Tuesday, 29 August 2017

Strategi Menjadi Juara Blog dan Bisnis CNI

strategi menjadi juara blog
Belajar
Pantun :
Jalan jalan ke plaza festival di kawasan kuningan .
Mampir dulu, makan paketan ayam di Burger King.
Menjadi juara blog bukan lagi khayalan.
Perbaiki blog dan content marketing biar kita jadi pemenang.

Pernahkah anda menghitung berapa kali mengikuti lomba dan berapa kali anda menang? Jika jawaban anda, belum pernah menang sama sekali maka ada kesalahan ketika anda mengikuti lomba dan kita wajib memperbaikinya agar kesalahan tidak terulang .

Memperbaiki kesalahan tidak hanya sekedar memperbaiki tulisan di blog akan tetapi kita juga harus tahu strategi marketing untuk blog kita. Ilmu inilah yang di bagikan oleh mba Haya Aliya Zaki yang berprofesi sebagai blogger sedangkan Bapak Niko Riansyah selaku Digital Marketing Specialist .Pembahasan menarik ini di bahas di lokasi Burger King pada tanggal 27 Agustus 2017. Acara ini terselenggara berkat kerjasama CNI dan Indonesian Social Blogprenuer .

Mba Haya yang telah menekuni dunia blog selama 10 tahun ini dan telah malang melintang dalam dunia tulis menulis . Ketrampilannnya dalam tulis menulis dan pendidikan di bidang kesehatan membuatnya sering menjadi juara dan di percaya oleh perusahan untuk menjadi juri lomba blog.

Persamaan mengikuti lomba blog dan membuat content marketing adalah seperti layaknya kita dalam menuju peperangan maka kita harus siap mempunyai persiapan menuju medan tempur seperti mengetahui akan medan perang yang akan kita kunjungi, membuat strategi yang akan kita gunakan, mempunyai senjata yang ampuh tepat sasaran dan juga harus bisa harus bisa menembus hati para juri dan pembaca sehingga kemenangan bukan lagi sekedar khayalan .

Kemenangan bukan sekedar nama kita dipajang dan dikenal seluruh jagat raya di dunia maya akan tetapi dengan kemenangan tersebut, bisa jadi batu loncatan yang indah untuk mendapatkan pekerjaan dalam dunia tulis menulis. “Mendapatkan kemenangan bukan hanya sekali ikutan lomba maka kemenangan akan kita raih. Ingat perlu proses untuk meraihnya, terus belajar memperbaiki blog kita, bermental baja dan doa “ ujar mba Haya

Apa sih yang di perlukan dalam berperang di ajang lomba blog? yang pertama sekali kita haruslah ingat bahwa kita harus bermental baja, jangan belum memulai berperang kita sudah tidak yakin akan menjadi juara sehingga kita jadi malas mengikuti lomba dan sifat kita yang suka berprasangka bahwa dengan mengatakan “Mendingan ikutan kuis yang sedikit pesertanya, ‘kalau ikutan lomba blog pasti kalah. paling-palingan yang menang’ itu lagi dan itu lagi” ujar Siti, saat Mpo mengobrol dengannya sambil menunggu busway. Sifat dan mental seperti Siti inilah yang harus di rombak dan di daur ulang mind setnya.

Medan peperangan yang akan kita lalui dalam lomba blog perlu kita ketahui . Agar kita bisa mengetahui siapa juri dalam lomba tesebut dan tulisan kita haruslah memenuhi selera juri . Tulisan di dalam blog haruslah sama dengan pesan yang ingin di sampaikan oleh brand kepada masyarakat . Kita harus mempunyai target audience pembaca blog kita agar kita bisa menulis gaya bahasa yang di sesuaikan dengan pembaca blog kita. Perhatikan agar tulisan kita memenuhi ketentuan dan persyaratan dalam mengikuti lomba dan pastikan akunt sosmed kita telah memfolow akunt media social perusahan .

Senjata yang bisa kita gunakan dalam mengikuti lomba blog adalah tampilan blog kita sendiri . Agar tampilan blog bisa kita enak dilihat, tidak menyilaukan mata, tidak berat memakan kuota dengan banyaknya tampilan side bar, tampilan blog haruslah minimalis dengan berwarna putih sehingga para pembaca blog kita baik betah membaca dan memberikan komentar pada blog kita plus bisa di lirik oleh juri.

Menembus hati dan selera juri sangatlah tidak mudah oleh karena itu kita harus rajin baca buku, rajin banyak baca portal berita, menghindari typo , tulisan dalam blog tidak hanya sekedar tulisan akan tetapi di lengkapi dengan foto yang keren/ infografis/ video. Dalam menulis blog tidak hanya sekedar tulisan yang menjual suatu produk akan tetapi tulisan kita haruslah menjual story telling . Idenya story telling bisa kita dapatkan dari pengalaman masa lalu, pengalaman orang lain, pengalaman diri sendiri, interaksi dengan orang lain. Hal yang perlu di ingat dalam story telling jangan sering menyebut nama brand dan cerita dalam ‘blog jangan iklan banget’.

