Bang Zainul Semangat Dakwah Walaupun di Tengah Keterbatasan

Bang Zainul bisa di bilang "bapaknya anak-anak remaja masjid at-taqwa". hal ini karena ia paling semangat mengajak kita untuk ngaji bareng setiap malam minggu di tahun 90an.    


Alhamdullilah, pengajian itu masih eksis sampai sekarang dan bang Zainul tetap membimbing kami layaknya seorang kakak terhadap adiknya. 

Bang Zainul merupakan marbot masjid di at-taqwa yang merupakan lulusan sekolah agama di cilengsi. 

Ia sudah lama menjadi marbot masjid dari masa bujang hingga sekarang yang mempunyai 3 orang anak, yang mana anak pertamanya sudah duduk di bangku SMP. 

Kita pastinya tahu bahwa gaji seorang marbot tidaklah besar sehingga untuk menghidupi ia pernah berjualan berberapa produk seperti obat anti mampet septi tank dll. 

di balik kekurangan pada kakinya (jalan lambat) akan tetapi tidak menghalangi ia untuk tetap semangat untuk mencari rezeki. 

ia pernah cerita bahwa ia dahulu kerja bandar ikan bandeng presto. setiap hari harus bersihkan ikan bandeng lebih dari satu bak tong sampah. setelah dibersihkan dan di bumbui. ia juga menjualnya keliling kampung pakai sepeda.   

gara-gara dahulu keblinger bersihin ikan sampai sekarang ia tidak doyan makan ikan.  

Bang Zainul merupakan lulusan pendidikan agama maka sekarang ia mengajar les private dan taman bacaan al-quran. 

Kesibukan lainnya, ia juga seorang pendakwah yang mengisi ceramah di berbagai masjid. sebagai pendakwah, ia memiliki ciri khas yaitu menuturkan pantun di setiap ceramah.  

Walaupun ia mulai banyak kegiatan dakwah akan tetapi tugas utama sebagai marbot masjid tidak pernah di tinggalkan. 

Nah, kalau teman-teman main ke rumah Bang Zainul maka dengan tangan terbuka ia akan menerima kedatangan kita. oh ya di rumahnya ada pohon jambu cingcalo yang rasanya sangat manis. makanya kalau ke rumah nya Mpo suka ambil jambu. bukan hanya Mpo sih bahkan anak remaja masjid kalau mau ngerujak minta jambu sama bang Zainul.

Selain ia jadi penopang ekonomi keluarga, ia juga membantu jadi sosok ayah angkat bagi ponakan tercinta yang telah menjadi anak yatim. 

Bang Zainul belum pernah menjajakan kaki ke tanah suci. Mpo merekomendasikan Bang Zainul untuk pergi ke tanah suci.

34 comments

  1. Masya Allah, semoga Bang Zainul yang baik hati berkesempatan menunaikan ibadah haji ya Mpo. Allah Maha Baik, Mahapemurah, semoga Allah membukakan jalan bagi Bang Zainul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga

      Delete
  2. Melihat orang yang berani berkorban secara ikhlas seperti bang zainul tuh membuat hati terenyuh. Selalu ingin mendoakan agar beliau diberikan kemurahan rejeki dan rejeki tak terduga.. Semoga bang zainul bisa pergi ke tanah suci ya mpo... amin 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga.

      Delete
  3. MasyaALLAH TabarokALLAH, sosok bang Zainul sangat inspiring!
    Melecut semangat kita utk semakin fastabiqul khoirot, berlomba2 dlm kebaikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat terus berlomba-lomba dalam kenaikan

      Delete
  4. Amiin... Bang zainul seorang yg gigih dlm menafkahi keluarga nya dan juga ramah pantaslah bang zainul byk di segani di lingkungan rumah

    ReplyDelete
  5. sehat sehat terus Bang Zainul
    seneng membaca cerita sodara kita yang masih semangat seperti bang Zainul ini

