Satu cerita berjuta cinta

Tradisi Masyarakat Betawi dalam Menyambut Bulan Ramadhan

A post shared by mporatne (@mporatne) on

Pantun:
Bulan ramadhan.
bulan penuh ampunan.
Sebelum datang ramadhan, sambut dengan kegembiraan.
Agar kita semua mendapatkan keberkahan.


Puasa sebentar lagi loh, patut di syukuri jika tahun ini kita bisa berjumpa dengan bulan ramadhan, karena banyak saudar-saudara kita, yang tahun kemarin masih sholat tarawih berjamaah bersama, ditahun ini di panggil Tuhan yang maha esa.
Presiden Soekarno mengatakan “ Wadah yang bernama Negara Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai agama, suku, adat istiadat. ini supaya utuh dan tidak retak”

Tulisan kali ini, Mpo mau bercerita tentang tradisi orang betawi dalam menyambut bulan ramadhan,Bukan bermaksud menggurui, akan tetapi Mpo mau berbagi cerita, kesibukan Mpo dalam waktu dua minggu terakhir menyambut bulan ramadhan tahun ini.

1. Buka buku catatan
Mpo mempunyai kebiasaan mencatat, jadi semuanya harus di catat, hem, nampaknya Mpo cocok jadi panitera ya, wkkkk. Pada saat ramadhan tahun yang lalu, Mpo mempunyai buku catatan berisi utang. utang yang dimaksud disini adalah utang puasa ramadhan tahun lalu.

Nah, sebelum puasa Mpo buka kembali buku catatan , cek dan ricek berapa utang puasa yang belum di bayar dan berapa yang sudah di bayar. Sekalian deh, cek dan ricek mulai menghitung berapa zakat harta yang harus di bayarkan di akhir ramadhan. Plus, jangan hanya di cek dan ricek tapi juga di laksanan untuk mulai membayar utang.

2. Kekuatan Mental
Mpo membeli buku buku doa -doa sebelum bulan puasa, Hal ini berguna untuk menambah pengetahuan sebelum ramadhan datang. Membeli buku juga bisa di baca saat ngabuburit.

Oh ya, Mpo bukan bermaksud menggurai, cuma sekedar berbagi cerita nih, jika kamu saat ini sholatnya masih bolong bolong, sudah saatnya kamu sebelum puasa, latihan untuk sholat tepat waktu.

Jangan lupa mulai rajin membaca alquran ya, karena moment ramadhan, bulan penuh pahala, jadi sangat disayangkan kalau di lewatkan begitu saja.

3. Beberes rumah.
Kebiasaan orang betawi sebelum ramadhan adalah beberes rumah. Selain rumah terlihat lebih bersih , moment ini di jadikan untuk membuang semua barang barang yang sudah tidak terpakai.
Bahkan menurut orang-orang tua dahulu “kita harus membersihkan rumah karena sesepuh kita yang sudah meninggal akan datang ke rumah, oleh karena itu rumah harus kelihatan bersih dan rapi”.

4. Bukan hanya sekedar menjalin tali silahturahmi
Bagi masyarakat betawi, silahturahmi sebelum puasa adalah kewajiban, selain itu dimanfaatkan moment tersebut untuk saling meminta maaf ke sanak saudara.

Tidak afdol, menjalin silahturahmi tanpa membawa buah tangan. Biasanya buah tangan yang di bawa adalah makanan untuk buka puasa seperti kurma, sirup dll. Berhubung Mpo suka makan asinan betawi, maka saat silahturahmi, Mpo membawa asinan betawi sebagai buah tangan.

5.Ziarah
Melakukan ziarah ke sanak saudara ataupun orangtua yang sudah meninggal dunia.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
6. Kekuatan fisik.
Agar puasa tidak jatuh sakit, maka mulai dari sekarang, Mpo mulai rajin berolahraga 5-10 menit . Mpo, mulai menghidangkan makan berbuka puasa, agar tubuh beradaptasi seperti bubur ketan hitam, perbanyak makan buah, sayuran dan biji bijian. Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, goreng gorengan,gula.

7. Membuat daftar belanjaan.
Membuat daftar belanjaan sesuai kebutuhan saat puasa ataupun membeli barang tidak layak di pakai. Ingat ya, pembelanjaan barang adalah membeli sesuai dengan kebutuhan, bukan bermaksud untuk menimbun barang.

