Satu cerita berjuta cinta

Berburu Foto Asian Games bareng Vivacoid

Pargelaran Asian Games adalah moment olahraga internasional yang baru pertama kali di selenggarakan di dua kota yaitu Palembang dan Jakarta.

Asian Games kali ini dilakukan untuk yang ke delapan belas kalinya, Ada 15000 orang altet di 40 cabang olahraga bersaing sportif untuk mendapatkan mendali. Moment Asian Games ini adalah moment istimewa, pastinya tidak akan terlewatkan untuk kita abadikan.

Kamis, 28 Agustus 2018,bertempat di Eat and Eat restoran kita para blogger di ajak untuk belajar photograpy dan berburu foto Asian Games di Gelora Bung Karno. Untuk mempermudah lomba foto maka kita membuat group kecil yang terdiri dari dua orang peserta, Mpo patner dengan Fika.
hasil jepretan samsung j6
senyum yang manis
Tidak hanya mendapatkan group baru, kita juga mendapatkan pinjaman handphone Samsung J6. Warna casing Samsung J6 menjadi rebutan para blogger, karena terdiri dari warna unggu, hitam dan gold.
  • Warna gold merupakan warna yang terlihat mewah sangat cocok untuk dipakai oleh kamu yang aktif dan dinamis.


  • Warna unggu adalah warna favorit para cewek yang bersifat feminim, romantis yang akan mengabadikan moment moment terbaik dalam hidupnya.


  • Warna Hitam adalah warna ekslutif yang akan menampakan keanggunan, kemakmuran bagi pemakai Samsung J6.
warna casing samsung j6
Samsung J6
(dokumentasi www.samsung.com)
Kita juga mendapatkan arahan langsung dari mas Rino agar kita dapat menangkap moment Asian Games dengan hasilkan gambar yang bagus.

Tidak perlu lama-lama kita menempati FX Sudirman, langsung saja para blogger melangkahkan kakinya dari FX sudirman menuju Gelora Bung Karno.

Oh ya pelajaran photography, kita mendapatkan arahan mas Rino selaku team kreatif viva media #1newstaiment, Sebelum melakukan berburu foto, kita harus melakukan beberapa hal :
pembicara sebelum melakukan perburuan foto asian games
Mas Rino
(Dokumentasi :Helofika)
1. Konsep
Sebelum pengambilan sebuah foto, kita harus mempunyai konsep foto yang kita ambil. Konsep inilah yang menjadi bahan acuan dan mempermudahkan pekerjaan kita. Dalam berburu foto kali ini, kita sudah mendapatkan arahan beberapa konsep foto yang harus kita bidik dengan mengunakan kamera handphone yaitu
A. Interior dan eksterior GBK.
B. Merah putih.
C. Euphoria
D. Foto selfie
E. Atlet

2. Peralatan foto.
Dengan berjalan kaki, kami menuju Gelora Bung Karno. Beruntungnya kami memilih jalan kaki karena arus lalu lintas di depan pintu gerbang Gelora Bung Karno macet.

Disaat macet inilah kita memanfaatkan untuk membeli bendera merah putih untuk di tempelkan di pipi. Tempelan pipi ini sangat berguna untuk mempercantik tampilan di wajah.

Sebelum berangkat ke event ini, Mpo membawa peralatan sederhana photograpy seperti tipod gorilla, tongsis dan tripod ukuran 1,5 meter. Peralatan ini sangat membantu kita untuk menghasilkan foto tanpa blur.

Beruntungnya dari pihak viva.co.id , kita mendapatkan balon tepuk. Balon tersebut bisa kita gunakan untuk menyemangati para atlet dan properti saat kita bergaya.
peralatan photography
Peralatan saat berburu foto
3. Persiapan diri sebelum berfoto.
Sesuai dengan arahan mas Rino, posisi kaki juga haruslah menapak di tanah tanpa jinjit, dengan kaki terbuka selebar pinggang. jika memerlukan mengambil video bergerak maka pingganglah yang harus di bergerak.

Dibalik kisah berburu foto Asian Games dan Review Samsung J6

Tidak lama kemudian kami para blogger sampai ke pintu pemeriksaan. Demi kemananan dan kenyamanan bersama maka kami melewati beberapa pintu pemeriksaan yaitu pemeriksaan tiket, pemeriksaan barang bawaan dan pintu zona 1 Gelora Bung Karno.

Jarak yang cukup jauh antara pemeriksaan tiket dengan pintu zona 1 membuat kami senang karena disinilah kita memanfaatkan moment untuk mengambil gambar.

Mpo dan Fika berupaya untuk mendapatkan moment terbaik, maka di perlukan mata yang jeli agar bisa memotret sesuai dengan konsep dengan menyelesaikan 5 tantangan foto.

A. Model dadakan dalam menerapkan konsep merah putih.

Karena dress code yang kita pakai berwarna merah putih makanya kita hanya memerlukan benda ataupun oranglain yang memakai warna serupa.

Bagi sebagaian orang melihat pemadam kebakaran di Gelora Bung Karno adalah hal yang biasa, akan tetapi bagi kami berdua. Ini merupakan moment yang akan membuat foto kita sedikit berbeda, Akhirnya Mpo di jadikan model dadakan yang berjalan dengan cepat.

Tidaklah mudah memotret saat model berjalan dengan cepat, hal ini bisa membuat foto jadi blur, untungnya sebelum memotret fika sempat mengatur handphone Samsung J6 dengan kecepatan tinggi akan tetapi ISO rendah.
warna merah putih memeriahkan asian games
pemadam kebakaran
B. Candid camera dalam menerapkan europhia penonton.
Metode candid camera kami ambil supaya terlihat lebih natural kegiatannya, ekspresi yang di lakukan oleh penonton tertangkap dengan sempurna.

Tidaklah mudah membuat candid camera karena itu kita harus cepat untuk membidik kamera . kamera belakang handphone Samsung J6 yang mempunyai lensa 13 MP yang bisa menangkap dengan jernih ekspresi penonton.

Terkadang kita tertawa lepas penuh kebahagian sambil berucap “Yes, akhirnya dapat juga moment tersebut” .

Pengorbanan yang ami lakukan adalah Kami rela tidak menonton pertandingan atletik lari 400meter katagori pria, hal ini kami lakukan karena salah satu pelari yang akan bertanding berasal dari Indonesia. Hal ini karena insting dan keyakinan kami bahwa penonton akan memberikan berbagai ekspresi semangat untuk mendukung atlet Indonesia seperti menepuk tangan, menepuk dengan balon tepuk, teriak dengan yel yel, tersenyum, ekspresi penonton saat updatean status sosial media.
penonton pertandingan asian games
ekspresi penonton
C. Foto Selfie dan mode beauty
Salah satu teman kuliah Mpo, sangatlah tidak pd jika tidak mengunakan metode beauty, hal ini akan membuat wajah terlihat jauh lebih muda daripada usia sesungguhnya. Hal ini wajar dilakukan karena wanita pastinya ingin terlihat lebih cantik setiap saat, untungnya di Samsung J6 terdapat mode beauty yang bisa di gunakan.

Di dalam handphone Samsung J6 juga terdapat fitur foto selfie focus dimana kita tidak perlu lagi mengunduh applikasi tambahan dan mengedit foto kita supaya caem . Layar diagonal Samsung J6 5,6 inci dengan dimensi 149,3 X 70,2 X 8,2 MM.

Teringat akan ilmu yang didapat bersama mas Rino bahwa untuk trik memoto saat selfie bisa di lakukan dengan cara mengatur tampilan seluruh wajah memenuhi ruang layar telepon seluler, sehingga tidak ada ruang kosong.

Inilah hasil foto selfie dan selfie mengunakan mode beauty. Selain mode beauty, kita juga bisa berekspresi lucu lucuan dengan memberikan memberikan stiker. Samsung J6 terdapat stiker lucu yang akan membuat kita tertawa melihat hasil foto, pastinya akan membuat ketagihan untuk mencoba stiker yang lainnya.
cantik dengan samsung
mode beauty
D. Interior dan Eksterior Gelora Bung Karno.
Pastinya teman-teman tahu semua, kalau Gelora Bung Karno itu luas dan megah, disaat kita mendapatkan tantangan untuk memotret Interior dan Eksterior maka kita agak kebingungan karena betapa cantiknya Gelora Bung Karno dengan hiasan lampu warna warni.

Cuaca saat itu mulai mendung dan menjelang sore, sudah tentu matahari mulai memejamkam sinarnya. Oleh karena itu kita berpacu dengan waktu untuk mendapatkan angle yang bagus sebagai objek foto.

Sampai akhirnya kita terpesona oleh betapa besar dan tinggi api keabadian, yang tetap menyala sampai penyelenggaran Asian Games. Jika kita flash back, di saat pembukaan Asian Games, Altet Susi Susanti adalah atlet yang membawa obor terakhir dan menyalakan api tersebut.

Rasanya kita juga ingin seperti Susi Susanti akan tapi kita kesulitan bergaya ala Susi Susanti.

Teringat akan ilmu saat di kelas bersama mas Rino, bahwa trik untuk memotret interior dan eksterior di perlukan komposisi yang tepat. Pelajaran di kelas sangat bermanfaat, akhirnya Fika melakukan maju mundur cantik untuk mengatur agar bisa mendapatkan angle dengan komposisi yang pas.
interior di gelora bung karno saat asian games
terasa dekat padahal tugu ini tinggi sekali
E. Atlet
Berfoto bersama atlet atau mengambil bidikan saat atlet berlaga adalah tantangan terakhir.
Disaat inilah kita mendapatkan masukan saat belajar di kelas bersama mas Rino yaitu Disaat atlet berlari maka speed di handphone paling cepat sedangkan ISO di perendah.

Selain itupula untuk memberikan efek dramatis kita bisa menggunakan mode hitam putih. Disaat kita jauh dari objek foto maka jangan lakukan digital zoom, hal ini bisa membuat gambar pecah. Walaupun kita masih dalam tahap belajar dengan adanya Samsung J6 sangat membantu kita saat membidik sasaran objek.

Selain efek hitam putih terdapat efek lainnya yang bisa di pilih. Karena kita dalam tahap belajar, tidak terasa 80 objek foto yang kami hasilkan, beruntungnya memori data internal Samsung cukup besar yaitu 32GB dan RAM 3 GB, yang bisa menampung hasil jepretan karya kami dan mendownload applikasi.

Selama memakai Samsung J6 yang hemat baterai karena kapasitas baterai 3000MAP dan tidak mudah panas sehingga kita tidak melakukan tutup buka casing untuk mengademkan suasana baterai yang sedang memanas.Berat Samsung J6 yang hanya 154grm dengan layar memudahkan kita membawa kemana mana.

Untuk menjaga kerahasian hasil jepretan, apalagi sampai adanya tangan jahil maka di dalam Samsung J6 terdapat face recognition yang akan mengindentifikasi wajah penguna untuk buka layar smart phone.

Selain itupula terdapat sensor Fingger dengan cara menempelkan sidik jari untuk buka layar smartphone. Asik khan berburu foto Asian gamesdengan mengunakan Samsung J6, lebih asiknya lagi pas, kita tahu bahwa harga Samsung J6 sesuai dengan kantong kalangan menegah di kisaran Rp1.350.000 s/d Rp2.552.000. Walaupun harga menegah akan tetapi bisa menghasilkan foto yang WAH.
altet yang berlaga di asian games
Efek hitam putih
Di akhir tulisan ini Mpo mau berpantun ria:

Rakyat Indonesia bangga Indonesia terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Asian Games.
Di hadiri oleh 45 negara yang akan bertanding di 40 cabang olahraga.
Untuk menghasilkan foto yang bagus terkadang bikin gemes.
Berburu foto Asian Games, memerlukan perlatan dan kesehatan raga.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tags