Dalam menembus untuk jadi juara di perlukan sebuah doa kepada allah dan restu orangtua. Interaksi di dalam kolom komentar bisa mempengaruhi juri dalam memilih pemenang.

pembicara how to win a blogging contest
Mba Haya dan Gusti Alendra

Sama halnya dalam memenangkan lomba blog , dalam membangun bisnis seperti memasuki medan perang .Membangun bisnis memerlukan modal, perencanan dalam menembak jitu sasaran marketing dan pastinya mengharapkan keuntungan. Begitu juga ketika memutuskan untuk bergabung dengan CNI. CNI Indonesia yang bernaung dibawah naungan PT Citra Nusa Indah Cemerlang yang telah berdiri sejak tanggal 1 Oktober 1986 di kota Bandung.

Enaknya bergabung dengan CNI sudah jelas berapa modal yang kita keluarkan dan tidak perlu menerka-nerka berapa keuntungan yang bisa kita dapat setiap periode. Di dalam i-Plan kita sudah tahu pasti berapa modal yang harus kita keluarkan dan berapa potensi income yang bisa kita dapatkan dalam setiap periode. Modal yang kita keluarkan terdiri dari beberapa paket yang bisa disesuaikan dengan keuangan kantong kita dan modal tersebut nantinya akan di kembalikan dalam bentuk produk CNI . Produk yang di jual di CNI Indonesia beraneka ragam mulai produk makanan kesehatan, makanan dan minuman, produk perawatan dan kecantikan diri, produk peralatan rumah tangga, serta pertanian dan perikanan.

Modal berupa produk CNI ini bisa kita pakai sendiri atau untuk keluarga kita dan bisa juga untuk di jual kembali ke orang lain. Disinilah kita memerlukan sasaran strategi yang tepat agar produk CNI yang kita jual sesuai dengan target marketing. Cara awal memulai dengan prospek ke lingkungan terdekat seperti teman, saudara, memanfatkan media social , bahkan orang yang baru kita kenal. Karena produk CNI beraneka ragam maka bisa menjadikan peluang untuk lebih banyak lagi orang memakai produk CNI. “Kita bisa juga bisa mendapatkan wisata gratis keluar negri dari CNI dengan syarat tertentu” ujar Gusti alendra selaku Marketing CNI. Kepastian bagan yang jelas dalam i-Plan inilah yang membuat CNI menjadi beda dengan MLM yang lain dan ini baru yang namanya bisnis.
cara mendapatkan penghasilan tambahan
Bagan i-Plan CNI


peserta workshop how to win a blogging contest
Peserta How To Win a Blogging Contest

Apa sih strategi yang biasa kamu gunakan dalam memenangkan lomba blog? yuk ah kita berbagi ilmu yang kamu punya di kolom komentar.

19 comments:

  1. Duh kudu baca baik-baik dan pelan-pelan ini dimasukin ingatan ini mah. Bintangin dulu ah.

    ReplyDelete
  2. Waah terima kasih infonya mpok. Bermanfaat nih ..

    ReplyDelete
  3. Ilmunya membuat kita semangat ikutan lomba blog deh... ☺☺☺

    ReplyDelete
  4. strategiku sama dgn yg ditulis Mpo Ratne.. ijin nyatet yaaa kumplit.. kereen

    ReplyDelete
  5. dah tau tips-tipsnya , ayo mpok kita ikut lomba blog

    ReplyDelete
  6. Saya termasuk pribadi yang langsung jiper saat ada lomba blog, dan biasanya ga pernah berharap menang. karena saya merasa tulisan saya belum sebagus senior. Alhamdulillah bisa ikut serta di workshop ini, saya jadi percaya diri untuk ikut lomba blog. Meski tidak menang, tetapi setidaknya saya sudah berusaha dengan ikutan lomba blog.

    ReplyDelete
  7. Strateginya jujur, say no to copas. Kenali selera juri & berdoa ☺😊😄

    ReplyDelete
  8. Ishhh fotonya mpo kece badai wkwkwk sama kayak pantunnya ya xixi. Bener banget doa dan restu ortu itu penting ya?apalagi jika urusannya perlombaan kayak gini pastinya bikin senang kalau menang. Buktinya akupun bisa naik pesawat gratis sama adek Jo dari menang lomba blog yeayyy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa dulu yang motoin nya. Febriyanti

      Delete
  9. Harus sering latihan menulis juga, nih. Terima kasih sharingnya, ya

    ReplyDelete