    ReplyDelete
  6. Semoga cita-cita Bang Zainul untuk bisake tanah suci dapat terlaksana, baik melalui umroh atau bahkan haji. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga

      Delete
  7. Barakallah buat bang zainur, semoga tercapai keinginannya ke tanah suci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga

      Delete
  8. Masha Allah, semoga Bang Zainul diberikan kesempatan oleh Allah untuk bertandang ke tanah suci. Diberikan rizki dan dimampukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga

      Delete
  9. Bang zainul adalah orang yg suka mengajak ngaji setiap malam minggu, pastinya pahala yg didapatkan luar biasa, semoga terwujud ya... Aamiin

    ReplyDelete
  10. Aamiin, semoga impian bang Zainul bisa terwujud, apalagi banyak yang dukung ya Mpok

    ReplyDelete
  11. Aamiin semoga terkabul nih keinginan mpo untuk membawa bang Zainul ke tanah suci ya

    ReplyDelete
  12. Allah maha Tahu siapa umatnya yang di panggil kesana.. Moga bang Zainul lekas berangkat ke tanah suci ya mpo, Aamiin...

    ReplyDelete
  13. MashaAllah..
    Tabarakallahu.

    Semoga Bang Zainul segera dimampukan untuk ke Baitullah menjadi tamu kehormatan Allah.
    Dan keramahan juga ilmu agama yang diajarkan Bang Zainul menjadi amal jariyyah beliau.

    Allahumma aamiin.

    ReplyDelete
  14. Masya Allah Bang Zainul kerja jadi marbot udah berapa tahun itu mpo, dari bujang sampai punya 3 anak. Insya Allah berkah dan semoga terkabul hajatnya untuk ke tanah suci.

    ReplyDelete
  15. Wah semoga cita2nya ke Mekah bisa terealisasi ya Mba... Allah memampukan yang dipanggil bagaimana pun caranya. Kadang amazing...

    ReplyDelete
  16. semoga harapan bang Zainul bsa terwujud ya untuk bisa pergi haji nanti saat pandemi sudah ga ada. Mpok Mesjid At Taqwa yang di mana ini?

    ReplyDelete
  17. Subhanallah, pekerjaan bang Zainul mulia sekali ya mba. Dan emang menjadi seorang Marbot gajinya nggak seberapa jika tidak memiliki pekerjaan sampingan lain nya.

    Dan semoga cita cita untuk memberangkatkan bang Zainul ke Tanah Suci terkabulkan.

    ReplyDelete
  18. Mpok Ratne, tabah dan tegar ya Pak Zainal ini disamping teyap jd Marbot ia masih sempat menjadi Pedakwah. Semoga rekomendasi Mpok mengabtarkan Pak Zainal menjejakkan kaki beliau di tanah suci Mekah ya.

    ReplyDelete
  19. Semoga ada Bang Zainul lainnya ya. Sangat inspiratif sekali apa yang dilakuka Bang Zainul. Patut diberikan penghargaan.

    ReplyDelete
  20. Salut pada owang-orang seperti Bang Zainul ini. Semoga Bang Zainul bisa menginjakkan kaki ke tanah suci, amiiin

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah Bang Zainul, semoga amal jariyahnya dibalas Allah seketika yaa, semoga bang zainul bisa naik haji secepatnya karena ada seorang dermawan yang akan mengirimnya menuju baitullah, aamiin ya Allah. semoga Allah kabulkan permohonan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga

      Delete
  22. Jadi penasaran sama sosok bang Zainul, semoga panjang umur, hidupnya penuh berkah berlimpah ya. Btw Jambu Cingcalo tuh kaya gimana mpok? Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jambu kelutuk yang rasanya manis . Biasanya di jual di supermarket

      Delete
  23. Buat bang Zainul, moga selalu sehat dan bahagia dimudahkan segala urusannya karena sudah memudahkan yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin terima kasih atas doanya dan doa yang sama untukmu juga

      Delete