Satu cerita berjuta cinta

Ikan Kerapu Beracun


Pantun:
Makan sayur asem.
Sama ikan asin dan sambel.
Gak usah mesem mesem
Pas tahu harganya, merogok kantong tebel

Pasti pernah makan ikan asin dong? Mpo senang makan ikan asin di balado, akan tetapi juga terkadang makan ikan asin natural alias tidak di apa-apain.

Kamu senang makan ikan asin jenis apa?jambal biasa, jambal roti,ikan sepat, ikan teri, ikan gabus,ikan jembrong dll. pokoknya yang namanya ikan asin, enak deh. Ikan merupakan hasil kekayaan alam Indonesia yang hasilnya melimpah ruah. Proses pengasinan merupakan salah satu cara agar ikan asin tetap awet dan memiliki nilai jual.

Harga ikan asin tergantung dengan jenis ikan yang di gunakan. Mpo mau bercerita nih, tentang ikan asin sunu. Kalian tahu gak sih ikan asin sunu? Bagi keluarga Mpo, ikan asin sunu adalah oleh oleh yang wajib di bawa ketika pulang kampung. Datuk sebutan ayah dari Mama Mpo berasal dari Palopo, ketika Alm Datuk masih ada, suka membawa ikan sunu sebagai oleh oleh. Jika ada keluarga yang pulang kampung selalu meminta oleh oleh minyak tawon dan ikan sunu.
A post shared by mporatne (@mporatne) on

Ikan sunu adalah ikan kerapu yang telah melewati proses pengasinan akan tetapi rasanya tidak asin. Mempunyai dagingnya yang tebal seperti jambal roti. Ikan sunu bisa di masak dengan cara di goreng atau di balado.

Pesan Datuk “kalau makan ikan sunu harus di potong kecil kecil”. Mpo kirain Datuk, gak mau rugi karena harga ikan sunu yang cukup mahal.

Ternyata di balik larangan orangtua dulu, ada manfaatnya dan ada hikmahnya. Selain harga  ikan sunu yang mahal sekitar Rp250.000 untuk ukuran besar. Setelah browsing google, Mpo jadi mengetahui jika terlalu banyak memakan ikan sunu bisa menyebabakan kematian karena ikan tersebut beracun. Jadi makan ikan sunu jangan banyak banyak ya.

Nah kalau ada teman atau saudara mu yang ke Makasar, bisa tuh, minta di titipin ikan asin sunu buat kamu coba di rumah bersama keluarga.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tags