehidupan desa yang berubah dengan meningkatnya pendapatan warga. Walaupun peningkatan pendapatan, akan tetapi kehidupan mereka tetap ramah, sederhana dan menu makannya yang di sajikan juga makanan ala pedesaan.
  • Semangat gotong royong dalam paguyuban.
Terbentuknya paguyuban di daerah social trip membuat para petani dan peternak bisa saling berbagi dan mencari solusi bersama dengan pendamping kelompok tani ataupun peternak.
social trip 2
  • Kreatif.
Dimasa masa yang sulit, membuat orang jadi kreatif yaitu dengan membuat adanya alat transportasi Grandong yang bisa mengangkut rumput untuk pakan sapi sebanyak 4 ton, Kebanyang dong suppensi yang dipakai.
 jalanjalan 2
  • Panen dan bincang dengan warga
Ada hal yang paling menyenangkan ketika bisa berbincang dengan petani maupun peternak, dimana kita berbincang santai sambil menikmati hasil pertanian ataupun segelas susu hangat,
jalan jalan
Saat panen dengan memotong buah sendiri, itu juga merupakan bagian yang tida terlupakan. Apalagi kaya Mpo, yang tidak pernah nginjek lahan perkebunan. Begitu lihat perkebunan dan memetik langsung pastinya moment yang tidak terlupakan.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Keberhasilan socialtrip bukan sekedar keberhasilan satu pihak saja, akan tetapi banyak pihak yang membantu dalam mengali suatu potensi daerah menjadi lebih produktif, salah satunya adalah peran masyarakat.

Pastinya bertanya tanya, Kok peran masyarakat ya?
Iya, karena masyarakat yang sadar akan kewajiban membayar zakatlah yang bisa membantu suatu daerah menjadi lebih maju dan warga tersebut menjadi Muzzaki.

Dengan zakat yang di kordinir secara lembaga kredibilitas terpecaya dan di audit maka kita akan bisa melihat banyak manfaat nya diantaranya dibangunnya sekolah khusus buat anak yang tidak mampu, rumah sakit, beasiswa untuk mahasiswa, membangun daerah tetinggal menjadi daerah produktif, minimarket dll.

Akan tetapi sangat disayangkan diantara kita masih banyak yang belum paham dan mengerti akan kewajiban membayar zakat. Kita hanya mengetahui sekedar zakat fitrah. Padahal beragam zakat yang di ajarkan dalam agama seperti perniagaan, zakat mal, zakat emas,zakat penghasilan dll.

Menurut data BazNas pada 2017 potensi zakat sangatlah besar yang belum di gali yaitu sebesar 281 Trilun rupiah sedangkan yang baru terhimpun hanya 5,9 Triliun. Mengingat potensi zakat yang sangat besar yang belum di gali maka dari kesadaran diri sendirilah mulailah kita.

1. Niat
Niat untuk mensucikan harta kita dengan zakat.

2. Kebiasaan
Setiap gajian yang diterima, maka pas ke ATM yang dilakukan seelah menekan nomor Pin adalah menekan tombol transfer untuk membayar zakat. Lakukan hal ini menjadi sebuah kebiasaan sehingga kita tidak perlu lagi menunda menunda untuk membayar zakat.

3. Potong langsung
Memberikan wewenang kepada lembaga zakat ataupun perusahan, tempat kita bekerja untuk memotong langsung gaji kita ataupun melalui pemotongan melalui kartu kredit.

4. Ajak dan ingatkan keluarga.
Mulailah dari keluarga kita sendiri, dengan mengajak keluarga untuk berzakat dan mengigatkan betapa pentingnya zakat. Semakin banyak anggota keluarga yang berzakat dan saling mengigatkan, pastinya harta di dalam keluarga tersebut menjadi suci.

5. Antar
Jika kamu termasuk orang yang super sibuk, tidak ada salahnya jika kamu meminta panitia zakat untuk menjemput zakat yang ingin kamu bayarkan.

6. Jangan malu bertanya
Jika ada permasalahan seputar cara menghitung zakat, maka kamu jangan ragu untuk bertanya kepada ustad ataupun lembaga zakat.

Zakat lembaga atau dikordinir sendiri.


Membayar zakat itu bagusnya melalui lembaga atau dikordinir sendiri dengan membagikan di lingkungan sekitar? Menurut Mpo sih, lebih baik di salurkan melalui lembaga, hal ini kita bisa membantu daerah terpencil untuk lebih maju . semakin banyak daerah terpencil maju akan berdampak pada kemakmuran Indonesia.

Salah satu lembaga zakat adalah Dompet Dhuafa yang telah berkecimpung dalam Zakat, infaq, Shodakoh, Wakaf selama 25 tahun. Pengalaman yang panjang dalam mengelola dan membantu masyarakat yang kurang mampu.

Dompet Dhufa yang terdiri dari 12 cabang akan tetapi juga tersebar di lima negara yaitu Amerika, Hongkong, Australia, Jepang dan korea.

Dengan mempercayakan kepada lembaga zakat, maka kita tidak perlu lagi pusing memikirkan apakah orang yang kita tuju memenuhi syarat orang orang yang berhak menerima zakat, yaitu terdiri dari 8 kreteria golongan.

Pemberian zakat melalui lembaga pastinya ada badan khusus yang mengawasi dan mengaudit arus keuangan dan sebagai penghimpun dana masyarakat, maka masyarakat juga bisa melihat kinerja dan data keuangan yang telah di publikasikan melalui media massa.

Zakat yang kita percayakan kepada lembaga maka kita tidak hanya membantu daerah terpencil di negri sendiri akan tetapi kita bisa juga membantu negara miskin di belahan bumi.

Berawal dari zakat, bisa mensucikan harta kita.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Berawal Dari Zakat, #25thnMembentangKebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa cek info lomba di donasi.dompetdhuafa.org/lombablog”

Keterangan: Mpo adalah sebutan kakak perempuan dalam budaya betawi

No comments