Jika kita berlebihan rezekinya, kita bisa membeli dalam jumlah yang banyak, agar bisa di bagikan ke orang lain yang membutuhkan,seperti membeli sajadah, kurma, makanan instan, bumbu masakan instan dan Azalea.

Azalea adalah produk dari Natur yang terkenal dengan konsisten mengunakan bahan bahan alami. Produk Azalea yang di produksi oleh PT Gondowangi Tradisional Kosmetika terdiri dari shampoo dan Hair hijab.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Produk Azalea adalah produk yang memakai bahan utama yaitu
  • Zaitun oil, yang berfungsi menyimbangkan kadar minyak sehingga rambut tidak kelebihan, yang bisa dapat mengakibatkan kotembe.
  • Mentol, yang berfungsi menyegarkan rambut selama ber aktivitas.
  • Gingseng ekstra yang berfungsi menguatkan akar rambut.

Review Azalea shampoo dan hair hijab & body mist.


Awal pengunaan Mpo agak bingung karena warna shampoo yang Mpo tuangkan ke tangan berwarna coklat sedangkan botol Azalea berwarna hijau. Soalnya Mpo terbiasa melihat warna melihat warna shampoo sama dengan botolnya. Warna shampoo tersebut disebabkan dari bahan alami yaitu gingseng dan zaitun oil.
A post shared by mporatne (@mporatne) on
Oh ya, kalau kamu sedang shampooan sebaiknya jari jemari kita, jangan melakukan mengaruk garuk ataupun kita melakukan mengaduk ngaduk ngaduk rambut, hal ini di sebabkan bisa membuat rambut patah.

Mpo melakukan pemijatan ringan di kulit kepala, hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan membuat relax. Setelah melakukan pemijatan, tiba tiba kulit kepala terasa dingin, hal ini disebabkan sensasi rasa mentol yang sedang berkerja. Moment merasakan sensasi dingin, Mpo melakukan aktivitas lain yaitu gosok gigi, biar lebih lama mendapatkan sensasi dingin.

Saat di bilas terlihat busanya sedikit yang terbawa oleh air sehingga kita bisa hemat mengunaan air pam , Lebih tepatnya sih, hemat pembayaran air pam di akhir bulan.

Azalea Hair Hijab & Body Mist bisa di semprotkan di rambut dan tubuh. Bukan karena takut memakai produk Azalea, akan tetapi untuk pemakain di rambut yang berwarna warni, Mpo tidak gunakan karena Mpo mengunakan produk dengan merk yang sama dengan pewarna rambut.

Untuk pertama kalinya, Mpo menyemprotkan Azalea di mukena dan seluruh tubuh, sebelum melaksanakan ngaji bersama saat nisfu syaban. Saat Mpo semprotkan, tidak meninggalkan bekas di mukena, serta wanginya tidak menganggu jamaah yang lainnya.

Azalea bukan berbentuk gel akan tetapi dalam bentuk cairan dan kemas dalam bentuk botol plastic ukuran 80 ml sehingga Mpo tidak perlu khawatir produk ini akan pecah karena tersenggol. Mpo juga menyemprotkan di pergelangan tangan yang tidak merasakan sensasi dingin. Wanginya lembut sehingga cocok buat dipakai sama wanita modern dan dinamis.

Setelah sholat isya, Mpo membaca tulisan yang ada di botol, sayangnya tulisan tersebut terlalu kecil sehingga Mpo harus mengambil senter untuk membacanya. Azalea hair hijab & body dibuat dari zaitun oil dan aloe vera extract yang membantu mengurangi lembab di area sekitar kepala.

Dengan pemakaian Azalea maka rambut kita akan merawatm dilindungi tiap helainya sehingga rambut tetap segar, harum, sehingga mudah di atur. Cara pemakain sangat mudah yaitu Mpo cukup menyemprotkan dengan jarak 10-15 cm dari rambut atau hijab.

Lalu apa persiapan kamu dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini? Boleh dong ketak ketik di kolom komentarnya, Jangan malu dan ragu buat nulis ya. Oh ya sebelum mengakhiri tulisan ini, Mpo mau minta maaf kepada pembaca blog cerite si Mpo, mengingat akan datangnya bulan suci ramadhan.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Contact Form

Name

Email *

Message *