Satu cerita berjuta cinta

Kenangan Masa Lalu dalam Es potong Skippy

A post shared by mporatne (@mporatne) on
Pantun:
Ada cerita di dalam setiap makanan.
Asiknya makan bersama keluarga.
Es potong, Tidak hanya menjadi kenangan
Ada canda, tawa ,bahagia,sedih karena semua moment berharga.


Setiap potongan es potong selalu ada ceritanya, cerita di masa lalu dimana kuliner sangat di gemari oleh masyarakat.

Menurut cerita Mamanya Mpo “ini es, kesukaan mama sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar”. Sewaktu Mpo masih kecil, Mama suka buat ini di rumah sebagai cemilan. Karena Mpo dan adik adik adalah anak zaman now, maka kuliner ini tidak selalu habis kita makan, yang doyan makan es potong adalah Papa.

Ketika paketan Skippy datang, Mpo mulai bingung harus membuat apa?. Krek..krek suara dari mulut Papa yang sedang mengigit es batu. Suara tersebut menimbulkan ide untuk membuat es potong versi kekinian agar semua keluarga suka.

“Untuk membuat es potong, memakai bahan hunkwe” itulah yang diungkapkan Mama, ketika Mpo bertanya mengenai es potong. Bingung dan susah mencari tepung Hunkwe karena Mama sudah lama tidak membuat es potong dan tidak tahu apakah tepung hunkwe masih ada yang jual.

Berbekal nekad dan tekad, akhirnya Mpo pergi ke pasar tradisional. Ternyata eh ternyata, lebih mudah mendapatkan susu UHT dibandingan tepung hunkwe. Setelah muter muter, tanya satu pedagang ke pedagang lainnya, yang berjualan di pasar johar baru.

Akhirnya ada juga pedagang yang masih menjual tepung tersebut. Walaupun harga tepung hunkwe lebih mahal daripada tepung terigu yaitu Rp7000 untuk ukuran 150grm. Ya sudahlah,pikir ku saat itu demi bikin cemilan sehat buat keluarga.

Sekilas info mengenai tepung hunkwe

Pulang dari pasar tradisional, Mpo mulai browsing, mencari tahu kenapa harga tepung hunkwe terlalu mahal. Ternyata tepung hunkwe terbuat dari batang pohon aren. Batang pohon aren untuk diolah menjadi tepung hunkwe, haruslah berusia 15 tahun Selain sebagai pengental, tepung hunkwe juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik yaitu protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin C.

Pembaca blog mpo, pastinya bertanya tanya seperti apakah pohon aren?
Mungkin kalian tidak mengenal pohon aren akan tetapi kalau mpo menyebutkan kolang kalling atau gula merah, pastinya tahu dong.

Lalu apa sih hubunganya kolang kaling, gula merah dan tepung hunkwe?
Semua yang Mpo sebutkan di atas adalah hasil pengelolahan dari pohon yang sama yaitu pohon aren. air niranya di sadap untuk dimanfaatkan sebagai gula jawa, buah pohon aren diambil untuk mendapatkan kolang kaling sedangkan batang pohon aren di jadikan tepung hunkwe.

Es potong Skippy

Untuk membuat es potong skippy, bahan bahan yang di gunakan cuma mengunakan
1 liter susu UHT.
100 grm tepung hunkwe
2 sendok Skippy
250 grm gula
1 bungkus nata de coco.

Cara membuatnya juga mudah, oh ya Mpo membuat dua versi yaitu dengan mengunakan Loyang dan cetakan es loli. Mpo sengaja mengunakan cetakan es loli karena agar es tempo dulu terlihat lebih trendy dan di sukai sama anak anak zaman milenial.

Proses membuat es potong sebenarnya tidak perlu memakan waktu yang lama karena kita hanya perlu mengentalkan semua bahan menjadi adonan kental. Oh ya, jangan lupa saat mengaduk adonan, harus menggunakan api kecil. Setelah adonan meletup letup masukan adonan kedalam Loyang yang telah di beri nata de coco.

Diamkan adonan menjadi keras dan potong potong adonan sesuai selera dan masukan ke dalam plastic kecil dan jangan lupa masukan ke frezer untuk proses pembekuan menjadi es. Oh ya, pembaca blog Mpo bisa lihat di Instagram dan juga bisa lihat tutorial

Saat adonan menjadi es , yang paling tidak sabar mencicipi adalah Papa dan adik adik Mpo. Apalagi setelah Mpo sebarkan status whatsapp mengenai es potong Skippy. Perpaduan rasa manis, gurih dan kenangan indah akan masa lalu, membuat suasana di rumah menjadi ceria, saat menikmati es potong Skippy.

Oh ya dalam pembuatan es potong Skippy, Mpo mengunakan Skippy chocolate stripe peanut butter yang terbuat dari kacang pilihan yang di panggang sehingga menghasilkan rasa yang enak, gurih.

Saat membuka tutup Skippy maka ada seal yang terbuat dari almunium foil yang menjaga kualitas. Selama ini kita mengenal selai hanya di gunakan sebagai olesan roti, padahal Selai kacang Skippy bisa digunakan dalam berbagai jenis makanan mulai dari sambal, kue kering, minuman smoothies hingga makanan.
Skippy mempunyai berragam rasa pilihan yang bisa di sesuaikan dengan varian makanan yang akan kita olah yaitu Skippy strawberry, Skippy Chocolate Stripe, Skippy Chunky, Skippy creamy, Skippy Grape. Yang paling penting adalah Skippy telah mendapatkan izin BPOM dan mudah di dapat dimana mana.

Jangan lupa ya follow facebook Skippy untuk mendapatkan informasi seputar dunia kuliner . Disclamer, Artikel ini di ikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan, dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY Peanut Butter Indonesia.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *