Minggu, 02 Juli 2017

Sehat dan Bugar Setelah Arus Balik

Kemacetan
(dokumentasi : Antara )



Kumpul keluarga di kampung halaman adalah hal yang membahagiakan, Rasanya waktu cepat berlalu dan kita harus kembali ke kota  untuk menjalani aktivitas biasanya. Perjalanan kembali ke kota yang panjang di tambah macet membuat kita kelelahan sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit . tentu saja penyakit pasca arus balik akan menganggu aktivitas kita yang harusnya kembali masuk kerja akan tetapi kita harus menambah cuti 1-2 hari.

Penyakit yang biasanya dialami pasca arus balik adalah kecapean, kelelahan, diare, strees , maag, asma, hipertensi, diabetes, pegal-pegal bahkan penyakit karena akibat kecelakan seperti patah tulang, kelumpuhan , kebutaan dsb. Tentunya kita sangat berharap bahwa kita tidak mengalami kecelakan saat arus balik.

Ada beberapa tips agar kita bisa sehat setelah pasca balik :

1. Pilih jadwal arus balik
Jauh jauh hari kita sudah merencanakan kapan kembali ke kota? Saat membeli tiket dan melakukan perjalanan jauh jauh hari sebelum masuk kantor. ada keuntungan yang bisa kita dapatkan selain terhindar dari kemacetan juga kita bisa manfaatkan untuk beristirahat di rumah, menghilangkan rasa kelelahan saat perjalanan arus balik. Contohnya balik dari kampung hari rabu atau tiga hari sebelum masuk kantor.

2. Membawa bekal selama perjalanan.

Membawa bekal selama perjalanan selain bisa menghemat uang juga bisa menghindari dari penyakit diare akibat membeli jajanan yang kualitasnya kurang baik. Membawa bekal bukan hanya berupa makanan berat seperti nasi , bisa berupa cemilan , buah buahan dan minuman air putih. Kita harus pintar memilih tempat makan, kualitas makanan dan jangan sampai terlambat makan. 

3. Melakukan peregangan dan istirahat
Lakukan peregangan otot setiap 60-90 menit berkendara selama lima sampai sepuluh menit. Peregangan bisa menggerakan tangan dan kaki ke depan dan k e belakang. Manfaatkan rest area untuk istirahat.

4. Memakai Jaket
Selama perjalanan arus balik sebaiknya mengunakan jaket yang tebal agar terhindar dari masuk angin.

5. Pijat dan Obat- obatan .
Manfaatkan rest area yang menyediakanbangku pijat elektrik, jasa pemijatan . selain bisa merelax otot yang kaku kita bisa memanfaatkan untuk beristirahat. Jika tidak ada jasa pemijatan atau bangku pijat di rest area maka kita bisa minta tolong kepada istri untuk memijat di daerah pundak, tangan dan kaki secara ringan dengan menggunakan obat-obatan yang kita bawa. Obat- obatan adalah balsam, koyo, minyak pijat, obat anti pegal-pegal, obat sakit kepala dan obat yang di anjurkan oleh dokter.

6. Pakaian kotor, kendaraan kotor
Duh kalau sudah sampai ke kota, pasti ada kerjaan di rumah yang harus kita selesaikan. Sudah tentu membuat beban kita bertambah . Jangan khawatir , sekarang banyak jasa yang kita manfaatkan untuk membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan kita misalnya gunakan jasa laundry kiloan dan steam cuci kendaraan gratis di mall dengan menunjukan struk pembelian belanja.

Para pembaca blog Mpo, ada yang mau sharing tips sehat agar tetap sehat dan bugar pasca arus balik? Silakan komentar dan selamat beraktivitas kembali.




https://www.mporatne.com
Sehat Setelah Mudik


Sumber Referensi :

http://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170630151134-255-224944/waspadai-tiga-penyakit-saat-arus-balik/

http:bangka.tribunnews.com/amp/2016/07/06/waspadai-penyakit-pasca-lebaran



6 komentar:

  1. Wah, memang ya di balik arus balik ini tersimpan berjuta kendala seperti penyakit yang terbawa dari mudik maupun selama di perjalanan. Biasanya orang2 pada diurut atau pijit ya hehehe kalo aku sih ga suka dipijit. Kalau ga enak badan ya makan yang banyak aja dan istiharat hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak banget, hbis di pijat trus makan.sedap

      Hapus
  2. Tipsnya sangat bermanfaat mpo, semoga para pemudik selalu dalam keadaan sehat sehabis mudik ya. TFS ya mpo, salam kenal.

    BalasHapus
  3. Makasih tipsnya mbaa, serasa diingatkan, karena aku bekum mudik, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mudik mba. Gak cuma pas lebaran doang

      Hapus