Rabu, 22 Februari 2017

Blogger Mengunjungi Labotarium BPOM & Contact Center BPOM

BPOM tidak begitu jauh dari rumah mpo akan tetapi Mpo tidak tahu ada apa di dalam BPOM. Nah pada tanggal 21 Februari 2017 Mpo dan teman blogger dari komunitas Wajah Bunda Indonesia berkesempatan mengunjungi Labotarium BPOM dan contact center BPOM yang berada di daerah percetakan Negara 2. 
Para Blogger dari Komunitas Wajah Bunda



Labotarium BPOM tak hanya berada di dalam gedung akan tetapi juga labotarium mobile. Labotarium mobile di gunakan saat BPOM mengambil sample prduk yang beredar di pasar. 

Pengambilan sampe untuk di uji karena adanya pengaduan masyarakat atau permintaan informasi Labotarium BPOM terdiri dari tiga lantai dimana setiap lantainya Mpo dan teman blogger selalu di dampingi oleh staff ahli. 


Cara Kerja Labotarium BPOM Dalam Mendekteksi Obat Palsu



Walau para blogger tidak boleh mengambil baik foto atau video ruangan labotarium dan contact center BPOM, akan tetapi para blogger bisa menanyakan banyak hal mengenai setiap ruangan yang kita lalui. 

Dilantai dasar Mpo dan para blogger di bimbing langsung oleh Ibu Hermini, di lantai satu adalah labotarium obat tradisional, kosmetik dan komplemen. Walau Mpo hanya melihat di balik kaca dimana para ahli labotarium sedang bekerja akan tetapi kita melihat betapa cangih peralatan yang di gunakan di dalam labotarium. 
 
Pengujian Pengambilan Sample Obat
(Sumber Dokumentasi BPOM)
Dilantai dua sangat menarik karena di lantai ini kita tidak hanya melhat para ahli bekerja tapi kita bisa melihat ruangan perustakaan mini yang terdapat dilantai tersebut dan contoh produk yang telah d uji yang kita bisa melihat langsung. Produk yang di uji tidak hanya berupa makanan, minuman, bumbu bubuk masakan akan tetapi juga produk yang terbuat dari bahan melamin. Untuk menguji layak atau tidaknya suatu produk lulus maka BPOM mempunyai standar tersendiri . 
 
Pengujian Sample Makanan
(Sumber Dokumentasi BPOM)
Di lantai dua di gunakan untuk labotarium pangan, di sini Mpo jadi mengetahui bahwa produk melamin yang tidak aman bisa berdampak buruk pada kesehatan . “Dampak yang dirasakan tidak hanya bisa terlihat dalam jangka pendek akan tetapi berdampak jangka panjang seperti kerusakan fungsi hati ,kanker dll” penjelasan tersebut di jelaskan oleh Ibu Nisa Demara. 

 
Dilantai 3 di gunakan labotarium produk obat obatan telepetik , Napza dan bahan berbahaya dan contact center BPOM. Labotarium ini di gunakan untuk menguji seberapa besar dampak napza di tubuh manusia. 

Yang paling berkesan adalah ketika Mpo melihat sebuat tiang yang berwarna merah di setiap lantai, berhubung Mpo tidak tahu apa maka Mpo bertanya . ternyata tiang tersebut di gunakan untuk standar keselamatan para pekerja yang bekerja di labotarium. Dimana para pekerja yang mengalami kecelakan kerja bisa menarik tuas yang berbentuk segitiga maka air akan keluar yang akan membasahi orang yang menarik tuas, dan ada juga kran air untuk mencuci tangan dan mata bila para pekerja mengalami kecelakaan. 

Di ruangan contact center dimana Mpo melihat langsung bagaimana contact center BPOM bekerja . Di ruangan ini ada mba mba cantik yang siap sedia menjawab pertanyaan dan pengaduan masyarakat. Mba contact center yang berpendidikan sarjana farmasi yang bekerja mulai pukul 08.00 sampai 17.00 . pertanyaan dan pengaduan masyarakat tidak hanya bisa di hubungi melalui telp halo BPOM akan tetapi bisa melalui : 
sms 081219999533 
Email : halobpom@pom.g.id 
Website : www.pom.go.id http://www.pom.go.id
Facebook : bpom RI
twitter : @BPOM_RI https://twitter.com/bpom_ri dan @haloBPOM1500533 https://twitter.com/halobpom1500533

 
Applikasi Bisa di Download di Play Store
Kita juga bisa mendownload aplikasi Halo BPOM di playstore . yuk ah, jangan ragu dan malu bertanya mengenai Sesuatu yang kita tidak ketahui kebenarannya yang beredar di media social dan kita juga mengadu ke BPOM sesuatu yang mencurigakan produk produk yang beredar di masyarakat .

3 komentar: